Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
@ chz : mantap ilmu nya mods... bener2 ngena... stuju tuh soal shock jgn pas d atas b0k0ng penumpang...ga enak blasss... bagi yg pengen cobain, coba duduk d panther atau kijang jadul yg kursi row3 masi hadap2an... rasakan rebound per pas jalan jelek... mungkin serasa lg d rajam pake knalpot mods enji kl tuh...
@ profith : selamat om utk mobilio nya.... mudah2an kl ini ga serewel si lipina.... d tunggu jg report nya om...
@ profith : selamat om utk mobilio nya.... mudah2an kl ini ga serewel si lipina.... d tunggu jg report nya om...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Mantap lah om. Ambil di honda mana? N dpt diskon brp n apa aja? Udah ada sensor parkir n kamera mundur ga?Profith83 wrote:Akhirnya pilihan jatuh ke Mobilio RS CVT.
1. Karena bars ke 3 lumayan besar, Ertiga sempit
2. Kenapa tidak avanza, karena sudah punya D4D.
3. kenapa matic, karena maticnya sudah cukup tarikannya, dan lama kelamaan semakin macet jalanan.
4. Type RS karena coba 2 type mobilio yaitu e MT thn 2014 awal dan RS CVT, wah peredamannya bagai bumi dan langit.
Istri saya juga notice kalau peredaman jauh banget, di type e CVT wah banyak suara dari luar masuk.
Begitu coba yang RS langsung bilang wah kedap yah.
Ke 2 mobil tersebut padahal KM sama yaitu 15.000 KM.
Mungkin batch awal peredaman jelek
Terima kasih atas saran, ide dan pendapatnya![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Nahhh ane pernah tuh naik panter kotak yang kursinya adep-adepan... Surabaya-Tretes-Surabaya... Pantat kayak digebukin rasanyaDOHC wrote:@ chz : mantap ilmu nya mods... bener2 ngena... stuju tuh soal shock jgn pas d atas b0k0ng penumpang...ga enak blasss... bagi yg pengen cobain, coba duduk d panther atau kijang jadul yg kursi row3 masi hadap2an... rasakan rebound per pas jalan jelek... mungkin serasa lg d rajam pake knalpot mods enji kl tuh...
@ profith : selamat om utk mobilio nya.... mudah2an kl ini ga serewel si lipina.... d tunggu jg report nya om...
Paling kerasa bedanya kalo di bus oom, kalo pas kedapetan duduknya di atas roda belakang behhh

Mobil apapun terutama yang orientasinya ke kenyamanan penumpang pasti roda belakangnya berada persis di belakang row 2 dan shocknya dibuat mengarah ke bagasi biar nggak langsung kena ke penumpang.
Nahh kalo MPV 7-seaters kan harus kompromi sama space dan kenyamanan orang di row 3, jadi overhang belakangnya kudu panjang dong, biar nyamannya dapet semua dan ada space buat bagasi/ban serep.
Bisa sebenernya dibuat nggak panjang overhang belakangnya, tapi mobilnya penampilannya jadi uaneh dan panjang sekaleee.. mau?

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Honda jemursari om.djia wrote:Mantap lah om. Ambil di honda mana? N dpt diskon brp n apa aja? Udah ada sensor parkir n kamera mundur ga?Profith83 wrote:Akhirnya pilihan jatuh ke Mobilio RS CVT.
1. Karena bars ke 3 lumayan besar, Ertiga sempit
2. Kenapa tidak avanza, karena sudah punya D4D.
3. kenapa matic, karena maticnya sudah cukup tarikannya, dan lama kelamaan semakin macet jalanan.
4. Type RS karena coba 2 type mobilio yaitu e MT thn 2014 awal dan RS CVT, wah peredamannya bagai bumi dan langit.
Istri saya juga notice kalau peredaman jauh banget, di type e CVT wah banyak suara dari luar masuk.
Begitu coba yang RS langsung bilang wah kedap yah.
Ke 2 mobil tersebut padahal KM sama yaitu 15.000 KM.
Mungkin batch awal peredaman jelek
Terima kasih atas saran, ide dan pendapatnya![]()
Diskonnya cek PM om.
kamera mundur sudah bawaan RS.
Untuk sensor pakir, talang air dan karpet dasar. Ke 3 itu kalau gak mua diskon tambah 1 jt.
Detail diskonnya cek PM yah
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12557
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Bukan batch awal om, tapi memang peredamannya dibedakan antara Tipe Reguler dengan RS.Profith83 wrote:Akhirnya pilihan jatuh ke Mobilio RS CVT.
1. Karena bars ke 3 lumayan besar, Ertiga sempit
2. Kenapa tidak avanza, karena sudah punya D4D.
3. kenapa matic, karena maticnya sudah cukup tarikannya, dan lama kelamaan semakin macet jalanan.
4. Type RS karena coba 2 type mobilio yaitu e MT thn 2014 awal dan RS CVT, wah peredamannya bagai bumi dan langit.
Istri saya juga notice kalau peredaman jauh banget, di type e CVT wah banyak suara dari luar masuk.
Begitu coba yang RS langsung bilang wah kedap yah.
Ke 2 mobil tersebut padahal KM sama yaitu 15.000 KM.
Mungkin batch awal peredaman jelek
Terima kasih atas saran, ide dan pendapatnya![]()
Yang plg signifikan adalah peredaman di bagian pintu2.. karet pintunya pasti beda.
Cuman klo atap pas ujan, masih sama2 berisik.. tipikal mobil jepang lah.
Jangankan MobilLio., Camry aja atapnya berisik klo ujan gede

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Betul mobil jepang dibawah 400 jt semua berisik kalau hujan hahaha.
Peredaman memang beda jauh untuk type E dan RS.
Kalau type E suara sepeda motor di lampu merah terdengar dan juga suara berisk.
Begitu coba RS, di stopan hampir 100% hening, kecuali motor yangn memang suara knalpot keras.
Isrti san saya setuju hampir tidak bisa bedakan dengan peredaman GL (alias hampir sama kedapnya)
Peredaman memang beda jauh untuk type E dan RS.
Kalau type E suara sepeda motor di lampu merah terdengar dan juga suara berisk.
Begitu coba RS, di stopan hampir 100% hening, kecuali motor yangn memang suara knalpot keras.
Isrti san saya setuju hampir tidak bisa bedakan dengan peredaman GL (alias hampir sama kedapnya)
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
@mod chz dan professor DOHC
agak ga setuju kalo penumpang paling belakang di rear overhang buat kenyamanan
di tikungan, penumpang di "pantat mobil" bakal terasa "dilempar kesamping" lebih dari penumpang di depan as ban belakang (seperti pendulum)
begitu juga ketika mengalami pantulan, penumpang di belakang bakal mengalami pantulan berlebih
Terasa di bus, coba aja bandingkan pas duduk di tengah, di ujung depan, dan ujung belakang
agak ga setuju kalo penumpang paling belakang di rear overhang buat kenyamanan
di tikungan, penumpang di "pantat mobil" bakal terasa "dilempar kesamping" lebih dari penumpang di depan as ban belakang (seperti pendulum)
begitu juga ketika mengalami pantulan, penumpang di belakang bakal mengalami pantulan berlebih
Terasa di bus, coba aja bandingkan pas duduk di tengah, di ujung depan, dan ujung belakang
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Naa berarti mungkin murni faktor kepraktisan aja kalau gitu. Soalnya even Alphard Elgrand aja overhang pantatnya cukup panjang. SUV Murican Cadillac Escalade, GMC Yukon, Chevrolet Suburban juga overhang belakangnya panjang.KodokPushUp wrote:@mod chz dan professor DOHC
agak ga setuju kalo penumpang paling belakang di rear overhang buat kenyamanan
di tikungan, penumpang di "pantat mobil" bakal terasa "dilempar kesamping" lebih dari penumpang di depan as ban belakang (seperti pendulum)
begitu juga ketika mengalami pantulan, penumpang di belakang bakal mengalami pantulan berlebih
Terasa di bus, coba aja bandingkan pas duduk di tengah, di ujung depan, dan ujung belakang
Tapi mungkin lebih baik gitu daripada dihajar shock langsung, sakitnya tuh disini loh *nunjuk pantat* secara pengalaman ane dengan bis cukup banyak, dulu jaman SMP sampai SMA kelas 2 sering naik bus. Serius deh mending duduk di paling belakang daripada duduk di atas roda langsung. Ini juga alesan kenapa shock kebanyakan mobil jenis manapun (sedan/suv/mpv) deh coba liat, pasti arahnya sedikit miring ke bagasi, nggak lurus apalagi diarahin ke jok belakang.
Posisi paling nyaman tetep di tengah-tengah ban depan dan belakang. Lagian, kalau di MPV seperti Ipah/Avania kondisi full load kan mobilnya jadi gak terlalu mentul.
Makanya, kan tadi udah ane bilang kalo mau overhang belakangnya nggak panjang ya bisa sih, tapi mobilnya jadi puanjang sekalee dan keliatan lucu... mau?

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
ane masi penasaran ama beda nya type E ama RS sehh... unit yg waktu itu ane coba type E dan ane ngerasa masi lebi mending dr apanja ane...
@ suhu racing driver kodok : ane partially setuju ama modz piyiks chz sehh om mengenai shock pas d atas b0k0ng itu bener2 menyakitkan... scara panther ane dl kursi blakang duduk hadap2an, dan kl duduk dsana sambil lewatin jalan jelek bener2 ga enak banget d b0k0ng...
btw, krn modz chz bahas bus, ane inget dl waktu perna naek bus dr johor ke pinang di malon, ane dapet kursi pas pergi nya di kursi ke 2 paling blakang, rasa nya bener2 ga enak... brisik mesin plus geter2, dann tiap kl jalan bumpy, rebound nya bener2 kerasa d ane, pas perjalanan pulang, ane dapet kursi tengah2 bus, dan bener2 beda rasanya, the ride is totally sublime...... airsus dr bus nya bener2 enakkk...
nahh perihal pendulum efek d kursi plg blakang dalam sbuah media transportasi bergerak tsb.... ane kayanya perna denger dehh ttg teori ini... dan contoh yg plg pas buat jelasin nya, yahh di pesawat... coba duduk di row plg blakang yg ud seat 40 keatas... turbulensi, take off landing dan sgala guncangan lain nya bener2 noticeable dbanding seat laen nya... cuman ane lupa penjelasan nya knapa... maklum, bukan anak tehnik...
@ suhu racing driver kodok : ane partially setuju ama modz piyiks chz sehh om mengenai shock pas d atas b0k0ng itu bener2 menyakitkan... scara panther ane dl kursi blakang duduk hadap2an, dan kl duduk dsana sambil lewatin jalan jelek bener2 ga enak banget d b0k0ng...
btw, krn modz chz bahas bus, ane inget dl waktu perna naek bus dr johor ke pinang di malon, ane dapet kursi pas pergi nya di kursi ke 2 paling blakang, rasa nya bener2 ga enak... brisik mesin plus geter2, dann tiap kl jalan bumpy, rebound nya bener2 kerasa d ane, pas perjalanan pulang, ane dapet kursi tengah2 bus, dan bener2 beda rasanya, the ride is totally sublime...... airsus dr bus nya bener2 enakkk...
nahh perihal pendulum efek d kursi plg blakang dalam sbuah media transportasi bergerak tsb.... ane kayanya perna denger dehh ttg teori ini... dan contoh yg plg pas buat jelasin nya, yahh di pesawat... coba duduk di row plg blakang yg ud seat 40 keatas... turbulensi, take off landing dan sgala guncangan lain nya bener2 noticeable dbanding seat laen nya... cuman ane lupa penjelasan nya knapa... maklum, bukan anak tehnik...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
E dan RS kalo soal kekedapan beda di karet peredam om klep, yang tipe E karetnya macem Carry L300 dkk, bukan karet balon. Sementara RS sudah pake karet balon buat peredam pintunya. Dibanding Apanja sih masih jauh lebih baik Mobiloyo...DOHC wrote:ane masi penasaran ama beda nya type E ama RS sehh... unit yg waktu itu ane coba type E dan ane ngerasa masi lebi mending dr apanja ane...
@ suhu racing driver kodok : ane partially setuju ama modz piyiks chz sehh om mengenai shock pas d atas b0k0ng itu bener2 menyakitkan... scara panther ane dl kursi blakang duduk hadap2an, dan kl duduk dsana sambil lewatin jalan jelek bener2 ga enak banget d b0k0ng...
btw, krn modz chz bahas bus, ane inget dl waktu perna naek bus dr johor ke pinang di malon, ane dapet kursi pas pergi nya di kursi ke 2 paling blakang, rasa nya bener2 ga enak... brisik mesin plus geter2, dann tiap kl jalan bumpy, rebound nya bener2 kerasa d ane, pas perjalanan pulang, ane dapet kursi tengah2 bus, dan bener2 beda rasanya, the ride is totally sublime...... airsus dr bus nya bener2 enakkk...
nahh perihal pendulum efek d kursi plg blakang dalam sbuah media transportasi bergerak tsb.... ane kayanya perna denger dehh ttg teori ini... dan contoh yg plg pas buat jelasin nya, yahh di pesawat... coba duduk di row plg blakang yg ud seat 40 keatas... turbulensi, take off landing dan sgala guncangan lain nya bener2 noticeable dbanding seat laen nya... cuman ane lupa penjelasan nya knapa... maklum, bukan anak tehnik...
Di bus itu ngerasain pantulan suspensi enak di tengah-tengah, tapi resikonya legroom pasti nggak seenak duduk di bagian belakang/depan sekali. Di belakang memang rasanya kelempar-lempar, tapi daripada dihajar shock langsung itu lebih sakitnya disini *nunjuk bokong* blom lagi kaki pasti sesek gak enak keganjel ruang roda, secara di MPV macem Ipah aja kaki gak enak walo keganjel ruang roda dikit, apalagi itu ruang roda harus mundur beberapa senti, bakal tambah gak enak. Dihajar shock + kaki sesek + bagasi jadi sempit.
Kalo pesawat, mungkin karena bagian belakang itu bagian paling ringan jadi ngerasain semua nya kah? Termasuk thrust dari exhaust pesawat itu kan kuat banget. Dan fuselage pesawat kan nggak one solid body, terpisah jadi 3 bagian : depan, tengah, belakang. Cuma ane lebih suka duduk di belakang, keluar masuknya cepet

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
@kedua master diatas
setuju si kalo dibandingin diatas roda langsung, memang masih lebih mending di bagian belakang
entah gara2 suspensi nya keras, atau ada penjelasan lainnya?
karena kalo mobil2 pick up yg posisi sopir diatas ban, rasanya ga se-menyiksa duduk di jok hadap2an nya panther
newbie ga pernah merhatiin di pesawat si, sudah diluar kemampuan otak yg segede kodok ini
masalah kenapa di tengah enak, menurut ane karena deket sama as kendaraan buat belok
semakin jauh kita dari as kendaraan, semakin besar pula momen inersia yg kita terima ketika nikung (terasa lebih "kelempar" waktu belok)
ane gampang pusing, jadinya tiap ane pusing di dalem kendaraan, ane kira2 apa yg bikin pusing itu, trus gara2 penasaran, jadi ane hubung2in deh sama fisika
*cuma newbie yg sotoy.. menurut master2, sebenernya penjelasan ilmiahnya gimana?
setuju si kalo dibandingin diatas roda langsung, memang masih lebih mending di bagian belakang
entah gara2 suspensi nya keras, atau ada penjelasan lainnya?
karena kalo mobil2 pick up yg posisi sopir diatas ban, rasanya ga se-menyiksa duduk di jok hadap2an nya panther
newbie ga pernah merhatiin di pesawat si, sudah diluar kemampuan otak yg segede kodok ini

masalah kenapa di tengah enak, menurut ane karena deket sama as kendaraan buat belok
semakin jauh kita dari as kendaraan, semakin besar pula momen inersia yg kita terima ketika nikung (terasa lebih "kelempar" waktu belok)
ane gampang pusing, jadinya tiap ane pusing di dalem kendaraan, ane kira2 apa yg bikin pusing itu, trus gara2 penasaran, jadi ane hubung2in deh sama fisika

*cuma newbie yg sotoy.. menurut master2, sebenernya penjelasan ilmiahnya gimana?
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Di mobil mesin depan, bagian depan biasanya gak akan terlalu kerasa mental mentul karena bobotnya sebagian besar di depan terutama yang FWD, bobotnya bisa 70:30. Jadi set suspensi bagian belakang efeknya akan lebih kerasa di kenyamanan daripada bagian depan. Buktinya tiap bawa penumpang, yang protes duluan kalo lupa ngerem selalu yang duduk belakangKodokPushUp wrote:@kedua master diatas
setuju si kalo dibandingin diatas roda langsung, memang masih lebih mending di bagian belakang
entah gara2 suspensi nya keras, atau ada penjelasan lainnya?
karena kalo mobil2 pick up yg posisi sopir diatas ban, rasanya ga se-menyiksa duduk di jok hadap2an nya panther
newbie ga pernah merhatiin di pesawat si, sudah diluar kemampuan otak yg segede kodok ini![]()
masalah kenapa di tengah enak, menurut ane karena deket sama as kendaraan buat belok
semakin jauh kita dari as kendaraan, semakin besar pula momen inersia yg kita terima ketika nikung (terasa lebih "kelempar" waktu belok)
ane gampang pusing, jadinya tiap ane pusing di dalem kendaraan, ane kira2 apa yg bikin pusing itu, trus gara2 penasaran, jadi ane hubung2in deh sama fisika![]()
*cuma newbie yg sotoy.. menurut master2, sebenernya penjelasan ilmiahnya gimana?

Kalo set suspensi bagian depan ngaruhnya kebanyakan di handling mobil. Terlalu mental mentul bikin mobil manuvernya jadi kemana-mana, kalo keras bagian depannya jadi sharp dan nurut.
Ane gak tau geometry suspensi depannya pikap macem Carry atau Elsapek, tapi logika bodoh ane mengatakan karena bobot depan sudah berat jadi otomatis lebih meredam daripada bagian belakang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas...



numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Ahh otak ane juga lama gak kerja kok om, selawDOHC wrote:wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas...![]()


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
@mod chz
Bener juga ya, gara2 berat jadi ga tusbol bokong
woakaka.. yg protes duluan kalo telat ngerem yg belakang?
Pernah ane nyetir kijang kapsul, isi ber 5, depan 2, tengah 2, belakang 1
Ane nyetir, yg laen tidur.
Tengah malem ga ngeliat kalo ada perlintasan rel KA, ga ane rem
Yg duduk depan, masih ga kebangun
Yg duduk tengah, kelempar dikit, tapi masi tidur
Yg duduk belakang, kelempar sampe kepentok atap keras banget
Otak ane malah udah overload mikirin kenapa dompet makin lama makin tipis
Bener juga ya, gara2 berat jadi ga tusbol bokong

woakaka.. yg protes duluan kalo telat ngerem yg belakang?
Pernah ane nyetir kijang kapsul, isi ber 5, depan 2, tengah 2, belakang 1
Ane nyetir, yg laen tidur.
Tengah malem ga ngeliat kalo ada perlintasan rel KA, ga ane rem
Yg duduk depan, masih ga kebangun
Yg duduk tengah, kelempar dikit, tapi masi tidur
Yg duduk belakang, kelempar sampe kepentok atap keras banget

Otak ane malah udah overload mikirin kenapa dompet makin lama makin tipis

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Ane kalau pakai SX4 kondisi full load dan lupa ngerem, yang protes pasti belakangKodokPushUp wrote:@mod chz
Bener juga ya, gara2 berat jadi ga tusbol bokong![]()
woakaka.. yg protes duluan kalo telat ngerem yg belakang?
Pernah ane nyetir kijang kapsul, isi ber 5, depan 2, tengah 2, belakang 1
Ane nyetir, yg laen tidur.
Tengah malem ga ngeliat kalo ada perlintasan rel KA, ga ane rem
Yg duduk depan, masih ga kebangun
Yg duduk tengah, kelempar dikit, tapi masi tidur
Yg duduk belakang, kelempar sampe kepentok atap keras banget
Otak ane malah udah overload mikirin kenapa dompet makin lama makin tipis

teman ane : "lu kira barang apa dilempar-lempar"
ane : "maklum jomblo biasa sendirian"

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Lain lagi kalo naik speed boat om. Enak di belakang. Bantingannya lebih minim.
Kalo gampang mabuk laut biasanya dianjurkan duduk di belakang.
Kalo gampang mabuk laut biasanya dianjurkan duduk di belakang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Selamat atas mobil barunya om, ditunggu reviewnya
Kalo begitu bagi orang yg mudah mabok ketika naik mobil sebaiknya ditaro dimana ya ? apa gausah dibawa aja
Kalo begitu bagi orang yg mudah mabok ketika naik mobil sebaiknya ditaro dimana ya ? apa gausah dibawa aja

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Ilmiah fisika masih belum nyantol2 nihDOHC wrote:wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas...![]()


There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
gpp om... ud ga kepake koq skrg... penuhin2 RAM d otak aj..sandal wrote:Ilmiah fisika masih belum nyantol2 nihDOHC wrote:wahh kl ilmiah fisika, ane skip dl dahh.... ud nguap ilmu nya dr otak ane... wong jaman skolah dulu aj kbanyakan maen kartu gaple atau capsa d blakang kelas...![]()
![]()



numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Kalo mudah mabok naik mobil kyknya malah sebaiknya sering diajak naik mobil aja biar terbiasa. Di case bbrp orang gitu sih.keong wrote:Selamat atas mobil barunya om, ditunggu reviewnya
Kalo begitu bagi orang yg mudah mabok ketika naik mobil sebaiknya ditaro dimana ya ? apa gausah dibawa aja
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12557
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Di pesawat, untuk merasakan gaya gravitasi plg rendah, duduk di tengah.ChZ wrote: E dan RS kalo soal kekedapan beda di karet peredam om klep, yang tipe E karetnya macem Carry L300 dkk, bukan karet balon. Sementara RS sudah pake karet balon buat peredam pintunya. Dibanding Apanja sih masih jauh lebih baik Mobiloyo...
Di bus itu ngerasain pantulan suspensi enak di tengah-tengah, tapi resikonya legroom pasti nggak seenak duduk di bagian belakang/depan sekali. Di belakang memang rasanya kelempar-lempar, tapi daripada dihajar shock langsung itu lebih sakitnya disini *nunjuk bokong* blom lagi kaki pasti sesek gak enak keganjel ruang roda, secara di MPV macem Ipah aja kaki gak enak walo keganjel ruang roda dikit, apalagi itu ruang roda harus mundur beberapa senti, bakal tambah gak enak. Dihajar shock + kaki sesek + bagasi jadi sempit.
Kalo pesawat, mungkin karena bagian belakang itu bagian paling ringan jadi ngerasain semua nya kah? Termasuk thrust dari exhaust pesawat itu kan kuat banget. Dan fuselage pesawat kan nggak one solid body, terpisah jadi 3 bagian : depan, tengah, belakang. Cuma ane lebih suka duduk di belakang, keluar masuknya cepet
*Center of Gravity adalah titik paling nyaman dalam suatu benda bergerak
Kenapa ?..


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Kalo center of gravity berhimpitan dengan pusat pergerakan benda, maka memang benar pergerakan benda akan stabilSuryaputra wrote:Di pesawat, untuk merasakan gaya gravitasi plg rendah, duduk di tengah.
*Center of Gravity adalah titik paling nyaman dalam suatu benda bergerak
Kenapa ?..
Semakin jauh jarak center of gravity dari as/pusat pergerakan, maka semakin liar pergerakan benda (kalo untuk mobil di tikungan, terkenal dengan sebutan understeer/oversteer)
Saya ga terlalu ngerti dengan pesawat, tapi kalo di mobil, maka selain titik berat kendaraan, distribusi berat depan-belakang, posisi mobil (termasuk kemiringan jalan, ketinggian suspensi depan-belakang), dan gaya2 yg bekerja pada mobil (angin, tenaga mesin, rem), akan sangat berpengaruh
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
Kemarin pelunasan mobil.
Hari ini rencana memberikan foto copy bukti lunas ke Honda.
Besok lihat kendaraan, setelah itu dipasang accessories KF, karpet dasar, talang air, sensor mundur.
Pengiriman mungkin Sabtu atau Senin.
STNK katanya jadi sekitar 3 minggu atau 1 bulan. Semoga cepat jadi supaya bias langsung dipakai.
Setelah punya Grand Livina, test mobilio dan test ertiga.
Lebih suka driving experience Mobilio karena :
1. Tidak terasa seperti bawa MPV, tarikan ringan
2. Mobil kalau dibelokkan paling nurut alias setirnya sharp/tajam
3. Mobil tidak terasa limbung kiri dan kanan
Bisa dibilang memang enak.
Bisa bisa kalau weekend yang dulu naik innova D4D AT ganti ke Mobilio karena tarikannya lebih enak, mobil lebuh nurut kalau dibelokkan.
Tidak limbung...
Kalau mobil sudah dating, nanti diupdate lagi driving experience lebih detail![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Hari ini rencana memberikan foto copy bukti lunas ke Honda.
Besok lihat kendaraan, setelah itu dipasang accessories KF, karpet dasar, talang air, sensor mundur.
Pengiriman mungkin Sabtu atau Senin.
STNK katanya jadi sekitar 3 minggu atau 1 bulan. Semoga cepat jadi supaya bias langsung dipakai.
Setelah punya Grand Livina, test mobilio dan test ertiga.
Lebih suka driving experience Mobilio karena :
1. Tidak terasa seperti bawa MPV, tarikan ringan
2. Mobil kalau dibelokkan paling nurut alias setirnya sharp/tajam
3. Mobil tidak terasa limbung kiri dan kanan
Bisa dibilang memang enak.
Bisa bisa kalau weekend yang dulu naik innova D4D AT ganti ke Mobilio karena tarikannya lebih enak, mobil lebuh nurut kalau dibelokkan.
Tidak limbung...
Kalau mobil sudah dating, nanti diupdate lagi driving experience lebih detail
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil sekitar 200 - 220 jt yang bandel
@ master kodok dan suryaputra : thank ilmu nya om.... nubie skrg ngerti dehh teori nya...
@ profith : dtunggu field report nya om... lg lumayan galau nyari LMPV jg... tp masi ga tau mau ambil apa buat gantiin apanja atau ipah ane...

@ profith : dtunggu field report nya om... lg lumayan galau nyari LMPV jg... tp masi ga tau mau ambil apa buat gantiin apanja atau ipah ane...


numpang lewat aja....

