Mohon maaf jika ane kali ini nyeleneh mereview mobil yg sebenernya sudah tua dan mungkin para momods dan piyiks sudah pernah experience lama di mobil ini. Dulu banyak sekali orang yang pakai and having love & hate relationship with this unique car, tapi sayangnya sekarang sudah sulit dijumpai di jalan.
1. SEJARAH
Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata VW Beetle memiliki sejarah panjang dalam dunia otomotif, terutama proses menciptakannya.
Diketahui VW Beetle dahulu merupakan inisiatif yang dicetuskan oleh Adolf Hitler yang menginginkan adanya mobil dengan harga murah untuk rakyatnya. Atas inisiatifnya tersebut, Hitler pun memutuskan meminta seorang insinyur kenamaan Jerman bernama Ferdinand Porsche beserta timnya untuk mempersiapkan segala aspek teknis untuk produksi pada tahun 1934.

Untuk melahirkan generasi pertamanya, Porsche harus memakan waktu persiapan selama hampir empat tahun. VW Beetle yang memiliki nama resmi Volkswagen Type 1 ini mulai diproduksi pada tahun 1938. Model klasik tersebut sangat minim perubahan dan tetap mempertahankan desain pertamanya hingga tahun 1998. Namun meski menggunakan desain generasi pertama selama 65 tahun. VW Beetle ternyata cukup dicintai masyarakat dunia. Hal tersebut pun terlihat dari produksi mereka yang menembus 21 juta unit dan dipasarkan ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia.
2. EXTERIOR
Tampang mobil ini unik , mirip bugs, kutu kuya, atau kodok...
either you like it or you hate it...but for me it is "CUTE", bodi membulat dengan pantat bohai mengingatkan saya dengan Motor Vespa atau Nonik semok macam Marilyn Monroe...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Keunikan tampangnya yg membulat, membuat mobil ini mudah untuk tampak sparkling (berkilat) terutama jika anda menggunakan cat wet look, dan dipadukan dengan aksen chrome baru ,. Kualitas sparkling seperti ini sulit dijumpai di mobil modern yang lebih cenderung sederhana. Susah untuk menggambarkan efeknya, jika anda melihatnya secara langsung...wowwww....seperti melihat nonik cantik berkebaya...

Untuk 1303 ini terdapat sedikit perbedaan di banding model pendahulunya seperti bentuk bonnet, fender, lampu, dan kaca depan yang rounding dan sudah tidak flat lagi seperti sebelumnya

Kaca samping masih menggunakan triangle dan bentuknya manis

Lampu belakang sudah membesar

Tangki bensin, ban serep ditaroh dengan rapi di kap mesin depan

2. INTERIOR
Interior mobil ini, walaupun tidak secantik pendahulunya, sudah menggunakan dashboard panel softpad layaknya mobil modern.
feature interiornya cukup memprihatinkan (dengan hanya 1 bulatan speedometer) dibandingkan dengan mobil modern, but hey , ini mobil 41 tahun bung umurnya.
Kualitas buatan cukup baik, walaupun terlihat sangat antik buat standar mobil modern..masuklah ke kabin anda akan merasakan betapa sempitnya ruang kabin dibanding Honda jazz modern.
Setirnya agak modern dengan lingkar besar model 4 spoke, Joknya reclining, walaupun tanpa headrest.
Overall, I like the earlier beetle ....interior 1303 kurang cantik dan kurang klasik dibandingkan pendahulunya....

3. MESIN
It is RR configuration, Rear Wheel Drive, dengan posisi mesin di belakang sumbu roda belakang. Mesinnya tergolong unik, Air cooled , 4 cylinder boxer, 2 karburator. Mesinnya aslinya sudah dilengserkan dan diganti dengan mesin baru 1997 cc..spek detailnya terus terang saya enggak hafal
Horsepower yg dihasilkan kira2 100 ps, dan torsinya kira2 se kijang versi 7K
IT is real blink2 blink...beautiful...Gak ada kabel seliweran kayak mobil jepang, semuanya rapi jail....

Kompressor A/C tambahan dapat dengan baik dapat masuk ke dalam tutup kap mesin tanpa harus modifikasi macam2

4. DRIVING
Nyalakan mesin, dengan mudah mesin dapat menyala dengan baik.
Suara mesin khas air cooled VW terasa sekali, cukup berisik dari luar, namun hanya terdengar sayup2 dari dalam kabin, I don't know why..but it is really not noisy inside..
Gas perlahan, terasa dengungan fan air coolednya, suara mesin garing, khas VW, agak berisik, tapi sekali tidak indimidating buat tetangga, it is just beautiful and cute.......
Posisi mengemudi cukup ackward buat yg biasa mobil jepang, kap mesin membulat membuatnya agak susah mengepas jalan,
Pedal linkage pun berbeda dengan mobil jepang, dimana dia ada dekat floor, ketimbang digantung.
Masukan gigi ke posisi 1, perseneleng membutuhkan effort yg cukup dari tangan, dan naikin gas, mobil meluncur perlahan..dengan baik.
gas sedikit,terasa torsi mesin 2000 cc mulai menarik mobil yg relative ringan ini dengan baik...namun respon gas sangat berbeda dengan mobil jepang, mobil VW ini really don't like to be push hard, it feel like riding a Harley, it is just about torque and not horsepower.
Suspensinya sudah menganut Mcpershon Strut untuk depan, dan Trailing Arm untuk belakang. Cukup compliance untuk meredam guncangan, respon setir lambat dan berat tanpa power steering, namun nyaman berbelok karena efek pendulum swing mesin belakang....pantat mobil yg berat help you gliding on the corner, what a good feeling.

German engineering feel solid tanpa bunyi2an interior, yg ada hanya bunyi mesin bersiul dan berderik lucu di belakang, no intrusive tire noise
Tanpa power steering = feedback setir mantaps.
Tekan gas semakin cepat ..mulailah mobil ini meluncur dengan agak kencang, mesin 2000ccnya menjadikan mobil sama kencangnya dengan Avanza 1300cc Modern


Now, go to toll road, wow...mobil ini kehabisan nafas karena short gearing di gigi 4, it cannot be very fast, but I feel lucky it cannot go fast because it feel scarry with this kind of brake, ABS, asal berenti syukur

A/C nya berjalan dengan baik, tidak ada keluhan untuk menjalankan mobil ini di kemacetan bandung, it is just feel good.....nothing beat the good feeling of riding slowly on a VW beetle...everybody look and smile on you...it is just nice car....no wonder it become movie star on Herbie
5. MESIN
VERDICT.
Ok it is quite slow,mesin noisy, kabin sempit, boros by modern standard...
But nothing beat it in term of how this machine touching my heart....it is love bug, cute, and bring joker grin in my face.....
Sunflower, Vespa, Blue Jeans, Hippies , is the synonym of this car...
(+)
- Timeless Classic
- Bring the gold old memories and smile on your face
- The sound of the engine is relaxing
(-)
- Slow, Noisy, Sempit..but who care for this kind of classic car