Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by DOHC »

@ chz : mantap ilmu nya mods... bener2 ngena... stuju tuh soal shock jgn pas d atas b0k0ng penumpang...ga enak blasss... bagi yg pengen cobain, coba duduk d panther atau kijang jadul yg kursi row3 masi hadap2an... rasakan rebound per pas jalan jelek... mungkin serasa lg d rajam pake knalpot mods enji kl tuh...

@ profith : selamat om utk mobilio nya.... mudah2an kl ini ga serewel si lipina.... d tunggu jg report nya om...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by djia »

Profith83 wrote:Akhirnya pilihan jatuh ke Mobilio RS CVT.

1. Karena bars ke 3 lumayan besar, Ertiga sempit
2. Kenapa tidak avanza, karena sudah punya D4D.
3. kenapa matic, karena maticnya sudah cukup tarikannya, dan lama kelamaan semakin macet jalanan.
4. Type RS karena coba 2 type mobilio yaitu e MT thn 2014 awal dan RS CVT, wah peredamannya bagai bumi dan langit.

Istri saya juga notice kalau peredaman jauh banget, di type e CVT wah banyak suara dari luar masuk.
Begitu coba yang RS langsung bilang wah kedap yah.
Ke 2 mobil tersebut padahal KM sama yaitu 15.000 KM.
Mungkin batch awal peredaman jelek

Terima kasih atas saran, ide dan pendapatnya :big_grin: :big_deal:
Mantap lah om. Ambil di honda mana? N dpt diskon brp n apa aja? Udah ada sensor parkir n kamera mundur ga?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by ChZ »

DOHC wrote:@ chz : mantap ilmu nya mods... bener2 ngena... stuju tuh soal shock jgn pas d atas b0k0ng penumpang...ga enak blasss... bagi yg pengen cobain, coba duduk d panther atau kijang jadul yg kursi row3 masi hadap2an... rasakan rebound per pas jalan jelek... mungkin serasa lg d rajam pake knalpot mods enji kl tuh...

@ profith : selamat om utk mobilio nya.... mudah2an kl ini ga serewel si lipina.... d tunggu jg report nya om...
Nahhh ane pernah tuh naik panter kotak yang kursinya adep-adepan... Surabaya-Tretes-Surabaya... Pantat kayak digebukin rasanya

Paling kerasa bedanya kalo di bus oom, kalo pas kedapetan duduknya di atas roda belakang behhh :frm_bang_head:

Mobil apapun terutama yang orientasinya ke kenyamanan penumpang pasti roda belakangnya berada persis di belakang row 2 dan shocknya dibuat mengarah ke bagasi biar nggak langsung kena ke penumpang.

Nahh kalo MPV 7-seaters kan harus kompromi sama space dan kenyamanan orang di row 3, jadi overhang belakangnya kudu panjang dong, biar nyamannya dapet semua dan ada space buat bagasi/ban serep.

Bisa sebenernya dibuat nggak panjang overhang belakangnya, tapi mobilnya penampilannya jadi uaneh dan panjang sekaleee.. mau? :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by Profith83 »

djia wrote:
Profith83 wrote:Akhirnya pilihan jatuh ke Mobilio RS CVT.

1. Karena bars ke 3 lumayan besar, Ertiga sempit
2. Kenapa tidak avanza, karena sudah punya D4D.
3. kenapa matic, karena maticnya sudah cukup tarikannya, dan lama kelamaan semakin macet jalanan.
4. Type RS karena coba 2 type mobilio yaitu e MT thn 2014 awal dan RS CVT, wah peredamannya bagai bumi dan langit.

Istri saya juga notice kalau peredaman jauh banget, di type e CVT wah banyak suara dari luar masuk.
Begitu coba yang RS langsung bilang wah kedap yah.
Ke 2 mobil tersebut padahal KM sama yaitu 15.000 KM.
Mungkin batch awal peredaman jelek

Terima kasih atas saran, ide dan pendapatnya :big_grin: :big_deal:
Mantap lah om. Ambil di honda mana? N dpt diskon brp n apa aja? Udah ada sensor parkir n kamera mundur ga?
Honda jemursari om.
Diskonnya cek PM om.
kamera mundur sudah bawaan RS.
Untuk sensor pakir, talang air dan karpet dasar. Ke 3 itu kalau gak mua diskon tambah 1 jt.

Detail diskonnya cek PM yah
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12557
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote:Akhirnya pilihan jatuh ke Mobilio RS CVT.

1. Karena bars ke 3 lumayan besar, Ertiga sempit
2. Kenapa tidak avanza, karena sudah punya D4D.
3. kenapa matic, karena maticnya sudah cukup tarikannya, dan lama kelamaan semakin macet jalanan.
4. Type RS karena coba 2 type mobilio yaitu e MT thn 2014 awal dan RS CVT, wah peredamannya bagai bumi dan langit.

Istri saya juga notice kalau peredaman jauh banget, di type e CVT wah banyak suara dari luar masuk.
Begitu coba yang RS langsung bilang wah kedap yah.
Ke 2 mobil tersebut padahal KM sama yaitu 15.000 KM.

Mungkin batch awal peredaman jelek

Terima kasih atas saran, ide dan pendapatnya :big_grin: :big_deal:
Bukan batch awal om, tapi memang peredamannya dibedakan antara Tipe Reguler dengan RS.
Yang plg signifikan adalah peredaman di bagian pintu2.. karet pintunya pasti beda.

Cuman klo atap pas ujan, masih sama2 berisik.. tipikal mobil jepang lah.

Jangankan MobilLio., Camry aja atapnya berisik klo ujan gede :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by Profith83 »

Betul mobil jepang dibawah 400 jt semua berisik kalau hujan hahaha.
Peredaman memang beda jauh untuk type E dan RS.
Kalau type E suara sepeda motor di lampu merah terdengar dan juga suara berisk.
Begitu coba RS, di stopan hampir 100% hening, kecuali motor yangn memang suara knalpot keras.

Isrti san saya setuju hampir tidak bisa bedakan dengan peredaman GL (alias hampir sama kedapnya)
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by KodokPushUp »

@mod chz dan professor DOHC
agak ga setuju kalo penumpang paling belakang di rear overhang buat kenyamanan
di tikungan, penumpang di "pantat mobil" bakal terasa "dilempar kesamping" lebih dari penumpang di depan as ban belakang (seperti pendulum)
begitu juga ketika mengalami pantulan, penumpang di belakang bakal mengalami pantulan berlebih

Terasa di bus, coba aja bandingkan pas duduk di tengah, di ujung depan, dan ujung belakang
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote:@mod chz dan professor DOHC
agak ga setuju kalo penumpang paling belakang di rear overhang buat kenyamanan
di tikungan, penumpang di "pantat mobil" bakal terasa "dilempar kesamping" lebih dari penumpang di depan as ban belakang (seperti pendulum)
begitu juga ketika mengalami pantulan, penumpang di belakang bakal mengalami pantulan berlebih

Terasa di bus, coba aja bandingkan pas duduk di tengah, di ujung depan, dan ujung belakang
Naa berarti mungkin murni faktor kepraktisan aja kalau gitu. Soalnya even Alphard Elgrand aja overhang pantatnya cukup panjang. SUV Murican Cadillac Escalade, GMC Yukon, Chevrolet Suburban juga overhang belakangnya panjang.

Tapi mungkin lebih baik gitu daripada dihajar shock langsung, sakitnya tuh disini loh *nunjuk pantat* secara pengalaman ane dengan bis cukup banyak, dulu jaman SMP sampai SMA kelas 2 sering naik bus. Serius deh mending duduk di paling belakang daripada duduk di atas roda langsung. Ini juga alesan kenapa shock kebanyakan mobil jenis manapun (sedan/suv/mpv) deh coba liat, pasti arahnya sedikit miring ke bagasi, nggak lurus apalagi diarahin ke jok belakang.

Posisi paling nyaman tetep di tengah-tengah ban depan dan belakang. Lagian, kalau di MPV seperti Ipah/Avania kondisi full load kan mobilnya jadi gak terlalu mentul.

Makanya, kan tadi udah ane bilang kalo mau overhang belakangnya nggak panjang ya bisa sih, tapi mobilnya jadi puanjang sekalee dan keliatan lucu... mau? :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by DOHC »

ane masi penasaran ama beda nya type E ama RS sehh... unit yg waktu itu ane coba type E dan ane ngerasa masi lebi mending dr apanja ane...

@ suhu racing driver kodok : ane partially setuju ama modz piyiks chz sehh om mengenai shock pas d atas b0k0ng itu bener2 menyakitkan... scara panther ane dl kursi blakang duduk hadap2an, dan kl duduk dsana sambil lewatin jalan jelek bener2 ga enak banget d b0k0ng...
btw, krn modz chz bahas bus, ane inget dl waktu perna naek bus dr johor ke pinang di malon, ane dapet kursi pas pergi nya di kursi ke 2 paling blakang, rasa nya bener2 ga enak... brisik mesin plus geter2, dann tiap kl jalan bumpy, rebound nya bener2 kerasa d ane, pas perjalanan pulang, ane dapet kursi tengah2 bus, dan bener2 beda rasanya, the ride is totally sublime...... airsus dr bus nya bener2 enakkk...

nahh perihal pendulum efek d kursi plg blakang dalam sbuah media transportasi bergerak tsb.... ane kayanya perna denger dehh ttg teori ini... dan contoh yg plg pas buat jelasin nya, yahh di pesawat... coba duduk di row plg blakang yg ud seat 40 keatas... turbulensi, take off landing dan sgala guncangan lain nya bener2 noticeable dbanding seat laen nya... cuman ane lupa penjelasan nya knapa... maklum, bukan anak tehnik...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by ChZ »

DOHC wrote:ane masi penasaran ama beda nya type E ama RS sehh... unit yg waktu itu ane coba type E dan ane ngerasa masi lebi mending dr apanja ane...

@ suhu racing driver kodok : ane partially setuju ama modz piyiks chz sehh om mengenai shock pas d atas b0k0ng itu bener2 menyakitkan... scara panther ane dl kursi blakang duduk hadap2an, dan kl duduk dsana sambil lewatin jalan jelek bener2 ga enak banget d b0k0ng...
btw, krn modz chz bahas bus, ane inget dl waktu perna naek bus dr johor ke pinang di malon, ane dapet kursi pas pergi nya di kursi ke 2 paling blakang, rasa nya bener2 ga enak... brisik mesin plus geter2, dann tiap kl jalan bumpy, rebound nya bener2 kerasa d ane, pas perjalanan pulang, ane dapet kursi tengah2 bus, dan bener2 beda rasanya, the ride is totally sublime...... airsus dr bus nya bener2 enakkk...

nahh perihal pendulum efek d kursi plg blakang dalam sbuah media transportasi bergerak tsb.... ane kayanya perna denger dehh ttg teori ini... dan contoh yg plg pas buat jelasin nya, yahh di pesawat... coba duduk di row plg blakang yg ud seat 40 keatas... turbulensi, take off landing dan sgala guncangan lain nya bener2 noticeable dbanding seat laen nya... cuman ane lupa penjelasan nya knapa... maklum, bukan anak tehnik...
E dan RS kalo soal kekedapan beda di karet peredam om klep, yang tipe E karetnya macem Carry L300 dkk, bukan karet balon. Sementara RS sudah pake karet balon buat peredam pintunya. Dibanding Apanja sih masih jauh lebih baik Mobiloyo...

Di bus itu ngerasain pantulan suspensi enak di tengah-tengah, tapi resikonya legroom pasti nggak seenak duduk di bagian belakang/depan sekali. Di belakang memang rasanya kelempar-lempar, tapi daripada dihajar shock langsung itu lebih sakitnya disini *nunjuk bokong* blom lagi kaki pasti sesek gak enak keganjel ruang roda, secara di MPV macem Ipah aja kaki gak enak walo keganjel ruang roda dikit, apalagi itu ruang roda harus mundur beberapa senti, bakal tambah gak enak. Dihajar shock + kaki sesek + bagasi jadi sempit.

Kalo pesawat, mungkin karena bagian belakang itu bagian paling ringan jadi ngerasain semua nya kah? Termasuk thrust dari exhaust pesawat itu kan kuat banget. Dan fuselage pesawat kan nggak one solid body, terpisah jadi 3 bagian : depan, tengah, belakang. Cuma ane lebih suka duduk di belakang, keluar masuknya cepet :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by KodokPushUp »

@kedua master diatas
setuju si kalo dibandingin diatas roda langsung, memang masih lebih mending di bagian belakang
entah gara2 suspensi nya keras, atau ada penjelasan lainnya?
karena kalo mobil2 pick up yg posisi sopir diatas ban, rasanya ga se-menyiksa duduk di jok hadap2an nya panther

newbie ga pernah merhatiin di pesawat si, sudah diluar kemampuan otak yg segede kodok ini :frm_bang_head:

masalah kenapa di tengah enak, menurut ane karena deket sama as kendaraan buat belok
semakin jauh kita dari as kendaraan, semakin besar pula momen inersia yg kita terima ketika nikung (terasa lebih "kelempar" waktu belok)
ane gampang pusing, jadinya tiap ane pusing di dalem kendaraan, ane kira2 apa yg bikin pusing itu, trus gara2 penasaran, jadi ane hubung2in deh sama fisika :wkkk:

*cuma newbie yg sotoy.. menurut master2, sebenernya penjelasan ilmiahnya gimana?
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote:@kedua master diatas
setuju si kalo dibandingin diatas roda langsung, memang masih lebih mending di bagian belakang
entah gara2 suspensi nya keras, atau ada penjelasan lainnya?
karena kalo mobil2 pick up yg posisi sopir diatas ban, rasanya ga se-menyiksa duduk di jok hadap2an nya panther

newbie ga pernah merhatiin di pesawat si, sudah diluar kemampuan otak yg segede kodok ini :frm_bang_head:

masalah kenapa di tengah enak, menurut ane karena deket sama as kendaraan buat belok
semakin jauh kita dari as kendaraan, semakin besar pula momen inersia yg kita terima ketika nikung (terasa lebih "kelempar" waktu belok)
ane gampang pusing, jadinya tiap ane pusing di dalem kendaraan, ane kira2 apa yg bikin pusing itu, trus gara2 penasaran, jadi ane hubung2in deh sama fisika :wkkk:

*cuma newbie yg sotoy.. menurut master2, sebenernya penjelasan ilmiahnya gimana?
Di mobil mesin depan, bagian depan biasanya gak akan terlalu kerasa mental mentul karena bobotnya sebagian besar di depan terutama yang FWD, bobotnya bisa 70:30. Jadi set suspensi bagian belakang efeknya akan lebih kerasa di kenyamanan daripada bagian depan. Buktinya tiap bawa penumpang, yang protes duluan kalo lupa ngerem selalu yang duduk belakang :ngacir:

Kalo set suspensi bagian depan ngaruhnya kebanyakan di handling mobil. Terlalu mental mentul bikin mobil manuvernya jadi kemana-mana, kalo keras bagian depannya jadi sharp dan nurut.

Ane gak tau geometry suspensi depannya pikap macem Carry atau Elsapek, tapi logika bodoh ane mengatakan karena bobot depan sudah berat jadi otomatis lebih meredam daripada bagian belakang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by DOHC »

wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas... :mky_01: :mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by ChZ »

DOHC wrote:wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas... :mky_01: :mky_01:
Ahh otak ane juga lama gak kerja kok om, selaw :ngacir: efek kelamaan libur :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by KodokPushUp »

@mod chz
Bener juga ya, gara2 berat jadi ga tusbol bokong :cupss:
woakaka.. yg protes duluan kalo telat ngerem yg belakang?

Pernah ane nyetir kijang kapsul, isi ber 5, depan 2, tengah 2, belakang 1
Ane nyetir, yg laen tidur.
Tengah malem ga ngeliat kalo ada perlintasan rel KA, ga ane rem
Yg duduk depan, masih ga kebangun
Yg duduk tengah, kelempar dikit, tapi masi tidur
Yg duduk belakang, kelempar sampe kepentok atap keras banget :big_biglaugh:

Otak ane malah udah overload mikirin kenapa dompet makin lama makin tipis :frm_bang_head:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote:@mod chz
Bener juga ya, gara2 berat jadi ga tusbol bokong :cupss:
woakaka.. yg protes duluan kalo telat ngerem yg belakang?

Pernah ane nyetir kijang kapsul, isi ber 5, depan 2, tengah 2, belakang 1
Ane nyetir, yg laen tidur.
Tengah malem ga ngeliat kalo ada perlintasan rel KA, ga ane rem
Yg duduk depan, masih ga kebangun
Yg duduk tengah, kelempar dikit, tapi masi tidur
Yg duduk belakang, kelempar sampe kepentok atap keras banget :big_biglaugh:

Otak ane malah udah overload mikirin kenapa dompet makin lama makin tipis :frm_bang_head:
Ane kalau pakai SX4 kondisi full load dan lupa ngerem, yang protes pasti belakang :frm_bang_head:

teman ane : "lu kira barang apa dilempar-lempar"
ane : "maklum jomblo biasa sendirian" :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by djia »

Lain lagi kalo naik speed boat om. Enak di belakang. Bantingannya lebih minim.
Kalo gampang mabuk laut biasanya dianjurkan duduk di belakang.
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by keong »

Selamat atas mobil barunya om, ditunggu reviewnya
Kalo begitu bagi orang yg mudah mabok ketika naik mobil sebaiknya ditaro dimana ya ? apa gausah dibawa aja :mky_01:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by sandal »

DOHC wrote:wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas... :mky_01: :mky_01:
Ilmiah fisika masih belum nyantol2 nih :big_slap: :glodak:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by DOHC »

sandal wrote:
DOHC wrote:wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas... :mky_01: :mky_01:
Ilmiah fisika masih belum nyantol2 nih :big_slap: :glodak:
gpp om... ud ga kepake koq skrg... penuhin2 RAM d otak aj.. :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by djia »

keong wrote:Selamat atas mobil barunya om, ditunggu reviewnya
Kalo begitu bagi orang yg mudah mabok ketika naik mobil sebaiknya ditaro dimana ya ? apa gausah dibawa aja :mky_01:
Kalo mudah mabok naik mobil kyknya malah sebaiknya sering diajak naik mobil aja biar terbiasa. Di case bbrp orang gitu sih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12557
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: E dan RS kalo soal kekedapan beda di karet peredam om klep, yang tipe E karetnya macem Carry L300 dkk, bukan karet balon. Sementara RS sudah pake karet balon buat peredam pintunya. Dibanding Apanja sih masih jauh lebih baik Mobiloyo...

Di bus itu ngerasain pantulan suspensi enak di tengah-tengah, tapi resikonya legroom pasti nggak seenak duduk di bagian belakang/depan sekali. Di belakang memang rasanya kelempar-lempar, tapi daripada dihajar shock langsung itu lebih sakitnya disini *nunjuk bokong* blom lagi kaki pasti sesek gak enak keganjel ruang roda, secara di MPV macem Ipah aja kaki gak enak walo keganjel ruang roda dikit, apalagi itu ruang roda harus mundur beberapa senti, bakal tambah gak enak. Dihajar shock + kaki sesek + bagasi jadi sempit.

Kalo pesawat, mungkin karena bagian belakang itu bagian paling ringan jadi ngerasain semua nya kah? Termasuk thrust dari exhaust pesawat itu kan kuat banget. Dan fuselage pesawat kan nggak one solid body, terpisah jadi 3 bagian : depan, tengah, belakang. Cuma ane lebih suka duduk di belakang, keluar masuknya cepet :ngacir:
Di pesawat, untuk merasakan gaya gravitasi plg rendah, duduk di tengah.
*Center of Gravity adalah titik paling nyaman dalam suatu benda bergerak

Kenapa ?..

Image

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by KodokPushUp »

Suryaputra wrote:Di pesawat, untuk merasakan gaya gravitasi plg rendah, duduk di tengah.
*Center of Gravity adalah titik paling nyaman dalam suatu benda bergerak

Kenapa ?..

Image

:ngacir:
Kalo center of gravity berhimpitan dengan pusat pergerakan benda, maka memang benar pergerakan benda akan stabil
Semakin jauh jarak center of gravity dari as/pusat pergerakan, maka semakin liar pergerakan benda (kalo untuk mobil di tikungan, terkenal dengan sebutan understeer/oversteer)

Saya ga terlalu ngerti dengan pesawat, tapi kalo di mobil, maka selain titik berat kendaraan, distribusi berat depan-belakang, posisi mobil (termasuk kemiringan jalan, ketinggian suspensi depan-belakang), dan gaya2 yg bekerja pada mobil (angin, tenaga mesin, rem), akan sangat berpengaruh
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by Profith83 »

Kemarin pelunasan mobil.
Hari ini rencana memberikan foto copy bukti lunas ke Honda.
Besok lihat kendaraan, setelah itu dipasang accessories KF, karpet dasar, talang air, sensor mundur.

Pengiriman mungkin Sabtu atau Senin.
STNK katanya jadi sekitar 3 minggu atau 1 bulan. Semoga cepat jadi supaya bias langsung dipakai.

Setelah punya Grand Livina, test mobilio dan test ertiga.
Lebih suka driving experience Mobilio karena :
1. Tidak terasa seperti bawa MPV, tarikan ringan
2. Mobil kalau dibelokkan paling nurut alias setirnya sharp/tajam
3. Mobil tidak terasa limbung kiri dan kanan

Bisa dibilang memang enak.
Bisa bisa kalau weekend yang dulu naik innova D4D AT ganti ke Mobilio karena tarikannya lebih enak, mobil lebuh nurut kalau dibelokkan.
Tidak limbung...

Kalau mobil sudah dating, nanti diupdate lagi driving experience lebih detail :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel

Post by DOHC »

@ master kodok dan suryaputra : thank ilmu nya om.... nubie skrg ngerti dehh teori nya...

@ profith : dtunggu field report nya om... lg lumayan galau nyari LMPV jg... tp masi ga tau mau ambil apa buat gantiin apanja atau ipah ane... :mky_01: :mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: