Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

sori... bung hanzz.. t/d apaan sih?
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

Alow rekan-rekan seraya mo nanya donk Transmisi livina kok gak pake CVT yah? Padahal Latio sudah pakai, sedangkan jazz yg harganya murah saja pakai CVT? Kenapa masih pakai 4 speed, apakah transmisi maticnya sudah menggunakan computer jadi tau dan sinkron dengan kondisi jalan, engine brake dan beban putaran mesin seperti yg di pakai di Toyota ECT-S atau di Honda GradeLogic?
Thanks atas jawabannya ...
lexastan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20

Post by lexastan »

hunter wrote: anyway coba deh, ntar kalo dah test gua post lagi. oh ya ini berdasarkan pilihan gua, yaitu 1.5 XV AT loh!

kekurangan:
- ga ada airbag, ABS+EBD, dkk. gua ngerti di sini, mobil seharga segitu jarang yg ada airbag dkk. tapi koq yg seharga nyerempet2 sama, CBU aja, bisa ada airbag dkk. knapa yg ini engga bisa? apalagi pabriknya di indonesia dan yg gua baca2 (lupa dimana), local content-nya sdh 40%.
- transmisi maticnya masih konvensional. bukan yg CVT. jazz aja ada yg CVT.
- rem belakang masih tromol.
- spion non electric, dan masih hitam tdk sewarna body.
- jok masih pake kain.
- tape masih kuno, ga pake layar LCD lebar.
- speedometer n tacho keliatan kuno, warna kuning gitu.
- baris 3 ga dapet head rest.
Msalah transmisi matic 1.5 memang kenapa??? kuno??? modelnya jelek ??? atau kalah sama Jazz??? tlg dijelaskan yah bagi yg tahu.

U kelebihan ga perlu dibahas (sdh OK), untuk kekurangan lain saya accepatble sih ....

saya nanti coba test drive di sby. tp memang sy agak konservatf tidak inden dulu ....

Thanks guys,
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Liongkiky,

kalo gak salah di otomotif dibilang transmini sudah xtronic 4 speed, saya sudah coba yg 1,8 tp gak lama, jd gak begitu tau karakternya bener, yg jelas responsif.

mungkin yg lain bisa menambahkan?? thx
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

wardana wrote:Liongkiky,

kalo gak salah di otomotif dibilang transmini sudah xtronic 4 speed, saya sudah coba yg 1,8 tp gak lama, jd gak begitu tau karakternya bener, yg jelas responsif.

mungkin yg lain bisa menambahkan?? thx
Pak, kalau X-Tronic itu transmisi CVT, berarti tanpa gigi atau bisa juga dibilang hanya 1 gigi yang rationya bisa diubah-ubah, contoh Honda Jazz yang pakai '7-speed' Steermatic, ini bukan asli memiliki 7 gigi layaknya 7-speed G-Tronic milik Mercedes, tapi hanya variable ratio saja.

Jadi kalau 4-speed aku rasa ini transmisi matic konvensional yang masih hanya memiliki 4 gigi seperti halnya Kijang kapsul atau Stream 1.7L. Biasanya sekarang transmisi matic sudah 5-speed, 5 gigi.

Livina 1.8L kan manualnya 6-speed ya? Kalau begitu seharusnya maticnya sudah 5-speed. Mungkin hanya yg 1.5L yang 4-speed? Atau yg 1.8L juga?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

lexastan wrote:
hunter wrote: anyway coba deh, ntar kalo dah test gua post lagi. oh ya ini berdasarkan pilihan gua, yaitu 1.5 XV AT loh!

kekurangan:
- ga ada airbag, ABS+EBD, dkk. gua ngerti di sini, mobil seharga segitu jarang yg ada airbag dkk. tapi koq yg seharga nyerempet2 sama, CBU aja, bisa ada airbag dkk. knapa yg ini engga bisa? apalagi pabriknya di indonesia dan yg gua baca2 (lupa dimana), local content-nya sdh 40%.
- transmisi maticnya masih konvensional. bukan yg CVT. jazz aja ada yg CVT.
- rem belakang masih tromol.
- spion non electric, dan masih hitam tdk sewarna body.
- jok masih pake kain.
- tape masih kuno, ga pake layar LCD lebar.
- speedometer n tacho keliatan kuno, warna kuning gitu.
- baris 3 ga dapet head rest.
Msalah transmisi matic 1.5 memang kenapa??? kuno??? modelnya jelek ??? atau kalah sama Jazz??? tlg dijelaskan yah bagi yg tahu.

U kelebihan ga perlu dibahas (sdh OK), untuk kekurangan lain saya accepatble sih ....

saya nanti coba test drive di sby. tp memang sy agak konservatf tidak inden dulu ....

Thanks guys,
Kalau Jazz, pakai CVT yang tanpa gigi dan tidak menggunakan torque converter. Torque converter ini yang menyerap sekitar 10% daya sehingga biasanya matic disebut lebih 'loyo' daripada manualnya. Pada CVT, tidak ada kehilangan tenaga ini dan makanya lebih irit (makanya Jazz yang mengandalkan keiritan, menggunakan CVT ini). Tapi kelemahannya, kurva tenaga yg linear maka kurang responsif.

Kalau Livina aku belum yakin apakah CVT atau matic konvensional. Kalau dr namanya 4-speed sepertinya matic konvensional, dan inilah yang menyebabkan kenapa bung Hanzz merasa kalau Jazz VTEC lebih bertenaga karena kalau transmisi matic, ada tenaga yg terbuang..
Last edited by conan on Thu Apr 05, 2007 7:57, edited 1 time in total.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Conan,

seperti yg dibilang otomotif adalah Xtronic CVT 4 speed, terus terang saya juga awam mengenai transmisi ini, kayaknya yang 1.8 juga sama Xtronic CVT 4 speed. mohon pencerahannya bagi yg sudah tau...
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

conan wrote: Livina 1.8L kan manualnya 6-speed ya? Kalau begitu seharusnya maticnya sudah 5-speed. Mungkin hanya yg 1.5L yang 4-speed? Atau yg 1.8L juga?
Mr. Conan, Ini dulu pernah saya bahas di sini atau thread sebelah saya lupa.. yang 1.8 juga pake 4 speed A/T sama kaya yang 1.5.. Saya pribadi sih kecewa aja.. kenapa? karena secara logika kan harusnya gearbox manual 6 speed lebih mahal daripada yang manual 5 speed.. tapi kenapa di 1.5 beda harganya m/t dan a/t hanya 10 juta, tp di 1.8 XV beda harganya 11 juta, dan di ultimate bedanya 12 juta?

Udah gitu yang mau saya tanya juga A/T nya udah gate-type belom? Jaman skrng kan udah gak jaman lagi konsole A/T yang lurus2 aja.. :D
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

wardana wrote:Bung Conan,

seperti yg dibilang otomotif adalah Xtronic CVT 4 speed, terus terang saya juga awam mengenai transmisi ini, kayaknya yang 1.8 juga sama Xtronic CVT 4 speed. mohon pencerahannya bagi yg sudah tau...
Kalau CVT, karena sebenarnya tidak ada gigi, biasanya pabrikan membuat variable ratio sebanyak2nya untuk keperluan marketing (biar terdengar keren), contohnya Honda dengan '7-speed Steermatic'.

Tapi kalau CVT, tidak ada patokan CVT 4-speed atau 5-speed karena seperti sudah kukatakan, CVT itu tidak ada gigi atau bisa juga dibilang hanya punya satu gigi. Kalau CVT, pada tuas tidak ada D-3-2-1 karena tidak punya gigi mekanik, kalaupun ada '7 gigi', perpindahan dilakukan secara elektronik dengan menggunakan tombol atau tanda '+'/'-' pada tuas.

Sedangkan untuk matic 4-speed, bukan disebut X-Tronic/CVT.

Ada gambar close-up tuas transmisi matic untuk Livina..?
User avatar
Masterpiece
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Oct 18, 2005 4:05

Post by Masterpiece »

Guys,

Kalo diliat dari brosur nya baik yang 1,5L ataupun yang 1,8L menggunakan tramnmisi matic yang sama yaitu hanya 4-speed.Saya juga mau nyobain dulu nih ngebandingin sama CVT nusiti saya enak mana soalnya cenderung pilih yang 1,5L gitu
MASTERPIECE
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

datsu wrote:
conan wrote: Livina 1.8L kan manualnya 6-speed ya? Kalau begitu seharusnya maticnya sudah 5-speed. Mungkin hanya yg 1.5L yang 4-speed? Atau yg 1.8L juga?
Mr. Conan, Ini dulu pernah saya bahas di sini atau thread sebelah saya lupa.. yang 1.8 juga pake 4 speed A/T sama kaya yang 1.5.. Saya pribadi sih kecewa aja..
Memang, kalau manualnya 5-speed, maka maticnya 4-speed dan kalau manualnya 6-speed, seharusnya versi maticnya 5-speed.

Tapi kalau untuk mesin 1.5L, biasanya hanya pakai AT 4-speed karena berlebihan kalau pakai AT 5-speed. Karena kalau giginya kurang banyak, konsumsi BBM-nya akan lebih boros seperti contohnya Kijang kapsul 2000cc + 4-speed AT itu borosnya luar biasa..

Tapi kalau mesinnya 1800cc umumnya sudah pakai AT 5-speed.
Last edited by conan on Thu Apr 05, 2007 8:19, edited 1 time in total.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Masterpiece wrote:Guys,

Kalo diliat dari brosur nya baik yang 1,5L ataupun yang 1,8L menggunakan tramnmisi matic yang sama yaitu hanya 4-speed.Saya juga mau nyobain dulu nih ngebandingin sama CVT nusiti saya enak mana soalnya cenderung pilih yang 1,5L gitu
Nah, ini dia yang akan memberikan jawabannya. Ditunggu reviewnya oleh yang lain tuh, Mr. Masterpiece.. :wink:
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

masih matic konvensional 4speed, bkn xtronic.
Sy pribadi sich msh milih matic yg konvensional, untuk matic cvt dengar-2 sering bermasalah . di H. jazz bnyk teman sy maticnya udh mulai bermaslah , malah ada yg udh claim diganti 1 set maticnya dgn hrg kalau beli +/- 30 jt.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

conan wrote:Ada gambar close-up tuas transmisi matic untuk Livina..?
di auto bild ada, sayang gua ga bisa scan. gua yakin transmisinya bukan Xtronic. cuman konvensional 4 AT. dan hanya lurus saja. paling bawah 1 - 2 - D - N - R - P

emang sayang sih bukan CVT. tapi mazda tribute yg terbaru aja, juga kayak gitu gua lihat fotonya di autobild.

bung conan, apakah kalo CVT tidak ada gear ratio-nya? soalnya di buku sales guide nissannya, ada tercantum gear ratio transmisi 4 AT. spt yg dibahas kmrn2 di sini.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

wah gimana nih otomotif ?? berarti datanya ada yg gak bener :shock:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

hunter wrote:
conan wrote:Ada gambar close-up tuas transmisi matic untuk Livina..?
di auto bild ada, sayang gua ga bisa scan. gua yakin transmisinya bukan Xtronic. cuman konvensional 4 AT. dan hanya lurus saja. paling bawah 1 - 2 - D - N - R - P

emang sayang sih bukan CVT. tapi mazda tribute yg terbaru aja, juga kayak gitu gua lihat fotonya di autobild.

bung conan, apakah kalo CVT tidak ada gear ratio-nya? soalnya di buku sales guide nissannya, ada tercantum gear ratio transmisi 4 AT. spt yg dibahas kmrn2 di sini.
Bukan tidak ada sih, tapi variable bisa diubah-ubah. Kalau ada gear ratio 4 AT di buku, berarti sudah pasti bukan CVT.

Kenapa ya? Padahal bung Sithlord begitu membangga-banggakan X-Tronic CVT tapi ternyata Nissan tidak memberikan X-Tronic CVT pada Livina. Hmmh.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

mungkin livina cina ada Xtronic CVT, kalo di indo ?...biasalah downspec
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

dony wrote: Sy pribadi sich msh milih matic yg konvensional, untuk matic cvt dengar-2 sering bermasalah . di H. jazz bnyk teman sy maticnya udh mulai bermaslah , malah ada yg udh claim diganti 1 set maticnya dgn hrg kalau beli +/- 30 jt.
Memang benar. Bahkan, pelopor CVT seperti Audi dengan Multitronicnya, kini sudah tidak lagi menggunakan CVT.
Mercedes sudah punya 7-speed AT, Lexus punya 8-speed AT.

Hanya Nissan yang selama ini membanggakan X-Tronic mereka tapi rupanya diam-diam mereka juga mulai meninggalkan CVT..
Memang CVT menggunakan belt yang kabarnya rawan putus jika bekerja berat, tidak seperti matik biasa yang bulletproof..
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

conan wrote:Bukan tidak ada sih, tapi variable bisa diubah-ubah. Kalau ada gear ratio 4 AT di buku, berarti sudah pasti bukan CVT.
that's what I mean. thanks. jadi kalo ada pencantuman gear ratio, sdh pasti bukan CVT. krn CVT ratio-nya bisa diubah2.
Kenapa ya? Padahal bung Sithlord begitu membangga-banggakan X-Tronic CVT tapi ternyata Nissan tidak memberikan X-Tronic CVT pada Livina. Hmmh.
hehehe sssttt.. sdhlah... ntar debat kusir lagi. spt bung wardana bilang, biasalah downspec.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

wardana wrote:mungkin livina cina ada Xtronic CVT, kalo di indo ?...biasalah downspec
Kalau begitu, Livina Indo lebih boros sedikit daripada Livina Geniss, dong.. karena mesin HR dan MR-series itu dirancang sejak awal untuk menggunakan CVT.. kalau kini dikawin-silangkan dengan 4 AT, hasilnya tidak akan seoptimal jika pakai CVT..
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

wardana wrote:wah gimana nih otomotif ?? berarti datanya ada yg gak bener :shock:
Biasalah jurnalis otomotif lokal, mereka juga kadang-kadang awam. Masak transmisi DSG milik VW Golf/Audi A3 itu disebut matic oleh banyak majalah.. padahal jelas-jelas automated manual, tidak pakai torque converter.
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

sudah jadi "tren" kalo mobil itu irit, mobil itu enak..maka resale value akan terjaga.

buktinya banyak kok..
contoh irit? tuh ada honda new city
ifmarch wrote:Rekan-rekan SM-er, menurut forecast rekan-rekan disini berapa besar (%) sih penurunan resale value Livina untuk next year, 2 tahun lagi, 3 tahun lagi .... dll.

So dalam bahasa lain, sebenarnya prediksi resale value Livina nantinya seperti apa? Apakah akan jatuh seperti jatuh dari apartemen tingkat 25 (terjun bebas) ataukah resale valuenya akan tetap bertahan lama (seperti kijang kapsul, jazz) ?


Tapi please, argumennya diikuti dengan asumsi dan fakta yang logis dan yang penting jangan sampe maki-makian dan terjadi hot war lagi.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

NissanLovers wrote:sudah jadi "tren" kalo mobil itu irit, mobil itu enak..maka resale value akan terjaga.

buktinya banyak kok..
contoh irit? tuh ada honda new city
Tidak juga.. Kijang kapsul, terkenal boros dan tidak enak. Tapi resale valuenya paling kuat.

Setelah setahun, akan terlihat di pasaran mobil bekas, apakah Livina itu seirit harapan banyak orang atau biasa saja seperti mobil2 yang lain yang sekelas.

Menurutku Livina 1.8L akan cukup banyak lebih boros daripada yg 1.5L, tapi yg 1.5L terutama matic akan terasa kurang bertenaga.. jadi belum bisa dipastikan resale value akan lebih kuat yg mana..

Tapi kalau angka produksi Nissan banyak, maka untuk setahun pertama depresiasi akan cukup besar.. karena kalau hanya turun sedikit, orang akan pilih beli baru.. ini berlaku untuk semua jenis mobil baru..
hanzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53

Post by hanzz »

sori... bung hanzz.. t/d apaan sih?
t/d maksudnya test drive, sori deh cepet2 ngetiknya jadi di singkat.
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

[quote="conan"][quote="dony"]
Sy pribadi sich msh milih matic yg konvensional, untuk matic cvt dengar-2 sering bermasalah . di H. jazz bnyk teman sy maticnya udh mulai bermaslah , malah ada yg udh claim diganti 1 set maticnya dgn hrg kalau beli +/- 30 jt.[/quote]

Memang benar. Bahkan, pelopor CVT seperti Audi dengan Multitronicnya, kini sudah tidak lagi menggunakan CVT.
Mercedes sudah punya 7-speed AT, Lexus punya 8-speed AT.

Hanya Nissan yang selama ini membanggakan X-Tronic mereka tapi rupanya diam-diam mereka juga mulai meninggalkan CVT..
Memang CVT menggunakan belt yang kabarnya rawan putus jika bekerja berat, tidak seperti matik biasa yang bulletproof..[/quote]



CVT rawan putus hanya krn usia teknologi ini masih terbilang muda, sejalannya perkembangan teknologi jg pasti akan makin sempurna.
memang cvt ga bs utk mobil berbobot besar. tp jauh lebih efisien dari apapun krn rasio linear tidak berjeda2 berapapun jmlh gearnya (10speed? tetap saja byk lose saat perpindahan).

oya apa ada data brp qty cvt belt jazz yg putus? apa cukup signifikan dgn failure x-tronic, mulitronic, DSG, atau malah kopling manual bermasalah lebih signifikan.