Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by nflfrs705 »

Sambil share cerita sedikit yaa om.
Waktu mudik ke Tasik, sy bawa jalan Vario 125 ISS '13 bareng saudara, boncengan nyoba motor di dalkot. Di perempatan jalan, pas sy maju (giliran lampu hijau), tiba2 dari arah berlawanan datang mobil Avanza G '13 yg nerobos lampu merah, mau belok ke jalan di sebelah kiri saya (saat itu posisi motor di tengah perempatan, berhenti mendadak). Avanza itu niatnya mau menghindari mobil lain di jalur sy yang udah maju, tp apesnya avanza itu malah belok kiri. Alhasil spakbor depan motor ini digaruk ban kiri belakang dan bumper belakang bagian kiri.

But, this is the funny things that I want to tell you.
Walaupun digaruk, spakbor motor ini utuh, masih terpasang dengan baik di soketnya, cuma ada baret. Yang apes giliran si Avanza. Bumper belakang bagian kiri penyok, lepas dari soketnya & hampir mau copot. Lebih lucunya lagi, supirnya gak sadar ada yg penyok, abis kejadian langsung nyelonong aja. Sebelumnya, Avanza itu ditendang 2 pemotor lain yang kesal karena menerobos lampu merah, mereka yg nasibnya lebih beruntung dari saya, masih bisa menyelamatkan diri.

Intinya disini:
Masa build quality mobil dgn harga ratusan juta sekalipun kalah sama motor matic yg harganya gak nyampe 20 juta? :mrgreen:
Yang ane denger dari orang lain, Vario itu plastiknya lumayan ringkih, digaruk mobil bisa penyok bahkan patah.
Ini yang harus jadi pembenahan buat para produsen kendaraan untuk memperbaiki kualitas produksi dari kendaraan mereka. Misalnya, menambah ketebalan plat bodi.
Berhubung kejadiannya sama Avanza, ane gak cuma memberi masukan buat produsen tertentu saja (awas jadi terbayang kualitas kaleng), tapi buat semua produsen kendaraan di Indonesia, baik roda dua atau roda empat. Tolong dibenahi kontrol kualitas akhir & kualitas produksinya, minimal jika ada kejadian spt ini lagi, kerusakannya tidak terlalu parah seperti yg saya alami sebelumnya.
Saya berharap ke depannya semoga tidak ada lagi kualitas plastik kasar & ringkih seperti kursi plastik dan plat bodi tipis seperti kaleng kue.

-sekian-
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by ChZ »

Well karena ngga ada foto dan nggak dijelaskan berapa kecepatan Avanza waktu nerobos, ya gw ngga mau komentar soal itu.

Tapi ane masih sering tergelitik denger komentar masyarakat awam yang bilang "mobil sekarang kualitasnya payah plat bodinya nggak setebel mobil jadul".

Setiap denger komentar kayak gitu saya mau ketawa ngikik sambil mbatin "ya iya coba aja nabrak 60 km/h pakai mobil yang bempernya besi sama yang bempernya plastik, gw mo lihat hasilnya badan lu utuh pake yang mana". Kelebihan material plastik yang ringan dan kata orang "ringkih" juga jelas di bobotnya, pasti lebih ringan dari plat besi.

Kalau ngomong material plat ngga da hubungannya ama QC... QC mah nyangkutnya ke kualitas perakitan, kualitas cat, pemasangan, dll.

Kebetulan kemaren salah satu SA ane curhat pusing ngurusin warranty claim berlembar-lembar... Warranty claim jelas pasti masalah ada di QC nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by KodokPushUp »

@om nflfrs705
Bagian depan dan belakang mobil memang ringkih, karena ditujukan buat crumple zone
Coba aja tabrak pintu samping om, kalo pengen tau kerasnya seberapa.

Well, sebenernya bemper ringkih itu bukan murni buat crumple zone (bisa dianggap crumple zone si kalo kasus nabrak pejalan kaki, tapi kalo buat tabrakan yg cukup keras, ane rasa efeknya hampir ga ada), tapi karena di luar negeri sono nyawa orang dianggap berharga, nabrak pejalan kaki biar ga fatal, bemper dibikin empuk. Dan juga karena orang luar dianggap skill mengemudi nya "bodoh". Kenapa ane bilang bodoh? Coba aja liat fitur2 mobil sekarang.. parkir mundur otomatis, ngerem otomatis, dan sederet fitur serba otomatis lain.

Ane kemaren ga sempet foto dudukan bemper. Bemper mobil2 sekarang, dari plastik tipis+lentur, dan dudukan di baliknya juga ga solid, dari bahan mirip2 styrofoam biar empuk. Nah dibalik itu baru deretan rangka penyerap energi yg dirancang nekuk kalo kena benturan, ini yg menurut ane disebut crumple zone. Prinsip crumple zone sederhana, pake rumus gaya waktu smp,
Sigma F = M X A
Crumple Zone ini nekuk buat mengurangi percepatan kabin penumpang akibat benturan, sehingga energi benturan yg diterima kabin dan isinya sudah tereduksi. Bandingkan sama mobil2 jadul, tabrakan memang kelihatan fisik kendaraan ga rusak parah, tapi isi kabin berantakan, karena energi yg diterima 100% (asumsi kap mesin ga ada nekuk).

Mungkin cerita newbie sedikit bisa menjelaskan statement mod chz
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by newrubble »

sbg awam sy liat bgini

qty control on industrial products with public liability shall be standardized on regulative vs enforcement based compliance

the more exhaustive the better
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by nugroho bagor »

Itu dulu yang bmw x5 anaknya bapak itu konon grillnya aja yg lepas body gpp cuma luxio yang wassallam,lupa gw luxio apa apanja ya.ya kalo gini gw mah tetap pegang apanja build quality kayak x 5 :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by DOHC »

yg dtabrak ama anaknya rajasa itu xenia om nug... kasian sekeluarga tewas kcuali 1 anak yg mendadak jd yatim piatu

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:yg dtabrak ama anaknya rajasa itu xenia om nug... kasian sekeluarga tewas kcuali 1 anak yg mendadak jd yatim piatu

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
:ungg: iya om.maaf kalo OOTnya gak pas,saya ngikutin tapi gak terlalu serius.my mistake :e-pray:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by DOHC »

ahh santai aj om nug... ane inget soalnya kasian aj ama si anak tsb dan rada2 ngeselin liat tampang anaknya si uban tsb... palagi d dbebasin gt..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by jwid »

:wkkk: ketawa ga brenti denger panggilannya ....
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by g1ng2 »

nugroho bagor wrote:Itu dulu yang bmw x5 anaknya bapak itu konon grillnya aja yg lepas body gpp cuma luxio yang wassallam,lupa gw luxio apa apanja ya.ya kalo gini gw mah tetap pegang apanja build quality kayak x 5 :upss:
kalau luxio build quality nya mendekati mobil2 eropa, harganya kayaknya bakalan nggak menarik buat dibeli :mky_01:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by nugroho bagor »

g1ng2 wrote:
nugroho bagor wrote:Itu dulu yang bmw x5 anaknya bapak itu konon grillnya aja yg lepas body gpp cuma luxio yang wassallam,lupa gw luxio apa apanja ya.ya kalo gini gw mah tetap pegang apanja build quality kayak x 5 :upss:
kalau luxio build quality nya mendekati mobil2 eropa, harganya kayaknya bakalan nggak menarik buat dibeli :mky_01:
Wah masak om,ntar gw liat2 .btw thanks :frm_salut:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pembenahan kualitas produksi & kontrol kualitas kendaraan

Post by ilhami »

Yang jelas mobil sekarang cat nya tipisss banget... si rion sudah baret putih kena kucing, baret kusam kena setang sepeda roda tiga anak..padahal setang itu ujungnya plastik.