Skandal Airbag Picu Recall Terbesar dalam Sejarah Otomotif
Recall terbesar sebelumnya terjadi pada 1980.
sesuai dengan judul,VIVA.co.id - Masalah airbag atau kantung udara buatan Takata sepertinya bakal diingat dalam sejarah otomotif. Bagaimana tidak, puluhan juta mobil terpaksa ditarik dari pasaran (recall). Pasalnya, fitur keamanan buatan Takata itu bermasalah.
Dilansir FOX, Rabu 20 Mei 2015, saat ini sebanyak 18 juta mobil dari berbagai merek direcall. Masalahnya sama, airbag buatan Takata dianggap bermasalah. Menurut data terakhir, masalah airbag Takata ini telah memakan korban jiwa sebanyak lima orang.
Kematian itu disebabkan karena meledaknya airbag yang disertai dengan serpihan-serpihan benda tajam yang mengenai penumpang depan. Itu belum ditambah dengan cacat permanen yang dialami beberapa konsumen akibat ledakan airbag.
Diperkirakan jumlah kendaraan yang direcall bakal mencapai 36 juta unit di seluruh dunia. Recall massal ini akan tercatat sebagai recall terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia otomotif.
Beberapa negara termasuk Amerika Serikat memang langsung mendesak para produsen mobil untuk melakukan recall. Takata sebagai yang tertuduh juga harus membayar kompensasi dan denda akibat produknya tersebut.
Sebagai catatan, recall terbesar dalam sejarah otomotif terjadi pada 1980 silam. Saat itu sebanyak 21 juta kendaraan terpaksa di recall karena mengalami masalah pada transmisinya. (ren)
artikel di atas hanya salah satu contoh trend recall mobil 2014 masih terus terjadi di 2015 ini
hal yang saya tangkap dari media, tahun 2014 adalah tahun recall terbesar dalam sejarah industri otomotif karena ada recall sebanyak 60-70 juta unit mobil


dan ini sudah meningkat 2 x lipat dari 10 tahun lalu (2004) yang saya baca sebesar 30 juta unit mobil


sementara tahun 2015 ini yang awal nya mulai mereda, ternyata menjelang pertengahan tahun, jumlah recall sudah tembus ke 36 juta unit


sama seperti krisis ekonomi dulu yang menyebar cepat ke berbagai negara, tapi kali ini pada produsen mobil berbagai merk dan negara


bahkan juga menular ke produsen mobil mewah eropa dan supercar


kenapa ini bisa terjadi ? padahal dengan harga mobil yang semakin mahal tentu saja konsumen berhak mendapatkan yang lebih baik dari dekade sebelumnya
jika produk global saja begitu, bagaimana dengan produk non global ?


lalu bagaimana jika dibahas meluas kepada komponen mobil lainnya seperti transmisi, mesin, interior, audio, power tenaga mesin dan lain lain yang pokoknya berhubungan dengan mobil


kualitas mobil baru global memang dianggap terus menurun sejak memasuki era millenium yaitu tahun 2000


newbie thok pernah membaca mobil era 90 an adalah yang terbaik dari segala masa, mungkin karena itu tidak berlebihan jika dianggap masa keemasan otomotif dunia dan akan selalu dirindukan , ya semoga masa itu akan segera terulang kembali



mungkin penurunan kualitas global akhir2 ini terkait dengan semakin mahalnya bahan baku, biaya produksi, kompetisi yang semakin ketat. juga krisis krisis ekonomi yang semakin sering terjadi kali ya

