Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by fabreguz »

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... h-otomotif
Skandal Airbag Picu Recall Terbesar dalam Sejarah Otomotif
Recall terbesar sebelumnya terjadi pada 1980.
VIVA.co.id - Masalah airbag atau kantung udara buatan Takata sepertinya bakal diingat dalam sejarah otomotif. Bagaimana tidak, puluhan juta mobil terpaksa ditarik dari pasaran (recall). Pasalnya, fitur keamanan buatan Takata itu bermasalah.

Dilansir FOX, Rabu 20 Mei 2015, saat ini sebanyak 18 juta mobil dari berbagai merek direcall. Masalahnya sama, airbag buatan Takata dianggap bermasalah. Menurut data terakhir, masalah airbag Takata ini telah memakan korban jiwa sebanyak lima orang.

Kematian itu disebabkan karena meledaknya airbag yang disertai dengan serpihan-serpihan benda tajam yang mengenai penumpang depan. Itu belum ditambah dengan cacat permanen yang dialami beberapa konsumen akibat ledakan airbag.

Diperkirakan jumlah kendaraan yang direcall bakal mencapai 36 juta unit di seluruh dunia. Recall massal ini akan tercatat sebagai recall terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia otomotif.

Beberapa negara termasuk Amerika Serikat memang langsung mendesak para produsen mobil untuk melakukan recall. Takata sebagai yang tertuduh juga harus membayar kompensasi dan denda akibat produknya tersebut.

Sebagai catatan, recall terbesar dalam sejarah otomotif terjadi pada 1980 silam. Saat itu sebanyak 21 juta kendaraan terpaksa di recall karena mengalami masalah pada transmisinya. (ren)
sesuai dengan judul,
artikel di atas hanya salah satu contoh trend recall mobil 2014 masih terus terjadi di 2015 ini
hal yang saya tangkap dari media, tahun 2014 adalah tahun recall terbesar dalam sejarah industri otomotif karena ada recall sebanyak 60-70 juta unit mobil :big_bored: :big_dunno:
dan ini sudah meningkat 2 x lipat dari 10 tahun lalu (2004) yang saya baca sebesar 30 juta unit mobil :big_think: :big_think:
sementara tahun 2015 ini yang awal nya mulai mereda, ternyata menjelang pertengahan tahun, jumlah recall sudah tembus ke 36 juta unit :mky_05: :mky_06:
sama seperti krisis ekonomi dulu yang menyebar cepat ke berbagai negara, tapi kali ini pada produsen mobil berbagai merk dan negara :big_cry: :big_cry:
bahkan juga menular ke produsen mobil mewah eropa dan supercar :big_bored: :big_dunno:
kenapa ini bisa terjadi ? padahal dengan harga mobil yang semakin mahal tentu saja konsumen berhak mendapatkan yang lebih baik dari dekade sebelumnya
jika produk global saja begitu, bagaimana dengan produk non global ? :big_think: :big_think:
lalu bagaimana jika dibahas meluas kepada komponen mobil lainnya seperti transmisi, mesin, interior, audio, power tenaga mesin dan lain lain yang pokoknya berhubungan dengan mobil :mky_03: :mky_01:
kualitas mobil baru global memang dianggap terus menurun sejak memasuki era millenium yaitu tahun 2000 :big_think: :big_bored:
newbie thok pernah membaca mobil era 90 an adalah yang terbaik dari segala masa, mungkin karena itu tidak berlebihan jika dianggap masa keemasan otomotif dunia dan akan selalu dirindukan , ya semoga masa itu akan segera terulang kembali :big_deal: :big_okay: :big_deal:
mungkin penurunan kualitas global akhir2 ini terkait dengan semakin mahalnya bahan baku, biaya produksi, kompetisi yang semakin ketat. juga krisis krisis ekonomi yang semakin sering terjadi kali ya :big_think: :big_think:
Don't Imageate
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by Fiz »

http://otomotif.metrotvnews.com/read/20 ... t-konsumen

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus tuntutan konsumen pengguna Honda City tipe GM2 1.5 S A/T yang airbag-nya tidak mengembang saat terjadi kecelakaan pada 29 Oktober 2012 silam terus berlanjut. Pada Selasa 19 Mei kemarin PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan jawaban atas gugatan yang diajukan Maringan Aruan, di pengadilan negeri Jakarta Selatan (Jaksel).

Cerita bermula saat mobil dengan nomor polisi B 61 GIT yang dikemudikan anak penggugat, oleng dan menabrak pagar pembatas jalan di jalan Kapten Tendean, Jaksel. Mobil ini kemudian masuk jalur berlawanan dan berhenti setelah menabrak tiang listrik di depan rumah makan tepat pada bagian tengah mobil.

Saat kejadian, diketahui airbag mobil tidak mengembang. Hal inilah yang dipermasalahkan penggugat. Penggugat mendalilkan adanya pelanggaran UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena airbag Mobil Honda City yang tidak mengembang dalam kecelakaan tersebut.

HPM sendiri mengaku baru mendapat kabar kecelakaan tersebut, lebih dari sebulan setelah kecelakaan terjadi. Kasus ini merebak setelah adanya gugatan yang diajukan Maringan di pengadilan Jaksel pada Februari lalu.

"Kasus ini sudah tahun 2012, dan setelah kejadian hingga sebelum sidang gugatan pertama pada Februari lalu, kami melakukan mediasi dengan pihak korban. Karena HPM selalu mengedepankan mediasi baik masalah besar atau kecil," kata Adi Suryadi, selaku Human Resources & General Affairs Director HPM.

Adi pun menyayangkan dalam proses mediasi, berkembang ekspsektasi lain sehingga muncullah nilai gugatan sebesar Rp56 milliar tersebut. "Tadinya kami akan berikan sejumlah nominal, sebagai niat baik, meski tidak sampai seperti yang diminta penggugat," katanya.

Proses sidang selanjutnya akan berlangsung pekan depan, 26 Mei yang akan mendengarkan jawaban dari pihak penggugat terhadap penolakan gugatan yang diadakan pada Selasa kemarin. Berita sebelumnya bisa dibaca di sini.
UDA

http://otomotif.metrotvnews.com/read/20 ... -2012-lalu

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Honda Prospect Motor (HPM) hari ini, 19 Mei, melakukan klarifikasi terkait gugatan yang dilakukan oleh keluarga korban kecelakaan Honda City tipe GM2 1.5 S A/T, pada 29 Oktober 2012 silam. Penggugat mendalilkan pelanggaran UU nomor 8 tahun 1999, tentang perlindungan konsumen karena airbag pada mobil tersebut tidak mengembang.

HPM menyatakan menolak gugatan yang dilakukan Maringan Aruan karena beberapa hal. Pertama HPM tidak menemukan kerusakan atau cacat produksi pada sistem SRS Airbag mobil tersebut.

"Kami telah mengirim SRS Airbag ke Jepang untuk dilakukan penelitian, apakah memang ada kerusakan. Hasil penelitian menyatakan tidak ada gangguan pada komponen tersebut," papar Muhamad Zuhdi, Technical Training Manager HPM.

Kemudian kecelakaan yang dialami anak penggugat tidak memenuhi kondisi atau prasyarat yang memicu mengembangnya SRS Airbag. Salah satunya sudut tabrak yang lebih dari 30 derajat, dan tabrakan tiang secara frontal pada bagian tengah mobil. Kejadian inilah yang dialami korban saat kecelakaan terjadi.

Kemudian korban meninggal bukan karena tidak mengembangnya SRS Airbag, melainkan karena tertusuk besi pagar pembatas jalan yang ditabrak. Sebaik apapun perangkat keamanan yang dipasang dalam kendaraan, tetap tidak mampu menjamin 100 persen pengemudi atau penumpang selamat dari kecelakaan atau tidak mengalami cedera atau kematian.

"Oleh sebab itu diperlukan adanya tanggung jawab setiap pengemudi dalam berlalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor," sambung Zuhdi.

Dan kemudian tuntutan penggugat sebesar Rp56 miliar terhadap HPM tidak mendasar. Penggugat meminta HPM membayar ganti rugi yang termasuk didalamnya adalah biaya mengganti biaya hidup anak penggugat. Pasalnya sang korban selama delapan tahun menempuh pendidikan di luar negeri.

HPM pun telah melakukan mediasi namun menemui jalan buntu, hingga akhirnya sidang pertama dilakukan pada Februari silam dan berlanjut hingga hari ini di pengadilan negeri Jakarta Selatan.
UDA

-----------------------

Satu lagi konsumen Indo yang berani memeja hijaukan produsen..

Salah satunya sudut tabrak yang lebih dari 30 derajat, dan tabrakan tiang secara frontal pada bagian tengah mobil
Perihal airbag ini kok kadang masih ngebingungin ya, ada yang cuma jeduk pelan doang airbag ngembang sampe bikin memar penumpang depan, terus diprotes.. sekarang gak ngembang alesannya sudut blablabla terus frontal bagian tengah mobil, terus? kalo objeknya ramping tapi mematikan kayak tiang listrik/tiang rambu/pohon, sensor gak mampu ngebaca gitu?? piye tho :big_bored:

Untuk honda sendiri, udah diteliti di jepang katanya gak ada masalah.. tiba tiba gw teringat artikel ini..
http://autonetmagz.com/honda-bersekongk ... all/21944/
apa mungkin honda masih menutup nutupi perihal cacatnya airbag? soalnya prinsipal honda jepang nya aja "dituduh bandel", apalagi honda indo/SEA...

Setuju sih ama bro ts, taun yang buruk buat dunia otomotif..
semoga gak ada orang yang malah komen "tuh kan airbag malah nyusaiin,, udah mahal katanya buat safety tapi malah ngebunuh lo,, mending kalengan dah yang penting reliabel murah muat banyak" :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by Jambangan »

harga makin meningkat tapi kualitas makin menurun :e-doh:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by g1ng2 »

kalau kualitas menurun sepertinya bukan itu, karena teknologi terus berkembang dan tuntutan market terhadap kualitas yang lebih baik pasti lebih tinggi.

karena temanya tentang airbags, kondisi tersebut mungkin terkait desain airbagsnya yang harus lebih baik lagi. era awal 2000an aja saya rasa tuntutan konsumen di indonesia untuk mobil ber airbags masih kurang, di era 2010 tuntutannya sudah lain, lebih banyak orang yang tanya: "apa mobil nya sudah ada airbag?". padahal jaraknya cuma dari 10 tahun, beda dengan jaman sebelum era milenium, mobil dengan bersensor seatbelt aja mungkin orang gak perduli... jadi kalau dibilang kualitas menurun saya kira tidak. tapi konsumen yang sekarang lebih mengerti mengenai safety.

mungkin juga belum semua tahu bahwa tidak semua kondisi airbags itu mengembang:
Image

di buku manual untuk mobil di luar biasanya ada keterangan seperti ini:
Image

CMIIW... :big_childish:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1170
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by iamwewe »

hmm.. kalo ngmg airbag.. seinget saya airbag mini cooper milik alm jerry wong yg accident di tol masuk ke pantat truk wingbox itu mengembang deh. apa beda posisi sensor? atau beda supplier airbag?
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by g1ng2 »

iamwewe wrote:hmm.. kalo ngmg airbag.. seinget saya airbag mini cooper milik alm jerry wong yg accident di tol masuk ke pantat truk wingbox itu mengembang deh. apa beda posisi sensor? atau beda supplier airbag?
nggak eksak bahwa nabrak pantat truk tidak mengembang. tapi persentase ngembangnya mungkin gak semua kejadian tergantung terpenuhi atau nggaknya dari sensor-sensor yang lain.

terus kenapa di beberapa guidance tentang airbags tentang itu ada? kayaknya itu terkait hukum, coba colek om nr, kalau di luar sepertinya sering terdengar case menuntut pabrikan tentang airbags. jadi dengan adanya manual dari pabrikan, maka pabrikan secara hukum sudah memberi warning kepada pemilik mobilnya... entahlah mungkin begitu..

kenapa nabrak truk dari belakang, bisa jadi seperti kejadian yang ini kan?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by kunaskun »

recall takata itu konyol, FYI, takata itu world supplier, malah bisa dibilang lebih gede dari denso soal urusan OE part. di seluruh dunia semua merek pasti ada pake merek ini, ketauannya bermasalah sudah lama sejak 2000an, tapi issue ini ditutupin, tetep aja akhirnya blown up setelah NHTSA USA kalau ga salah yang umumin tahun lalu untuk recall, terus berlanjut sampe sekarang dari sekian juta unit sampe puluhan juta unit. dan problemnya "sepele" kalau meleduk bukannya safety malah jadi membunuh karena ada kegagalan komponen yang bikin ada pecahan tajam. dan "korban" seratusan, yg meninggal 6.

http://www.nytimes.com/2015/05/20/busin ... .html?_r=0

dan seperti biasanya manusiawi banget, disono recall, di tempat lain juga heboh, apalagi di indo dengan karakter konsumennya :mky_08:

terus bicara airbag susah si, ini kan SRS dari namanya aja sekunder, ada ekspektasi konsumen yang pake airbag pasti gw selamet, giliran amit2 celaka ga ngembang heboh, giliran kecelakaan dikit ngembang juga heboh karena bikin cedera, apalagi ada study yang menyatakan belum tentu airbag bikin ga celaka tapi bisa nambah cedera. bingung kan? :big_cry:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by newrubble »

bkn global spec drops down
Tapi husus units yg masuk indo

govt.indo terlalu rakus satu barang kena pajak berkali
sudah unit utuh kena bea masuk saat masuk indo utuh maupun terurai...
parts yg membuat mobil itu jadi utuh kena pajak...
bgt mobil jadi berbentuk specific (sedan, minibus, van atau apaapun) kena pajak krn dianggap nilai nya bertambah

transaksi jualbelinya kena pajak

mumpung indo masih blm punya domestic-market std spec
sehingga atas smua yg disebut diatas n bikin brand holder kluar wang byk n tdk masuk akal

apa yg tadinya original std...safety maupun comfort kalo bisa di lepas ya dilepas sj kan tdk langgar aturan


apapun yg jadi ketidakwajaran di indo itu problem source nya ada di tax (n excise) imposition method
knp tdk wajar?
krn apa yg dibayar tdk punya return benefit bagi yg membayar

contoh airbag case, govt indo tdk ada action pdhl dia sdh trima wang byk n terlalu byk u disebut wajar
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by abrof »

Bener bro NR...tax rate tinggi rata2 25-30% tapi orang yang bayar pajak gak dapat benefit walaupun itu yang secara tidak langsung.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by aspsilver »

Di buku petunjuk sudah dijelaskan, kondisi apa saja, yang mungkin airbag tidak mengembang.
Dan nabrak tiang listrik atau pohon adalah salah satunya.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by aspsilver »

Kalo mobil sekarang kualitasnya makin jelek? Masa sih, rasanya gak deh.

Ya ada bagian yang menurun, ada yang naik.

Fitur keselamatan membaik.
Yang sebenernya agak turun adalah bahan yang dipakai,

Dashboard honda accord th 1986, lebih baik drp dashboard honda accord 2008, yang th 1986 plastik empuk, yang 2008 plastik keras.

Tapi th 86 gak pake electric seat, dan leather.
Mobilnya lebih kecil, velg 13.

you win some, you lose some.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by walid_007 »

ngak ada satu hal pun barang lama lebih bagus dari barang baru secara faktual yg bisa dibuktikan

kalo ngomongin opini probadi tampa bukti ya susah...
engine roaring!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by Turboman »

newrubble wrote:bkn global spec drops down
Tapi husus units yg masuk indo

govt.indo terlalu rakus satu barang kena pajak berkali
sudah unit utuh kena bea masuk saat masuk indo utuh maupun terurai...
parts yg membuat mobil itu jadi utuh kena pajak...
bgt mobil jadi berbentuk specific (sedan, minibus, van atau apaapun) kena pajak krn dianggap nilai nya bertambah

- CUT -
Khusus utk produk mobil, kalo gak salah Singapore yang pajaknya paling tinggi di dunia ya ?

Sudah kena pajak super kingkong dan berlapis2 plus owner harus punya COE aka Certificate of Entlitement

Kalo gak salah COE pun hanya berlaku utk 10 tahun aja ya ?

Tujuan Pemerintah Singapore untuk mencegah membludaknya populasi mobil di negara tsb.

CMIIW

Sorry OOT
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by Turboman »

aspsilver wrote:Kalo mobil sekarang kualitasnya makin jelek? Masa sih, rasanya gak deh.

Ya ada bagian yang menurun, ada yang naik.

Fitur keselamatan membaik.
Yang sebenernya agak turun adalah bahan yang dipakai,

Dashboard honda accord th 1986, lebih baik drp dashboard honda accord 2008, yang th 1986 plastik empuk, yang 2008 plastik keras.

Tapi th 86 gak pake electric seat, dan leather.
Mobilnya lebih kecil, velg 13.

you win some, you lose some.
Setuju dengan um apsilver

Terutama mobil2 produksi sesudah tahun 2005 ....... dimana terjadi kenaikan harga2 komoditas logam / minyak / karet secara signifikan

Sementara tingkat kompetisi antar pabrikan semakin sengit, tidak mudah bagi pabrikan utk meningkatkan harga jual produk2-nya secara instant

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by newrubble »

Turboman wrote:
newrubble wrote:bkn global spec drops down
Tapi husus units yg masuk indo

govt.indo terlalu rakus satu barang kena pajak berkali
sudah unit utuh kena bea masuk saat masuk indo utuh maupun terurai...
parts yg membuat mobil itu jadi utuh kena pajak...
bgt mobil jadi berbentuk specific (sedan, minibus, van atau apaapun) kena pajak krn dianggap nilai nya bertambah

- CUT -
Khusus utk produk mobil, kalo gak salah Singapore yang pajaknya paling tinggi di dunia ya ?

Sudah kena pajak super kingkong dan berlapis2 plus owner harus punya COE aka Certificate of Entlitement

Kalo gak salah COE pun hanya berlaku utk 10 tahun aja ya ?

Tujuan Pemerintah Singapore untuk mencegah membludaknya populasi mobil di negara tsb.

CMIIW

Sorry OOT
sy pernah punya vvintage car dg status national heritage di spore dg pajak sama dg corolla baru n jatah jalan 200hari satu thn

taxi version

mobil.sy trima subsidy
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kualitas Mobil Baru Global Terus Menurun ?

Post by newrubble »

sifat subsidy nya lbh dr mobil pd umumnya disana

maintenance n repair wajip di authorized workshop dg tax ditamggung govt n parts+labor 50%

dua th lalu paint respray 100% by govt

tapi
govt pegang master key
tiap ada car parade national event wajip ikut
mobil tdk bole dijual kluar spore

car owners pd umumnya trima subsidy brp car price kalo yg lama kena compulsory dismantle, road infrastructure, compulsory roadworthy inspection, compulsory repair order dan lainnya

itu yg namanya return benefits