Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
Alow rekan-rekan seraya mo nanya donk Transmisi livina kok gak pake CVT yah? Padahal Latio sudah pakai, sedangkan jazz yg harganya murah saja pakai CVT? Kenapa masih pakai 4 speed, apakah transmisi maticnya sudah menggunakan computer jadi tau dan sinkron dengan kondisi jalan, engine brake dan beban putaran mesin seperti yg di pakai di Toyota ECT-S atau di Honda GradeLogic?
Thanks atas jawabannya ...
Thanks atas jawabannya ...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20
Msalah transmisi matic 1.5 memang kenapa??? kuno??? modelnya jelek ??? atau kalah sama Jazz??? tlg dijelaskan yah bagi yg tahu.hunter wrote: anyway coba deh, ntar kalo dah test gua post lagi. oh ya ini berdasarkan pilihan gua, yaitu 1.5 XV AT loh!
kekurangan:
- ga ada airbag, ABS+EBD, dkk. gua ngerti di sini, mobil seharga segitu jarang yg ada airbag dkk. tapi koq yg seharga nyerempet2 sama, CBU aja, bisa ada airbag dkk. knapa yg ini engga bisa? apalagi pabriknya di indonesia dan yg gua baca2 (lupa dimana), local content-nya sdh 40%.
- transmisi maticnya masih konvensional. bukan yg CVT. jazz aja ada yg CVT.
- rem belakang masih tromol.
- spion non electric, dan masih hitam tdk sewarna body.
- jok masih pake kain.
- tape masih kuno, ga pake layar LCD lebar.
- speedometer n tacho keliatan kuno, warna kuning gitu.
- baris 3 ga dapet head rest.
U kelebihan ga perlu dibahas (sdh OK), untuk kekurangan lain saya accepatble sih ....
saya nanti coba test drive di sby. tp memang sy agak konservatf tidak inden dulu ....
Thanks guys,
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Pak, kalau X-Tronic itu transmisi CVT, berarti tanpa gigi atau bisa juga dibilang hanya 1 gigi yang rationya bisa diubah-ubah, contoh Honda Jazz yang pakai '7-speed' Steermatic, ini bukan asli memiliki 7 gigi layaknya 7-speed G-Tronic milik Mercedes, tapi hanya variable ratio saja.wardana wrote:Liongkiky,
kalo gak salah di otomotif dibilang transmini sudah xtronic 4 speed, saya sudah coba yg 1,8 tp gak lama, jd gak begitu tau karakternya bener, yg jelas responsif.
mungkin yg lain bisa menambahkan?? thx
Jadi kalau 4-speed aku rasa ini transmisi matic konvensional yang masih hanya memiliki 4 gigi seperti halnya Kijang kapsul atau Stream 1.7L. Biasanya sekarang transmisi matic sudah 5-speed, 5 gigi.
Livina 1.8L kan manualnya 6-speed ya? Kalau begitu seharusnya maticnya sudah 5-speed. Mungkin hanya yg 1.5L yang 4-speed? Atau yg 1.8L juga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Kalau Jazz, pakai CVT yang tanpa gigi dan tidak menggunakan torque converter. Torque converter ini yang menyerap sekitar 10% daya sehingga biasanya matic disebut lebih 'loyo' daripada manualnya. Pada CVT, tidak ada kehilangan tenaga ini dan makanya lebih irit (makanya Jazz yang mengandalkan keiritan, menggunakan CVT ini). Tapi kelemahannya, kurva tenaga yg linear maka kurang responsif.lexastan wrote:Msalah transmisi matic 1.5 memang kenapa??? kuno??? modelnya jelek ??? atau kalah sama Jazz??? tlg dijelaskan yah bagi yg tahu.hunter wrote: anyway coba deh, ntar kalo dah test gua post lagi. oh ya ini berdasarkan pilihan gua, yaitu 1.5 XV AT loh!
kekurangan:
- ga ada airbag, ABS+EBD, dkk. gua ngerti di sini, mobil seharga segitu jarang yg ada airbag dkk. tapi koq yg seharga nyerempet2 sama, CBU aja, bisa ada airbag dkk. knapa yg ini engga bisa? apalagi pabriknya di indonesia dan yg gua baca2 (lupa dimana), local content-nya sdh 40%.
- transmisi maticnya masih konvensional. bukan yg CVT. jazz aja ada yg CVT.
- rem belakang masih tromol.
- spion non electric, dan masih hitam tdk sewarna body.
- jok masih pake kain.
- tape masih kuno, ga pake layar LCD lebar.
- speedometer n tacho keliatan kuno, warna kuning gitu.
- baris 3 ga dapet head rest.
U kelebihan ga perlu dibahas (sdh OK), untuk kekurangan lain saya accepatble sih ....
saya nanti coba test drive di sby. tp memang sy agak konservatf tidak inden dulu ....
Thanks guys,
Kalau Livina aku belum yakin apakah CVT atau matic konvensional. Kalau dr namanya 4-speed sepertinya matic konvensional, dan inilah yang menyebabkan kenapa bung Hanzz merasa kalau Jazz VTEC lebih bertenaga karena kalau transmisi matic, ada tenaga yg terbuang..
Last edited by conan on Thu Apr 05, 2007 7:57, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Mr. Conan, Ini dulu pernah saya bahas di sini atau thread sebelah saya lupa.. yang 1.8 juga pake 4 speed A/T sama kaya yang 1.5.. Saya pribadi sih kecewa aja.. kenapa? karena secara logika kan harusnya gearbox manual 6 speed lebih mahal daripada yang manual 5 speed.. tapi kenapa di 1.5 beda harganya m/t dan a/t hanya 10 juta, tp di 1.8 XV beda harganya 11 juta, dan di ultimate bedanya 12 juta?conan wrote: Livina 1.8L kan manualnya 6-speed ya? Kalau begitu seharusnya maticnya sudah 5-speed. Mungkin hanya yg 1.5L yang 4-speed? Atau yg 1.8L juga?
Udah gitu yang mau saya tanya juga A/T nya udah gate-type belom? Jaman skrng kan udah gak jaman lagi konsole A/T yang lurus2 aja..

==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Kalau CVT, karena sebenarnya tidak ada gigi, biasanya pabrikan membuat variable ratio sebanyak2nya untuk keperluan marketing (biar terdengar keren), contohnya Honda dengan '7-speed Steermatic'.wardana wrote:Bung Conan,
seperti yg dibilang otomotif adalah Xtronic CVT 4 speed, terus terang saya juga awam mengenai transmisi ini, kayaknya yang 1.8 juga sama Xtronic CVT 4 speed. mohon pencerahannya bagi yg sudah tau...
Tapi kalau CVT, tidak ada patokan CVT 4-speed atau 5-speed karena seperti sudah kukatakan, CVT itu tidak ada gigi atau bisa juga dibilang hanya punya satu gigi. Kalau CVT, pada tuas tidak ada D-3-2-1 karena tidak punya gigi mekanik, kalaupun ada '7 gigi', perpindahan dilakukan secara elektronik dengan menggunakan tombol atau tanda '+'/'-' pada tuas.
Sedangkan untuk matic 4-speed, bukan disebut X-Tronic/CVT.
Ada gambar close-up tuas transmisi matic untuk Livina..?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue Oct 18, 2005 4:05
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Memang, kalau manualnya 5-speed, maka maticnya 4-speed dan kalau manualnya 6-speed, seharusnya versi maticnya 5-speed.datsu wrote:Mr. Conan, Ini dulu pernah saya bahas di sini atau thread sebelah saya lupa.. yang 1.8 juga pake 4 speed A/T sama kaya yang 1.5.. Saya pribadi sih kecewa aja..conan wrote: Livina 1.8L kan manualnya 6-speed ya? Kalau begitu seharusnya maticnya sudah 5-speed. Mungkin hanya yg 1.5L yang 4-speed? Atau yg 1.8L juga?
Tapi kalau untuk mesin 1.5L, biasanya hanya pakai AT 4-speed karena berlebihan kalau pakai AT 5-speed. Karena kalau giginya kurang banyak, konsumsi BBM-nya akan lebih boros seperti contohnya Kijang kapsul 2000cc + 4-speed AT itu borosnya luar biasa..
Tapi kalau mesinnya 1800cc umumnya sudah pakai AT 5-speed.
Last edited by conan on Thu Apr 05, 2007 8:19, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Nah, ini dia yang akan memberikan jawabannya. Ditunggu reviewnya oleh yang lain tuh, Mr. Masterpiece..Masterpiece wrote:Guys,
Kalo diliat dari brosur nya baik yang 1,5L ataupun yang 1,8L menggunakan tramnmisi matic yang sama yaitu hanya 4-speed.Saya juga mau nyobain dulu nih ngebandingin sama CVT nusiti saya enak mana soalnya cenderung pilih yang 1,5L gitu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
di auto bild ada, sayang gua ga bisa scan. gua yakin transmisinya bukan Xtronic. cuman konvensional 4 AT. dan hanya lurus saja. paling bawah 1 - 2 - D - N - R - Pconan wrote:Ada gambar close-up tuas transmisi matic untuk Livina..?
emang sayang sih bukan CVT. tapi mazda tribute yg terbaru aja, juga kayak gitu gua lihat fotonya di autobild.
bung conan, apakah kalo CVT tidak ada gear ratio-nya? soalnya di buku sales guide nissannya, ada tercantum gear ratio transmisi 4 AT. spt yg dibahas kmrn2 di sini.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Bukan tidak ada sih, tapi variable bisa diubah-ubah. Kalau ada gear ratio 4 AT di buku, berarti sudah pasti bukan CVT.hunter wrote:di auto bild ada, sayang gua ga bisa scan. gua yakin transmisinya bukan Xtronic. cuman konvensional 4 AT. dan hanya lurus saja. paling bawah 1 - 2 - D - N - R - Pconan wrote:Ada gambar close-up tuas transmisi matic untuk Livina..?
emang sayang sih bukan CVT. tapi mazda tribute yg terbaru aja, juga kayak gitu gua lihat fotonya di autobild.
bung conan, apakah kalo CVT tidak ada gear ratio-nya? soalnya di buku sales guide nissannya, ada tercantum gear ratio transmisi 4 AT. spt yg dibahas kmrn2 di sini.
Kenapa ya? Padahal bung Sithlord begitu membangga-banggakan X-Tronic CVT tapi ternyata Nissan tidak memberikan X-Tronic CVT pada Livina. Hmmh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Memang benar. Bahkan, pelopor CVT seperti Audi dengan Multitronicnya, kini sudah tidak lagi menggunakan CVT.dony wrote: Sy pribadi sich msh milih matic yg konvensional, untuk matic cvt dengar-2 sering bermasalah . di H. jazz bnyk teman sy maticnya udh mulai bermaslah , malah ada yg udh claim diganti 1 set maticnya dgn hrg kalau beli +/- 30 jt.
Mercedes sudah punya 7-speed AT, Lexus punya 8-speed AT.
Hanya Nissan yang selama ini membanggakan X-Tronic mereka tapi rupanya diam-diam mereka juga mulai meninggalkan CVT..
Memang CVT menggunakan belt yang kabarnya rawan putus jika bekerja berat, tidak seperti matik biasa yang bulletproof..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
that's what I mean. thanks. jadi kalo ada pencantuman gear ratio, sdh pasti bukan CVT. krn CVT ratio-nya bisa diubah2.conan wrote:Bukan tidak ada sih, tapi variable bisa diubah-ubah. Kalau ada gear ratio 4 AT di buku, berarti sudah pasti bukan CVT.
hehehe sssttt.. sdhlah... ntar debat kusir lagi. spt bung wardana bilang, biasalah downspec.Kenapa ya? Padahal bung Sithlord begitu membangga-banggakan X-Tronic CVT tapi ternyata Nissan tidak memberikan X-Tronic CVT pada Livina. Hmmh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Kalau begitu, Livina Indo lebih boros sedikit daripada Livina Geniss, dong.. karena mesin HR dan MR-series itu dirancang sejak awal untuk menggunakan CVT.. kalau kini dikawin-silangkan dengan 4 AT, hasilnya tidak akan seoptimal jika pakai CVT..wardana wrote:mungkin livina cina ada Xtronic CVT, kalo di indo ?...biasalah downspec
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
sudah jadi "tren" kalo mobil itu irit, mobil itu enak..maka resale value akan terjaga.
buktinya banyak kok..
contoh irit? tuh ada honda new city
buktinya banyak kok..
contoh irit? tuh ada honda new city
ifmarch wrote:Rekan-rekan SM-er, menurut forecast rekan-rekan disini berapa besar (%) sih penurunan resale value Livina untuk next year, 2 tahun lagi, 3 tahun lagi .... dll.
So dalam bahasa lain, sebenarnya prediksi resale value Livina nantinya seperti apa? Apakah akan jatuh seperti jatuh dari apartemen tingkat 25 (terjun bebas) ataukah resale valuenya akan tetap bertahan lama (seperti kijang kapsul, jazz) ?
Tapi please, argumennya diikuti dengan asumsi dan fakta yang logis dan yang penting jangan sampe maki-makian dan terjadi hot war lagi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Tidak juga.. Kijang kapsul, terkenal boros dan tidak enak. Tapi resale valuenya paling kuat.NissanLovers wrote:sudah jadi "tren" kalo mobil itu irit, mobil itu enak..maka resale value akan terjaga.
buktinya banyak kok..
contoh irit? tuh ada honda new city
Setelah setahun, akan terlihat di pasaran mobil bekas, apakah Livina itu seirit harapan banyak orang atau biasa saja seperti mobil2 yang lain yang sekelas.
Menurutku Livina 1.8L akan cukup banyak lebih boros daripada yg 1.5L, tapi yg 1.5L terutama matic akan terasa kurang bertenaga.. jadi belum bisa dipastikan resale value akan lebih kuat yg mana..
Tapi kalau angka produksi Nissan banyak, maka untuk setahun pertama depresiasi akan cukup besar.. karena kalau hanya turun sedikit, orang akan pilih beli baru.. ini berlaku untuk semua jenis mobil baru..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
[quote="conan"][quote="dony"]
Sy pribadi sich msh milih matic yg konvensional, untuk matic cvt dengar-2 sering bermasalah . di H. jazz bnyk teman sy maticnya udh mulai bermaslah , malah ada yg udh claim diganti 1 set maticnya dgn hrg kalau beli +/- 30 jt.[/quote]
Memang benar. Bahkan, pelopor CVT seperti Audi dengan Multitronicnya, kini sudah tidak lagi menggunakan CVT.
Mercedes sudah punya 7-speed AT, Lexus punya 8-speed AT.
Hanya Nissan yang selama ini membanggakan X-Tronic mereka tapi rupanya diam-diam mereka juga mulai meninggalkan CVT..
Memang CVT menggunakan belt yang kabarnya rawan putus jika bekerja berat, tidak seperti matik biasa yang bulletproof..[/quote]
CVT rawan putus hanya krn usia teknologi ini masih terbilang muda, sejalannya perkembangan teknologi jg pasti akan makin sempurna.
memang cvt ga bs utk mobil berbobot besar. tp jauh lebih efisien dari apapun krn rasio linear tidak berjeda2 berapapun jmlh gearnya (10speed? tetap saja byk lose saat perpindahan).
oya apa ada data brp qty cvt belt jazz yg putus? apa cukup signifikan dgn failure x-tronic, mulitronic, DSG, atau malah kopling manual bermasalah lebih signifikan.
Sy pribadi sich msh milih matic yg konvensional, untuk matic cvt dengar-2 sering bermasalah . di H. jazz bnyk teman sy maticnya udh mulai bermaslah , malah ada yg udh claim diganti 1 set maticnya dgn hrg kalau beli +/- 30 jt.[/quote]
Memang benar. Bahkan, pelopor CVT seperti Audi dengan Multitronicnya, kini sudah tidak lagi menggunakan CVT.
Mercedes sudah punya 7-speed AT, Lexus punya 8-speed AT.
Hanya Nissan yang selama ini membanggakan X-Tronic mereka tapi rupanya diam-diam mereka juga mulai meninggalkan CVT..
Memang CVT menggunakan belt yang kabarnya rawan putus jika bekerja berat, tidak seperti matik biasa yang bulletproof..[/quote]
CVT rawan putus hanya krn usia teknologi ini masih terbilang muda, sejalannya perkembangan teknologi jg pasti akan makin sempurna.
memang cvt ga bs utk mobil berbobot besar. tp jauh lebih efisien dari apapun krn rasio linear tidak berjeda2 berapapun jmlh gearnya (10speed? tetap saja byk lose saat perpindahan).
oya apa ada data brp qty cvt belt jazz yg putus? apa cukup signifikan dgn failure x-tronic, mulitronic, DSG, atau malah kopling manual bermasalah lebih signifikan.