kaze wrote:@sintoni
okay noted pak, damping kocok kocok ini sama seperti body roll ya? atau beda?
@billyd1773dz
sehabis browsing google sejenak, swift agak kemahalan pak, 330++ price listnya (mohon koreksi jika salah), budget ceiling sy 300jt.
@r1409
berarti mengurangi recoil suspensi ya? apa metode ini sama dengan menaruh sesuatu di bagasi utk menambah distribusi berat bagian belakang mobil? (beras? pot tanaman? batu bata?) mohon koreksi jika salah.
@egibaio
well noted pak, penjelasan yg sgt mendetail, many thanks. Berarti mazda 2 memiliki transmisi yg paling baik ya pak?
pak bs tlg jelaskan soal downshift ?(kalau upshift utk akselerasi kan ya? atau ada hal lain?)
(maksudnya knp jd faktor penting, apakah mempengaruhi daya dan jarak pengereman kendaraan? atau ke fuel efficiency? atau ada hal lainnya?)
yup Swiftsport paling mahal soalnya beda kelas, 1.6ltr kena bracket pajak lebih tinggi. beberapa waktu lalu sempet diskon besar vin lama hingga bisa dapat <300jt.
soal damper, fungsinya naikin springrate.. atau load capacity spring... cucok bwat mbl yg springnya terlalu lembek seperti miras. dgn damper spring bisa nahan beban lebih tinggi sebelum overload hingga sering mentok stoper.
klw saat ini saya mencari HB di harga <300jt. dan saya juga punya hobby turing jarak jauh... gw ambil ecoboost, M2 atw SSS(with disc) atw mungkin.. Polo 1.2TSI ... wkwkwkw

i'm a bit risk taker, toh mobil baru dan masih garansi, resiko rusak lebih kecil, why not get the best on the market.
ecoboost torque bawah sebesar 170nm dari as low as 1400rpm - 4500rpm khas enjin turbonya juara ga perlu naikin rev uda nendang layaknya mesin diesel, dan bisa rev sampai 6k layaknya gasoline. rivalnya harus downshift dan rev ke 4K bahkan jazz harus 4.8K baru mencapai torsi puncak itu pun hanya 140-150nm.. jalan di jalur antar kota harus sering downshift ke rpm atas untuk ngeluarin performa maxnya. terutama di jazz yang spesialis highrev. bawahnya rada dodol.
torque flat dengan kurva luas dri bawah sampai atas enak untuk perjalanan di rute antar kota karna ga perlu downshift dan neriakin mesin, dgn berkendara relax mobil sudah bisa lari, saat saya TD, gigi 4 di dct nya rpm 1500 gaspol dari 60kmh ga lama tau2 uda d 140kmh wkwk

low to mid like a diesel dan highrev like a petrol. hal ini tidak bisa di temui di rival sekelasnya except maybe polo 1.2TSI yang turbo juga, tp outputnya lebih rendah.
M2 skyactiv engine tech jg unik untuk mesin N.A mungkin ini mesin paling canggih saat ini.... high kompresi 13:1 , direct injection, dll... desain focus ke ningkatain volume metric efficiency agar bisa ningkatin fuel consumption, dan higher torque.. gw blm pernah TD langsung yg 1.5 ini hehe jadi blm bisa ngasih impresi.
Jazz......... L15Z1 not much to say, its old reliable engine, masih SOHC dengan camswitching vtec karakternya sangat highrev peak torque baru di 4800rpm.. dan bener2 harus diatas itu baru ngacir hingga redline yg lagi lebih tinggi dri yg lain juga (kec SSS). enak ditol, bwat antar kota non-tol.. err... y atleast GK kebantu CVT bwat jaga rev tetep di peak.. sayangnya lowest rationya jg sekali lg cocoknya di tol..
Swiftsport capacity paling tinggi 1.6 tech enjin konvensional sebenernya, high compression 11:1(for non direct injection), DOHC dan camphasing VVT. tp 136hp@ 6900rpm dan torque 160nm @4400... err blm pernah TD juga gw...so it should take as grain n salt, based on spec sheet lihat ratio CVTnya 4.006:1 dan final gear 4.011 seharusnya punya crawl ratio yg mantap sampai 16:1 (jazz hanya 11:1) so g akan malu2in untuk nanjak dan angkatan awal.
1NZ.. hehhehe

no comment wkwkwk
itu jika performa ada di salah satu urutan atas prioritas anda.
cmiiw
