Balik lagi kita review setelah 2 tahun belakangan ini saya ganti ganti Land Rover group terus.
Setelah berpikir mobil jaman sekarang terlalu banyak electronics dan gadgets, akhirnya saya memutuskan untuk pindah jalur dan balik lagi Old School stuff yaitu dengan membeli Land Rover Defender 90 2.2 Puma-Tdi 2013.
Mobil ini jujur hampir sama bentuknya dari 67 tahun yang lalu, ga ada bedanya unless sekarang lebih comfy dan sedikit ada electronic tapi yang saya beli ini sedikit menarik karena ini adalah mobil pesenan Polisi Militer Indo yang akhirnya ga di tebus dan cuma nangkring di showroom JLR uda ampir 2 tahun diem aja mobilnya.
Mobil seharga 800jutaan ini jujur isinya... Hmmm.. Empty.. Kenapa empty untuk sebuah mobil 800 Juta? Yes thats the unique part. Mobil ini kosong kagak ada radio, kagak ada central door lock, no power windows, no electric mirrors, nothing. What you get are Air Con, power steering, throttle, brakes and clutch. That's all. This is madness pasti untuk beberapa orang pikir. Kenapa untuk harga segitu beli mobil kosongan. Well nanti I told you why. But first see from the looks, handling, ride, interior, and overall.
1. Looks:
Mobil ini tough, kaya tank, saya sih panggilnya tank karena dijalan jujur kaya tank, ga bisa lari kenceng nor nikung kenceng, velg besi semua. Tapi road presencenya gila sekali. Hampir setiap orang noleh kemobil ini bahkan beberapa kaya polisi beri hormat karena dipikirnya PM, mirip banget dengan LR Defender PM. Saya baru aja terima mobil ini minggu lalu setelah nunggu STNK dan Plat nomer 2 bulan. Akhirnya mencoba dan yeah, nyetirnya agak nyeleneh. But looks great, masuk mall juga pasti dilihatin orang.
Looks: 10/10. 67 years never changing and looks great till now.


2. Handling & Ride:
Untuk handling, well this is not performance car but this is King Off Road car. Handling mobil ga bisa belok cepet-cepet, harus pelan-pelan, slow but sure. Setir ga akurat bahkan ada free play, tapi mobil ini stabil, di tol sama sekali ga goyang. Saya pikir bakal harsh ride tapi gak. Cuma ya gitu, di tol maximum 80-100Km/h, jadi untuk yang suka ngebut ga akan cocok naik mobil ini. Rem juga pas-pas-an jadi ga mungkin deh ngebut-ngebut. But then again, konstruksi hanya dirubah sedikit, frame masih baja, all allumunium body shell, mobil ini ya masih pure off road car. Napas mobil juga ngepas tapi emang from low RPM mobil ini sudah jalan, super extra low gear. On road its not special bahkan serasa ya Suzuki Katana lah ya, tapi off road capability jangan tanya, walaupun belom coba tapi bokap pernah ke LR Experience in Solihull dan mobil ini bisa jalan terus.
H&R: 5/10, On road ya lumayan, off road excellent.

3. Interior:
Interior seperti yang sudah saya jelasin, kosong, plastik keras, kain jok juga terbuat dari hard material untuk long lasting use. Amat sangat tough and crazy material, tapi dilain sisi ga akan cocok deh untuk harga 800 juta. Lah tapi kenapa dibeli? Malah disitu seninya. Saya jadi harus pasang karet tambahan di pintu karena di UK sendiri uda di review mobil ini ga akan anti dust ataupun anti flood, maksudnya adalah debu aja bisa masuk, air aja bisa masuk ke kabin, jadi saya tambahin. Kemudian saya juga beli karpet asli Land Rover yang karet bagus dan tebal. Saya fabrikasi sembari nunggu STNK bikin seat spacer biar duduknya semakin kebelakang, pasang Audio, bikin foot step yang asli dari UK harganya more than 10 juta rupiah jadi bikin aja ama rekanan knalpot saya nyontek dari LR punya service guide. Saya pasang snorkel biar banjir jakarta yang gak main CM tapi M lagi bisa libas, pasang Red Booster biar kaki kagak pegel dan sekarang nunggu lagi alarm module biar punya central lock plus rubber coating the roof by my self..
Inteior: 3/10, for modern standard pasti orang indo ga akan suka, malah bakal komplain pastinya seperti ibu saya dan calon bini.


Overall:
Verdict of this car is Stunning. Kenapa? Karena mobil ini memberikan history Land Rover yang kental, karena tahun depan sudah ga bisa lagi beli mobil ini karena 2015 adalah tahun terakhir Defender produksi di Solihull UK. Jadi karena kemarin saya dapet harga bagus, mobil juga depan mata karena kalau beli yang NIK 2015 harganya sudah naik lagi 10-20% krn Rate Pound & pajak ppnbm kita yang naik lagi. Mobil yang bagus, all rounder and can go anywhere, jadi banjir jakartapun pasti bisa libas, makanya saya beli mobil ini. Saya ganti RR Vouge, jual RR Sport karena saya malas harus mondar mandir urus electronics yang suka fault dan eror, maka balik ke mobil simple and reliable akan lebih memudahkan.
Jadi beli 800 jutaan untuk mobil ini rugi gak? Gak lah. Harganya naik terus apalagi pas udah stop produksi. 67 years of british engineering and 75% of Land Rover Defender still on the road now all round the world. Jadi beli sekarang sebelum nyesel nanti dah ga produksi lagi. It brings smile, joy and happiness around you, even my mates, my fiancee, my parents. It's just great car and I'm lovin it walaupun gak bisa masuk sembarang mall karena overall heightnya 2.11meter. Walaupun naik ertiga sehari hari saya terasa kaya naik S-class after that. hehehehehe..

Overall score: 10/10, karena tahun depan uda stop produksi thats why I give it 10/10 score.. hehehe..
Cheers
Tambahan foto nyusul