Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by herp »

artoodetoo wrote:Hehe, itu kan gambar hasil sotosop, sekedar hiburan di trit ini supaya gak panas gituh :upss:

BTW, saya jangan dipanggil mod, saya member biasa kok :upss:
*gak tau kalo bulan depan *eh

:ngacir:
Oh iya mod, errrrrr, calon mod, nanti ane praktekin di ayla ane biar gk sekedar sotosop [emoji23] [emoji23]

Sent from my Smartfren Andromax AD6B1H using Tapatalk
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by htannis »

duh lupa foto kemarin ketemu agya di jalan kena jalan rusak di cikande balljoint nya copot kiri kanan roda sebelah copot dan sebelah lagi camber. Trus tahun lalu konon ada temen kebut2an naik agya, tiba2 depan dia harus rem pakem, banting stir, balljoint copot, kebalik lah agya nya, ditanya ke beres cuman dijawab bukan buat 100kmh ke atas :big_bored:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by bivanos88 »

Ngomong-ngomong masalah speedometer, mobil ini juga aneh skala speedometernya :ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by saridin »

alvin23 wrote:Syaraf manusia itu pada dasarnya relatif/subjektif (pengalaman paling kuat kalau udah pernah merasakan/praktek).. kurang lebih itu membentuk nyali lah..


Lha wong kalo supir mobil bak carry kalo dah biasa bawa, santai aja kok ngeden 120 km/h di tol...
beda kalo udah hari2 bawa Innova, pasti pas bawa Carry ngerasa 100 km/h kok udah geter gak karuan...

Innova banyak yang bilang empuk/enak.. atau stabil.. tapi kalo hari-hari makenya disetirin BMW, pas naik Innova ya pasti bilangnya kok berisik, limbung dsb.

:big_peace:
betul sekali

dulu pas pake katana sebagai mobil satu2nya, suwer dech, saya gak tahu bedanya antara katana dengan avanza (sekali2 naik sbg penumpang/sopir), kisul, innova, terano, soluna, cherokee bahkan mercy (sekali2 numpang). sensor bokong jelata saya benar2 error....

baru ketika ada er3 dan sering gonta-ganti bawa, baru dech sadar emang ada bedanya ...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by g1ng2 »

b0ku wrote: sebenerny yg busuk dari ni mobil bukan lari atau mesinnya tapi chasisnya ancur banget kaleng sampe ke tulang2x gw pernah liat halfcutnya di iims gilaa ngeri, ni mobil di tol aja gw pernah sama temen gw dia bawa suv mepetin alya di belakang gw bilang jgn mepet2x amit2x kalo dia ngerem mendadak kita nabrak dianya kenceng, bisa- bisa kita ngelindes tuh mobil ampe gepeng yg ada :ngacir:

kalo mobil laen macem avanza aja gw yakin masih bisa nahan bodynya kalo amit2x ketabrak kalo ni alya serem gw.. :ngacir:
Makanya kalau modif, jangan target ke top speednya karena bakalan "lelah", cukup modifikasi buat memperbaiki akselerasi 0-60 aja, cuma ya seperti dibilang modif harus juga perhatikan faktor safetynya.. kecuali mau sekalian uji nyali.. :mky_01:

Image
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

BTW, sekedar mengingatkan, thread ini asalnya membahas akselerasi waktu mau menyalip truk gandeng di luar kota yang jalan sekitar 40-60kpj. bukan balapan di tol. lebih ke akselerasi jalan lurus juga.

Pakai lowering kit mungkin lebih stabil di jalan mulus, namun saya seringnya di jalan nggak mulus dan saya tidak pakai untuk kencang. Soal perbandingan di jalan tidak mulus, bisa coba lewat polisi tidur di kecepatan lebih dari 40kpj. Kalau belakangnya sampai mental berarti skok fast bumpnya jelek.

Untuk kestabilan di jalan nggak rata, bisa cukup dilihat bagaimana goyangan mobilnya dari jauh, kemudian dibandingkan.
Untuk speed limit, mungkin ada yang tahu speed limit MPV berapa?

Untuk soal ngeden, video di page 8 itu pakai gigi 3. Kebanyakan orang sudah pakai gigi 5 kalau diatas 80kpj. Sehingga akselerasi jadi lebih lambat, tapi tentu tidak ngeden. Video saya posting untuk memberi gambaran bagaimana saya saat menyalip truk gandeng. Tentu nggak sampai 120kpj, kebanyakan cuma sampai 80 atau maksimal 100.

Kebanyakan orang justru membahayakan nyawa dengan tidak menggunakan tekanan ban sesuai anjuran. Dikurangi tekanannya demi alasan meningkatkan kenyamanan. Hasilnya kendaraan jadi terasa limbung banget di tol dan resiko tinggi ban meletus. Belum lagi yang memaksakan pakai velg aftermarket dipasang pakai spacer agar bisa nempel, resiko tinggi karena roda cuma ditahan sama kekuatan baut saja.

Yang bikin nggak stabil bukan karena bannya yang lebih lebar, tapi modif tambahan lain yang ditujukan biar ban nggak mentok bodi karena saking lebarnya sampai over fender / mentok bodi di jalan nggak rata.

Jangan beresiko melakukan percobaan kecepatan tinggi dengan Ayla/Agya yang bannya sudah dimodif / nggak standar.

Harus diingat bahwa fasilitas safety itu ada batasnya. Mobil paling safety pun mengendarainya juga harus safe. Kalau dengan muatan penuh tentu mobil lain juga berkurang kecepatan aman maksimalnya.
skult
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Oct 09, 2015 3:54

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by skult »

g1ng2 wrote:
b0ku wrote: sebenerny yg busuk dari ni mobil bukan lari atau mesinnya tapi chasisnya ancur banget kaleng sampe ke tulang2x gw pernah liat halfcutnya di iims gilaa ngeri, ni mobil di tol aja gw pernah sama temen gw dia bawa suv mepetin alya di belakang gw bilang jgn mepet2x amit2x kalo dia ngerem mendadak kita nabrak dianya kenceng, bisa- bisa kita ngelindes tuh mobil ampe gepeng yg ada :ngacir:

kalo mobil laen macem avanza aja gw yakin masih bisa nahan bodynya kalo amit2x ketabrak kalo ni alya serem gw.. :ngacir:
Makanya kalau modif, jangan target ke top speednya karena bakalan "lelah", cukup modifikasi buat memperbaiki akselerasi 0-60 aja, cuma ya seperti dibilang modif harus juga perhatikan faktor safetynya.. kecuali mau sekalian uji nyali.. :mky_01:

Image
Yg airbag masih 4*..
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Turboman »

thetatif wrote:Hahaha, aje gile ini thread laris banget..

Anyway, gue gak setuju sih kalau ada yang mocking nih agya/ayla sebagai mobil orang - maaf - kismin, alay, dll .. Hargailah mereka yang berusaha menabung atau mencicil demi keamanan dan kenyaman keluarga mereka (karena notabene banyak yang pindah dari R2 ke R4), dengan tujuan supaya si kecil gak kena panas.. So yang ngejek mobilnya, gue bilang sih norak bin kampungan, or OKB, sorry to say ya.
Kalo om ikutin SM ini sejak lama, cukup banyak trit di suggestion corner yg minta rekomendasi mobil 80 jt ke bawah dan bahkan sampe 40 jt, dan banyak teman2 yg membantu memberi saran, tidak ada satupun yg mencela si penanya

Kalau saya lihat di sini sih bukan soal jenis mobilnya or harga mobilnya, tapi lebih ke soal psikologis aja, spt dulu pernah ada motivator yg mengisahkan ttg seseorang dan bayangannya di cermin2.......cermin menggambarkan orang2 lain, jadi orang lain akan bereaksi sesuai dengan apa yg kita perbuat.

Antara "Sharing" dan "Pamer".........memang hanya dipisahkan sehelai benang tipis saja.....tapi efek feedback sesudahnya bisa 180 derajat.

Marilah kita galakkan semangat sharing & solusi (bukan Pamer / sok aksi)


Salam sharing
* Bukan ajakan Beli *
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

ok. terima kasih

saya jadi ingat soal pengalaman pakai mobil lain mempengaruhi. mungkin saya berpikir ayla stabil karena sebelumnya bawaan saya mobilnya kalau kesalip atau menyalip bodinya bisa goyang goyang kena angin mobil lain.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by kompresorz »

baguslah klo sudah ada pengalaman seperti itu..mknya coba2 aja mobil lain...entah punya sodara atau kawan...

bukan melecehkan mobil ayla...saya yakin mobil skrg kencang...cuma bnyk faktor yg harus di pikirkan...mknya sensitif klo bicara mslsh akselerasi...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

skult wrote:
g1ng2 wrote:
b0ku wrote: sebenerny yg busuk dari ni mobil bukan lari atau mesinnya tapi chasisnya ancur banget kaleng sampe ke tulang2x gw pernah liat halfcutnya di iims gilaa ngeri, ni mobil di tol aja gw pernah sama temen gw dia bawa suv mepetin alya di belakang gw bilang jgn mepet2x amit2x kalo dia ngerem mendadak kita nabrak dianya kenceng, bisa- bisa kita ngelindes tuh mobil ampe gepeng yg ada :ngacir:

kalo mobil laen macem avanza aja gw yakin masih bisa nahan bodynya kalo amit2x ketabrak kalo ni alya serem gw.. :ngacir:
Makanya kalau modif, jangan target ke top speednya karena bakalan "lelah", cukup modifikasi buat memperbaiki akselerasi 0-60 aja, cuma ya seperti dibilang modif harus juga perhatikan faktor safetynya.. kecuali mau sekalian uji nyali.. :mky_01:

Image
Yg airbag masih 4*..
Image
percaya meh sama ancap??? gw seh kagak, pengen liat gw kalo di test small overlap, yakin gw jd perkedel....soalnya yg ud2x macem yaris lama aja orgnya otaknya jd perkedel hantem pintu gimana alay eh alya??? :ngacir:

brio aja gw gak yakin lulus small overlap biarpun menurut wikipedia std safety brio ud di prepare buat euro crash standart.....:ngacir:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by imingwahyudi »

sandal wrote:
djia wrote:
artoodetoo wrote:Image

Wow keren, handbrake aktif tapi bisa 200km/h :big_chicken:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
200 km/h dengan pintu terbuka :ngacir:
200 km/h dengan semua instrumen menyala :ngacir:


Anyway TSnya ke mana nih? :mky_03:


wow lampunya menyala semua...macam eropaan gak kerawat :big_think:







:ngacir:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by haristk7 »

Asean NCAP ini standarnya gmn ya ? kayaknya gak bisa dibandingin ama NCAP lain kayak Australia, Eropa, Jepang punya..jadi kayaknya "rada skeptis" ama NCAP versi Asean, kalo mau sadis banget dan disituasikan kayak daily life coba liat crash test IIHS, paling keliatan pas overlap test..yang sekelas Camry saja bisa dibully habis2an oleh banyak orang setelah ikut tes nya IIHS..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

haristk7 wrote:Asean NCAP ini standarnya gmn ya ? kayaknya gak bisa dibandingin ama NCAP lain kayak Australia, Eropa, Jepang punya..jadi kayaknya "rada skeptis" ama NCAP versi Asean, kalo mau sadis banget dan disituasikan kayak daily life coba liat crash test IIHS, paling keliatan pas overlap test..yang sekelas Camry saja bisa dibully habis2an oleh banyak orang setelah ikut tes nya IIHS..
faktanya emang toyota keluarin yaris baru di us pake basis mazda 2 yach emang gara2x itu juga setelah corolla sama camry baru juga cuma dapet acceptable :wkkk:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mozawa »

yang membully om sucahyo ayooo sini.....ane jewer kupingnya.... huahaha lariii.........

bro sucahyo.....gak ada yg salah dengan ente.....semua cerminan kejujuran... gak ada aksi sok pamer menurut ane...justru sebaliknya
menyadari kelemahan ayla...

jangan dengerin yang lain.....keep posting dan sharing....

anjing menggonggong , kafilah tetap berlalu....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mamang555 »

Baru aja iseng liat paultan dan rupanya ane baru tau kalo disana ayla di rebadge sama Perodua.. Perodua Axia

Image

Image

http://paultan.org/2015/10/28/driven-we ... canto-1-2/

Tuh ada reviewnya, di compare sama proton iriz dan picanto yang kebetulan mesin dan output tenaganya lebih besar daripada axia (ayla) yang setelah ane cek di web nya juga make mesin yang podo wae sami mawon dengan ayla indonesia :D
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

terima kasih.

Untuk soal uji keselamatan, perlu diingat bahwa uji tersebut ada limitnya. Bagi yang mobilnya dapat bintang 5 sekalipun jangan merasa aman. Mungkin lebih aman, tapi bukan jaminan keselamatan.

Uji kebanyakan terhadap benda diam. hasil tentu bisa berbeda bila terjadi dengan yang berlawanan arah. kalau masing masing jalan 80, maka totalnya 180. Website aseancap juga mencantumkan sebagai berikut:
http://www.aseancap.org/f-a-q/
What is the difference between ASEAN NCAP frontal test and UNECE regulation frontal test (R94)?
Both tests are conducted in almost identical configuration i.e. the car will be crashed onto a crushable aluminum barrier in an offset position to simulate a crash with another car of about the same weight. However, NCAP test is more severe since the closing speed upon impact is 64 km/h as compared to UNECE R94 at 56 km/h. This will also mean the level of injuries assessed in NCAP is of a higher level than in UNECE R94. There are also some other differences such as the test requirements and the equipment used in these two tests. For example, both tests have different interpretation with regard to rescuing the car occupants in real-world situations.
Ngetesnya cuma kecepatan 64kpj. padahal kalau dijalan umum, kendaraan yang menyalip kecepatannya sering lebih dari itu. Jadi yang bintang 5 sekalipun belum tentu aman kalau di jalan Indonesia yang tidak ada pembatas jalan. Safety driving tetap lebih penting.


BTW, ada yang punya rekaman akselerasi dari 30kpj di gigi 3 (rpmnya 1500 an) untuk mpv atau suv ? terima kasih. Maaf bila merepotkan, bila ada video pembanding tentu lebih jelas. tidak perlu sampai 120kpj,
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Turboman »

Mozawa wrote:yang membully om sucahyo ayooo sini.....ane jewer kupingnya.... huahaha lariii.........

bro sucahyo.....gak ada yg salah dengan ente.....semua cerminan kejujuran... gak ada aksi sok pamer menurut ane...justru sebaliknya
menyadari kelemahan ayla...

jangan dengerin yang lain.....keep posting dan sharing....

anjing menggonggong , kafilah tetap berlalu....
IMHO :
Sedikit masukkan aja

Utk menulis review, sebetulnya di SM ini sudah banyak contoh2 bagus, spt om Helm / mod Kucing dll

Ane liat cukup banyak member yg akhirnya tergerak utk mulai menulis review setelah baca2 tulisan om Helm / mod kucing, dan sambutan rekan2 SM thd pada reviewer pemula tsb juga bagus & positip

Nah bila ada sebuah tulisan mengundang respons negative.......saya rasa mayoritas member SM ini bukan tipe orang2 yg komen one liner / ngasal / asal jeplak spt di forum bebas sebelah, dan banyak member SM yg punya kapabilitas menjadi reviewer yg baik.

Ada baiknya utk pemilihan judul dan isi dalam postingan pembuka, upayakan se objektif mungkin dan menyangkut si mobil itu sendiri.

Tulislah yg benar2 objektif saja menyangkut Plus - Minus mobil tsb, murni plus - minus mobil tsb. Atau jika mau sharing ttg peningkatan performa Ayla ya sharing-lah scr objektif mengenai kekurangan2 yg dirasa, lalu solusi-nya apa berdasarkan pengalaman pribadi.

Jika masih belum banyak ide utk ditulis, lebih baik tulisan awal (pembuka), ditulis secukupnya dulu, setelah banyak pertanyaan dr audience, baru buka data2 lain, ini akan lebih baik daripada nulis macam2 trus respons audience negative dan baru diperbaiki sesudah2-nya

Kalau dari pengalaman pribadi saya, dalam menulis review akan lebih "enak" jika kita sudah pernah melakukan test drive berbagai jenis mobil, semakin banyak kita coba berbagai jenis mobil maka akan semakin membuka wawasan kita dalam mereview sebuah mobil, tapi tentu saja mobil yg akan kita review ya perbandingannya dgn yg sekelas / harganya mirip.

Tapi nggak pa pa, namanya juga proses utk belajar menjadi lebih baik, jangan kapok utk menulis review2 lagi dan ke depannya bisa menjadi jauh lebih baik

Salam sharing
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by imsus2c »

sucahyo wrote:terima kasih.

Untuk soal uji keselamatan, perlu diingat bahwa uji tersebut ada limitnya. Bagi yang mobilnya dapat bintang 5 sekalipun jangan merasa aman. Mungkin lebih aman, tapi bukan jaminan keselamatan.

Uji kebanyakan terhadap benda diam. hasil tentu bisa berbeda bila terjadi dengan yang berlawanan arah. kalau masing masing jalan 80, maka totalnya 180. Website aseancap juga mencantumkan sebagai berikut:
http://www.aseancap.org/f-a-q/
What is the difference between ASEAN NCAP frontal test and UNECE regulation frontal test (R94)?
Both tests are conducted in almost identical configuration i.e. the car will be crashed onto a crushable aluminum barrier in an offset position to simulate a crash with another car of about the same weight. However, NCAP test is more severe since the closing speed upon impact is 64 km/h as compared to UNECE R94 at 56 km/h. This will also mean the level of injuries assessed in NCAP is of a higher level than in UNECE R94. There are also some other differences such as the test requirements and the equipment used in these two tests. For example, both tests have different interpretation with regard to rescuing the car occupants in real-world situations.
Ngetesnya cuma kecepatan 64kpj. padahal kalau dijalan umum, kendaraan yang menyalip kecepatannya sering lebih dari itu. Jadi yang bintang 5 sekalipun belum tentu aman kalau di jalan Indonesia yang tidak ada pembatas jalan. Safety driving tetap lebih penting.
Pak TS, di trid ini sdh banyak posting dari member2 yg sepuh nan wise yg udah berikan pandangan/masukkan gimana posting/beropini yg sejuk dan interaktif :D

Kalau yg piyik2 sih wajar kalau suka mem-bully :big_weee:

Posting diatas, sebagaimana awalan trid ini dibuat, kesannya provokatif juga, maaf jikalau penangkapan saya yang salah.
Karena ada yg posting hasil Aseanncap kalau ratingnya ayla kurang bagus, lantas cari link dan berputar putar cari pembenaran kalau yg bintang 5 pun juga ngga aman. Ini kan tidak relevan.
Dengan badan pengetesan yg sama (misal aseanncap), tentu metode test-nya pun sama (misal 64kj), perkara hasilnya beda2, dari bintang 1 sampai bintang 5, ya itulah keberhasilan engineering pabrikan.

Setuju, setinggi apapun bintangnya, tidak menjamin 100% selamat di jalanan.
Setuju jika safety dan defensive driving itu yg paling penting.
Makanya saya lebih respect terhadap pemobil yg santun, ngikuti ritme lalin apapun mobilnya.

Lha di balapan F1 (atau balapan lain) yg sistem kemanannya sudah canggih dan muahaalllll saja tetep kadang minta korban jiwa jika ada crash.

Tapi tidak lantas berpendapat, kalay ayla ratingnya jelek, trus bilang yg ratingnya 5 pun jgn merasa aman :e-snooty:

Mohon maaf saya ingatkan lagi tulisan2 awal om TS yg provokatif:
- performa ayla ngga kalah sama mobil lain yg kelasnya lebih tinggi
- susah menerima kenyataan kalau disalip (ayla) yg harganya spearuh dst dst
- pemakai ayla yg pelan itu minder dan belum tau kalau mobilnya bisa kencang

Jadi yg posting skrg mirip, kalau ada yg sharing hasil aseanncap ayla jelek, lantas bilang yg bintang 5 pun jgn merasa aman... :shrug:

Ini yg bikin thread ini selalu ramai :D

Analogi sederhana, meski tidak sempurna, 2 selalu lebih banyak dari 1

Konteks disini, fakta ilmiah-nya bintang 5 akan selalu lebih bagus/aman dibanding bintang 1.
Tapi jgn lantas hasil test ini di-bias kan dgn argumen yg bintang 5 pun tetap ngga aman jika dipakai disini. Boundary-nya udah absurd
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

sucahyo wrote:terima kasih.

Untuk soal uji keselamatan, perlu diingat bahwa uji tersebut ada limitnya. Bagi yang mobilnya dapat bintang 5 sekalipun jangan merasa aman. Mungkin lebih aman, tapi bukan jaminan keselamatan.

Uji kebanyakan terhadap benda diam. hasil tentu bisa berbeda bila terjadi dengan yang berlawanan arah. kalau masing masing jalan 80, maka totalnya 180. Website aseancap juga mencantumkan sebagai berikut:
http://www.aseancap.org/f-a-q/
What is the difference between ASEAN NCAP frontal test and UNECE regulation frontal test (R94)?
Both tests are conducted in almost identical configuration i.e. the car will be crashed onto a crushable aluminum barrier in an offset position to simulate a crash with another car of about the same weight. However, NCAP test is more severe since the closing speed upon impact is 64 km/h as compared to UNECE R94 at 56 km/h. This will also mean the level of injuries assessed in NCAP is of a higher level than in UNECE R94. There are also some other differences such as the test requirements and the equipment used in these two tests. For example, both tests have different interpretation with regard to rescuing the car occupants in real-world situations.
Ngetesnya cuma kecepatan 64kpj. padahal kalau dijalan umum, kendaraan yang menyalip kecepatannya sering lebih dari itu. Jadi yang bintang 5 sekalipun belum tentu aman kalau di jalan Indonesia yang tidak ada pembatas jalan. Safety driving tetap lebih penting.


BTW, ada yang punya rekaman akselerasi dari 30kpj di gigi 3 (rpmnya 1500 an) untuk mpv atau suv ? terima kasih. Maaf bila merepotkan, bila ada video pembanding tentu lebih jelas. tidak perlu sampai 120kpj,


yg diukur itu patokannya orgnya cedera apa engak??? rating tetep jelek kalo mobilnya gak remuk tapi orgnya pada amsiong semua alias mokat :wkkk:

gw merasa aman kalo mobil gw gampang di kontrol walaupun di kecepatan tinggi dan situasi panik sekalipun karena menurut gw handling, control & precision its the real safety........ :ngacir:

kalo dari hasil crashtest bisa dipake buat patokan seberapa bagus rigidity chasisnya yang ngefek ke handlingnya..... :ngacir:

yaris gw aja ud ancur gak kebayang kalo alya yg bener2x dibawahnya

jgn ngomongin safety driving kalo sehari2x masih suka lawan arah , potong bahu jalan, nyalip di marka jalan yg tidak putus belok gak pake sein mau loe bawa mobil sepelan apapun kalo yg gw sebutin semua diatas loe langgar gw jamin loe lebih cepet celaka karena loe kagak mikirin orang laen di jalan :ngacir:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mamang555 »

Mungkin yang mau disampaikan om sucahyo adalah : jangan karena mobilnya punya standar safety yang tinggi kemudian prilaku di jalanan jadi kebut2an..

Tapi bahasanya memang rada ambigu sih.

=====================

Btw, justru kadang thread yang "provokatif" begini cocok untuk bahan belajar
Banyak yang posting panjang lebar soal chasis lah ini lah itu lah
Lebih banyak yang didapat daripada thread "sharing" yang bahkan untuk ke page 2 saja susahnya minta ampun
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Turboman »

secanggih apapun rating ANCAP nya / active safety device nya (ESC / BA / LDWS dll), tetaplah harus menyetir scr Defensive

Kadang iklan yg kelewat menonjolkan fitur active safety devices, scr nggak langsung akan mempengaruhi psikologi user-nya utk "lebih PeDe sewaktu ngebut" / nyoba mobil sampai titik batas-nya, krn merasa lebih safe, padahal resiko yg tinggi semakin mengintai
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by aburaza »

alvin23 wrote:Syaraf manusia itu pada dasarnya relatif/subjektif (pengalaman paling kuat kalau udah pernah merasakan/praktek).. kurang lebih itu membentuk nyali lah..


Lha wong kalo supir mobil bak carry kalo dah biasa bawa, santai aja kok ngeden 120 km/h di tol...
beda kalo udah hari2 bawa Innova, pasti pas bawa Carry ngerasa 100 km/h kok udah geter gak karuan...

Innova banyak yang bilang empuk/enak.. atau stabil.. tapi kalo hari-hari makenya disetirin BMW, pas naik Innova ya pasti bilangnya kok berisik, limbung dsb.

kalo TS masih ngotot, coba deh bawa mobil lain (yang kelas diatasnya yah, BMW sekalian dah) selama seminggu/sebulan ..
pas balik nyetir ayla masih ngerasain hal yang sama nggak?

Komparasi mobil -apalagi di forum- sangat2 boleh.... tapi ya gaperlu lah ada pernyataan sampe minder bla bla haha...
kok kesannya jadi orang lain buang2 duit beli mobil lebih mahal, lha wong kebutuhan orang beda2

:big_peace:
Betul om, manusia itu alat ukur relatif, gak bisa jadi alat ukur mutlak.

Nah, soal driving ayla or agya (pada dasarnya ni kedua mobil sama), saya pakai agya seri G M/T punya mertua (sampe seminggu lebih).
Hasilnya....
Mobil ini sangat cocok untuk jalan perkotaan yang ramai, dan bukan untuk sruntulan. Saya lewat ring road jogja, 100kpj udh ngeri (masih anteng mobil abang saya/kolor GL). Tp kalo buat speed 70-80kpj, enak. Buat salip2.... 3S-FE saya yang udah kluar dari tim U-21 masih jauh lebih mampu, nyaman, dan aman (IMHO). Pdhl harganya sekarang separuh dari ayla.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by marmut »

lama kelamaan ada perbandingan antara kendaraan mesin 3 silinder dengan kendaraan bermesin pancar gas......
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by MitshuToyo »

marmut wrote:lama kelamaan ada perbandingan antara kendaraan mesin 3 silinder dengan kendaraan bermesin pancar gas......
Jd inget istilah Pancar gas..

Tebakan pasti om Marmut suku Jawa & angkatan 70/80 an ya... :big_biglaugh:
Lagi nginjek rem..