Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Dear SMers,
Mohon maaf jika ane kali ini nyeleneh mereview mobil yg sebenernya sudah tua dan mungkin para momods dan piyiks sudah pernah experience lama di mobil ini. Dulu banyak sekali orang yang pakai and having love & hate relationship with this unique car, tapi sayangnya sekarang sudah sulit dijumpai di jalan.
1. SEJARAH
Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata VW Beetle memiliki sejarah panjang dalam dunia otomotif, terutama proses menciptakannya.
Diketahui VW Beetle dahulu merupakan inisiatif yang dicetuskan oleh Adolf Hitler yang menginginkan adanya mobil dengan harga murah untuk rakyatnya. Atas inisiatifnya tersebut, Hitler pun memutuskan meminta seorang insinyur kenamaan Jerman bernama Ferdinand Porsche beserta timnya untuk mempersiapkan segala aspek teknis untuk produksi pada tahun 1934.
Untuk melahirkan generasi pertamanya, Porsche harus memakan waktu persiapan selama hampir empat tahun. VW Beetle yang memiliki nama resmi Volkswagen Type 1 ini mulai diproduksi pada tahun 1938. Model klasik tersebut sangat minim perubahan dan tetap mempertahankan desain pertamanya hingga tahun 1998. Namun meski menggunakan desain generasi pertama selama 65 tahun. VW Beetle ternyata cukup dicintai masyarakat dunia. Hal tersebut pun terlihat dari produksi mereka yang menembus 21 juta unit dan dipasarkan ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia.
2. EXTERIOR
Tampang mobil ini unik , mirip bugs, kutu kuya, atau kodok...
either you like it or you hate it...but for me it is "CUTE", bodi membulat dengan pantat bohai mengingatkan saya dengan Motor Vespa atau Nonik semok macam Marilyn Monroe...
Keunikan tampangnya yg membulat, membuat mobil ini mudah untuk tampak sparkling (berkilat) terutama jika anda menggunakan cat wet look, dan dipadukan dengan aksen chrome baru ,. Kualitas sparkling seperti ini sulit dijumpai di mobil modern yang lebih cenderung sederhana. Susah untuk menggambarkan efeknya, jika anda melihatnya secara langsung...wowwww....seperti melihat nonik cantik berkebaya...
Untuk 1303 ini terdapat sedikit perbedaan di banding model pendahulunya seperti bentuk bonnet, fender, lampu, dan kaca depan yang rounding dan sudah tidak flat lagi seperti sebelumnya
Kaca samping masih menggunakan triangle dan bentuknya manis
Lampu belakang sudah membesar
Tangki bensin, ban serep ditaroh dengan rapi di kap mesin depan
2. INTERIOR
Interior mobil ini, walaupun tidak secantik pendahulunya, sudah menggunakan dashboard panel softpad layaknya mobil modern.
feature interiornya cukup memprihatinkan (dengan hanya 1 bulatan speedometer) dibandingkan dengan mobil modern, but hey , ini mobil 41 tahun bung umurnya.
Kualitas buatan cukup baik, walaupun terlihat sangat antik buat standar mobil modern..masuklah ke kabin anda akan merasakan betapa sempitnya ruang kabin dibanding Honda jazz modern.
Setirnya agak modern dengan lingkar besar model 4 spoke, Joknya reclining, walaupun tanpa headrest.
Overall, I like the earlier beetle ....interior 1303 kurang cantik dan kurang klasik dibandingkan pendahulunya....
3. MESIN
It is RR configuration, Rear Wheel Drive, dengan posisi mesin di belakang sumbu roda belakang. Mesinnya tergolong unik, Air cooled , 4 cylinder boxer, 2 karburator. Mesinnya aslinya sudah dilengserkan dan diganti dengan mesin baru 1997 cc..spek detailnya terus terang saya enggak hafal
Horsepower yg dihasilkan kira2 100 ps, dan torsinya kira2 se kijang versi 7K
IT is real blink2 blink...beautiful...Gak ada kabel seliweran kayak mobil jepang, semuanya rapi jail....
Kompressor A/C tambahan dapat dengan baik dapat masuk ke dalam tutup kap mesin tanpa harus modifikasi macam2
4. DRIVING
Nyalakan mesin, dengan mudah mesin dapat menyala dengan baik.
Suara mesin khas air cooled VW terasa sekali, cukup berisik dari luar, namun hanya terdengar sayup2 dari dalam kabin, I don't know why..but it is really not noisy inside..
Gas perlahan, terasa dengungan fan air coolednya, suara mesin garing, khas VW, agak berisik, tapi sekali tidak indimidating buat tetangga, it is just beautiful and cute.......
Posisi mengemudi cukup ackward buat yg biasa mobil jepang, kap mesin membulat membuatnya agak susah mengepas jalan,
Pedal linkage pun berbeda dengan mobil jepang, dimana dia ada dekat floor, ketimbang digantung.
Masukan gigi ke posisi 1, perseneleng membutuhkan effort yg cukup dari tangan, dan naikin gas, mobil meluncur perlahan..dengan baik.
gas sedikit,terasa torsi mesin 2000 cc mulai menarik mobil yg relative ringan ini dengan baik...namun respon gas sangat berbeda dengan mobil jepang, mobil VW ini really don't like to be push hard, it feel like riding a Harley, it is just about torque and not horsepower.
Suspensinya sudah menganut Mcpershon Strut untuk depan, dan Trailing Arm untuk belakang. Cukup compliance untuk meredam guncangan, respon setir lambat dan berat tanpa power steering, namun nyaman berbelok karena efek pendulum swing mesin belakang....pantat mobil yg berat help you gliding on the corner, what a good feeling. .
German engineering feel solid tanpa bunyi2an interior, yg ada hanya bunyi mesin bersiul dan berderik lucu di belakang, no intrusive tire noise
Tanpa power steering = feedback setir mantaps.
Tekan gas semakin cepat ..mulailah mobil ini meluncur dengan agak kencang, mesin 2000ccnya menjadikan mobil sama kencangnya dengan Avanza 1300cc Modern ....well it is classic car, not a sport car anyway...
Now, go to toll road, wow...mobil ini kehabisan nafas karena short gearing di gigi 4, it cannot be very fast, but I feel lucky it cannot go fast because it feel scarry with this kind of brake, ABS, asal berenti syukur
A/C nya berjalan dengan baik, tidak ada keluhan untuk menjalankan mobil ini di kemacetan bandung, it is just feel good.....nothing beat the good feeling of riding slowly on a VW beetle...everybody look and smile on you...it is just nice car....no wonder it become movie star on Herbie
5. MESIN
VERDICT.
Ok it is quite slow,mesin noisy, kabin sempit, boros by modern standard...
But nothing beat it in term of how this machine touching my heart....it is love bug, cute, and bring joker grin in my face.....
Sunflower, Vespa, Blue Jeans, Hippies , is the synonym of this car...
(+)
- Timeless Classic
- Bring the gold old memories and smile on your face
- The sound of the engine is relaxing
(-)
- Slow, Noisy, Sempit..but who care for this kind of classic car
Mohon maaf jika ane kali ini nyeleneh mereview mobil yg sebenernya sudah tua dan mungkin para momods dan piyiks sudah pernah experience lama di mobil ini. Dulu banyak sekali orang yang pakai and having love & hate relationship with this unique car, tapi sayangnya sekarang sudah sulit dijumpai di jalan.
1. SEJARAH
Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata VW Beetle memiliki sejarah panjang dalam dunia otomotif, terutama proses menciptakannya.
Diketahui VW Beetle dahulu merupakan inisiatif yang dicetuskan oleh Adolf Hitler yang menginginkan adanya mobil dengan harga murah untuk rakyatnya. Atas inisiatifnya tersebut, Hitler pun memutuskan meminta seorang insinyur kenamaan Jerman bernama Ferdinand Porsche beserta timnya untuk mempersiapkan segala aspek teknis untuk produksi pada tahun 1934.
Untuk melahirkan generasi pertamanya, Porsche harus memakan waktu persiapan selama hampir empat tahun. VW Beetle yang memiliki nama resmi Volkswagen Type 1 ini mulai diproduksi pada tahun 1938. Model klasik tersebut sangat minim perubahan dan tetap mempertahankan desain pertamanya hingga tahun 1998. Namun meski menggunakan desain generasi pertama selama 65 tahun. VW Beetle ternyata cukup dicintai masyarakat dunia. Hal tersebut pun terlihat dari produksi mereka yang menembus 21 juta unit dan dipasarkan ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia.
2. EXTERIOR
Tampang mobil ini unik , mirip bugs, kutu kuya, atau kodok...
either you like it or you hate it...but for me it is "CUTE", bodi membulat dengan pantat bohai mengingatkan saya dengan Motor Vespa atau Nonik semok macam Marilyn Monroe...
Keunikan tampangnya yg membulat, membuat mobil ini mudah untuk tampak sparkling (berkilat) terutama jika anda menggunakan cat wet look, dan dipadukan dengan aksen chrome baru ,. Kualitas sparkling seperti ini sulit dijumpai di mobil modern yang lebih cenderung sederhana. Susah untuk menggambarkan efeknya, jika anda melihatnya secara langsung...wowwww....seperti melihat nonik cantik berkebaya...
Untuk 1303 ini terdapat sedikit perbedaan di banding model pendahulunya seperti bentuk bonnet, fender, lampu, dan kaca depan yang rounding dan sudah tidak flat lagi seperti sebelumnya
Kaca samping masih menggunakan triangle dan bentuknya manis
Lampu belakang sudah membesar
Tangki bensin, ban serep ditaroh dengan rapi di kap mesin depan
2. INTERIOR
Interior mobil ini, walaupun tidak secantik pendahulunya, sudah menggunakan dashboard panel softpad layaknya mobil modern.
feature interiornya cukup memprihatinkan (dengan hanya 1 bulatan speedometer) dibandingkan dengan mobil modern, but hey , ini mobil 41 tahun bung umurnya.
Kualitas buatan cukup baik, walaupun terlihat sangat antik buat standar mobil modern..masuklah ke kabin anda akan merasakan betapa sempitnya ruang kabin dibanding Honda jazz modern.
Setirnya agak modern dengan lingkar besar model 4 spoke, Joknya reclining, walaupun tanpa headrest.
Overall, I like the earlier beetle ....interior 1303 kurang cantik dan kurang klasik dibandingkan pendahulunya....
3. MESIN
It is RR configuration, Rear Wheel Drive, dengan posisi mesin di belakang sumbu roda belakang. Mesinnya tergolong unik, Air cooled , 4 cylinder boxer, 2 karburator. Mesinnya aslinya sudah dilengserkan dan diganti dengan mesin baru 1997 cc..spek detailnya terus terang saya enggak hafal
Horsepower yg dihasilkan kira2 100 ps, dan torsinya kira2 se kijang versi 7K
IT is real blink2 blink...beautiful...Gak ada kabel seliweran kayak mobil jepang, semuanya rapi jail....
Kompressor A/C tambahan dapat dengan baik dapat masuk ke dalam tutup kap mesin tanpa harus modifikasi macam2
4. DRIVING
Nyalakan mesin, dengan mudah mesin dapat menyala dengan baik.
Suara mesin khas air cooled VW terasa sekali, cukup berisik dari luar, namun hanya terdengar sayup2 dari dalam kabin, I don't know why..but it is really not noisy inside..
Gas perlahan, terasa dengungan fan air coolednya, suara mesin garing, khas VW, agak berisik, tapi sekali tidak indimidating buat tetangga, it is just beautiful and cute.......
Posisi mengemudi cukup ackward buat yg biasa mobil jepang, kap mesin membulat membuatnya agak susah mengepas jalan,
Pedal linkage pun berbeda dengan mobil jepang, dimana dia ada dekat floor, ketimbang digantung.
Masukan gigi ke posisi 1, perseneleng membutuhkan effort yg cukup dari tangan, dan naikin gas, mobil meluncur perlahan..dengan baik.
gas sedikit,terasa torsi mesin 2000 cc mulai menarik mobil yg relative ringan ini dengan baik...namun respon gas sangat berbeda dengan mobil jepang, mobil VW ini really don't like to be push hard, it feel like riding a Harley, it is just about torque and not horsepower.
Suspensinya sudah menganut Mcpershon Strut untuk depan, dan Trailing Arm untuk belakang. Cukup compliance untuk meredam guncangan, respon setir lambat dan berat tanpa power steering, namun nyaman berbelok karena efek pendulum swing mesin belakang....pantat mobil yg berat help you gliding on the corner, what a good feeling. .
German engineering feel solid tanpa bunyi2an interior, yg ada hanya bunyi mesin bersiul dan berderik lucu di belakang, no intrusive tire noise
Tanpa power steering = feedback setir mantaps.
Tekan gas semakin cepat ..mulailah mobil ini meluncur dengan agak kencang, mesin 2000ccnya menjadikan mobil sama kencangnya dengan Avanza 1300cc Modern ....well it is classic car, not a sport car anyway...
Now, go to toll road, wow...mobil ini kehabisan nafas karena short gearing di gigi 4, it cannot be very fast, but I feel lucky it cannot go fast because it feel scarry with this kind of brake, ABS, asal berenti syukur
A/C nya berjalan dengan baik, tidak ada keluhan untuk menjalankan mobil ini di kemacetan bandung, it is just feel good.....nothing beat the good feeling of riding slowly on a VW beetle...everybody look and smile on you...it is just nice car....no wonder it become movie star on Herbie
5. MESIN
VERDICT.
Ok it is quite slow,mesin noisy, kabin sempit, boros by modern standard...
But nothing beat it in term of how this machine touching my heart....it is love bug, cute, and bring joker grin in my face.....
Sunflower, Vespa, Blue Jeans, Hippies , is the synonym of this car...
(+)
- Timeless Classic
- Bring the gold old memories and smile on your face
- The sound of the engine is relaxing
(-)
- Slow, Noisy, Sempit..but who care for this kind of classic car
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
cakep iniiii restorasinya
kalau boleh tahu habis berapa utk restorasinya ?
kalau boleh tahu habis berapa utk restorasinya ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Itu ada jam analognya yah om?
Kaya mobil mahal jaman skrg yah..hehehe
Kaya mobil mahal jaman skrg yah..hehehe
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Postby Turboman » 53 minutes ago
cakep iniiii restorasinya
kalau boleh tahu habis berapa utk restorasinya ?
Enggak tau om pastinya , ini punya kakak ipar...
beli bahannya sih murah .. mungkin gak beda jauh ama beli motor matik baru ,..restorasinya lumayan makan waktu dan biaya...
but honestly speaking, this car is not faint hearted, bisa stress kalo belum siap dgn komitmen miaranya...
But once you get it correct, it will bring smile on your face...now I can understand why there is lot of US aftermarket manufacturer for Old Beetle
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7400
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
wah sayang vw 03 sy th 77 german version made in mexico
sdh bosch L jetronic...dulu di indo sampai 1998 turmoil
yg merah th 78 br beli kmarin, unrun seharga € 80
dua dua nya semi automatic trx
sdh bosch L jetronic...dulu di indo sampai 1998 turmoil
yg merah th 78 br beli kmarin, unrun seharga € 80
dua dua nya semi automatic trx
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
beetle!
sekitar 6-8 taun yg lalu, waktu saya masih SD ada tetangga yang kenal baik sama keluarga saya. dan dia punya beetle juga, kalo ga salah inget sih punya tetangga saya dulu softop bukan hardtop dan juga jendelanya masih dari plastik bukan kaca.. tapi entah taun berapa saya ga tau
dulu cuma bilang ke papah "pah. mobilnya unik yah desainnya mirip kodok gitu" pas saya sama papa melintas melewati mobil tsb yg kebetulan lagi parkir di depan rumahnya
sayang beribu sayang, pas tetangga saya pindah dari Tulungagung ke Kediri, beetle nya malah dijual dan sampe skrg saya kurang tau dia pake mobil apa..
Maaf OOT dikit
sekitar 6-8 taun yg lalu, waktu saya masih SD ada tetangga yang kenal baik sama keluarga saya. dan dia punya beetle juga, kalo ga salah inget sih punya tetangga saya dulu softop bukan hardtop dan juga jendelanya masih dari plastik bukan kaca.. tapi entah taun berapa saya ga tau
dulu cuma bilang ke papah "pah. mobilnya unik yah desainnya mirip kodok gitu" pas saya sama papa melintas melewati mobil tsb yg kebetulan lagi parkir di depan rumahnya
sayang beribu sayang, pas tetangga saya pindah dari Tulungagung ke Kediri, beetle nya malah dijual dan sampe skrg saya kurang tau dia pake mobil apa..
Maaf OOT dikit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Om, saya boleh mampir ke rumah om ga? Ngiler maksimal koleksinya
Besanan yuk
*eh
Besanan yuk
*eh
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Aug 14, 2007 9:51
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Widih mangstabs Om restorasinya. Kemaren baca yang Corolla Twincam GTI, sekarang VW Kodok
Itu pake dual karburator merek apa? Konsumsi bensinnya kayak apa? Trus unit AC-nya ditaro disebelah mana? Suara knalpot-nya masih yang kayak suara peluit/gemerincing? Jadi inget dulu pernah miara Beetle 1200 '73. Chicks magnet Om
Itu pake dual karburator merek apa? Konsumsi bensinnya kayak apa? Trus unit AC-nya ditaro disebelah mana? Suara knalpot-nya masih yang kayak suara peluit/gemerincing? Jadi inget dulu pernah miara Beetle 1200 '73. Chicks magnet Om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
kalo gak salah karbunya Dell Orto...
Mesinnya totally brand new 2000 cc konsumsi bensinnya 1/7 pake A/C dalam kota
Unit A/C (optional) nya tepat di deket tongkat perseneleng ..AC nya oke kok om
oh iya suara mesinnya iya itu gemerincing + pluit......
oh iya saya sebenernya ngincer yg ini om, cantik banget modelnya, cuman saying ownernya gak mau jual
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Karmann Ghia
Culik bodinya ada om, trus ditempel ke chassis beetle
Chassis dan komponen2 mekanikal kan sama
Culik bodinya ada om, trus ditempel ke chassis beetle
Chassis dan komponen2 mekanikal kan sama
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
wadawww double carb dan 1997cc,kalo boleh tau konversi ke doube carb kayak gini berapaan ya? jadi pengen ngerasain efek mesin sangar di mobil ringan hehehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4593
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Nice review om
Restorasinya mantap juga sampe bisa bikin VW kodoknya kinclong kaya baru lagi hehehe
Mobil VW Kodok ini merupakan mobil klasik yang timeless, karena desainnya yang unik & ga lekang dimakan jaman, dan termasuk mobil eropa yang paling mudah dibangun saat ini & sparepart yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil eropa.
Restorasinya mantap juga sampe bisa bikin VW kodoknya kinclong kaya baru lagi hehehe
Mobil VW Kodok ini merupakan mobil klasik yang timeless, karena desainnya yang unik & ga lekang dimakan jaman, dan termasuk mobil eropa yang paling mudah dibangun saat ini & sparepart yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil eropa.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- SM Specialist
- Posts: 15604
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Wihiiii beetle jadul... love it!
Di rumah om saya adanya rival dekatnya dari negara Inggris... Mini Cooper jadul dobel karbu...
Ini dia proper Beetle... mesin belakang... Beetle sekarang mah Golf versi kemayu...
Rear engine, aircooled... suara mesinnya khas banget dah... Biarpun larinya ya segitu-segitu... Mobil ini enak buat jalan-jalan santai di sore hari... atau malem hari cari jajan di pinggir kota... Dijamin semua mata pengunjung melirik dan bakal jadi bahan obrolan yang seru dengan si bakul bakso atau tukang sate yang enggak ngerti otomotif... secara mobil ini sangat iconic orang gak ngerti otomotif pun penasaran.
Dulu sy pernah ikut jaga di pos mudik yang diadain gereja saya... ada orang mampir bawa VW Kombi jadul... langsung jadi bahan obrolan dah itu Kombi... Road trip jauh seingat saya dia pake itu Kombi...
Turing pake mobil begini harus paling enggak ada barengannya... soalnya serem operhit euy... aircooled...
Di rumah om saya adanya rival dekatnya dari negara Inggris... Mini Cooper jadul dobel karbu...
Ini dia proper Beetle... mesin belakang... Beetle sekarang mah Golf versi kemayu...
Rear engine, aircooled... suara mesinnya khas banget dah... Biarpun larinya ya segitu-segitu... Mobil ini enak buat jalan-jalan santai di sore hari... atau malem hari cari jajan di pinggir kota... Dijamin semua mata pengunjung melirik dan bakal jadi bahan obrolan yang seru dengan si bakul bakso atau tukang sate yang enggak ngerti otomotif... secara mobil ini sangat iconic orang gak ngerti otomotif pun penasaran.
Dulu sy pernah ikut jaga di pos mudik yang diadain gereja saya... ada orang mampir bawa VW Kombi jadul... langsung jadi bahan obrolan dah itu Kombi... Road trip jauh seingat saya dia pake itu Kombi...
Turing pake mobil begini harus paling enggak ada barengannya... soalnya serem operhit euy... aircooled...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11044
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
review udah hampir 2 taun lalu tapi saya baru liat.....
acung jempol buat beetle-nya.
ini mobil dengan damping yang cukup keras tapi tetep nyaman dikendarai. nggak kaya si kembar itu.
pertama kali nyetir ini tau 2000an. weenaaak tenan.....
tapi paling males kalo disuruh buka busi, sempiiiit...!!!
dan ogah juga kalo ngolong stel klep, setetes dua tetes oli mesin pasti ketelen.
acung jempol buat beetle-nya.
ini mobil dengan damping yang cukup keras tapi tetep nyaman dikendarai. nggak kaya si kembar itu.
pertama kali nyetir ini tau 2000an. weenaaak tenan.....
tapi paling males kalo disuruh buka busi, sempiiiit...!!!
dan ogah juga kalo ngolong stel klep, setetes dua tetes oli mesin pasti ketelen.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1207
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Kalo trit gini boleh di bangkitin lagi kok.... He he...
Keinget dulu jaman sma, serinh pake punya sepupu. Vw beetle 1974, 1302 atau 1303, sorry lupa yg LS, rem sudah disk brake.
Bored up 2000 cc, double barrel dell ortho ukuran lupa, tuas trans scat short throw, knalpot thunderbird....
Engine note nya bikin kangen...
Keinget dulu jaman sma, serinh pake punya sepupu. Vw beetle 1974, 1302 atau 1303, sorry lupa yg LS, rem sudah disk brake.
Bored up 2000 cc, double barrel dell ortho ukuran lupa, tuas trans scat short throw, knalpot thunderbird....
Engine note nya bikin kangen...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Oct 07, 2009 6:01
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
lagi pengen nyari 1303 kalo ada...
dimana ya?
dimana ya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Ini vespanya mobil. Generasi ningratnya masih ada sampe sekarang, dan kuenceeeeng.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Terakhir saya nyetir ini mobil pas jaman kuliah, punya teman, doi ke kampus pake ni mobil, luar biasa unik, love it
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Haloo.. udah lama tidak buka SM. Tiba2 terbersit keinginan meminang VW kodok buat iseng2, jd saya bangkitkan kembali tret lama ini.
Buat suhu2 yg udah pengalaman, mohon masukkannya hal apa saja yg perlu diperhatikan untuk meminang si kodok ini. Kebetulan saya masih sangat nubie, dan tidak pernah mempunyai pengalaman dlm memelihara,ataupun mengendarai mobil tua. Hanya tiba2 saja terbersit keinginan iseng ingin hunting, kemudian pelan2 melakukan restorasi. Murni untuk koleksi saja sih. Selama saya ini dalam memilih mobil kebanyakan tipe SUV dan MPV, blm pernah pny sedan.
Jadi untuk suhu2 tolong diberi masukan hal2 apa saja yg perlu diperhatikan dlm meminang, kira2 budget berapa yg diperlukan untuk restorasi, tipe VW kodok ada berapa macam, serta hal2 yg harus dihindari dlm mengendarai..
Buat suhu2 yg udah pengalaman, mohon masukkannya hal apa saja yg perlu diperhatikan untuk meminang si kodok ini. Kebetulan saya masih sangat nubie, dan tidak pernah mempunyai pengalaman dlm memelihara,ataupun mengendarai mobil tua. Hanya tiba2 saja terbersit keinginan iseng ingin hunting, kemudian pelan2 melakukan restorasi. Murni untuk koleksi saja sih. Selama saya ini dalam memilih mobil kebanyakan tipe SUV dan MPV, blm pernah pny sedan.
Jadi untuk suhu2 tolong diberi masukan hal2 apa saja yg perlu diperhatikan dlm meminang, kira2 budget berapa yg diperlukan untuk restorasi, tipe VW kodok ada berapa macam, serta hal2 yg harus dihindari dlm mengendarai..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Mau bangun mubil um?BADAK wrote:Haloo.. udah lama tidak buka SM. Tiba2 terbersit keinginan meminang VW kodok buat iseng2, jd saya bangkitkan kembali tret lama ini.
Buat suhu2 yg udah pengalaman, mohon masukkannya hal apa saja yg perlu diperhatikan untuk meminang si kodok ini. Kebetulan saya masih sangat nubie, dan tidak pernah mempunyai pengalaman dlm memelihara,ataupun mengendarai mobil tua. Hanya tiba2 saja terbersit keinginan iseng ingin hunting, kemudian pelan2 melakukan restorasi. Murni untuk koleksi saja sih. Selama saya ini dalam memilih mobil kebanyakan tipe SUV dan MPV, blm pernah pny sedan.
Jadi untuk suhu2 tolong diberi masukan hal2 apa saja yg perlu diperhatikan dlm meminang, kira2 budget berapa yg diperlukan untuk restorasi, tipe VW kodok ada berapa macam, serta hal2 yg harus dihindari dlm mengendarai..
Cari bahan rangkanya dulu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Iye om..skylion wrote: ↑Tue Sep 10, 2019 8:16Mau bangun mubil um?BADAK wrote:Haloo.. udah lama tidak buka SM. Tiba2 terbersit keinginan meminang VW kodok buat iseng2, jd saya bangkitkan kembali tret lama ini.
Buat suhu2 yg udah pengalaman, mohon masukkannya hal apa saja yg perlu diperhatikan untuk meminang si kodok ini. Kebetulan saya masih sangat nubie, dan tidak pernah mempunyai pengalaman dlm memelihara,ataupun mengendarai mobil tua. Hanya tiba2 saja terbersit keinginan iseng ingin hunting, kemudian pelan2 melakukan restorasi. Murni untuk koleksi saja sih. Selama saya ini dalam memilih mobil kebanyakan tipe SUV dan MPV, blm pernah pny sedan.
Jadi untuk suhu2 tolong diberi masukan hal2 apa saja yg perlu diperhatikan dlm meminang, kira2 budget berapa yg diperlukan untuk restorasi, tipe VW kodok ada berapa macam, serta hal2 yg harus dihindari dlm mengendarai..
Cari bahan rangkanya dulu
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Setelah hunting beberapa saat akhirnya dapet jg kodok yg gua inginkan. Mayan sore2 bisa puter2 ke desa sambil ngerasain semilir angin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Jan 19, 2017 10:42
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: GE8
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Wihh 1302, sikat aja itu om, termasuk jarang tipenya itu apalagi kalo yg LS. Paling yg perlu diperhatiin buat kodok sih karat" di dek.
Dulu pernah punya 1300 '69 angkat bahan dapet 10 jt, baru dibawa pulang as roda kiri belakang patah ngehnya kok bannya nyalip mobilnya
Not everything that counts can be counted, and not everything that can be counted counts
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1562
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Mantap kodoknya om
Dulu pas masih tahun 90-00, kodok ini ketemunya gampang banget dan berasa nothing special.
Tapi 20 tahun berlalu, populasinya tambah jarang dan begitu liat 1 ekor di jalan pasti noleh abis dan senyum2 sendiri pas ngeliat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Review 1974 VW Beetle 1303 --> Herbie love bugs
Udah disikat omDeganEspero wrote: ↑Wed Mar 25, 2020 23:36Wihh 1302, sikat aja itu om, termasuk jarang tipenya itu apalagi kalo yg LS. Paling yg perlu diperhatiin buat kodok sih karat" di dek.
Dulu pernah punya 1300 '69 angkat bahan dapet 10 jt, baru dibawa pulang as roda kiri belakang patah ngehnya kok bannya nyalip mobilnya
LS itu tipe seperti apa om? Maklum masih buta yg beginian. Hehehe.
So far mmg menarik neh, rasanya bener2 kyk naik "mobil" yg sebenarnya
Yg ini sudah ada 1bln di garasi, sesekali dipake n so far sama sekali ga ada masalah. Karat jg sudah dibersihkan. Cuman waktu beli sedikit ada perbaikan. Fanbelt ganti, calter rembes, pipa tangki bensin tidak ada tutupnya, saluran bensin rembes. Dan gak nyangka jg, parts nya mahal2 euy untuk ukuran mobil jadul. Spion aja jualnya 350rb.
Thx Om..pengendiesel wrote: ↑Thu Mar 26, 2020 0:03Mantap kodoknya om
Dulu pas masih tahun 90-00, kodok ini ketemunya gampang banget dan berasa nothing special.
Tapi 20 tahun berlalu, populasinya tambah jarang dan begitu liat 1 ekor di jalan pasti noleh abis dan senyum2 sendiri pas ngeliat.
Saya jg asalnya gak kepikiran jg buat meminangnya. Abis dilihat2 koq makin kepingin. Ya udah begitu ada barang bagus sikat aja dah.. hehehe
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today