Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54
Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Halo semuanya, salam kenal.
Sebelumnya sy hanya salah satu dr sekian banyak silent reader diforum ini.
Akhirnya memberanikan diri untuk bertanya.
Akhir taun ini / awal taun depan sy berencana utk membeli salah satu dr hatchback keluaran terbaru di bawah ini (In Order) :
-Mazda 2 GT : Top Quality, Nice Exterior and Interior, Top Features, Good Fuel Efficiency, average annual cost (pls correct me on this, never had a mazda before)
-Jazz RS : Good Accomodation, Good Reliability, Good Fuel Efficiency, average annual cost
-Ford Fiesta Ecoboost : Good Engine, Good Features, Good Fuel Efficiency, expensive annual cost
-Yaris TRD Sportivo : Top Reliability, Average Fuel Efficiency, Relatively cheaper than the others for annual cost
*Jika ada pemahaman sy yg salah dengan hal di atas mohon dibimbing.
This will be my first car, but currently I drive avanza 2009 (mbl ktr) for weekday and freed 2012 (mbl orangtua) for weekend.
Sy berencana utk melakukan perjalanan darat (hanya berdua, tidak ada penumpang belakang ) dgn mbl yg akan sy beli untuk rute sby - jogja dan sby - bali.
Pertanyaan polos dr sy:
-Apakah mobil2 hatchback di atas bisa diandalkan utk perjalanan antar kota / pulau? (cth : mesin cepat panas mengingat mungkin ini jenis city car?)
-Kira2 kendala yg akan muncul apa saja ya? (cth : ground clearance ke dan dari kapal ferry apakah cukup mengingat ground clearance hatchback rendah?)
Sekiranya ada salah kata, maaf ya. Mohon pencerahannya.
Sebelumnya sy hanya salah satu dr sekian banyak silent reader diforum ini.
Akhirnya memberanikan diri untuk bertanya.
Akhir taun ini / awal taun depan sy berencana utk membeli salah satu dr hatchback keluaran terbaru di bawah ini (In Order) :
-Mazda 2 GT : Top Quality, Nice Exterior and Interior, Top Features, Good Fuel Efficiency, average annual cost (pls correct me on this, never had a mazda before)
-Jazz RS : Good Accomodation, Good Reliability, Good Fuel Efficiency, average annual cost
-Ford Fiesta Ecoboost : Good Engine, Good Features, Good Fuel Efficiency, expensive annual cost
-Yaris TRD Sportivo : Top Reliability, Average Fuel Efficiency, Relatively cheaper than the others for annual cost
*Jika ada pemahaman sy yg salah dengan hal di atas mohon dibimbing.
This will be my first car, but currently I drive avanza 2009 (mbl ktr) for weekday and freed 2012 (mbl orangtua) for weekend.
Sy berencana utk melakukan perjalanan darat (hanya berdua, tidak ada penumpang belakang ) dgn mbl yg akan sy beli untuk rute sby - jogja dan sby - bali.
Pertanyaan polos dr sy:
-Apakah mobil2 hatchback di atas bisa diandalkan utk perjalanan antar kota / pulau? (cth : mesin cepat panas mengingat mungkin ini jenis city car?)
-Kira2 kendala yg akan muncul apa saja ya? (cth : ground clearance ke dan dari kapal ferry apakah cukup mengingat ground clearance hatchback rendah?)
Sekiranya ada salah kata, maaf ya. Mohon pencerahannya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Nissan dan Suzuki itu relatively lebih mahal dari Honda/Toyota.... dan Mazda / Ford itu lebih mahal daripada Nissan dan Suzuki onderdilnya. Kalo biaya perawatan jadi issue penting, better stick to Honda/Toyota. Kecuali gak peduli sama budget perawatan ya monggo ambil Ford / Mazda.kaze wrote: Akhir taun ini / awal taun depan sy berencana utk membeli salah satu dr hatchback keluaran terbaru di bawah ini (In Order) :
-Mazda 2 GT : Top Quality, Nice Exterior and Interior, Top Features, Good Fuel Efficiency, average annual cost (pls correct me on this, never had a mazda before)
-Jazz RS : Good Accomodation, Good Reliability, Good Fuel Efficiency, average annual cost
-Ford Fiesta Ecoboost : Good Engine, Good Features, Good Fuel Efficiency, expensive annual cost
-Yaris TRD Sportivo : Top Reliability, Average Fuel Efficiency, Relatively cheaper than the others for annual cost
*Jika ada pemahaman sy yg salah dengan hal di atas mohon dibimbing.
Pertanyaan polos dr sy:
-Apakah mobil2 hatchback di atas bisa diandalkan utk perjalanan antar kota / pulau? (cth : mesin cepat panas mengingat mungkin ini jenis city car?)
-Kira2 kendala yg akan muncul apa saja ya? (cth : ground clearance ke dan dari kapal ferry apakah cukup mengingat ground clearance hatchback rendah?)
Sekiranya ada salah kata, maaf ya. Mohon pencerahannya.
Honda sih onderdilnya 11-12 sama Toyota... Murah
Kemungkinan suhu mesin tinggi malah ada di dua pilihan yang "non-mainstream".... Mazda2 GT dan Fiesta Ecoboost, why? satunya rasio kompresi 14:1, satunya pakai turbocharged. Suhu mesin pasti lebih tinggi dari Jazz/Yaris yang pakai teknologi purba.
Sejauh ini blom ada complaint dari user tentang masalah cooling system di Mazda SKYACTIV sih... Jadi menurut saya ya kuat-kuat aja.
Kendalanya soal mentok-mentokan di kapal ferry kayaknya keempatnya 11-12.... Tapi Yaris yang paling gampang mentok menurut saya karena profil moncong yang panjang dan wheelbase panjang.
Jangan lupa kalau mau dipakai long trip, mobil harus bisa "adaptasi", maksudnya adalah faktor ketersediaan BBM. EcoBoost menuntut RON95, Mazda2 GT minimum RON91. Kedua mobil ini saya rasa gak bisa tolerir premium atau pertalite. Honda Jazz / Toyota Yaris masih kuat isi premium kalau emergency.
Honda Jazz kalau buat long trip paling pas menurut saya, akomodasi besar, fleksibilitas kursi paling bagus, CVTnya juga enak buat tarik-tarikan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Hmm, setuju sama mod muda.
Selain itu, biasa kalo road trip kan mungkin ada nyetir luar kota malam2. Cari yang lampunya terang, soalnya kadang2 perjalanan luar kota ga ada lampu jalanan. Kalo begitu jangan ambil Yasir lah, biar ngmg sudah proyektor tapi gelap banget, mengingat masih pake bola halogen.
Selain itu, biasa kalo road trip kan mungkin ada nyetir luar kota malam2. Cari yang lampunya terang, soalnya kadang2 perjalanan luar kota ga ada lampu jalanan. Kalo begitu jangan ambil Yasir lah, biar ngmg sudah proyektor tapi gelap banget, mengingat masih pake bola halogen.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
kalau ga ada penumpang belakang sih ane sarankan mazda2 om, maticnya jg paling enak di antara semua pilihan om. ecoboost menurut ane agak riskan dctnya untuk ke jalan pegunungan. jazz GK5 menurut ane remnya kurang mumpuni dan agak limbung sehingga kurang fun meski gripnya masih ok. yaris lele tenaganya kopong.
masalah mobil kecil overheat ane rasa udah ga musim ya, mengingat mpv aja skrg pake mesin 1300-1500cc yang notabene sama atau bahkan lebih kecil mesinnya daripada hatchback2 pilihan om
masalah mobil kecil overheat ane rasa udah ga musim ya, mengingat mpv aja skrg pake mesin 1300-1500cc yang notabene sama atau bahkan lebih kecil mesinnya daripada hatchback2 pilihan om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Maaf biar gak ada penumpang belakang habis tour mau dijual ya mobilnya,kan kagak menurut saya go for Jazz,soal ground clearence ke kapal sebelum nyebrang turun dulu om ,sopir only,bilang sama yang kasih kode awak kapal.mobil gw rendah tolong liatin bawahnya.salam tempel 10 ribu ntar dia cari dunnage atau kayu,jalan di jatim and Bali lebih bagus rata2 daripada Jawa tengah IMHOegibaio wrote:kalau ga ada penumpang belakang sih ane sarankan mazda2 om, maticnya jg paling enak di antara semua pilihan om. ecoboost menurut ane agak riskan dctnya untuk ke jalan pegunungan. jazz GK5 menurut ane remnya kurang mumpuni dan agak limbung sehingga kurang fun meski gripnya masih ok. yaris lele tenaganya kopong.
masalah mobil kecil overheat ane rasa udah ga musim ya, mengingat mpv aja skrg pake mesin 1300-1500cc yang notabene sama atau bahkan lebih kecil mesinnya daripada hatchback2 pilihan om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Maaf OOT nih, emang masuk ke kapal feri naikannya curam ya?
Belum pernah naik feri pake mobil soalnya
Belum pernah naik feri pake mobil soalnya

Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Karena om ts mencari mobil dengan tujuan spesifik perjalanan jauh untuk berdua saja why not going for car with better transmission and handling om hehe (asumsi jalan yang akan dilalui ts adalah pegunungan berkelok2), ditambah lagi om TS udah ada avanza. Mazda2 jg untuk bawa penumpang ber4 masih bisa tp ya bukan untuk perjalanan jauhnugroho bagor wrote:Maaf biar gak ada penumpang belakang habis tour mau dijual ya mobilnya,kan kagak menurut saya go for Jazz,soal ground clearence ke kapal sebelum nyebrang turun dulu om ,sopir only,bilang sama yang kasih kode awak kapal.mobil gw rendah tolong liatin bawahnya.salam tempel 10 ribu ntar dia cari dunnage atau kayu,jalan di jatim and Bali lebih bagus rata2 daripada Jawa tengah IMHOegibaio wrote:kalau ga ada penumpang belakang sih ane sarankan mazda2 om, maticnya jg paling enak di antara semua pilihan om. ecoboost menurut ane agak riskan dctnya untuk ke jalan pegunungan. jazz GK5 menurut ane remnya kurang mumpuni dan agak limbung sehingga kurang fun meski gripnya masih ok. yaris lele tenaganya kopong.
masalah mobil kecil overheat ane rasa udah ga musim ya, mengingat mpv aja skrg pake mesin 1300-1500cc yang notabene sama atau bahkan lebih kecil mesinnya daripada hatchback2 pilihan om

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
- Location: Surabaya
Re: RE: Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Pengalaman saya sih untuk ferry jawa-bali aman kok untuk sedan, ane pake miata gc 13cm aja gak nyangkut [emoji4]adty wrote:Maaf OOT nih, emang masuk ke kapal feri naikannya curam ya?
Belum pernah naik feri pake mobil soalnya
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
saya pelanggan setia kapal ferry penyeberangan jawa-bali n bali-lombok.
sejauh ini sudah pernah lihat berbagai macam mobil gc rendah / gc tinggi / gc yang bisa dibikin naik turun, semua masuk ferry aman2 saja.
sejauh ini sudah pernah lihat berbagai macam mobil gc rendah / gc tinggi / gc yang bisa dibikin naik turun, semua masuk ferry aman2 saja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
vote for mirage cvt dikasih spring damper 
sudah terbukti 2x keliling jatim-jateng nonstop tanpa trouble, dan bisa menaklukkan rute ketep-solo-tawangmangu-sarangan dengan mudah pake RON88, padahal isi 4 orang plus barang. sering juga pake buat trip ke tretes.
reliability dan durability ala mitsu, FC super irit, setir enteng buat manuver, turning radius paling kecil (4.4m) enak buat mountain road yg berkelok, bagasi luas, real powernya gede apalagi kalo pake RON92.
suspensi 4 roda independen, enak buat jalan ga rata. tinggal kasih spring damper buat mengurangi limbungnya, mantep dah. (edit: yg edisi facelift 2015 udah ada swaybar belakang)
mirage ane udah jalan 37rb km, belum ada parts yg jajan, paling banter baru ganti aki dan kampas rem aja di km 35rb. ga ada masalah dengan overheat dsb.

sudah terbukti 2x keliling jatim-jateng nonstop tanpa trouble, dan bisa menaklukkan rute ketep-solo-tawangmangu-sarangan dengan mudah pake RON88, padahal isi 4 orang plus barang. sering juga pake buat trip ke tretes.
reliability dan durability ala mitsu, FC super irit, setir enteng buat manuver, turning radius paling kecil (4.4m) enak buat mountain road yg berkelok, bagasi luas, real powernya gede apalagi kalo pake RON92.
suspensi 4 roda independen, enak buat jalan ga rata. tinggal kasih spring damper buat mengurangi limbungnya, mantep dah. (edit: yg edisi facelift 2015 udah ada swaybar belakang)
mirage ane udah jalan 37rb km, belum ada parts yg jajan, paling banter baru ganti aki dan kampas rem aja di km 35rb. ga ada masalah dengan overheat dsb.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
@ChZ
Many thanks for spot on insight. Totally forgot about fuel availability in relatively smaller city.
@Sintoni
Ah iya, faktor pencahayaan dalam perjalanan, noted pak untuk lampu yaris.
@egibao
Pak sy ada pertanyaan polos, transmisi matic dikategorikan enak ini variabelnya apa ya?
-perpindahan gigi cepat?
-perpindahan tak terasa/smooth?
-dsb
Pertanyaan polos sy berikutnya, apakah mbl dgn dimensi kecil, berat ringan, dan cenderung rendah (hatchback) berpapasan dengan bus dan truk dimensi besar dapat menyebabkan sesuatu seperti limbung atau dsb?
@nugroho bagor,sukribo,djia
Well noted, ground clearance not an issue then. What a relief.
(Terakhir sy rute jauh ke bali sekitar 8-9 tahun lalu (msh jd penumpang) sy memperhatikan dulu memakai seperti pallet kayu utk jembatan penghubung dermaga-kapal bagi kendaraan bermotor, jadi memperhatikan ground clearance. Sepertinya sy ketinggalan jaman sekali. Haha.)
Many thanks for spot on insight. Totally forgot about fuel availability in relatively smaller city.
@Sintoni
Ah iya, faktor pencahayaan dalam perjalanan, noted pak untuk lampu yaris.
@egibao
Pak sy ada pertanyaan polos, transmisi matic dikategorikan enak ini variabelnya apa ya?
-perpindahan gigi cepat?
-perpindahan tak terasa/smooth?
-dsb
Pertanyaan polos sy berikutnya, apakah mbl dgn dimensi kecil, berat ringan, dan cenderung rendah (hatchback) berpapasan dengan bus dan truk dimensi besar dapat menyebabkan sesuatu seperti limbung atau dsb?
@nugroho bagor,sukribo,djia
Well noted, ground clearance not an issue then. What a relief.
(Terakhir sy rute jauh ke bali sekitar 8-9 tahun lalu (msh jd penumpang) sy memperhatikan dulu memakai seperti pallet kayu utk jembatan penghubung dermaga-kapal bagi kendaraan bermotor, jadi memperhatikan ground clearance. Sepertinya sy ketinggalan jaman sekali. Haha.)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
@r1409
maaf, spring damper itu apa ya? sepertinya utk membantu suspensi?
wah hebat, rute tretes dengan mobil city car, kemampuan dan nyali sy belum setinggi itu.
Mitsubishi Mirage ini sejujurnya sy kurang tertarik dengan design exteriornya.
thx for sharing.
maaf, spring damper itu apa ya? sepertinya utk membantu suspensi?
wah hebat, rute tretes dengan mobil city car, kemampuan dan nyali sy belum setinggi itu.
Mitsubishi Mirage ini sejujurnya sy kurang tertarik dengan design exteriornya.
thx for sharing.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
kalo yg masuk akal mending jazz rs, tapi jgn yg model akhir....mungkin masih ada stok dan dapet diskon
tapi kalo pgn orientasinya pengendara, mazda2 pilihan oke (tanpa melihat sparepart, servis, beres, n harga jual)...
tapi kalo pgn orientasinya pengendara, mazda2 pilihan oke (tanpa melihat sparepart, servis, beres, n harga jual)...


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Masa miras masih full independen om?r1409 wrote:vote for mirage cvt dikasih spring damper
sudah terbukti 2x keliling jatim-jateng nonstop tanpa trouble, dan bisa menaklukkan rute ketep-solo-tawangmangu-sarangan dengan mudah pake RON88, padahal isi 4 orang plus barang. sering juga pake buat trip ke tretes.
reliability dan durability ala mitsu, FC super irit, setir enteng buat manuver, turning radius paling kecil (4.4m) enak buat mountain road yg berkelok, bagasi luas, real powernya gede apalagi kalo pake RON92.
suspensi 4 roda independen, enak buat jalan ga rata. tinggal kasih spring damper buat mengurangi limbungnya, mantep dah. (edit: yg edisi facelift 2015 udah ada swaybar belakang)
mirage ane udah jalan 37rb km, belum ada parts yg jajan, paling banter baru ganti aki dan kampas rem aja di km 35rb. ga ada masalah dengan overheat dsb.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Kalo misal Nissan Juke gmn?
GC tinggi dapet.
Model unyu. [emoji9]
Harga yg RX beti sama HB.[emoji11]
GC tinggi dapet.
Model unyu. [emoji9]
Harga yg RX beti sama HB.[emoji11]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Oct 09, 2015 3:54
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Paling masuk akal ya jazz rs sih om.. Kalau ke luar kota kan pasti bawa bawaan yg lumayan (tas, belanjaan, dll. Trus jazz ada Cruise Control juga dan kalau ada kerusakan bengkel2 lbh mudah benerin jazz(cmiiw).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Honda hrv saja 290 an.. gc tinggi pasti lebih pd di jalan luar kota yg isinya truk..
Dan misalkan nih ada macet2 bisa pake bahu jalan (yg pastinya tanah) jd di kondisi sprt itu masih bisa jalan merayap ...
Dan misalkan nih ada macet2 bisa pake bahu jalan (yg pastinya tanah) jd di kondisi sprt itu masih bisa jalan merayap ...
engine roaring!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
so far,
1.jazz rs = +akomodasi, cvt enak untuk overtake, cruise control? annual cost murah
2. 2 = +transmisi dan handling enak, driving orientation oke. -annual cost mahal
3.fiesta = -kawatir dgn dct (transmisi?) utk rute pegunungan, butuh pertamax plus (ketersediaan di kota kecil), annual cost mahal
4.yaris = +annual cost murah. -lampu kurang terang, ground clearance plg rendah, tenaga plg rendah dibanding lainnya.
@ibar78
boleh di share knp dengan jazz keluaran terbaru? (asumsi sy, semakin baru semakin bagus)
@aufal
Nissan Juke bentuknya sgt unique tp sayang bukan taste sy. Thx for sharing.
@skult
Seberapa membantu ya fitur cruise control? dan apakah aman mengingat byk jalanan yg tdk mulus cenderung berlubang dan bergelombang. (sy tdk pernah menggunakan fitur ini sebelumnya)
@walid_007
Hrv menurut sy agak kemahalan dengan apa yg didapatkan. (Sebelumnya sempat membanding2kan antara mazda 2 / fiesta ecoboost dgn hrv mengingat range harga yg sama)
1.jazz rs = +akomodasi, cvt enak untuk overtake, cruise control? annual cost murah
2. 2 = +transmisi dan handling enak, driving orientation oke. -annual cost mahal
3.fiesta = -kawatir dgn dct (transmisi?) utk rute pegunungan, butuh pertamax plus (ketersediaan di kota kecil), annual cost mahal
4.yaris = +annual cost murah. -lampu kurang terang, ground clearance plg rendah, tenaga plg rendah dibanding lainnya.
@ibar78
boleh di share knp dengan jazz keluaran terbaru? (asumsi sy, semakin baru semakin bagus)
@aufal
Nissan Juke bentuknya sgt unique tp sayang bukan taste sy. Thx for sharing.
@skult
Seberapa membantu ya fitur cruise control? dan apakah aman mengingat byk jalanan yg tdk mulus cenderung berlubang dan bergelombang. (sy tdk pernah menggunakan fitur ini sebelumnya)
@walid_007
Hrv menurut sy agak kemahalan dengan apa yg didapatkan. (Sebelumnya sempat membanding2kan antara mazda 2 / fiesta ecoboost dgn hrv mengingat range harga yg sama)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Kasian banget si yasir cuma menang di annual cost. Haha.
Kalo menurut ane, kelebihan Yasir:
1. Damping paling enak, ga kerasa kekocok2 didalam mobil.
2. Kursi bucket seat mantap.
3. Rem cakram depan belakang ( Cuma M2 yang cakram depan belakang).
Kalo menurut ane, kelebihan Yasir:
1. Damping paling enak, ga kerasa kekocok2 didalam mobil.
2. Kursi bucket seat mantap.
3. Rem cakram depan belakang ( Cuma M2 yang cakram depan belakang).
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
Mirassss wkwkkwk..... gw uda jalan 50rb, uda keliling jabar banten jatim, ketep pas pernah, karang bolong sering, nanjak yg bikin mbl 2.0ltr cuv ngeden di miras masih enteng karna rationya rendah, gc 165mm mendekati ipah lebih tinggi dri semua hb diatas..... suspensi empuk gw pke damper jg sie... kabin tergolong legakaze wrote:@r1409
maaf, spring damper itu apa ya? sepertinya utk membantu suspensi?
wah hebat, rute tretes dengan mobil city car, kemampuan dan nyali sy belum setinggi itu.
Mitsubishi Mirage ini sejujurnya sy kurang tertarik dengan design exteriornya.
thx for sharing.
Weaknessnya... peredamnya ga tahan bro... dipke long haul budeg jg lama2 padahal uda pke peredam aspal dikolong.... fuel klw mw ngacir min pertamax.. premium ngelitik... bodyroll lumayan gede.... mw ngacir mesin hrs teriak ke 4k which suara mesin langsung masuk, meski tergolong merdu tp klw uda trip 10jam y cape jg dengernya
Sofar blm ada krusakan aneh2 kec ganti aki.
Saran gw, dri pd hb, mending ambil cuv macam hrv klw butu gc.... klw ga... safe choice jazz, exciting choice ecoboost atw M2 atw swiftsport hehe
Miras klw budget mepet dan kelasnya di bawah hb diatas

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
@sintoni: setau ane, yg sebelum FL masih independen semua. entah yg FL udah ada swaybar apakah masih independen.
@kaze: spring damper itu karet silikon buat ngeganjel per, fungsinya biar bagian per yang berfungsi berkurang. misalnya dari 4 ulir, dikasih 1 damper, yang berfungsi jadi tinggal 3 ulir. efeknya springrate naik (suspensi jadi lebih kenyal), mengurangi efek turunnya bodi karena beban berat, mengurangi limbung, dan mengurangi gejala menukik waktu rem. dan karena turunnya suspensi berkurang, otomatis membuat bagian bawah bodi lebih aman dari benturan pada waktu ngelewati poldur/sejenisnya. gampangnya, membuat suspensi lebih kenyal (bukan keras) tanpa mengurangi panjang suspensi.
di jalan rusak mobil lebih stabil karena efek ayunan berkurang, tapi ya memang bantingan jadi terasa lebih keras.
btw, dari keempat pilihan diatas, kalo sering long trip gitu ane rekomen jazz/yaris aja. ford/mazda untuk luar kota besar susah perawatannya, kalo ada trouble dijalan bisa berabe.
@kaze: spring damper itu karet silikon buat ngeganjel per, fungsinya biar bagian per yang berfungsi berkurang. misalnya dari 4 ulir, dikasih 1 damper, yang berfungsi jadi tinggal 3 ulir. efeknya springrate naik (suspensi jadi lebih kenyal), mengurangi efek turunnya bodi karena beban berat, mengurangi limbung, dan mengurangi gejala menukik waktu rem. dan karena turunnya suspensi berkurang, otomatis membuat bagian bawah bodi lebih aman dari benturan pada waktu ngelewati poldur/sejenisnya. gampangnya, membuat suspensi lebih kenyal (bukan keras) tanpa mengurangi panjang suspensi.
di jalan rusak mobil lebih stabil karena efek ayunan berkurang, tapi ya memang bantingan jadi terasa lebih keras.
btw, dari keempat pilihan diatas, kalo sering long trip gitu ane rekomen jazz/yaris aja. ford/mazda untuk luar kota besar susah perawatannya, kalo ada trouble dijalan bisa berabe.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
menurut ane transmisi matic yg baik :kaze wrote: /cut
@egibao
Pak sy ada pertanyaan polos, transmisi matic dikategorikan enak ini variabelnya apa ya?
-perpindahan gigi cepat?
-perpindahan tak terasa/smooth?
-dsb
Pertanyaan polos sy berikutnya, apakah mbl dgn dimensi kecil, berat ringan, dan cenderung rendah (hatchback) berpapasan dengan bus dan truk dimensi besar dapat menyebabkan sesuatu seperti limbung atau dsb?
-memiliki powerloss minim / minim slip. skyactiv AT ini punya lock ratio lebar sehingga powerlossnya minim, DCT punya ford pun sangat baik dalam hal ini karena pakai dry clutch. hasilnya tentu saja kalau slip minim konsumsi bbm bisa diminimalisir dan respon pergerakan mobil terhadap injakan gas lebih baik. CVT modern pun kalau ane baca forum2 luar sih kabarnya powerlossnya udah cukup minim
-rasio gigi pas. dibandingkan matic 4AT milik yaris, transmisi 6AT punya mazda membuat rasionya bisa dibuat lebih rapat membuat mesin tidak kehilangan momentum karena rpm bisa dijaga di rentang rpm optimal, DCT ford jg rasionya baik karena sama2 6 speed. Tapi rasio optimal tentu saja CVT juaranya karena dia memiliki "infinite rasio" tinggal pintar2nya komputer menyesuaikan
-kehalusan dan drivability baik. transmisi skyactiv punya mazda ini halus karena ia melakukan throttle blip saat downshift (DCT ford jg) untuk kecepatan shifting ia cukup bersaing dengan DCT. tapi sayangnya DCT ford drivabilitynya kurang baik di jalanan bertraffic padat merayap dan di jalanan menanjak yg pelan, ia terasa bingung. CVT sebenarnya paling halus, tapi beberapa orang termasuk saya kurang suka raungan mesin konstan saat berakselerasi dr CVT
-speed. shifting speed DCT ford meski baik saat upshift tapi downshift kurang enak, mode tiptronicnya jg lambat. skyactiv meski masih jauh dr DSG milik VW tapi di mode tiptronic ane rasa ia cukup cepat.
Menurut ane kenapa matic di mazda ini enak adalah karena dia bisa menggabungkan drivability dari matic konvensional di jalan padat merayap dan powerloss minim ala DCT.
Maaf kalau panjang dan terkesan sok tau, ini hanya pendapat ane pribadi setelah mencoba semua mobil2 tsb saja
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
meluruskan sja, semua mirage tidak full independent. yg independent di depan saja, yang belakang torsion beam aka semi-independent sama dengan hatchback di kelas miras march picanto dll dan dikelas jazz dllr1409 wrote:@sintoni: setau ane, yg sebelum FL masih independen semua. entah yg FL udah ada swaybar apakah masih independen.
.
yg lebih advance multilink kelas civic focus bimmer dll dan lebih konvensional rigid 5link karimun wagon R avansa innova dll
swaybar di miras FL ada di bagian depan...
mbl tampa swaybar, swaybarnya soft ataw bisa release swaybar otomatis macam KDSS toyota n sway disconect jeep lebih nyaman di jalan ancur

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
@sintoni
okay noted pak, damping kocok kocok ini sama seperti body roll ya? atau beda?
@billyd1773dz
sehabis browsing google sejenak, swift agak kemahalan pak, 330++ price listnya (mohon koreksi jika salah), budget ceiling sy 300jt.
@r1409
berarti mengurangi recoil suspensi ya? apa metode ini sama dengan menaruh sesuatu di bagasi utk menambah distribusi berat bagian belakang mobil? (beras? pot tanaman? batu bata?) mohon koreksi jika salah.
@egibaio
well noted pak, penjelasan yg sgt mendetail, many thanks. Berarti mazda 2 memiliki transmisi yg paling baik ya pak?
pak bs tlg jelaskan soal downshift ?(kalau upshift utk akselerasi kan ya? atau ada hal lain?)
(maksudnya knp jd faktor penting, apakah mempengaruhi daya dan jarak pengereman kendaraan? atau ke fuel efficiency? atau ada hal lainnya?)
okay noted pak, damping kocok kocok ini sama seperti body roll ya? atau beda?
@billyd1773dz
sehabis browsing google sejenak, swift agak kemahalan pak, 330++ price listnya (mohon koreksi jika salah), budget ceiling sy 300jt.
@r1409
berarti mengurangi recoil suspensi ya? apa metode ini sama dengan menaruh sesuatu di bagasi utk menambah distribusi berat bagian belakang mobil? (beras? pot tanaman? batu bata?) mohon koreksi jika salah.
@egibaio
well noted pak, penjelasan yg sgt mendetail, many thanks. Berarti mazda 2 memiliki transmisi yg paling baik ya pak?
pak bs tlg jelaskan soal downshift ?(kalau upshift utk akselerasi kan ya? atau ada hal lain?)
(maksudnya knp jd faktor penting, apakah mempengaruhi daya dan jarak pengereman kendaraan? atau ke fuel efficiency? atau ada hal lainnya?)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1087
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh
kaze wrote: Pertanyaan polos dr sy:
-Apakah mobil2 hatchback di atas bisa diandalkan utk perjalanan antar kota / pulau? (cth : mesin cepat panas mengingat mungkin ini jenis city car?)
-Kira2 kendala yg akan muncul apa saja ya? (cth : ground clearance ke dan dari kapal ferry apakah cukup mengingat ground clearance hatchback rendah?)
Sekiranya ada salah kata, maaf ya. Mohon pencerahannya.
mobil apa saja bisa dipakai untuk perjalanan keluar kota, jarak jauh tanpa masalah.
bedanya cuma kalau mobil kecil, guncangan lebih terasa, sehingga badan terasa lebih cape dibandingkan memakai mobil besar.
mobil kecil juga biasanya mesin kecil, sehingga tenaga juga relatif kecil, sehingga lebih sulit untuk mendahului kendaraan lain.
nah beda di power, itu membuat anda harus merencanakan urusan mendahului dengan lebih matang, dibandingkan memakai mobil dengan tenaga besar.
tapi saya jujur disini, saya pernah naik Honda Accord V6 3500 cc, 268 HP, tapi diselip sama Isuzu Panther LV 2500 cc, 78HP, cuma dia nyupir kayak dikejer setan, saya gak berani lawan orang itu.
power lebih besar, mobil besar, cuma membuat perjalanan lebih nyaman, tidak lebih dari itu, soal kemampuan mah sama aja.
soal ground clearance, tidak ada beda bermakna antara mobil hatchback kecil dan sedan pada umumnya, soal GC.
saya sudah 2x menempuh perjalana Jakarta Bali dengan sedan, dan sudah beberapa kalo road trip di Jawa, dengan menggunakan sedan. aman2 aja tuh. bedanya pas naik Innova atau Pajero Sport, ada lubang atau jalan jelek, saya tidak terlalu mengurangi kecepatan, kalau sedan bolak balik rem dan manuver kiri kanan untuk menghindari lubang.