Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
permisi om dan master yg ada di SM hehehe
mau nanya2 nih sama master dan suhu2 yg ada di SM kebetulan selama ini ane silent reader dandi SM ini sangat membantu pengetahuan saya ttg mobil setelah baca2 dari SM hehe
saya kebetulan ada tugas kampus nih tentang perawatan mobil matic saya mau nanya mobil matic tuh perawatannya apa aja mulai dari yg small maintanance kaya ganti ATF tiap 50 ribu sekali sampai ke mid maintanance harus kuras ATF di 100rb sekali (untuk honda klo ga salah hhehe) terus ane juga mau nanya biaya untuk OH mobil matic berapa ya? dan part apa aja yg harus di ganti saat OH transmisi matic? dan estimasi biaya berapa ya kalau mobil matic transmisinya harus OH?
makasih om hehe
eh maaf om maklum ane nubie hehe soalnya ga pernah make mobil matic maaf sekali lagi om kebetulan drumah sih ada lio rs cvt namun kebetulan ane kuliah di luar kota sih om jadi ga pernah ngerawat dan make mobil itu hehe sebelum lio ane pake kijang dieset manual
oiya salah ya om tadi saya baca2 di google kaya gitu soalnya apa mata saya yg siwer maaf om hehe
oiya disini ane nanya biaya perawatan matic konvensional aja kok hehe
FYI :
Jika perawatan dan perlakuan benar, transmisi matic hingga 10 tahun hanya butuh ganti ATF rutin sesuai jadwal di buku manual aja (kalo ATF nya std dan mineral en sering lewat macet, ikuti jadwal yang "severe" aja)
Utk matic konv gear, ATF std ganti tiap 2 tahun or 40 rb Km, utk ATF Long Life ya ganti 3 tahun sekali (saya gak percaya ATF yg katanya gak perlu diganti)
Utk CVT interval ganti kalo ga salah harus lebih cepat drpd matic gear konv (ikuti jadwal yang "severe" aja kalo mau aman)
Juga perlakuan matic :
Dimana Matic unit menerima Torsi mesin tidak melebihi batas kemampuannya, matic akan awet
Juga matic gak pernah dipaksa lewat banjir tinggi
Juga saat pindahkan dari N ke D itu RPM mesin idle, jangan melewati 1000 RPM
Gunakan ATF yg berkualitas dgn spec yang sesuai & jangan sampai kemasukkan kotoran
Kalau pakai semua normal, mungkin matic akan butuh overhaul tapi saat mobil udah jatuh ke tangan ke 3 alias di rentang usia belasan tahun atau saat odo sudah di atas 500 rb km misalnya
Kalau overhaul juga paling ganti wet clucth & friction clutch set dan paking2, pakai kit Transtar aja
Kasus tertentu = solenoid bermasalah, tapi ini sgt jarang dan enggak pasti terjadi di setiap mobil.
Setiap mobil beda beda spesifikasinya sesuai permintaan pabrikan. Beberapa produsen gearbox matik misalnya GM, AW, ZF.
Saya share yang saya tahu, ZF4HPxx (Bmw E30/E36) dan ZF5HPxx (Bmw E36/E46). Yang masuk Indonesia diisi oli lifetime fill (green label) dikuras setiap 60.000mil eq 100.000km. Penggantiannya oli, seal karter matic dan filter matik.
jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,
tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
imansyx wrote:jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,
tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
Di manual book bbrp mobil yg pernah ane pake sih tiap 40rb atau 2 thn di flush..
Jd 5 taon sih kek nya uda kelamaan ya om
Ane sih mending boros dikit buat yg nama nya oli, apalg transmisi..
Mending biaya perawatan "dicicil" di depan drpd diirit2 ntar2nya dpt tagihan gabrukan krn matic nya rontok
wah makasih om mod penjelasannya brarti overhaul tuh di sekitar 500rb km ya kalo pemakaian normal ya hehe oiya itu transtar kit udh mencakup semua kan ya? hehe
oiya btw skalian nanya nih om untuk cvt tuh sebenernya lbh durable ga sih dibanding yg konvensional?
imansyx wrote:jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,
tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
Di manual book bbrp mobil yg pernah ane pake sih tiap 40rb atau 2 thn di flush..
Jd 5 taon sih kek nya uda kelamaan ya om
Ane sih mending boros dikit buat yg nama nya oli, apalg transmisi..
Mending biaya perawatan "dicicil" di depan drpd diirit2 ntar2nya dpt tagihan gabrukan krn matic nya rontok
haduh gitu ya om, ke t#da deh mingdep sekalian kuras coolant juga
flush pake atf changer aman kan ya buat matic honda
imansyx wrote:jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,
tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
Di manual book bbrp mobil yg pernah ane pake sih tiap 40rb atau 2 thn di flush..
Jd 5 taon sih kek nya uda kelamaan ya om
Ane sih mending boros dikit buat yg nama nya oli, apalg transmisi..
Mending biaya perawatan "dicicil" di depan drpd diirit2 ntar2nya dpt tagihan gabrukan krn matic nya rontok
haduh gitu ya om, ke t#da deh mingdep sekalian kuras coolant juga
flush pake atf changer aman kan ya buat matic honda
ya klo ngikutin buku petunjuk sih gitu ya om,, ane sih ikutin aja tuh klo buat oli matic
buat freed harus nya gpp sih,, kan masih geared a/t kan bukan cvt..
cvt ngga bole pake mesin buat ganti nya juga sampe skrg msh bingung saya, ada yg blg bole ada yg blg kaga..
Toyota Yaris matic ganti oli matic nya tiap 100k km berdasarkan buku manual yg diterbitkan oleh pabrik mobilnya.
Yaris saya udah > 5 thn (km 98k) blm pernah ganti oli matic dan ngga ada masalah apapun.
Rencana ganti ntar aja pas deket2 100k km.
Soal ganti oli (mesin/transmisi/gardan/whatever), kalau mau irit duit ikuti buku manual saja , kalo mau boros ikuti apa kata bengkel (atau kata hati juga boleh ) .
ganio20 wrote:permisi om dan master yg ada di SM hehehe
mau nanya2 nih sama master dan suhu2 yg ada di SM kebetulan selama ini ane silent reader dandi SM ini sangat membantu pengetahuan saya ttg mobil setelah baca2 dari SM hehe
saya kebetulan ada tugas kampus nih tentang perawatan mobil matic saya mau nanya mobil matic tuh perawatannya apa aja mulai dari yg small maintanance kaya ganti ATF tiap 50 ribu sekali sampai ke mid maintanance harus kuras ATF di 100rb sekali (untuk honda klo ga salah hhehe) terus ane juga mau nanya biaya untuk OH mobil matic berapa ya? dan part apa aja yg harus di ganti saat OH transmisi matic? dan estimasi biaya berapa ya kalau mobil matic transmisinya harus OH?
makasih om hehe
Kalau memang tujuan untuk tugas, mendingan bikin surat pengantar ke Beres, minta dilihatin EPC
kira2 seperti ini:
biasanya udah di group per parts, misalkan transmission, engine, body dll, tapi kalau buat pengetahuan biasanya pertanyaannya apa, mengapa, bagaimana.... dan jarang berapa (rupiah).
di buku petunjuk hanya tertulis ganti tiap [cencored] km. tidak tertulis harus flush/ kuras.
saya ada Daihatsu GranMax A/T, 2009, udah 200k+ km, belum pernah diflush, baik2 saja tuh.
prinsipnya sih bukan di flush apa tidak, tapi harus ganti oli yang tepat, spesifikasi sesuai, sesuai jatwal penggantian.
soalnya kadang bengkel juga tidak bisa jadi patokan, mereka kan mau dagangannya laku, jadi sering kali kita disuruh ganti parts atau menambah service yang sebenernya kurang diperlukan. dan hal ini terjadi di seluruh dunia bukan di Indonesia aja.
kalau penggantian oli tranmisi menggunakan oli yang tidak sesuai, maka itu yang bikin tranmisi jebol.
ada kasus teman saya yang punya Honda Odyssey, CVT, salah menggunakan oli, gak tau siapa yang salah, bengkel atau pembawa mobil ke bengkel, nah itu jebol tranmisinya.
atau karena kebanjiran, ternyata gear box kemasukan air, nah itu juga bikin jebol.