Perawatan Transmisi Matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ganio20
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:55

Perawatan Transmisi Matic

Post by ganio20 »

permisi om dan master yg ada di SM hehehe :big_childish: :big_childish:
mau nanya2 nih sama master dan suhu2 yg ada di SM kebetulan selama ini ane silent reader dandi SM ini sangat membantu pengetahuan saya ttg mobil setelah baca2 dari SM hehe :big_blushing:
saya kebetulan ada tugas kampus nih tentang perawatan mobil matic saya mau nanya mobil matic tuh perawatannya apa aja mulai dari yg small maintanance kaya ganti ATF tiap 50 ribu sekali sampai ke mid maintanance harus kuras ATF di 100rb sekali (untuk honda klo ga salah hhehe) terus ane juga mau nanya biaya untuk OH mobil matic berapa ya? dan part apa aja yg harus di ganti saat OH transmisi matic? dan estimasi biaya berapa ya kalau mobil matic transmisinya harus OH?
makasih om hehe :big_peace: :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by Turboman »

Siapa itu yg ngajarin ganti ATF 50 rb Km dan 100 rb Km sekali ?

ghendeng......
:wkkk:

Btw ini kalo nanya coba yg specific donk

Mobilnya apa

Matic-nya CVT / Konv gear ?
* Bukan ajakan Beli *
ganio20
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:55

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by ganio20 »

eh maaf om maklum ane nubie hehe soalnya ga pernah make mobil matic maaf sekali lagi om kebetulan drumah sih ada lio rs cvt namun kebetulan ane kuliah di luar kota sih om jadi ga pernah ngerawat dan make mobil itu hehe sebelum lio ane pake kijang dieset manual
oiya salah ya om tadi saya baca2 di google kaya gitu soalnya apa mata saya yg siwer maaf om hehe
oiya disini ane nanya biaya perawatan matic konvensional aja kok hehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by Turboman »

FYI :
Jika perawatan dan perlakuan benar, transmisi matic hingga 10 tahun hanya butuh ganti ATF rutin sesuai jadwal di buku manual aja (kalo ATF nya std dan mineral en sering lewat macet, ikuti jadwal yang "severe" aja)

Utk matic konv gear, ATF std ganti tiap 2 tahun or 40 rb Km, utk ATF Long Life ya ganti 3 tahun sekali (saya gak percaya ATF yg katanya gak perlu diganti)

Utk CVT interval ganti kalo ga salah harus lebih cepat drpd matic gear konv (ikuti jadwal yang "severe" aja kalo mau aman)

Juga perlakuan matic :
Dimana Matic unit menerima Torsi mesin tidak melebihi batas kemampuannya, matic akan awet

Juga matic gak pernah dipaksa lewat banjir tinggi

Juga saat pindahkan dari N ke D itu RPM mesin idle, jangan melewati 1000 RPM

Gunakan ATF yg berkualitas dgn spec yang sesuai & jangan sampai kemasukkan kotoran

Kalau pakai semua normal, mungkin matic akan butuh overhaul tapi saat mobil udah jatuh ke tangan ke 3 alias di rentang usia belasan tahun atau saat odo sudah di atas 500 rb km misalnya

Kalau overhaul juga paling ganti wet clucth & friction clutch set dan paking2, pakai kit Transtar aja

Kasus tertentu = solenoid bermasalah, tapi ini sgt jarang dan enggak pasti terjadi di setiap mobil.
* Bukan ajakan Beli *
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by octafiantos »

Setiap mobil beda beda spesifikasinya sesuai permintaan pabrikan. Beberapa produsen gearbox matik misalnya GM, AW, ZF.

Saya share yang saya tahu, ZF4HPxx (Bmw E30/E36) dan ZF5HPxx (Bmw E36/E46). Yang masuk Indonesia diisi oli lifetime fill (green label) dikuras setiap 60.000mil eq 100.000km. Penggantiannya oli, seal karter matic dan filter matik.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by aspsilver »

Kalo ganti oli matic mobil jepang, ya cuma keluar biaya olinya aja. Dan ongkos kerja.

Kalo kuras pake oli lebih banyak, dan ada ongkos kuras, 75rb_150rb. Lebih mahal drp ganti doang.

Di Toda, supermarket oli, pernah ada promo, pake oli tertentu, gratis kuras.

Kalo mobil mercedes, tiap ganti oli trans, karena dibuka sama rumahnya, maka ada ganti packing dan filter oli, barang ratusan ribu, gak terlalu mahal.
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by imansyx »

jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,

tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1378
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by kenop »

imansyx wrote:jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,

tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
Di manual book bbrp mobil yg pernah ane pake sih tiap 40rb atau 2 thn di flush..
Jd 5 taon sih kek nya uda kelamaan ya om :mky_01:

Ane sih mending boros dikit buat yg nama nya oli, apalg transmisi..
Mending biaya perawatan "dicicil" di depan drpd diirit2 ntar2nya dpt tagihan gabrukan krn matic nya rontok :ungg:
ganio20
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:55

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by ganio20 »

wah makasih om mod penjelasannya brarti overhaul tuh di sekitar 500rb km ya kalo pemakaian normal ya hehe oiya itu transtar kit udh mencakup semua kan ya? hehe
oiya btw skalian nanya nih om untuk cvt tuh sebenernya lbh durable ga sih dibanding yg konvensional?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by ak4ng »

Trajet metik sy jebol setelah 2 thn pakai..
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by imansyx »

kenop wrote:
imansyx wrote:jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,

tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
Di manual book bbrp mobil yg pernah ane pake sih tiap 40rb atau 2 thn di flush..
Jd 5 taon sih kek nya uda kelamaan ya om :mky_01:

Ane sih mending boros dikit buat yg nama nya oli, apalg transmisi..
Mending biaya perawatan "dicicil" di depan drpd diirit2 ntar2nya dpt tagihan gabrukan krn matic nya rontok :ungg:
haduh gitu ya om, ke t#da deh mingdep sekalian kuras coolant juga

flush pake atf changer aman kan ya buat matic honda
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1378
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by kenop »

imansyx wrote:
kenop wrote:
imansyx wrote:jadi kepikiran, banyak yang bilang kalo matic better di tap tiap 20ribu dan kuras di 40ribuan,

tibba2 mikir kalo patokannya tahun kira kira patokan kuras di tahun ke brp ya? mprit ane tahun lalu usia ke 5 baru di tap di km 17rban, skrg ada di 21rban akhir2 ini ngerasa downshift dari 3 ke 2 udah ga gitu enak...
Di manual book bbrp mobil yg pernah ane pake sih tiap 40rb atau 2 thn di flush..
Jd 5 taon sih kek nya uda kelamaan ya om :mky_01:

Ane sih mending boros dikit buat yg nama nya oli, apalg transmisi..
Mending biaya perawatan "dicicil" di depan drpd diirit2 ntar2nya dpt tagihan gabrukan krn matic nya rontok :ungg:
haduh gitu ya om, ke t#da deh mingdep sekalian kuras coolant juga

flush pake atf changer aman kan ya buat matic honda
ya klo ngikutin buku petunjuk sih gitu ya om,, ane sih ikutin aja tuh klo buat oli matic :mky_01:

buat freed harus nya gpp sih,, kan masih geared a/t kan bukan cvt..

cvt ngga bole pake mesin buat ganti nya juga sampe skrg msh bingung saya, ada yg blg bole ada yg blg kaga.. :glodak:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by dogar »

Toyota Yaris matic ganti oli matic nya tiap 100k km berdasarkan buku manual yg diterbitkan oleh pabrik mobilnya.
Yaris saya udah > 5 thn (km 98k) blm pernah ganti oli matic dan ngga ada masalah apapun.
Rencana ganti ntar aja pas deket2 100k km.
Soal ganti oli (mesin/transmisi/gardan/whatever), kalau mau irit duit ikuti buku manual saja , kalo mau boros ikuti apa kata bengkel (atau kata hati juga boleh :D) .
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by g1ng2 »

ganio20 wrote:permisi om dan master yg ada di SM hehehe :big_childish: :big_childish:
mau nanya2 nih sama master dan suhu2 yg ada di SM kebetulan selama ini ane silent reader dandi SM ini sangat membantu pengetahuan saya ttg mobil setelah baca2 dari SM hehe :big_blushing:
saya kebetulan ada tugas kampus nih tentang perawatan mobil matic saya mau nanya mobil matic tuh perawatannya apa aja mulai dari yg small maintanance kaya ganti ATF tiap 50 ribu sekali sampai ke mid maintanance harus kuras ATF di 100rb sekali (untuk honda klo ga salah hhehe) terus ane juga mau nanya biaya untuk OH mobil matic berapa ya? dan part apa aja yg harus di ganti saat OH transmisi matic? dan estimasi biaya berapa ya kalau mobil matic transmisinya harus OH?
makasih om hehe :big_peace: :big_peace:
Kalau memang tujuan untuk tugas, mendingan bikin surat pengantar ke Beres, minta dilihatin EPC
kira2 seperti ini:
Image

biasanya udah di group per parts, misalkan transmission, engine, body dll, tapi kalau buat pengetahuan biasanya pertanyaannya apa, mengapa, bagaimana.... dan jarang berapa (rupiah). :mky_01:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Perawatan Transmisi Matic

Post by aspsilver »

oli matic perlu dikuras apa tidak?

di buku petunjuk hanya tertulis ganti tiap [cencored] km. tidak tertulis harus flush/ kuras.

saya ada Daihatsu GranMax A/T, 2009, udah 200k+ km, belum pernah diflush, baik2 saja tuh.

prinsipnya sih bukan di flush apa tidak, tapi harus ganti oli yang tepat, spesifikasi sesuai, sesuai jatwal penggantian.

soalnya kadang bengkel juga tidak bisa jadi patokan, mereka kan mau dagangannya laku, jadi sering kali kita disuruh ganti parts atau menambah service yang sebenernya kurang diperlukan. dan hal ini terjadi di seluruh dunia bukan di Indonesia aja.

kalau penggantian oli tranmisi menggunakan oli yang tidak sesuai, maka itu yang bikin tranmisi jebol.
ada kasus teman saya yang punya Honda Odyssey, CVT, salah menggunakan oli, gak tau siapa yang salah, bengkel atau pembawa mobil ke bengkel, nah itu jebol tranmisinya.

atau karena kebanjiran, ternyata gear box kemasukan air, nah itu juga bikin jebol.