Peak hp jazz di 6500rpm bahkan sampai 7.5K jika di extent idrive, ipah mentok 4.5k
Artinya di angka hp yg sama, torsi ipah harus jauh lebih besar untuk mencapai hp yang sama karna rpm lebih rendah.
Rev lebih tinggi bearti nafas lebih panjang, masing masing ratio transmisi bisa mencapai topspeed lebih tinggi karna rev lebih tinggi lg.
Yg mewakili tenaga itu torsi, tinggal kondisi lintasan lebih sering di rev mana. Memungkinkan tidak sering highrev
Transmisi 5at vs 4atNya imho sama2 jadul sama2 slipnya buanyak... atleast 5at rentang ratio lebih luas, dan 4at punya kit Transgo
Bobot kendaraan jazz jauh lebih ringan n low Cd handling jgn ditanya klw dibanding ipah
Durability n running cost, gasoline rentan knock, boost naik bearti CR naik, fuel hrs high octane, EGT jg lebih tinggi ongkos bisa jd mendrkati atw lebih dri modif ipah Dan resiko lebih besar Diesel g ada knock dan tdk lantas wajib solar bagus.
Supercharge pasti nyedot tenaga mesin, turbo minim. asalkan jgn pke turbo terlalu besar yg hanya ngejar angka HP di highrpm, mending turbo sedang asal rentang turbony bisa dri rev menengah.
Alternatif lain g pke turbo, tp naikin compresi exhaust unichip idrive beberapa user report 140-160hp n.a
Cmiiw
