Waktu mudik ke Tasik, sy bawa jalan Vario 125 ISS '13 bareng saudara, boncengan nyoba motor di dalkot. Di perempatan jalan, pas sy maju (giliran lampu hijau), tiba2 dari arah berlawanan datang mobil Avanza G '13 yg nerobos lampu merah, mau belok ke jalan di sebelah kiri saya (saat itu posisi motor di tengah perempatan, berhenti mendadak). Avanza itu niatnya mau menghindari mobil lain di jalur sy yang udah maju, tp apesnya avanza itu malah belok kiri. Alhasil spakbor depan motor ini digaruk ban kiri belakang dan bumper belakang bagian kiri.
But, this is the funny things that I want to tell you.
Walaupun digaruk, spakbor motor ini utuh, masih terpasang dengan baik di soketnya, cuma ada baret. Yang apes giliran si Avanza. Bumper belakang bagian kiri penyok, lepas dari soketnya & hampir mau copot. Lebih lucunya lagi, supirnya gak sadar ada yg penyok, abis kejadian langsung nyelonong aja. Sebelumnya, Avanza itu ditendang 2 pemotor lain yang kesal karena menerobos lampu merah, mereka yg nasibnya lebih beruntung dari saya, masih bisa menyelamatkan diri.
Intinya disini:
Masa build quality mobil dgn harga ratusan juta sekalipun kalah sama motor matic yg harganya gak nyampe 20 juta?

Yang ane denger dari orang lain, Vario itu plastiknya lumayan ringkih, digaruk mobil bisa penyok bahkan patah.
Ini yang harus jadi pembenahan buat para produsen kendaraan untuk memperbaiki kualitas produksi dari kendaraan mereka. Misalnya, menambah ketebalan plat bodi.
Berhubung kejadiannya sama Avanza, ane gak cuma memberi masukan buat produsen tertentu saja (awas jadi terbayang kualitas kaleng), tapi buat semua produsen kendaraan di Indonesia, baik roda dua atau roda empat. Tolong dibenahi kontrol kualitas akhir & kualitas produksinya, minimal jika ada kejadian spt ini lagi, kerusakannya tidak terlalu parah seperti yg saya alami sebelumnya.
Saya berharap ke depannya semoga tidak ada lagi kualitas plastik kasar & ringkih seperti kursi plastik dan plat bodi tipis seperti kaleng kue.
-sekian-