Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Fri Nov 02, 2012 3:16
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Drive under speed limit AND as per road condition aja lah..
Turut berduka buat kecelakaan ini.
Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.
Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?
Turut berduka buat kecelakaan ini.
Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.
Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
bagusnya mobil gini jalan pelan, sambil buka kaca jendela jadi keliatan siapa driver nya alias pamer 

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Kagak ada sirkuit om...omDidit wrote:Drive under speed limit AND as per road condition aja lah..
Turut berduka buat kecelakaan ini.
Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.
Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?


nah, ini kampret nya MMI selaku ATPM... atau Mazda Jepun yak? Mazda8 versi indonesia ga ada DSC nya... Sementara Biante diberikan DSC... Memang secara form factor, Biante memiliki body roll lebih besar dari M8 yang ceper.sucahyo wrote:-cut-
Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.
-cut-
Di versi JDM, Mazda8 dibekali DSC dan TCS... Dua hal yang absen dari begitu banyak hal yang absen di Mazda8 versi Indonesia...

Ntar MMI ngeles: "MPV bukan untuk ngebut..."

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Yah balik lagi skill yang nyetir sampai mana.Race driver prefer full control over the car.Lihat Randy Pobst stressed out nyetir UGLE 63 AMG di Willow Spring.Beberapa kali ngomong dia,the safety programe kick in and i lost the steering and brake.So yah itu fitur overrated...buat yang skillnya udah dewa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Wajar aja nabrak, Jln Kertajaya aspalnya jlk, dan memang disengaja biar ga dipake trek trekan. Gue sendiri pas kuliah di SBY ga berani Bawa motor apalagi mobil byk Mr Nebeng
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
ini TS nya benar2 gak ngerti atau apa...
nanti ada pertanyaan mobil super mahal kok kecelakaan hancur jg...dll
kecelakaan faktornya bisa macam2...belum tentu harus kencang...saya pernah ngalamin pelan n kencang...
klo soal sistem canggih bisa lepas kontrol...pesawat di atas udara aja gimana...
nanti ada pertanyaan mobil super mahal kok kecelakaan hancur jg...dll
kecelakaan faktornya bisa macam2...belum tentu harus kencang...saya pernah ngalamin pelan n kencang...
klo soal sistem canggih bisa lepas kontrol...pesawat di atas udara aja gimana...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Tue May 05, 2015 1:19
- Location: Shangri-La Residences
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Juanda- Waru bukannya loncat loncat yah, Mod?madcat015 wrote:Kagak ada sirkuit om...omDidit wrote:Drive under speed limit AND as per road condition aja lah..
Turut berduka buat kecelakaan ini.
Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.
Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?Kecuali jalan tol Juanda-Waru yang sepi nya macam kuburan kalau tengah malam...
![]()
nah, ini kampret nya MMI selaku ATPM... atau Mazda Jepun yak? Mazda8 versi indonesia ga ada DSC nya... Sementara Biante diberikan DSC... Memang secara form factor, Biante memiliki body roll lebih besar dari M8 yang ceper.sucahyo wrote:-cut-
Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.
-cut-
Di versi JDM, Mazda8 dibekali DSC dan TCS... Dua hal yang absen dari begitu banyak hal yang absen di Mazda8 versi Indonesia...![]()
Ntar MMI ngeles: "MPV bukan untuk ngebut..."

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Kok saya jadi antipati ya sama ini kasus
Sudah baca jawapos belum?disitu ada iklan segede setengah halaman,kyk mensomasi media dan bahkan individu yg memberitakan ini kejadian
Sudah baca jawapos belum?disitu ada iklan segede setengah halaman,kyk mensomasi media dan bahkan individu yg memberitakan ini kejadian
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
sebenarnya ada 2 hal penting disini
1. si driver harus punya dash cam (tapi tar jadi senjata makan tuan kalau emang dia salah)
2. udah mulai musim hujan, jalanan basaj dan banyak genangan air ya jangan nekat... jangan percayakan kaki ke pedal gas
coba lihat aja, ini video, kelihatan kok mobil mau punya abs, trc atau vsc semuanya ditest dijalanan basah
1. si driver harus punya dash cam (tapi tar jadi senjata makan tuan kalau emang dia salah)
2. udah mulai musim hujan, jalanan basaj dan banyak genangan air ya jangan nekat... jangan percayakan kaki ke pedal gas
coba lihat aja, ini video, kelihatan kok mobil mau punya abs, trc atau vsc semuanya ditest dijalanan basah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
tapi abs juga ada batasannya
2 kendaraan, sama2 punya ABS, sama2 mulai ngerem di spot yg sama
(skip ke detik 50)
2 kendaraan, sama2 punya ABS, sama2 mulai ngerem di spot yg sama
(skip ke detik 50)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Boleh gak kalo pertanyaan TS saya balik gini: Mirage itu mobil gak canggih banget, cuma airbag aja pengamannya. Tapi kok saya gak pernah nabrak ya?
Inti pertanyaannya hampir sama loh itu
Artinya: semua balik ke drivernya
Inti pertanyaannya hampir sama loh itu

Artinya: semua balik ke drivernya

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
terima kasih sharing videonya.
Yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa sistem sudah canggih masih bisa lepas kendali.
Bila saya nanti punya mobil dengan stability control, yang aman itu harus dimatikan atau dinyalakan?
Kalau lebih aman dinyalakan, saya ingin tahu situasi bagaimana yang bisa membuat stability control justru jadi penyebab kecelakaan.
Soal bodi roll, setahu saya center of gravity lebih penting. Kadang hal yang sepele seperti penambahan peredam panas/peredam suara yang dipasang diatap bisa memperparah body roll.
Kadang karena untuk safety, body roll justru nambah karena besi rangka harus ditambah agar lebih kuat, dan menurut saya itu bukan karena chasisnya jelek.
Mengeraskan suspensi juga terbatas karena terbentur kenyamanan. kalau center of gravity terlalu tinggi suspensi keras juga tidak membantu, tetap gampang roboh.
Agak membingungkan memang mengapa ATPM menghilangkan fitur stability control, karena versi yang lebih murah justru ada.
Soal ada / tidak adanya fitur safety, setuju bila safety driving lebih penting. Karena ada saja yang mentang mentang mobilnya sudah pakai airbag nyetirnya jadi sembrono, nggak sadar nggak ingat kalau yang dibelakang nggak pakai airbag. Jangan sampai karena sudah ada fitur keselamatan jadi lebih sembrono.
Bisa jadi juga yang nyetir kendaraan yang safety fiturnya minim jadi jauh lebih berhati hati.
Yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa sistem sudah canggih masih bisa lepas kendali.
Bila saya nanti punya mobil dengan stability control, yang aman itu harus dimatikan atau dinyalakan?
Kalau lebih aman dinyalakan, saya ingin tahu situasi bagaimana yang bisa membuat stability control justru jadi penyebab kecelakaan.
Soal bodi roll, setahu saya center of gravity lebih penting. Kadang hal yang sepele seperti penambahan peredam panas/peredam suara yang dipasang diatap bisa memperparah body roll.
Kadang karena untuk safety, body roll justru nambah karena besi rangka harus ditambah agar lebih kuat, dan menurut saya itu bukan karena chasisnya jelek.
Mengeraskan suspensi juga terbatas karena terbentur kenyamanan. kalau center of gravity terlalu tinggi suspensi keras juga tidak membantu, tetap gampang roboh.
Agak membingungkan memang mengapa ATPM menghilangkan fitur stability control, karena versi yang lebih murah justru ada.
Soal ada / tidak adanya fitur safety, setuju bila safety driving lebih penting. Karena ada saja yang mentang mentang mobilnya sudah pakai airbag nyetirnya jadi sembrono, nggak sadar nggak ingat kalau yang dibelakang nggak pakai airbag. Jangan sampai karena sudah ada fitur keselamatan jadi lebih sembrono.
Bisa jadi juga yang nyetir kendaraan yang safety fiturnya minim jadi jauh lebih berhati hati.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
ini dong kalem....biasa aja....600 triliun tapi adem aje pk mobilnya.... 

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Mmm, OOT dikit ah, berarti lebih kenceng n stabil ferrari di jalur itu ya?
kabuuurrr........

kabuuurrr........



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
mobil ini di rancang u digunakan di gunakan manusia .... bukan yg mirip dg itu ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
HAHAHAHAHAHAnewrubble wrote:mobil ini di rancang u digunakan di gunakan manusia .... bukan yg mirip dg itu ...
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
newrubble wrote:mobil ini di rancang u digunakan di gunakan manusia .... bukan yg mirip dg itu ...






-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Wah, berarti hebat Avanza dong, nabrak pohon di bawah 80 gak sampai remuk gitu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Berarti klo untuk kebut2an mending beli Ayla...eh Freed...eh Avanza ya...artoodetoo wrote:Wah, berarti hebat Avanza dong, nabrak pohon di bawah 80 gak sampai remuk gitu




Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Untung yg nabrak lambo yg mati cuman satu orang , coba klo yg nabrak avxen, aylgya yg ditabrak mati semua kali (berkaca dari kasus afriani). Pemerintah ceroboh membiarkan kendaraan yg gak safe bagi pedestrian berkeliaran. Termasuk punya saya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Kalau menurut saya malah supercar itu malah lebih lebih gampang lepas kendali (karena tidak boleh lengah sekalipun), masih inget kejadian 2011, kecelakaan paling mahal di Jepang?sucahyo wrote:terima kasih sharing videonya.
Yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa sistem sudah canggih masih bisa lepas kendali.
8 Ferrari, 1 Lambo, 3 Merc, 1 GTR dll kerugian asuransi $4 milar.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
Untuk mobil yang sama sama jalan di 100kpj, apakah mobil supercar lebih tidak aman?
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
ambil contoh, F Enzo max speed: 355kph, 0-100 : 3,6 detik, 100 aja masih di gear 2.sucahyo wrote:Untuk mobil yang sama sama jalan di 100kpj, apakah mobil supercar lebih tidak aman?
Tidak amannya ketika, gas terinjak sedikit saja, akselerasi bisa naik banyak. Kalo pembalap mungkin lebih bisa tenang, tapi kalau orang biasa bisa gelagapan.
Pernah ngajarin orang belajar mobil? Dulu yang saya ajarin nabrak angkot, hanya gara2 salah estimasi jarak kiri-kanan.
even 1 detik aja anything could happen.. coba colek om PV yang udah biasa bawa sport car.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
knp mobil bgini bisa spt itu sy tdk tau (kecuali sy dpt assignment post crash inquiry)
tapi ini mobil ibarat gen.4 fighterjet yg dpt pilot .licensed for single engine prop.
advance system bkn accident free ...yg pasti sportcar bkn u mrk yg punya panic behavior
insurance rate lbh tinggi dr reguler car krn accident rate (globally) lbh tinggi
hrsnya logical thinking bgini self explanatory u pertanyaan bgtu
tapi ini mobil ibarat gen.4 fighterjet yg dpt pilot .licensed for single engine prop.
advance system bkn accident free ...yg pasti sportcar bkn u mrk yg punya panic behavior
insurance rate lbh tinggi dr reguler car krn accident rate (globally) lbh tinggi
hrsnya logical thinking bgini self explanatory u pertanyaan bgtu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?
adu balap kok di jalanan yang rame kendaraan?
beneran adu balap?
beneran adu balap?