Bunga pinjaman kalau sudah terjadi akad kredit jarang naik/turun kecuali terjadi krismon seperti kejadian waktu '98.dhydhy wrote:Masalah beli dengan cicil, bukan masalah malu atau nggak sih om buat saya. Kondisi ekonomi seperti ini, was2 bunga pinjaman naik terus.newrubble wrote:hari hari skrg ini malah bgt mudah beli cicil.mobil baru dg DP rp.10juta lbh sdikit n byk bonus
skrg mobil baru sedang susah jualan ...byk bonus ...loan period sampai 8thn ....asuransi bisa gratis setahun pertama .
jalan jalan sj ke dealer resmi berbagai brands (kecuali tdk percaya diri itu masalah lain)
sy jamin belanja parts n jasa pasang parts lbh mahal drpd cicilan per bulan mobil dg loan period diatas 5thn
apalagi blm bgt faham mechanical problem mobil (sy juga awam)...mau bawa montir paling ahli-pun ...namanya mobil bekas pakai org lain ...kalo sdh wkt nya rusak ya itu wkt u buka dompet n kurangi isi nya (transfer ke rekening bengkel/toko parts)
tdk usah malu beli dg cicil ...jaman skrg yg punya wang banyak juga ikutan cicil krn beli cash (apalagi punya cuma 50jt) hanya buang buang wang
sdh pernah beli n cicil mobil baru / blm? kalo malu jawap jujur ya tdk usah di jawap ...tapi ini essential start n hanya jij yg tau ...dari jawap ini lah benefit di mulai ...atau ...dari jawap ini lah beban di mulai
Kalau dengan anggaran dana tunai 50 juta bisa dapat mobil yang layak pakai, saya prefer beli bayar tunai saja. Jadi gak ada kepikiran bayar cicilan. Makanya saya minta saran para suhu2 di sini, dengan 50 juta itu gambaran mobil2 yang bisa dibeli apa. Yang pasti range-nya ya mobil bekas... yaiyalah kalau ada mobil baru harga 50juta pasti sudah jadi rebutan
Saya lebih setuju saran bung NR, mendingan 50jt jadiin uang muka buat beli mobru, tapi dgn catatan cicilannya juga terjangkau oleh penghasilan
sekarang (itungan moderatnya ngga boleh lebih dari 30% dari takehomepay bulanan), kalau ngga ya lupakan nyicil mobil drpd ngga bisa tidur nyenyak.
Beli mobkas tahun (sangat) tua bukan cuman mesti mikirin biaya maintenance yg bisa diukur pake uang, tapi harus mikirin kerugian lain
yg ngga bisa diukur pake uang yaitu "waktu". Saat mobil rewel maka kita kehilangan waktu yg bisa jadi artinya kehilangan opportunity
dan ujung2nya ya ilang duit juga. Secara logika saja, mobil tua kalo dlm kondisi mint jarang dilepas pemiliknya, kalopun dilepas pasti harganya
jauh diatas pasar. So, kemungkinan besar mobil tua itu dijual karena problematik. Ongkos beres2 mobkas samasekali ngga bisa diduga.
Saya udah ga keitung beli mobkas, dan baru 3x beli mobru sehingga sampai pada kesimpulan: lebih baik beli mobru kalau masih memungkinkan, dengan cara nyicil sekalipun.
Soal mesin di bawah: tidak benar lebih ribet daripada mesin di depan. Pengecekan sehari-hari ya sama aja, kalo mesin di depan buka kap mesin,
kalo mesin di bawah jok ya buka jok. Yang dicek kan paling oli mesin, air radiator, oli rem. Mesin di bawah jok bukan berati setiap ngecek perlu
ngolong. Ngga masalah mesin di depan atau di bawah jok selama mesin sehat.
Tapi kalo mobru sih udah ngga ada lagi ritual buka kap mesin tiap mau jalan.
Kalau keukeuh mau mobkas aja, dengan busget segitu yg paling reasonable sih Suzuki Carry, supaya yakin kehandalannya coba wara wiri ke arah
puncak, itu Carry dipake angkut orang dan sayur di tanjakan curam masih anteng aja.