Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dan lagi2 majalah tidak menginformasikan spec2 varian livina. Sbnrnya ini yg saya tunggu2. Dan anehnya autobild pasti mengikuti acara ini pd tgl 7 maret. Dan pd tgl 21maret keluar edisi bedah nissan livina yg berarti mrk dah liat dgn mata telanjang spec2 varian livina sblmnya. kok masih bs salah infonya atau mrk tulis sesuai dgn yg mrk liat dgn mata telanjang dan info sales nissan yg salah. Aneh jg fenomena ini
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

mungkin ini taktik tsun zu's art of war? atau psychology war? hehehe produk barunya dibuka dikit2, tapi masih membingungkan dan bener2 dibuka full pd saat launching. taktik2 macam ini sbtlnya sdh dilakukan produsen kamera bbrp tahun yg lalu. dan terkbukti hebohnya itu gak ketulungan. meskipun kompetitor bisa membaca/memperhitungkan langkah berikutnya, tapi membuat kompetitor kalang kabut dan bingung juga... tapi di industri mobil ga tau deh... awam sih gue. eh OT deh.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

hunter wrote:
Smatic wrote:FYI penurunan perbandingan kompresi tsb bukan hanya terjadi di mesin Nissan MR18DE, tetapi juga dilakukan pula kok oleh merk mobil terkenal lainnya (3 big Japanese car manufacturers) bahkan beberapa modelnya masih beredar di Indonesia. Jadi ndak perlu berkecil hati kok, hanya perlu diketahui konsekuensi dari penurunan perbandingan kompresi tsb MR18DE bisa pake bensin Premium (oktan rendah) ttp konsumsi pemakaian bensinnya jadi lebih boros saja.
apakah kalo kt memutuskan mau pake pertamax saja, bisa dilakukan penyetelan kembali spy optimum buat pertamax? kalo di motor yg gua tau diblang setel pengapiannya. kalo di mobil, apanya sih yg disetel? lalu kalo dah disetel spy pake pertamax, pas kepepet pake premium, mesinnya bakal ngelitik ya?
Untuk menaikkan perbandingan kompresi bisa pake packing cylinder head yg lebih tipis ato papas ketinggian cylinder head.
Sebaliknya utk menurunkan perbandingan kompresi tinggal pake packing cylinder head yg lebih tebal.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Smatic wrote:Untuk menaikkan perbandingan kompresi bisa pake packing cylinder head yg lebih tipis ato papas ketinggian cylinder head.
Sebaliknya utk menurunkan perbandingan kompresi tinggal pake packing cylinder head yg lebih tebal.
oh, jadi misal bener mesin di luar n di indonesia yg diturunkan kompresinya, itu dilakukan dengan cara apa? packing yg lebih tebal? kalo ubah2 cylinder head keknya lebih butuh biaya.
dan misal yg 9.9 menjadi 9.1 itu, kira2 beda berapa mm sih silinder head/ketebalan packingnya?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dari mana info Compresi ratio Latio di downgrade NMI sampai 9.1 ? Di tangan saya sekarang ada brochure Latio resmi NMI. Kompression rationya masih 9.9 !


Apakah Autobild lagi yang tulis ?


Remember, saya adalah polisi jaga info ngawur di sini. Ada info palsu, pasti saya lacak dan bongkar....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

You know something Smatic, kalau bukan sumber info anda ngawur, if not, sorry, but :


You are a God damned LIAR !


Latio 1:6.3, compression ratio di turunin ke 9.1 dari 9.9. Anda lebih baik ada bukti kuat, jika tidak, kita semua akan curiga benar anda datang dari ATPM lain untuk merusak image Livina ini !
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

hunter wrote:
Smatic wrote:Untuk menaikkan perbandingan kompresi bisa pake packing cylinder head yg lebih tipis ato papas ketinggian cylinder head.
Sebaliknya utk menurunkan perbandingan kompresi tinggal pake packing cylinder head yg lebih tebal.
oh, jadi misal bener mesin di luar n di indonesia yg diturunkan kompresinya, itu dilakukan dengan cara apa? packing yg lebih tebal? kalo ubah2 cylinder head keknya lebih butuh biaya.
dan misal yg 9.9 menjadi 9.1 itu, kira2 beda berapa mm sih silinder head/ketebalan packingnya?
Tergantung diameter bore & stroke-nya pak, klu di mesin-mesin Nissan biasanya bore pistonnya lebih besar dp strokenya shg sedikit perubahan ketebalan packing cylinder head akan merubah perbandingan kompresi yg lebih besar dp mesin-mesin yg diameter bore-nya kecil.
Pertanyaan tsb sebaiknya baru dipertanyakan ke PT. NMI setelah mereka menjelaskan kenapa perbandingan kompresi mesin MR18DE di Latio Indonesia berbeda dgn mesin MR18DE di Livina Cina ? Pastinya pihak PT NMI punya alasan yg "sangat kuat" sampe-sampe mereka mengorbankan efisiensi mesin MR18DE dgn menurunkan perbandingan kompresinya dari 9,9 ke 9,1 utk Latio Indonesia.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Sekali lagi, sumber dari mana ? Saya ngak pernah dengar ATPM mau capek capek ginian. Makan biaya iya modifikasi piston etc.


Pula dari dulu NMI sadar Livina akan jauh lebih besar salesnya banding Latio. Mereka sudah sadar Latio volumenya akan kecil. Thats why ngak gitu di promosikan. Ngapain capek capek repot demi volume kecil ?


Pergi saja ke dealer Nissan. Ambilah brochure resminya. Lihat sendiri, kompression rationya :

1:9.9

[cencored], lies and videotapes !
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Sithlord wrote:You know something Smatic, kalau bukan sumber info anda ngawur, if not, sorry, but :


You are a God damned LIAR !


Latio 1:6.3, compression ratio di turunin ke 9.1 dari 9.9. Anda lebih baik ada bukti kuat, jika tidak, kita semua akan curiga benar anda datang dari ATPM lain untuk merusak image Livina ini !
Khan data perbandingan kompresi Latio tsb 9,1 : 1 sudah diposting di depan sesuai data resmi dari PT.NMI coba cek dulu ke http://www.nissan.co.id/vehicles/vehicl ... id=12&sp=6

Klu benar ada penyimpangan data brosure & data resmi PT. NMI, kayaknya di dalam PT. NMI sendiri ada si pengkianat tuh.
Last edited by Smatic on Thu Mar 29, 2007 10:21, edited 2 times in total.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

jadi maksudnya bung lord, di brosur Latio di dealer itu kompresinya 1:9.9 ? berarti di website ada kesalahan?

oh ya ngomong2, apakah NMI mau menanggapi customer ga ya? sithlord, apakah anda punya pengalaman korespondensi dengan NMI? lewat jalur apa? email ke customer.relation AT nissan.co.id atau afdal AT nissan.co.id ? (email itu gua dpt dr website nissan.co.id).

Contohnya chevrolet, mrk kayaknya cukup mau berhubungan dengan customer. meskipun ga selalu responsif/memuaskan pd akhirnya juga. contohnya, mrk ada ikut milis zafira di yahoogroups loh.

apakah NMI beda dengan pabrikan2 yg lain di indonesia dlm hal customer relationship ? hehehe
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kadang itu susah nya di ATPM sini. Kurang aware ama keakuratan data nya. Di web yg satu dgn yg lain bisa beda, dgn brosur jg bisa beda. Mungkin mereka mikir, halaah.. berapa orang sih yg pengen baca spek lengkap..?

Dulu pernah baca2 mo bandingin spec blazer DOHC ama SOHC di web nya http://www.gm.co.id. Lha koq sama semua. HP sama, torsi max jg sama2 di RPM 3400. Padahal setau saya yg SOHC torsi max nya ada dibawah RPM 3000.

Di Web nya Innova yg ini http://www.kijanginnova.com/article.php?id=13 jg ada yg salah tuh dari dulu nggak ada yg benerin. Masa torsi max nya tertulis '55' tok. 55 kgm nggak mungkin, 55 Nm jg nggak mungkin. Untung ada web lain yg ngasih info yg masuk akal.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

hunter wrote: kalo yg nanjak di medan berbatu2 n basah, sampe harus diderek. ini versi matik atau manual yah? apakah kalo AT bakalan lebih kesulitan menguasai medan ini dibanding MT?

paling irit 1:17..keren booooo itu nyala AC ga ya... :wink:
dan paling boros pun cuman 1:10 :e-dance: sayang pemakaian BBMnya ga ada detilnya, mobil cc berapa dan transmisi apa. mungkin sesudah launching, baru akan ada test resmi di dalam kota nih.
Ini mah gak ada hubungan matik manual... Karakter livina yang hanya FWD memang bukan buat offroad kasar.. Kalo sering ke offroad kasar mending cari boil 4WD.. :D

Pemakaian BBM emang gak ada detail, tapi itu sangat mencerminkan bahwa karakter pengemudi lah yang berpengaruh besar terhadap konsumsi BBM.. ditambah itu adalah konsumsi luar kota.. (Ingat pembagian konsumsi BBM itu bukan tol/non tol, tapi dalam/luar kota, karena itu berpengaruh terhadap kualitas udara yang masuk lewat air filter..) ada benarnya juga kalo memang nantinya konsumsi dalam kota bisa bervariasi antara 1:7 sampai 1 :14... Lihatlah standar pengetesan yang ada, biasanya konsumsi dalam kota bisa drop sampai sekitar 2/3 dari di luar kota..bahkan lebih... Sejauh saya bawa innova di dalam jakarta paling irit juga cuman nyampe 1:8... Tapi begitu dibawa ke bali tahun lalu, hanya pake premium, 1:13 juga nyampe...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Sithlord wrote:Dari mana info Compresi ratio Latio di downgrade NMI sampai 9.1 ? Di tangan saya sekarang ada brochure Latio resmi NMI. Kompression rationya masih 9.9 !

Apakah Autobild lagi yang tulis ?

Remember, saya adalah polisi jaga info ngawur di sini. Ada info palsu, pasti saya lacak dan bongkar....

Nah tuh perhatian, siapa yg tulis info salah ntar ditempeleng ama Carlos Ghosn Jr. :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty:


http://www.nissan-global.com
http://www.nissan.co.id
fr.wikipedia.org/wiki/Carlos_Ghosn
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Fri Mar 23, 2007 20:41

Post by spartan »

mama en kk sy jg lg liat2 mobil ini atas saran saya. tp kalo gk beda jauh gas mileage nya ama innova/stream (1:8 dan 1:9 misalnya), all the hype is useless en there goes toyota in front again since the resale is better
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bung hunter anda coba komplain ke NISSAN.CO.ID minta ditambahkan fitur2 pada 1.5 dan Samakan Fitur 1.8 dengan yang di China pny. Mungkin ga?
nebelwerfer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Jul 10, 2005 11:27

Post by nebelwerfer »

saya sudah cukup lama mengikuti perkembangan forum ini, penasaran juga dengan mobil barunya nissan yang disebut2 jadi 'innova killer'

cuma mo ngasi tanggapan aja, sudah sebulan ini saya menggunakan nissan Latio 1.8 AT buat ke kampus.. setelah dihitung-hitung konsumsi bahan bakarnya 1:10-11 lah seboros-borosnya.. pake bensin petronas yang primax 92..

oiya, saya nyetirnya ga bisa dibilang hemat lho..salip kiri salip kanan, kick down terus2 an buat nyalip mobil2 yang 'agak' pelan.. enak kok mesinnya buat narik..

jadi? jelas dari auto bild salah tuh pastinya..!!
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

berarti latio hemat juga ya..... jangan terlalu percaya ama majalah deh...
denise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16

Post by denise »

saya br dapet undangan dari nissan (dealer pekanbaru) nih. tgl 7 april. but, kalo dijakarta yg antri udah sampai juni gimana daerah ya? bisa2 sampai penghujung tahun.
livina 5 seater kapan kira2 keluar (yg pasti) ?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

So Latio yang 1.8 A/T saja irit banget apalagi yang 1.8 M/T. Wah nampaknya bakal bisa booming nih produk. So guys jangan believe latio 1: 6.3 iya kan. Masih ingat waktu pertama kali launching TOYOTA INNOVA. Test drive katanya dalam kota 1:10-11 luar kota 1:13-15. Tetapi faktanya 1:8 saja dalam kota dah sulit apalagi 1:10. Nampaknya majalah otomotif Indo pro TOYOTA. TOYOTA kan kuat kantong mereka. NISSAN masih pemain muda yang berpotensial jadi besar. Banyak yang cemburu.

Yang 5 seater bulan 7 gitu baru launching. Lagi liat2 prospek kali NMI. Tetapi Nampaknya yang 5 seater itu sudah ada ABS, EBD, BA, AIRBAG untuk bersaing dengan SX4 dan JAZZ. Ya uda sekedar saran saja. Bagi anda yang pingin livina bukan sebagai mobil keluarga dan ga buru2 dan ihanya untuk dipakai hang out berdua bareng pacar. Tunggu saja yang 5 seater saja lebih bagus dan bergaya.
Last edited by Winata on Thu Mar 29, 2007 15:07, edited 1 time in total.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Kalo yg 5 seater udah full feature menarik nih!
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Post by alvin_kiak »

Guys, ada yg punya referensi foto2 Livina yg 5 seater?
Btw, gw newcomer di sini nih.. :o kenalan dulu ke bos-bos semua... 8)
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

ga ada fotonya, tapi di autobild ada skecth-nya, bentuknya lebih pendek, seperti Hyundai Matrix gitu..
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

firstmpv wrote:
yoyoyo wrote:oke lanjut ke Livina.. :)

kemaren ada yg nitip convert video test Livina ke 3gp ya?
Nih ,klik aja langsung, ga perlu login2 dulu. Valid utk 60hari juga.
Thanks bung yoyoyo....downloading...
Ntar kalo ada yg tanya livina itu gimana, tinggal play di hp :)
wuset! ditinggal bbrp jam sudah nambah 4 pages??
bener2 sedang jadi Hot item nih Livina :)

ok bung firstmpv, no problemo.

ini yg masih bingung about "electric door mirror" nya Livina. Kalau lihat di gambar ini
Image
dengan bentuk kuping yang tidak nempel dengan pintu, masa sih versi yang tanpa fitur tsb, utk mengatur mirrornya pakai tuas/tangkai ? pls enlighten me here..
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Post by alvin_kiak »

yoyoyo wrote: [CUT]

ini yg masih bingung about "electric door mirror" nya Livina. Kalau lihat di gambar ini
Image
dengan bentuk kuping yang tidak nempel dengan pintu, masa sih versi yang tanpa fitur tsb, utk mengatur mirrornya pakai tuas/tangkai ? pls enlighten me here..
Iya neh, that's my question too..
Btw, undangan untuk acara launching bisa diminta langsung ke dealer di masing2 daerah ga yah.. Anyone knows?
Gw di Pontianak neh..
Thx b4..
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Bentuknya spion semua model sama kok kayanya, cuma yg entry-level masih manual kayanya
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear