Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by madcat015 »

Hallllaaaauuuwwww... dan selamat hari raya Idul Fitri kepada rekan2 SM yang merayakan... :mky_02:

Setelah lama ga login akibat suatu... err... "kesibukan" :mky_03: , perkenankan ane untuk meripiu sebuah shi... errr... city car...

Kali ini, mobil malang tersebut berasal dari negeri ginseng...

=================================

Setelah mendapat kabar tentang kedatangan om bimo and bro ChZ ke Surabaya, akhirnya direncanakan sebuah dealer raid... Yang entah kenapa malah mbleset ke diler paling muram di Sby... :big_bored:

Esoknya, jam 9 pagi, ane sudah parkir kapal induk di diler dan tak lama kemudian, bro chz, bro sandal, dan om bimo menyusul... No carpooling...

Om bimo yang penasaran dengan sebuah city car berpopok dan varian Sport dari sebuah SUV segera menggerayangi mobil tersebut..., sementara ane menghadapi sales konter yang... tidak simpatik... *lu lagi lu lagi...* :big_slap:

Tanpa babibu, kami segera diskusi mengenai mobil apa yang akan dikorbankan dan setelah melihat kondisi ban Santafe unit TD yang begitu...

Image

......................... mengenaskan :big_chicken: , kami memilih sebuah


Hyundai Grand i10 GLS AT 2015



Yang langsung mendapat respon dingin dari sales nya dengan peraturan *dari manajemen* sebagai berikut:
1. Hanya dua orang yang boleh ikut TD...
2. Hanya boleh muter di sekitar diler...
3. Ga boleh ngebut...
4. Ga boleh balik ke diler utk TD berikutnya kalo kagak SPK...

Grrrrrr... :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:

==========================

Eksterior

Entah mengapa, seperti nya banyak pabrikan mobil yang menggunakan copy paste untuk desain eksterior mobil2 terbarunya. Hyundai tidak terkecuali...

Image


Dari depan, i10 ini terlihat seperti Grand Avega dengan grill hexagonal yang menjadi identitas kebanyakan line up Hyundai sekarang. Ane cukup menyukai tarikan garis di muncung mobil ini. Berpadu apik dengan headlamp dan spion nya... Cukup cantik, meski saat ane menunjukkan foto ke meme ane: "biasa aja..." :big_sorry:

Ladies... :big_slap:

Image

Satu hal yang kurang cakep adalah penempatan DRL di dekat foglamp... Terkesan seperti after market... seharusnya dibuat seperti Grand i10X yang mengikuti alur di sisi bracket foglamp...

Bagaimanapun, penggunaan chrome yang minimal menjadi satu poin positif karena tidak terkesan norak, sekaligus menjadi satu poin negatif karena tidak sesuai untuk memasuki gerbang Valhalla... :ngacir:


Dari samping... errr... Karena keterbatasan ruang poto akibat mobil2 gambot di sana, ane hanya sanggup bermanuver utk memotret ground clearance nya...

Image

Atau sedikit serong dari bokong...

Image

Cukup datar... hambar... meski dibantu velg bermotif *menurut press release Hyundai* Spider Web design... *plak* :big_slap:

Berbicara tentang ban, Hyundai memasang ban Nexen something dengan ukuran 155/65/R14...

Image


Dari bokong, i10 memiliki tarikan garis yang mirip dengan Chevy Spin... :mky_02:

Image

Rear lamp terlalu kecil dengan bumper yang terlalu menonjol dan reflektor di bagian bawah bumper yang kegedean... Meski demikian, terlalu banyak emblem di bagian belakang... Menurut ane ga perlu memberikan emblem kapasitas mesin dan transmisi kecuali i10 ini memiliki mesin 7000cc V8 hemi supercharger... Barulah pantas semua kalimat tadi boleh dipajang dengan emblem chrome super shiny di bokong mobil... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Secara keseluruhan, penampilan eksterior i10 cukup manis menurut ane... Ane menyukai muncung nya tetapi bagian bokong nya perlu perbaikan...

=================================

Interior


Nah, ane cukup horror di marih begitu membuka pintu...

Image

Kombinasi warnanya salah... :big_slap:

Okelah, memang warna beige atau warna cerah akan memberikan suasana lega di kabin, tetapi itu kembali lagi ke kualitas material... Material kabin di i10 cukup mediocre, alias biasa2 aja. Dan kalau ada yg protes kenapa ane suka dengan warna nyleneh di ABARTH, itu karena memang segmentasi dan kualitas material dengen warna nyleneh itu yang berbeda dengan i10...

Image

See? :big_slap:

Menurut ane agak aneh dengan two-tone beige nya. membuat center dashboard terasa seperti mobil rakitan ala LEGO dengan banyak komponen terpisah.

Meski demikian, tombol2 dan knob AC cukup baik baik dari bentuk dan penggunaan nya... Cukup lengkap dengan defogger belakang dan pengaturan arah semburan yang variatif...

Tapi tetap saja, warna beige itu mengganggu..., dan vent AC, meski berbentuk lingkaran, tidak dapat diputar seperti vent AC di SX-4. :off_no:

Image

Head unit untungnya sudah menggunakan layar sentuh, dan kualitas nya... yaaaaa... begitulah... akan ane deskripsikan di driving impression...


Instrument cluster i10 cukup fungsional dan dengan gauge yang besar dan mudah dilihat. Menyenangkan. Sayangnya, MID nya kurang cerah. Ini masih pagi, dan MID sudah kalah terang dengan sinar matahari.

Image

Andai MID nya diberi lampu backlight yang lebih terang lagi...

Doortrim... well, ane cukup... speechless...

Image

Nothing impressive..., bahkan handle pintu terlihat ringkih... dan memang terasa ringkih... :off_lazy:

Tetapi urusan powerwindow, i10 boleh diadu dengan mobil lain dalam bracket harganya... Lumayan lengkap dengan pelipat spion meski ane bertanya2 "Mobil kutu butuh pelipat spion?" :big_think:

Image

Untuk kabin belakang, terlihat cukup lega meski i10 memiliki dimensi yang mungil... dengan panjang 3765mm, lebar 1660mm, dan tinggi 1520mm. Wheelbasenya pun cukup pendek 2425mm...

Image

Ane menyukai setting kemiringan kursi yang kampretnya, ga bisa diatur atau reclining... Tentunya, sebagai mahakucing, ane membutuhkan hamba sahaya untuk mendemonstrasikan bagaimana nasib nya di kursi belakang... :mky_03:

Image

Head room cukup lega, tetapi shoulder room dan leg room relatif sempit...

Image

Plus material kursi yang gampang kotor... not good.

Lanjut ke bagasi... Hyundai cukup berbaik hati dengan memberikan cover bagasi... Nicely done...

Image

Plus lampu bagasi...

Image

Ukuran bagasi juga cukup besar, menurut standar SM, bisa menampung 1.5 mayat atau 4 karung beras atau 2 galon air dengan menyisakan sisa ruang yang lumayan...

Satu hal yang menyedihkan, versi Indonesia memiliki setir yang polos... Hanya ada dua tombol untuk reset MID dan mode MID... tidak ada cruise control atau audio seperti yang ditunjukkan pada web hyundai indonesia... :off_no:

Jujur, ane tidak tertarik dengan interiornya... Mediocre at best...

===============================

Under the Cup!

Sebuah mesin Kappa 1,248cc 4-silinder yang sanggup memproduksi 87hp@6000rpm dan torsi 119.64nm@4000rpm dipasangkan ke transmisi 4AT dengan shiftronik...

Di atas kertas, seharusnya cukup untuk menghela mobil kutu berbobot nyaris 1 ton ini..., plus untuk menghentikan mobil, Hyundai memasang ABS dan satu airbag... Yeap! satu airbag... :off_sleep:

*Entah mengapa, urusan bobot ringan kelas bulu ini, ane selalu ingat dengan SX-8..., 900 kilogram dengan mesin sinting D-serie...* :big_smoking:

================================

Driving Impreshhoooonnnn


Setelah nyaris meninggalkan dealer akibat lamanya menunggu kunci dan jutek nya sales konter :off_bored: , akhirnya kunci mobil ini berhasil ane dapatkan...

Image

Dan ane nyaris berpikir jika mobil ini memiliki powerback door...


*plak!* :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Anyway, suara mesin cukup halus, sayup2... 4-silinder memang dapat memberikan sedikit perbedaan dibandingkan 3-silinder untuk urusan enjin note...

Posisi mengemudi dan pedal cukup baik, pandangan keluar lega dan tuas transmisi dapat diraih dengan mudah meski entah mengapa, posisi shiftronik atau mode manualnya terbalik...

Dimana2, untuk upshift atau menaikkan gear, tanda + harus di arah bawah. Bukan di arah atas... :off_no:

Nuff said, ane segera mengarahkan transmisi ke D, melepas pedal rem, dan respon TC cukup halus... tidak terasa hentakan saat mobil mulai menggelinding dan ane segera memutar setir untuk keluar parkiran...

Ane segera membuka kaca dan berteriak ke bro Chz dan bro Aris yang tidak bisa ikut TD akibat weight limit mobil kutu ini... Mohon diingat, ane hanya dua kali membuka kaca mobil saat TD. Yang pertama adalah BMW X5 untuk mendengarkan raungan mesin 6-silinder nya...

Yang kedua di Hyundai i10 ini untuk tertawa karena EPS nya bener2 hambar... :big_biglaugh: Mirip sekali dengan Odyssey RC1, sebuah mobil seharga 5x lipat i10 dengan EPS yang tidak lebih baik dari i10... Ringan, tanpa feedback dari permukaan jalan, dan untungnya masih lebih sensible dari EPS FIAT ABARTH yang bikin kening ane berkerut.

Begitu keluar dari parkiran dealer, ane segera menginjak pedal gas dengan lembut. Kekedapan kabin cukup baik dan suara mesin juga sayup2 terdengar..., torsi mulai terasa di 3300rpm... Dan torsi jatuh flat di 4500rpm... Transmisi sendiri cukup pintar untuk memindahkan gear, tidak ada hentakan sama sekali dan bisa menurunkan gear apabila dibutuhkan...

Urusan rem, ini yang menyebalkan. Rem di i10 mirip dengan komputer... Perilakunya hanya 0 atau 1, tidak mengerem atau rem habis... Begitu ane injak sedikit, langsung memberikan respon seperti ane menginjak pedal rem sampai habis di kapal induk ane... Terlalu agresif atau memang unit TD ini rada sotoy... Yang pasti ane membutuhkan cukup banyak waktu untuk membiasakan mengerem dengan baik alih2 melempar semua barang dan penumpang di kabin ke kaca depan.

Ane segera menuju ke putar balik, radius putar kecil dengan suspensi yang cukup baik untuk membuat ini tidak mengalami roll yang berlebihan... Tentu saja, setelahnya, ane mengarahkan transmisi ke mode manual dan menginjak pedal gas rata lantai...

Rpm naik cukup cepat ke 6000rpm dan transmisi langsung bersikap layaknya orang super paranoid..., langsung upshift ke gear 2 saat rpm belum menyentuh redline... Sepertinya bakal ada kesulitan untuk menjaga gear saat mobil ini menanjak terjal... Yah, ane bisa maklumi, dengan mobil kecil dan mesin sekecil ini, Hyundai berharap tidak ada orang gila yang mw mengebut dengan mobil ini... Ingat, airbag hanya satu... :big_sorry:

Cukuplah sudah ane mengetes transmis, sekarang waktunya tes body roll... Ane terus memacu mobil hingga kecepatan 60kpj dan mulai meliuk2 di antara mobil lain. Untungnya, lalin cukup sepi dan memberikan jarak yang lumayan besar untuk ane menyetir seperti Cat Block...

Speed sensing EPS memberikan bobot ke setir, membuat setir terasa lebih berat saat kecepatan meningkat... Hmmm, hal yang bagus. Tetapi satu yang ane suka, suspensi mobil ini cukup firm. Mantab dan tidak mengayun dengan damping yang pendek tapi tidak overreactive. Body roll tidak terasa mengganggu, masih dalam batas toleransi ane. Menegaskan i10 sebagai city car bagi ababil untuk meliuk2 di tengah kemacetan...

Setelah cukup, ane segera memutar balik dan memberikan kesempatan kepada om bimo untuk menyetir...

Ah, berbicara tentang audio, nope. Parah... Kualitas speaker nya jelek... Istilah bahasa latinnya: mendem :off_no:

============================

Verdict

Hyundai Grand i10 GLS AT

Sebuah city car dari Hyundai untuk bersaing dengan city car lainnya macam Kia Picanto, Nissan March hingga errr... Brio Satya dan Mirage?

Eksterior-wise memang terlihat baik, tetapi butuh perbaikan di bokong dan interiornya ampun dah... Two tone malah membuat kekurangan dari sisi kualitas material baik di trim maupun jok makin kentara. Seandainya full black, tentu akan jauh lebih baik.

Mesin kecil dengan output yang menurut ane agak kurang untuk menghela bobot 961kg nya harus sering bermain di mid rev untuk mengail torsi. Untungnya, transmisi 4sp AT cukup cerdas meski paranoid apabila rpm mendekati 6001 rev.

Untuk audio, lebih baik ganti semua speaker dan head unit jika kekedapan kabin di rasa kurang atau untuk menjaga kesehatan telinga. Kualitas audio bawaan tidak layak sama sekali.

Pro: :off_good_job:
- Desain muncung baik, less chrome
- Mesin dan transmisi bagus meski transmisi paranoid
- Instrumen cluster mudah dibaca
- Fungsi AC lengkap
- Bagasi cukup luas

Cons: :off_no:
- Desain bokong, too much emblem
- Desain dan material interior
- Rem ga karuan feel nya...
- EPS terlalu ringan dan feedbacknya minim
- Legroom sempit
- Audio parah

============================

Dengan pricetag 180jt-an OTR Surabaya dan diskon minimal, entah mengapa, ane bakal susah menjatuhkan pilihan pada Hyundai i10 ini... Ada beberapa mobil dengan pricetag serupa yang lebih baik semisal Swift atau Brio Satya E MT jika benar2 terbentur budget...

Setidaknya dua mobil tersebut terasa lebih menyenangkan dan memberikan kualitas yang lebih baik, terutama Swift... :big_blushing:

============================

Demikian ripiu dari ane... Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di ripiu berikutnya... :big_cat:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by nyotnyet »

Oh gitu ya...td ga ajak2 :big_bored:

Itu ente yg kebesaran bodi waktu mau foto unit atau mobil sekitar yg besar..hahaha

Serius itu dibilang ga boleh balik diler kalo gak TD? Wow...

Soul Red zoom zoom
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by madcat015 »

nyotnyet wrote:Oh gitu ya...td ga ajak2 :big_bored:

Itu ente yg kebesaran bodi waktu mau foto unit atau mobil sekitar yg besar..hahaha

Serius itu dibilang ga boleh balik diler kalo gak TD? Wow...
Wadoh, mampus ane... :big_cry: Lupa woro2 di WAKuSem... :big_sorry:

Errr... Mobil sekitar yang besar. agak sempit kalau mw ambil sisi samping nya... :mky_01:

Kagak lah bro... cuman ane merasakan feel yang ga simpatik lagi dari sales konter. Pertama kali ane ke sana juga demikian... :big_dunno:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by artoodetoo »

Mampus luh, dasar tak tau malu, TD mulu gak pernah SPK

:ngacir:

Saya sih jelas pilih Mirage daripada ini, lebih murah tapi lebih bagus
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by amfibi »

Kembaran picanto ... Hmmm pribadi sih suka desainnya lucu gitu, imut drpd picanto krg suka :upss:

Nice :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16813
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by ChZ »

well karena kemaren gak ikut, ane gak sempat ikut review... impresinya cuma salesnya yang super-jutek ajah... begitu dengan wajah jutek si sales mengutarakan "peraturan manajemen" ane langsung "OK... i'm off... Makin gak minat sama benda ini"

Lalu ane mengamati beberapa detail di dealer sambil nunggu... dan ane memutuskan untuk nambahin beberapa details yang ane amati di dealer...

1. Salesnya Jutek abis sama kastamer plus dealershipnya suram... Depan dealer cuma dipenuhi mobil - mobil TD dan mobil punya orang dalem... ngga da kastemer sama sekali.

2. Bengkelnya itu astaghfirullah menyedihkan, bengkel truk Fuso / Hino aja JAUH-JAUH-JAUH lebih bagus... ruangannya sempit, gelap, cuma 3 stall... Makin ngenes ngeliat SantaFe baru waktu itu ada yang serpis... Begh... Kok kayak mobil 500juta serpis di bengkel pinggir jalan... Terus saya bingungnya lagi, kalo ngeliat rembesan-rembesan oli gitu cem mana ya?

3. Ruang tunggu serpis... Boro-boro ada cemilan kayak di ToyoHonda.... Lampu aja kagak dinyalain buset dah... Super gelap dan sempit, cuma dikasih tipi LCD Flat sebiji... Jd Kasian sama SA nya, kerja gelap-gelapan... Dan misal beli SantaFe gopek tiau, ruang tunggunya ala supir. Yang bener aja gw beli mobil gopek tiau serpis kudu kayak gini, diketawain orang bawa Agya yang lagi massage di ruang tunggu bareng sama supir-supir yang bawa Alphard bossnya...

4. Management nya terlihat kacau... ketika sales jutek sedang nemenin MC dan oom bimo_s TD i10... konter salesnya kosong... saya lagi bayangin kalo tiba-tiba ada orang dateng terus liat konter sales kosong, ngga bingung tuh kastemer... dan Branch manager beneran gak ada keliatan sama sekali walau diler kosong... Di Mazda aja malah BM nya rajin keliling menampakkan diri

5. Yang paling parah dan mungkin bikin gengsinya merek ini nol... Merchandise originalnya cuma bolpen Rp. 5000 dengan logo Hyundai, bentuknya pun ya model bolpen standar kayak yang biasa dibagiin gretongan buat suvenir nikah atau sweet 17th... I mean, jual mahal dikit kek, masa harga merchandise Ori goceng !? IMO, harga dan kualitas merchandise ori itu menentukan image suatu merek bakal dianggap "wah" atau "mediocre"... Merchandise BMW Ori gantungan kunci aja 500rebong...

Well, ini 5 hal yang menurut saya jadi drawback yang akan menghalangi saya untuk beli merek ini... Saya bukan black campaign, ini bentuk kepedulian saya terhadap merek yang "katanya" sedang berkembang di dunia... Mereknya dan beberapa produknya sudah dapet banyak award, masa dealership kayak gini? Ini sih menurut saya kayak dealership yang udah desperate tinggal nunggu tutup aja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27669
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by DOHC »

dah lama ga liat2 mobil2 kutu kaya gini...

trakir masi jaman visto atoz entah berpuluh2 dekade silam...

tp yg pasti sehh, jelas mobil2 kutu jaman skrg lebi well equiped dbanding mobil kutu jaman purba ane dl...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by keong »

180jtan ? Kok berat banget kayanya ngeluarin duit segitu demi barang yg alakadarnya ya...

Ati2 mod, semakin banyak warga SM di black list dealer makin sepi nanti review corner kita :mky_03:

Tapi kalo suasana dealernya udh suram, haduh gabisa bayangin lagi punya mobil dgn ass yg gak ramah, ditambah embel2 warranty gagal klo ga servis rutin, jadwal servis berkala bakal serasa uji sabar :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16813
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by ChZ »

keong wrote:180jtan ? Kok berat banget kayanya ngeluarin duit segitu demi barang yg alakadarnya ya...

Ati2 mod, semakin banyak warga SM di black list dealer makin sepi nanti review corner kita :mky_03:

Tapi kalo suasana dealernya udh suram, haduh gabisa bayangin lagi punya mobil dgn ass yg gak ramah, ditambah embel2 warranty gagal klo ga servis rutin, jadwal servis berkala bakal serasa uji sabar :upss:
Nah, berarti saya fix gak akan beli Hyundai, secara ane rada anti-bengkel resmi...

Saya kalo serpis si sudah ada tempat kepercayaan sendiri, ogah banget ke bengkel resmi apalagi kalo belom kenal :ngacir:

Bengkel resmi yang saya percaya cuma satu di Smg, karena saya tau kualitas kerjaan dan kualitas mekaniknya diatas rata-rata bengkel resmi bahkan saya brani bilang kelas Astra Toyota aja lewat sama BeRes Honda langganan saya... I guarantee you, mau bikin mobil kenceng mereka juga nerima... Mana ada BeRes bisa diminta bikin mobil tambah kenceng :big_biglaugh: serpis non-Honda pun saya juga disini :big_biglaugh:

Kalo di Sby langganan saya non-resmi semua... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by hariy »

180jt untuk kutu??


Eniwei, nais ripiu om matcad.. :off_good_job:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by FRD »

kuncinya mirip ama scirocco :big_biglaugh:




coba kalo itu sales udah jadi korban ente kayaknya ga bakal bilang "peraturan manajemen" :ngacir:





nice review btw :D
:big_smoking:
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by Chevyman »

ChZ wrote:
keong wrote:180jtan ? Kok berat banget kayanya ngeluarin duit segitu demi barang yg alakadarnya ya...

Ati2 mod, semakin banyak warga SM di black list dealer makin sepi nanti review corner kita :mky_03:

Tapi kalo suasana dealernya udh suram, haduh gabisa bayangin lagi punya mobil dgn ass yg gak ramah, ditambah embel2 warranty gagal klo ga servis rutin, jadwal servis berkala bakal serasa uji sabar :upss:
Nah, berarti saya fix gak akan beli Hyundai, secara ane rada anti-bengkel resmi...

Saya kalo serpis si sudah ada tempat kepercayaan sendiri, ogah banget ke bengkel resmi apalagi kalo belom kenal :ngacir:

Bengkel resmi yang saya percaya cuma satu di Smg, karena saya tau kualitas kerjaan dan kualitas mekaniknya diatas rata-rata bengkel resmi bahkan saya brani bilang kelas Astra Toyota aja lewat sama BeRes Honda langganan saya... I guarantee you, mau bikin mobil kenceng mereka juga nerima... Mana ada BeRes bisa diminta bikin mobil tambah kenceng :big_biglaugh: serpis non-Honda pun saya juga disini :big_biglaugh:

Kalo di Sby langganan saya non-resmi semua... :big_biglaugh:
kalo non bengkel resmi di solo ada rekomendasi jg om chz?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by amfibi »

DOHC wrote:dah lama ga liat2 mobil2 kutu kaya gini...

trakir masi jaman visto atoz entah berpuluh2 dekade silam...

tp yg pasti sehh, jelas mobil2 kutu jaman skrg lebi well equiped dbanding mobil kutu jaman purba ane dl...
Hahaha dibanding jaman 99-00 ya om, kutu2 beneran kueciiil, mesin tenaga alakadarnya, fitur dikasih AC aja alhamdulillah, kabin sempit naudzubillah :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16813
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by ChZ »

Chevyman wrote:
kalo non bengkel resmi di solo ada rekomendasi jg om chz?
Ngga tau kalau Solo oom :e-wall: saya cuma hapalnya Semarang ama Surabaya secara tinggalnya disitu-situ aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27669
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by DOHC »

ac antara nyala dan ga nyala cuman setipis kutang beda nya mods... either angin sepoi2 d rindu alam siang2 atau el nino

dl jaman awal kuliah... naek atoz temen macet2an siang2... ac panas kalah menegangkan nya dibanding temperatur mesin yg makin bergerak ke kanan..
amfibi wrote:
DOHC wrote:dah lama ga liat2 mobil2 kutu kaya gini...

trakir masi jaman visto atoz entah berpuluh2 dekade silam...

tp yg pasti sehh, jelas mobil2 kutu jaman skrg lebi well equiped dbanding mobil kutu jaman purba ane dl...
Hahaha dibanding jaman 99-00 ya om, kutu2 beneran kueciiil, mesin tenaga alakadarnya, fitur dikasih AC aja alhamdulillah, kabin sempit naudzubillah :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by amfibi »

Hahahahaha :mky_07: :mky_07: :mky_07: belom lagi suara ngelitik jangkrik krrk krrrk, naik rame2 dengkul nempel semua, di toll begitu ada bus lewat kerasa banget terombang ambing :big_comfort:
DOHC wrote:ac antara nyala dan ga nyala cuman setipis kutang beda nya mods... either angin sepoi2 d rindu alam siang2 atau el nino

dl jaman awal kuliah... naek atoz temen macet2an siang2... ac panas kalah menegangkan nya dibanding temperatur mesin yg makin bergerak ke kanan..
amfibi wrote:
DOHC wrote:dah lama ga liat2 mobil2 kutu kaya gini...

trakir masi jaman visto atoz entah berpuluh2 dekade silam...

tp yg pasti sehh, jelas mobil2 kutu jaman skrg lebi well equiped dbanding mobil kutu jaman purba ane dl...
Hahaha dibanding jaman 99-00 ya om, kutu2 beneran kueciiil, mesin tenaga alakadarnya, fitur dikasih AC aja alhamdulillah, kabin sempit naudzubillah :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27669
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by DOHC »

surprinsingly sehh suara glitik malah ga bgt heboh mods dl di atoz tsb... malah enjin note menderu2 nya bener2 kedengeran ampe kabin kl d gas...

tp tau2 entah temen ane dpt nya barang fault atau emg enjin nya ga kuat... odo baru 40 rebu ud 2 kali top overhaul, gegara oli ama coolant doyan ngapel pacaran... sblomnya ga ad indikasi glitik atau atau apa gt... ketauan nya pas knalpot ngebul atau cek oli pagi2..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by amfibi »

DOHC wrote:surprinsingly sehh suara glitik malah ga bgt heboh mods dl di atoz tsb... malah enjin note menderu2 nya bener2 kedengeran ampe kabin kl d gas...

tp tau2 entah temen ane dpt nya barang fault atau emg enjin nya ga kuat... odo baru 40 rebu ud 2 kali top overhaul, gegara oli ama coolant doyan ngapel pacaran... sblomnya ga ad indikasi glitik atau atau apa gt... ketauan nya pas knalpot ngebul atau cek oli pagi2..
Wah yg punya temen om tahun berapa? Setau ane atoz pasti udh pada pernah overhaul, tp kalo ampe 40rb udh 2x top overhaul gitu kayanya engga deh ... Inimah penyakit carnival :big_childish:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27669
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by DOHC »

punya temen ane atoz gen pertama mods... taon 2000... jendela blakang masi ngengkol... speaker cuman 2 biji imut2 di depan... ga ad tachometer... bemper masi blom di cat...

masalahanya ad d gasket mods... head dan blok masi gapapa waktu itu... nahh ganti yg ke 2 katanya ud yg versi improved... tp emang sehh ampe 80an rebu km tuh mobil di jual ga perna overhaul lg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by amfibi »

DOHC wrote:punya temen ane atoz gen pertama mods... taon 2000... jendela blakang masi ngengkol... speaker cuman 2 biji imut2 di depan... ga ad tachometer... bemper masi blom di cat...

masalahanya ad d gasket mods... head dan blok masi gapapa waktu itu... nahh ganti yg ke 2 katanya ud yg versi improved... tp emang sehh ampe 80an rebu km tuh mobil di jual ga perna overhaul lg..
Ooh yang awal bgt itu toh, kelg ane dulu sempet punya juga yg kyk gitu AT dr baru tp cuma bentar trus dijual ganti twincam GTi ... Mungkin juga di tahun2 berikutnya udh pake gasket yg bagusan :mky_01:
bajajbiru
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Jul 10, 2015 20:59

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by bajajbiru »

Loh, emang masih ada yah grand i10 versi matic? Saya nyari katanya dah abis. Ya sudah kalo gitu emang saatnya upgrade dari merk Korea ke merk .... Eropa. :glodak:

Atau ini versi 2015 (FL?) sedangkan yg abis versi 2014? Bedanya dengan yang 2014 apa aja? :glodak:
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by keong »

ChZ wrote:
keong wrote:180jtan ? Kok berat banget kayanya ngeluarin duit segitu demi barang yg alakadarnya ya...

Ati2 mod, semakin banyak warga SM di black list dealer makin sepi nanti review corner kita :mky_03:

Tapi kalo suasana dealernya udh suram, haduh gabisa bayangin lagi punya mobil dgn ass yg gak ramah, ditambah embel2 warranty gagal klo ga servis rutin, jadwal servis berkala bakal serasa uji sabar :upss:
Nah, berarti saya fix gak akan beli Hyundai, secara ane rada anti-bengkel resmi...

Saya kalo serpis si sudah ada tempat kepercayaan sendiri, ogah banget ke bengkel resmi apalagi kalo belom kenal :ngacir:

Bengkel resmi yang saya percaya cuma satu di Smg, karena saya tau kualitas kerjaan dan kualitas mekaniknya diatas rata-rata bengkel resmi bahkan saya brani bilang kelas Astra Toyota aja lewat sama BeRes Honda langganan saya... I guarantee you, mau bikin mobil kenceng mereka juga nerima... Mana ada BeRes bisa diminta bikin mobil tambah kenceng :big_biglaugh: serpis non-Honda pun saya juga disini :big_biglaugh:

Kalo di Sby langganan saya non-resmi semua... :big_biglaugh:
Yap benar sekali, kalo bukan karena alasan servis mobil dibayarin kantor sih emang ngapain ke BeRes :big_bored:

Bengkel langganan mbl pribadi saya di jogja jg sangat kecil, boleh dibilang kaya bengkel lulusan asal2an kalo liat tempatnya, tapi begitu kenal sama yg punya ternyata beliau pensiunan KaBeng Astra, disini banyak ceritanya, doi bilang sebenernya kita bayar mahal dengan kualitas BeRes itu yg kita bayarkan tidak hanya jasa dan Part, bahkan sampai depresiasi peralatan dan aset dia juga ikutan kita bayarin lewat uang yg kita bayarkan, mungkin pabrikan terlalu tipis untungnya kalo dari jual mobil aja karena duitnya kebanyakan dipalak sama gov kita, makanya dia cari lahan lagi buat gain profit yg bkin konsumen bs tetap nghasilin uang buat mereka akhirnya muncul lah regulasi "gak servis beres garansi hangus" :off_bored: cmiiw
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by aceagung »

ChZ wrote:Nah, berarti saya fix gak akan beli Hyundai, secara ane rada anti-bengkel resmi...

Saya kalo serpis si sudah ada tempat kepercayaan sendiri, ogah banget ke bengkel resmi apalagi kalo belom kenal :ngacir:

Bengkel resmi yang saya percaya cuma satu di Smg, karena saya tau kualitas kerjaan dan kualitas mekaniknya diatas rata-rata bengkel resmi bahkan saya brani bilang kelas Astra Toyota aja lewat sama BeRes Honda langganan saya... I guarantee you, mau bikin mobil kenceng mereka juga nerima... Mana ada BeRes bisa diminta bikin mobil tambah kenceng :big_biglaugh: serpis non-Honda pun saya juga disini :big_biglaugh:

Kalo di Sby langganan saya non-resmi semua... :big_biglaugh:
Boleh dibisikin bengkel kepercayaannya di semarang om? :e-pray:
Kebetulan saya di semarang juga, pengen cari tempat servis selain di beres. Thanks
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16813
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by ChZ »

keong wrote:
Yap benar sekali, kalo bukan karena alasan servis mobil dibayarin kantor sih emang ngapain ke BeRes :big_bored:

Bengkel langganan mbl pribadi saya di jogja jg sangat kecil, boleh dibilang kaya bengkel lulusan asal2an kalo liat tempatnya, tapi begitu kenal sama yg punya ternyata beliau pensiunan KaBeng Astra, disini banyak ceritanya, doi bilang sebenernya kita bayar mahal dengan kualitas BeRes itu yg kita bayarkan tidak hanya jasa dan Part, bahkan sampai depresiasi peralatan dan aset dia juga ikutan kita bayarin lewat uang yg kita bayarkan, mungkin pabrikan terlalu tipis untungnya kalo dari jual mobil aja karena duitnya kebanyakan dipalak sama gov kita, makanya dia cari lahan lagi buat gain profit yg bkin konsumen bs tetap nghasilin uang buat mereka akhirnya muncul lah regulasi "gak servis beres garansi hangus" :off_bored: cmiiw
Hehehe padahal claim warranty itu kalau saya liat prosedurnya, setau saya BeRes gak keluar duit sepeserpun loh, toh orang ATPM pusat gak terlalu nganggur ngecekin mobilnya ori atau kagak, makanya banyak BeRes yang punya goodwill standar/ori selama masih masa warranty ya tetep bisa claim. Saya bilang sih claim warranty ngapain dibikin sulit juga, kalo sampe dibikin sulit itu BeRes nya yang brengsek.

Ho oh... cuan dari jualan mobil itu tipis makanya ATPM banyak program servis berkala macem paket Cermat nya Honda itu ambil untung servis di awal sih kalau ane bilang. Atau free jasa buat narik pelanggan ke bengkel resmi, paling enggak mereka masih dapet cuan dari jualan spareparts.
aceagung wrote:
Boleh dibisikin bengkel kepercayaannya di semarang om? :e-pray:
Kebetulan saya di semarang juga, pengen cari tempat servis selain di beres. Thanks
Hmm saya PM yah oom biar gak jadi ajang promosi :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Short Review Hyundai Grand i10 GLS AT 2015

Post by aceagung »

ChZ wrote:
aceagung wrote:
Boleh dibisikin bengkel kepercayaannya di semarang om? :e-pray:
Kebetulan saya di semarang juga, pengen cari tempat servis selain di beres. Thanks
Hmm saya PM yah oom biar gak jadi ajang promosi :mrgreen:
:big_exellent: