[Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

[Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by vp920b »

Hi semua,

Balik lagi kita review setelah 2 tahun belakangan ini saya ganti ganti Land Rover group terus.

Setelah berpikir mobil jaman sekarang terlalu banyak electronics dan gadgets, akhirnya saya memutuskan untuk pindah jalur dan balik lagi Old School stuff yaitu dengan membeli Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013.

Mobil ini jujur hampir sama bentuknya dari 67 tahun yang lalu, ga ada bedanya unless sekarang lebih comfy dan sedikit ada electronic tapi yang saya beli ini sedikit menarik karena ini adalah mobil pesenan Polisi Militer Indo yang akhirnya ga di tebus dan cuma nangkring di showroom JLR uda ampir 2 tahun diem aja mobilnya.

Mobil seharga 800jutaan ini jujur isinya... Hmmm.. Empty.. Kenapa empty untuk sebuah mobil 800 Juta? Yes thats the unique part. Mobil ini kosong kagak ada radio, kagak ada central door lock, no power windows, no electric mirrors, nothing. What you get are Air Con, power steering, throttle, brakes and clutch. That's all. This is madness pasti untuk beberapa orang pikir. Kenapa untuk harga segitu beli mobil kosongan. Well nanti I told you why. But first see from the looks, handling, ride, interior, and overall.

1. Looks:

Mobil ini tough, kaya tank, saya sih panggilnya tank karena dijalan jujur kaya tank, ga bisa lari kenceng nor nikung kenceng, velg besi semua. Tapi road presencenya gila sekali. Hampir setiap orang noleh kemobil ini bahkan beberapa kaya polisi beri hormat karena dipikirnya PM, mirip banget dengan LR Defender PM. Saya baru aja terima mobil ini minggu lalu setelah nunggu STNK dan Plat nomer 2 bulan. Akhirnya mencoba dan yeah, nyetirnya agak nyeleneh. But looks great, masuk mall juga pasti dilihatin orang.

Looks: 10/10. 67 years never changing and looks great till now. :big_exellent:

Image

2. Handling & Ride:

Untuk handling, well this is not performance car but this is King Off Road car. Handling mobil ga bisa belok cepet-cepet, harus pelan-pelan, slow but sure. Setir ga akurat bahkan ada free play, tapi mobil ini stabil, di tol sama sekali ga goyang. Saya pikir bakal harsh ride tapi gak. Cuma ya gitu, di tol maximum 80-100Km/h, jadi untuk yang suka ngebut ga akan cocok naik mobil ini. Rem juga pas-pas-an jadi ga mungkin deh ngebut-ngebut. But then again, konstruksi hanya dirubah sedikit, frame masih baja, all allumunium body shell, mobil ini ya masih pure off road car. Napas mobil juga ngepas tapi emang from low RPM mobil ini sudah jalan, super extra low gear. On road its not special bahkan serasa ya Suzuki Katana lah ya, tapi off road capability jangan tanya, walaupun belom coba tapi bokap pernah ke LR Experience in Solihull dan mobil ini bisa jalan terus.

H&R: 5/10, On road ya lumayan, off road excellent.

Image

3. Interior:

Interior seperti yang sudah saya jelasin, kosong, plastik keras, kain jok juga terbuat dari hard material untuk long lasting use. Amat sangat tough and crazy material, tapi dilain sisi ga akan cocok deh untuk harga 800 juta. Lah tapi kenapa dibeli? Malah disitu seninya. Saya jadi harus pasang karet tambahan di pintu karena di UK sendiri uda di review mobil ini ga akan anti dust ataupun anti flood, maksudnya adalah debu aja bisa masuk, air aja bisa masuk ke kabin, jadi saya tambahin. Kemudian saya juga beli karpet asli Land Rover yang karet bagus dan tebal. Saya fabrikasi sembari nunggu STNK bikin seat spacer biar duduknya semakin kebelakang, pasang Audio, bikin foot step yang asli dari UK harganya more than 10 juta rupiah jadi bikin aja ama rekanan knalpot saya nyontek dari LR punya service guide. Saya pasang snorkel biar banjir jakarta yang gak main CM tapi M lagi bisa libas, pasang Red Booster biar kaki kagak pegel dan sekarang nunggu lagi alarm module biar punya central lock plus rubber coating the roof by my self..

Inteior: 3/10, for modern standard pasti orang indo ga akan suka, malah bakal komplain pastinya seperti ibu saya dan calon bini. :big_biglaugh:

Image

Overall:

Verdict of this car is Stunning. Kenapa? Karena mobil ini memberikan history Land Rover yang kental, karena tahun depan sudah ga bisa lagi beli mobil ini karena 2015 adalah tahun terakhir Defender produksi di Solihull UK. Jadi karena kemarin saya dapet harga bagus, mobil juga depan mata karena kalau beli yang NIK 2015 harganya sudah naik lagi 10-20% krn Rate Pound & pajak ppnbm kita yang naik lagi. Mobil yang bagus, all rounder and can go anywhere, jadi banjir jakartapun pasti bisa libas, makanya saya beli mobil ini. Saya ganti RR Vouge, jual RR Sport karena saya malas harus mondar mandir urus electronics yang suka fault dan eror, maka balik ke mobil simple and reliable akan lebih memudahkan.
Jadi beli 800 jutaan untuk mobil ini rugi gak? Gak lah. Harganya naik terus apalagi pas udah stop produksi. 67 years of british engineering and 75% of Land Rover Defender still on the road now all round the world. Jadi beli sekarang sebelum nyesel nanti dah ga produksi lagi. It brings smile, joy and happiness around you, even my mates, my fiancee, my parents. It's just great car and I'm lovin it walaupun gak bisa masuk sembarang mall karena overall heightnya 2.11meter. Walaupun naik ertiga sehari hari saya terasa kaya naik S-class after that. hehehehehe.. :wkkk:

Overall score: 10/10, karena tahun depan uda stop produksi thats why I give it 10/10 score.. hehehe..

Cheers

Tambahan foto nyusul
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by Turboman »

Ini mesinnya sama dgn Ranger 2.2 TDCi ya

Kalo sistem kontrolnya semua sama, maka mesin ini susah utk di upgrade Powernya, palingan sampe 190 - 200 Hp aja

Ada 1 teman yg pernah bantu cust-nya modif ranger 2.2, konon sistem CAN Bus-nya sensitive......signal keganggu dikit lgs Cek engine nyala dan harus reset pake scanner

Mungkin rekan2 ada yg tahu bagaimana solusinya ?
* Bukan ajakan Beli *
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by vp920b »

Mungkin saya akan upgrade pakai Race Chip. Ga buat ngebut2 sih om.. Yang penting torsi aja..

Kayanya sama dengan ranger dan ford transit. spare partsnya seharusnya bisa swap satu sama lain jadi mudah perawatan..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by Turboman »

O kalo pake Piggy plug di soket Fuel Rail sih no problem

hehe
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by Altaf »

Waduh..kesengsem om..
saya hobby dengan landrover Defender 90 juga...tapi bukan mobil aslinya om..
cuman mainan RC dengan skala 1/10..tapi pake ladder frame besi dan 4x4 juga om, lengkap dengan gardannya

bener2 obat stress om buat iseng turun offroad :big_grin:

Image
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by suvmania »

Waduh ini mobil legend ya. Di komplek perumahan ada satu yg pake warna silver dan versi yg 5 pintu. Selalu terperangah kalo liat doi lewat. Bener2 mobil jantan dan spartan. Anyway kalo defender ini bener minim trouble ya? Soalnya kalo RR kan lumayan terkenal untuk reliabilitynya yg kurang baik, terutama yg versi sebelum versi sekarang.

Lalu Aftersales servicenya JLR indo gimana om? Cukup rekomendasi gak ya? Di kota ane (medan) sih belum ada ass nya jlr. Soalnya Range Rover yg keliaran di medan juga rata2 plat nya masih B.
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by swag7 »

Keren banget Om! Investasi yg baik juga. Tapi kalo saya lg mengidam-idamkan RR EVOQUE. Love at first sight sama EVOQUE 2015.
Btw, RR yg baru (2014 ke atas) reliability-nya jauh lebih baik koq drpd yg sebelumnya. Kebetulan ada kawan yg juga maniak produk LR.
Improvise, Adapt and Overcome!
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by andrijet »

Ini seh reviewnya: DARI HATI
:big_biglaugh:

Jarang banget yang sayang sama mobil kyk gini.
Bener-bener pure.
Lebih pure dari Miata atau 86.
:big_exellent:

Buat gimmick lovers kyk saya pasti bakal misuh-misuh nyopir ginian..
:mky_01:

Top om!!!
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by amfibi »

Mobil favorit saya sepanjang masa... especially the 110 one :mky_02: top!

Lawan sepadan LR ini sih LC70 ya, harga juga sama2 ajaib, lebih powerfull LC70 jg, & sama2 pure no electronics lalala...

Tapi LC70 mah ditujukan buat sbg kuda perang, sedangkan ini... dari petani ampe ratu elizabeth aja naik mobil yg sama :big_biglaugh:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by htannis »

:big_exellent: wow gagah bener nih, pengennnnnnnnn
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by vp920b »

Thanks everyone.

Sebenernya untuk di Jakarta piara LR ga akan susah. Spare part dimana-mana apalagi mobil ini sudah ada dari tahun 50-60an di Indonesia, dimana dulu Java Motor yang pegang, jadi parts bejubel.

Kalau untuk RR sendiri sebenernya reliable aja koq asal di rawat dan kantong tebel, karena bagaimanapun harga partsnya cukup mahal, di datengin dari inggris dan bayar pke poundsterling. But beli diharga yang tepat seharusnya ga ada masalah.

Mobil seperti Defender 90 inilah yang mengingatkan saya dulu kuliah beli Subaru Liberty Gen 4 then Gen 4 facelift terus drop ke Gen 1 Liberty RS pas Subaru terjun WRC pke Liberty Turbo. Malah yang paling purest itu adalah Liberty gen 1 RS, tikung lebih stabil, no ABS-TC-gimmick, tapi lebih alive mobilnya. Sama seperti saya punya AE82 Seca pke mesin Hachiroku 4AGE, sangat hidup banget, apalagi bisa ngerev ampe 9rb RPM. Jaman sekarang mana ada mobil nge-rev segitu tinggi kalau bukan supercar territory or Honda Vtec engine.. Such a shame sih sebenernya mobil-mobil yang terasa lebih hidup hilang semua jaman sekarang.

Oh well, thanks everyone. Foto-foto nyusul.. Masih ada parts yang harus dipasangin.. hehe
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by FRD »

nice review om, mobilnya kereennn bener2 bikin level kejantanan meningkat lebih dari 100% kalo naik mobil ini, apalagi pake KF hitam 80% skkb beserta windshield :big_smoking:
tapi bicara fitur2 dgn seharga 800jt bener2 gak mencerrminkan harga 800jt-nya ya hehehe... kalo saya sih duit 800jt pasti udah buat bungkus scirocco R seken thn 2014an (bener2 pendapat pribadi) :big_slap:














:ngacir:
:big_smoking:
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by ibrahimlubis »

jadi inget dan kangen sama mobil saya ini..

memang yang pasti "dompet harus tebal" ini benar.. semua bisa diatur, saya beli part online dulu, java motor sering nyerahnya..

kalau ke mall memang jadi perhatian orang, soalnya mau masuk parkir pasti kena batas tinggi, terpaksa harus valet depan pintu mall..

Image
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by mylandy »

vp920b wrote:
Verdict of this car is Stunning. Kenapa? Karena mobil ini memberikan history Land Rover yang kental, karena tahun depan sudah ga bisa lagi beli mobil ini karena 2015 adalah tahun terakhir Defender produksi di Solihull UK. Jadi karena kemarin saya dapet harga bagus, mobil juga depan mata karena kalau beli yang NIK 2015 harganya sudah naik lagi 10-20% krn Rate Pound & pajak ppnbm kita yang naik lagi. Mobil yang bagus, all rounder and can go anywhere, jadi banjir jakartapun pasti bisa libas, makanya saya beli mobil ini. Saya ganti RR Vouge, jual RR Sport karena saya malas harus mondar mandir urus electronics yang suka fault dan eror, maka balik ke mobil simple and reliable akan lebih memudahkan.
Jadi beli 800 jutaan untuk mobil ini rugi gak? Gak lah. Harganya naik terus apalagi pas udah stop produksi. 67 years of british engineering and 75% of Land Rover Defender still on the road now all round the world. Jadi beli sekarang sebelum nyesel nanti dah ga produksi lagi. It brings smile, joy and happiness around you, even my mates, my fiancee, my parents. It's just great car and I'm lovin it walaupun gak bisa masuk sembarang mall karena overall heightnya 2.11meter. Walaupun naik ertiga sehari hari saya terasa kaya naik S-class after that. hehehehehe.. :wkkk:

Overall score: 10/10, karena tahun depan uda stop produksi thats why I give it 10/10 score.. hehehe..
Selamat, Om, buat Defender-nya :big_exellent:
Ngiler banget pengen mobil ini, tapi bakal mikir seribu kali kalo harus nebus sekitar 1 M.

Itu ban nya Michelin ya? Boleh di-share type dan ukurannya, Om? :thanks:
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Tue May 05, 2015 1:19
Location: Shangri-La Residences

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by VIPSERIES »

Mantap pak akuisisinya! :big_exellent:
tapi kalo nyetir posisi tangannya agak aneh ga yah? kebetulan temen saya pake 110 ngomong begitu..
dia tadinya pake gallardo ganti 110 :big_grin:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by mylandy »

VIPSERIES wrote:Mantap pak akuisisinya! :big_exellent:
tapi kalo nyetir posisi tangannya agak aneh ga yah? kebetulan temen saya pake 110 ngomong begitu..
dia tadinya pake gallardo ganti 110 :big_grin:
Betul, Om, kerasa sempit dan mentok ke pintu. Kebetulan saya pake 110 buat mobil dinas kantor. Karena udah tahu rasanya, makanya mikir-mikir kalo harus nebus segitu. Anyway, ini mobil sama dengan Evoque, selalu bikin orang menoleh. :mky_02:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by vp920b »

Update picture dan review...

Seminggu ini dah saya pke ke Sentul dan Bogor, lari di tol mayan bisa 140 max.. Not bad for a car like this.. Clutch enteng abis pke redbooster.. Sisanya mantep, di jalan tol stabil. Hanya saja lari 140 semua raungan mesin masuk ke kabin.. Dan sedikit panas mesin masuk ke kaki.. Oh well its not dust proof or water proof.. LOL..

Image

Image

Image
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by ginting »

hmmm.....ternyata kursi belakang sudah hadap depan,...kiraian kayak LR series yg hadap2an kayak Sudako...
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by newrubble »

bicara landy dg puma engine...skrg sy pakai 2015 release tapi status sewa (rent bukan lease) krn disini extreme cold n byk aliran lahar yg sengaja dipakai geothermal energy

tapi dulu sy th2013 pernah beli NOS 2012 jaman javamotors clearance sale yg aslinya seharga rp.750juta plus discount rp.150juta krn beli taxfree (tdk buka factuur, tdk pakai stnk n bpkb) jadi teman di livingroom sampai sy jual lg 2014

mobil yg enak diliat n kadang satu dua x sy pakai jalan ke sentul atau meditasi di megamendung (sy masih punya yg sama bikinan th1991 yg dulu dibeli brandnew rp.130juta, surat n plaat AD sy tempelkan)

jaman skrg pd umumnya landy defender users bukan lagi petani jelata tapi oldtime lifestyle
yg 1991 defender u pakai di indo masih lbh reliable drpd puma engined (mesin sama dg ford transit) krn yg td200 bisa minum dieselfuel indo terburuk
2014my2012Landy7-1.jpg
2014my2012Landy5-1.jpg
2014my2012Landy1-1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1164
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by iamwewe »

Mantap abis om ridenya! Kalo bicara road presence sih emang ni movil ngeri.. Dikasih lampu dim aja udah deh saya minggir langsung nepi haha.. Bokap juga demen bgt nih mobil.. Selalu inget saat2 nemenin bokap keliling tumplek blek hanya utk liat2 org jual lampu sen dan lampu rem ala toked gitu..

Btw om, kalo pesenan polmil indo, bedanya apa sih sama yg versi biasa? Tolong fotoin interiornya lebih lengkap ya.. Thx a lot om.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by vp920b »

@newrubble

Mantap om.. Its an art isnt it? Hehehe.. Saya ga bisa jadiin pajangan karena rumah aja uda pas-pasan.. hehehe..

@iamwewe

Bedanya ya saya kosongan abis om. Saya semua full manual, ga ada power window, central lock, velg besi, no audio, jok vinyl bisa di cuci.. Kayanya udah itu aja.. hehehe.. Interior mah kosongan om.. Sama aja kaya di internet bedanya saya tombolnya kosong semua.. Hehehe.. Nanti di foto, lagi pasang foot step nih..
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by newrubble »

landy defender yg dipakai indo military fleet bukan wolf type krn ini mahal n blajar dari pengalaman dulu punya potensi di colong n jadi private toys jenderal pensiunan

tapi tetap masuk level xtra duty u chasis krn terpasang triangular reinforcement u rigidness dan xtra load cap serta tetap pakai td300 (300tdi) engine krn td5 sdh electronic complexity yg rawan jamming. chasis yg indo mil fleet juga sdh (tropicalized) dinitrol processed

rear axle pakai yg sama dg hornet edition tapi tdk lagi pindad remanufacture

roof piece juga u indo tdk / blm pakai composite fiber apalagi mil-grade kevlar.

wolf itu mahal harganya skitar £ 21,250 non armoured, excl. protective / offensive weaponry n belinya hrs approval UK's MoD yg tentunya sdh kapok dg mark up has indo (plus barang ilang sblm phase out time due)

tapi sy tau south african semi military upgrade yg biasa lakukan spec up u indo order. org org nya sering terlihat di bandung. perusahaan milik retired col ex rhodesian army

btw dash dfender sy dulu sdikit berisi meski tetap malnourished utk ukuran current civilization. seats supplied by recaro (tapi tertulis made in uk)
2014my2012Landydash-1.jpg
2014my2012Landy3-1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by dieselkiki »

@ ts dan Pak rubble

BRAVO, manteb mobile ! Bikin kePengen nyobain testdrive walauPun hanya 5 meniiiittt saja :mky_01:
- faith humanity freedom -
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by vp920b »

@newrubble

Betul om ini bukan wolf spec dan PM spec di indo tidak yang full spec untuk perang. Saya cari tau velgnya lebih tebel dan lebih lebar untuk Wolf spec.

Keren om mobilnya.. Kalau masih ada dan bisa disuratin saya mau deh piara yang 110 juga.. hehehe...

@dieselkiki

Nanti om kalau ada kopdar ane ikutan deh.. Dah lama gak kopdar SM..
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Review] Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013

Post by newrubble »

Glamour jual 2013 110 yg local body dr def lwb truck singlecab ...body buatan bengkel landy yg terkenal di kepu jlt pusat ...smua landy lovers tau siapa dia n dulu sempat jado vendor Jm utk 88/109 roofpiece order n exported to solihul (sat satunya outasoured roofpiecw vendor di dunia sampai th 89) n slrg masih bikin u landy-copy di iran

bagus bikinnya cuma beda bait baut n kaca pakai asahisafe bukan triple x

minta rp.725 brandmew