Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Dan lagi2 majalah tidak menginformasikan spec2 varian livina. Sbnrnya ini yg saya tunggu2. Dan anehnya autobild pasti mengikuti acara ini pd tgl 7 maret. Dan pd tgl 21maret keluar edisi bedah nissan livina yg berarti mrk dah liat dgn mata telanjang spec2 varian livina sblmnya. kok masih bs salah infonya atau mrk tulis sesuai dgn yg mrk liat dgn mata telanjang dan info sales nissan yg salah. Aneh jg fenomena ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
mungkin ini taktik tsun zu's art of war? atau psychology war? hehehe produk barunya dibuka dikit2, tapi masih membingungkan dan bener2 dibuka full pd saat launching. taktik2 macam ini sbtlnya sdh dilakukan produsen kamera bbrp tahun yg lalu. dan terkbukti hebohnya itu gak ketulungan. meskipun kompetitor bisa membaca/memperhitungkan langkah berikutnya, tapi membuat kompetitor kalang kabut dan bingung juga... tapi di industri mobil ga tau deh... awam sih gue. eh OT deh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Untuk menaikkan perbandingan kompresi bisa pake packing cylinder head yg lebih tipis ato papas ketinggian cylinder head.hunter wrote:apakah kalo kt memutuskan mau pake pertamax saja, bisa dilakukan penyetelan kembali spy optimum buat pertamax? kalo di motor yg gua tau diblang setel pengapiannya. kalo di mobil, apanya sih yg disetel? lalu kalo dah disetel spy pake pertamax, pas kepepet pake premium, mesinnya bakal ngelitik ya?Smatic wrote:FYI penurunan perbandingan kompresi tsb bukan hanya terjadi di mesin Nissan MR18DE, tetapi juga dilakukan pula kok oleh merk mobil terkenal lainnya (3 big Japanese car manufacturers) bahkan beberapa modelnya masih beredar di Indonesia. Jadi ndak perlu berkecil hati kok, hanya perlu diketahui konsekuensi dari penurunan perbandingan kompresi tsb MR18DE bisa pake bensin Premium (oktan rendah) ttp konsumsi pemakaian bensinnya jadi lebih boros saja.
Sebaliknya utk menurunkan perbandingan kompresi tinggal pake packing cylinder head yg lebih tebal.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
oh, jadi misal bener mesin di luar n di indonesia yg diturunkan kompresinya, itu dilakukan dengan cara apa? packing yg lebih tebal? kalo ubah2 cylinder head keknya lebih butuh biaya.Smatic wrote:Untuk menaikkan perbandingan kompresi bisa pake packing cylinder head yg lebih tipis ato papas ketinggian cylinder head.
Sebaliknya utk menurunkan perbandingan kompresi tinggal pake packing cylinder head yg lebih tebal.
dan misal yg 9.9 menjadi 9.1 itu, kira2 beda berapa mm sih silinder head/ketebalan packingnya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
You know something Smatic, kalau bukan sumber info anda ngawur, if not, sorry, but :
You are a God damned LIAR !
Latio 1:6.3, compression ratio di turunin ke 9.1 dari 9.9. Anda lebih baik ada bukti kuat, jika tidak, kita semua akan curiga benar anda datang dari ATPM lain untuk merusak image Livina ini !
You are a God damned LIAR !
Latio 1:6.3, compression ratio di turunin ke 9.1 dari 9.9. Anda lebih baik ada bukti kuat, jika tidak, kita semua akan curiga benar anda datang dari ATPM lain untuk merusak image Livina ini !
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Tergantung diameter bore & stroke-nya pak, klu di mesin-mesin Nissan biasanya bore pistonnya lebih besar dp strokenya shg sedikit perubahan ketebalan packing cylinder head akan merubah perbandingan kompresi yg lebih besar dp mesin-mesin yg diameter bore-nya kecil.hunter wrote:oh, jadi misal bener mesin di luar n di indonesia yg diturunkan kompresinya, itu dilakukan dengan cara apa? packing yg lebih tebal? kalo ubah2 cylinder head keknya lebih butuh biaya.Smatic wrote:Untuk menaikkan perbandingan kompresi bisa pake packing cylinder head yg lebih tipis ato papas ketinggian cylinder head.
Sebaliknya utk menurunkan perbandingan kompresi tinggal pake packing cylinder head yg lebih tebal.
dan misal yg 9.9 menjadi 9.1 itu, kira2 beda berapa mm sih silinder head/ketebalan packingnya?
Pertanyaan tsb sebaiknya baru dipertanyakan ke PT. NMI setelah mereka menjelaskan kenapa perbandingan kompresi mesin MR18DE di Latio Indonesia berbeda dgn mesin MR18DE di Livina Cina ? Pastinya pihak PT NMI punya alasan yg "sangat kuat" sampe-sampe mereka mengorbankan efisiensi mesin MR18DE dgn menurunkan perbandingan kompresinya dari 9,9 ke 9,1 utk Latio Indonesia.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Sekali lagi, sumber dari mana ? Saya ngak pernah dengar ATPM mau capek capek ginian. Makan biaya iya modifikasi piston etc.
Pula dari dulu NMI sadar Livina akan jauh lebih besar salesnya banding Latio. Mereka sudah sadar Latio volumenya akan kecil. Thats why ngak gitu di promosikan. Ngapain capek capek repot demi volume kecil ?
Pergi saja ke dealer Nissan. Ambilah brochure resminya. Lihat sendiri, kompression rationya :
1:9.9
[cencored], lies and videotapes !
Pula dari dulu NMI sadar Livina akan jauh lebih besar salesnya banding Latio. Mereka sudah sadar Latio volumenya akan kecil. Thats why ngak gitu di promosikan. Ngapain capek capek repot demi volume kecil ?
Pergi saja ke dealer Nissan. Ambilah brochure resminya. Lihat sendiri, kompression rationya :
1:9.9
[cencored], lies and videotapes !
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Khan data perbandingan kompresi Latio tsb 9,1 : 1 sudah diposting di depan sesuai data resmi dari PT.NMI coba cek dulu ke http://www.nissan.co.id/vehicles/vehicl ... id=12&sp=6Sithlord wrote:You know something Smatic, kalau bukan sumber info anda ngawur, if not, sorry, but :
You are a God damned LIAR !
Latio 1:6.3, compression ratio di turunin ke 9.1 dari 9.9. Anda lebih baik ada bukti kuat, jika tidak, kita semua akan curiga benar anda datang dari ATPM lain untuk merusak image Livina ini !
Klu benar ada penyimpangan data brosure & data resmi PT. NMI, kayaknya di dalam PT. NMI sendiri ada si pengkianat tuh.
Last edited by Smatic on Thu Mar 29, 2007 10:21, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
jadi maksudnya bung lord, di brosur Latio di dealer itu kompresinya 1:9.9 ? berarti di website ada kesalahan?
oh ya ngomong2, apakah NMI mau menanggapi customer ga ya? sithlord, apakah anda punya pengalaman korespondensi dengan NMI? lewat jalur apa? email ke customer.relation AT nissan.co.id atau afdal AT nissan.co.id ? (email itu gua dpt dr website nissan.co.id).
Contohnya chevrolet, mrk kayaknya cukup mau berhubungan dengan customer. meskipun ga selalu responsif/memuaskan pd akhirnya juga. contohnya, mrk ada ikut milis zafira di yahoogroups loh.
apakah NMI beda dengan pabrikan2 yg lain di indonesia dlm hal customer relationship ? hehehe
oh ya ngomong2, apakah NMI mau menanggapi customer ga ya? sithlord, apakah anda punya pengalaman korespondensi dengan NMI? lewat jalur apa? email ke customer.relation AT nissan.co.id atau afdal AT nissan.co.id ? (email itu gua dpt dr website nissan.co.id).
Contohnya chevrolet, mrk kayaknya cukup mau berhubungan dengan customer. meskipun ga selalu responsif/memuaskan pd akhirnya juga. contohnya, mrk ada ikut milis zafira di yahoogroups loh.
apakah NMI beda dengan pabrikan2 yg lain di indonesia dlm hal customer relationship ? hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kadang itu susah nya di ATPM sini. Kurang aware ama keakuratan data nya. Di web yg satu dgn yg lain bisa beda, dgn brosur jg bisa beda. Mungkin mereka mikir, halaah.. berapa orang sih yg pengen baca spek lengkap..?
Dulu pernah baca2 mo bandingin spec blazer DOHC ama SOHC di web nya http://www.gm.co.id. Lha koq sama semua. HP sama, torsi max jg sama2 di RPM 3400. Padahal setau saya yg SOHC torsi max nya ada dibawah RPM 3000.
Di Web nya Innova yg ini http://www.kijanginnova.com/article.php?id=13 jg ada yg salah tuh dari dulu nggak ada yg benerin. Masa torsi max nya tertulis '55' tok. 55 kgm nggak mungkin, 55 Nm jg nggak mungkin. Untung ada web lain yg ngasih info yg masuk akal.
Dulu pernah baca2 mo bandingin spec blazer DOHC ama SOHC di web nya http://www.gm.co.id. Lha koq sama semua. HP sama, torsi max jg sama2 di RPM 3400. Padahal setau saya yg SOHC torsi max nya ada dibawah RPM 3000.
Di Web nya Innova yg ini http://www.kijanginnova.com/article.php?id=13 jg ada yg salah tuh dari dulu nggak ada yg benerin. Masa torsi max nya tertulis '55' tok. 55 kgm nggak mungkin, 55 Nm jg nggak mungkin. Untung ada web lain yg ngasih info yg masuk akal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Ini mah gak ada hubungan matik manual... Karakter livina yang hanya FWD memang bukan buat offroad kasar.. Kalo sering ke offroad kasar mending cari boil 4WD..hunter wrote: kalo yg nanjak di medan berbatu2 n basah, sampe harus diderek. ini versi matik atau manual yah? apakah kalo AT bakalan lebih kesulitan menguasai medan ini dibanding MT?
paling irit 1:17..keren booooo itu nyala AC ga ya...![]()
dan paling boros pun cuman 1:10sayang pemakaian BBMnya ga ada detilnya, mobil cc berapa dan transmisi apa. mungkin sesudah launching, baru akan ada test resmi di dalam kota nih.

Pemakaian BBM emang gak ada detail, tapi itu sangat mencerminkan bahwa karakter pengemudi lah yang berpengaruh besar terhadap konsumsi BBM.. ditambah itu adalah konsumsi luar kota.. (Ingat pembagian konsumsi BBM itu bukan tol/non tol, tapi dalam/luar kota, karena itu berpengaruh terhadap kualitas udara yang masuk lewat air filter..) ada benarnya juga kalo memang nantinya konsumsi dalam kota bisa bervariasi antara 1:7 sampai 1 :14... Lihatlah standar pengetesan yang ada, biasanya konsumsi dalam kota bisa drop sampai sekitar 2/3 dari di luar kota..bahkan lebih... Sejauh saya bawa innova di dalam jakarta paling irit juga cuman nyampe 1:8... Tapi begitu dibawa ke bali tahun lalu, hanya pake premium, 1:13 juga nyampe...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Sithlord wrote:Dari mana info Compresi ratio Latio di downgrade NMI sampai 9.1 ? Di tangan saya sekarang ada brochure Latio resmi NMI. Kompression rationya masih 9.9 !
Apakah Autobild lagi yang tulis ?
Remember, saya adalah polisi jaga info ngawur di sini. Ada info palsu, pasti saya lacak dan bongkar....
Nah tuh perhatian, siapa yg tulis info salah ntar ditempeleng ama Carlos Ghosn Jr.





http://www.nissan-global.com
http://www.nissan.co.id
fr.wikipedia.org/wiki/Carlos_Ghosn
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Fri Mar 23, 2007 20:41
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun Jul 10, 2005 11:27
saya sudah cukup lama mengikuti perkembangan forum ini, penasaran juga dengan mobil barunya nissan yang disebut2 jadi 'innova killer'
cuma mo ngasi tanggapan aja, sudah sebulan ini saya menggunakan nissan Latio 1.8 AT buat ke kampus.. setelah dihitung-hitung konsumsi bahan bakarnya 1:10-11 lah seboros-borosnya.. pake bensin petronas yang primax 92..
oiya, saya nyetirnya ga bisa dibilang hemat lho..salip kiri salip kanan, kick down terus2 an buat nyalip mobil2 yang 'agak' pelan.. enak kok mesinnya buat narik..
jadi? jelas dari auto bild salah tuh pastinya..!!
cuma mo ngasi tanggapan aja, sudah sebulan ini saya menggunakan nissan Latio 1.8 AT buat ke kampus.. setelah dihitung-hitung konsumsi bahan bakarnya 1:10-11 lah seboros-borosnya.. pake bensin petronas yang primax 92..
oiya, saya nyetirnya ga bisa dibilang hemat lho..salip kiri salip kanan, kick down terus2 an buat nyalip mobil2 yang 'agak' pelan.. enak kok mesinnya buat narik..
jadi? jelas dari auto bild salah tuh pastinya..!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
So Latio yang 1.8 A/T saja irit banget apalagi yang 1.8 M/T. Wah nampaknya bakal bisa booming nih produk. So guys jangan believe latio 1: 6.3 iya kan. Masih ingat waktu pertama kali launching TOYOTA INNOVA. Test drive katanya dalam kota 1:10-11 luar kota 1:13-15. Tetapi faktanya 1:8 saja dalam kota dah sulit apalagi 1:10. Nampaknya majalah otomotif Indo pro TOYOTA. TOYOTA kan kuat kantong mereka. NISSAN masih pemain muda yang berpotensial jadi besar. Banyak yang cemburu.
Yang 5 seater bulan 7 gitu baru launching. Lagi liat2 prospek kali NMI. Tetapi Nampaknya yang 5 seater itu sudah ada ABS, EBD, BA, AIRBAG untuk bersaing dengan SX4 dan JAZZ. Ya uda sekedar saran saja. Bagi anda yang pingin livina bukan sebagai mobil keluarga dan ga buru2 dan ihanya untuk dipakai hang out berdua bareng pacar. Tunggu saja yang 5 seater saja lebih bagus dan bergaya.
Yang 5 seater bulan 7 gitu baru launching. Lagi liat2 prospek kali NMI. Tetapi Nampaknya yang 5 seater itu sudah ada ABS, EBD, BA, AIRBAG untuk bersaing dengan SX4 dan JAZZ. Ya uda sekedar saran saja. Bagi anda yang pingin livina bukan sebagai mobil keluarga dan ga buru2 dan ihanya untuk dipakai hang out berdua bareng pacar. Tunggu saja yang 5 seater saja lebih bagus dan bergaya.
Last edited by Winata on Thu Mar 29, 2007 15:07, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
wuset! ditinggal bbrp jam sudah nambah 4 pages??firstmpv wrote:Thanks bung yoyoyo....downloading...yoyoyo wrote:oke lanjut ke Livina..
kemaren ada yg nitip convert video test Livina ke 3gp ya?
Nih ,klik aja langsung, ga perlu login2 dulu. Valid utk 60hari juga.
Ntar kalo ada yg tanya livina itu gimana, tinggal play di hp
bener2 sedang jadi Hot item nih Livina

ok bung firstmpv, no problemo.
ini yg masih bingung about "electric door mirror" nya Livina. Kalau lihat di gambar ini
dengan bentuk kuping yang tidak nempel dengan pintu, masa sih versi yang tanpa fitur tsb, utk mengatur mirrornya pakai tuas/tangkai ? pls enlighten me here..
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
Iya neh, that's my question too..yoyoyo wrote: [CUT]
ini yg masih bingung about "electric door mirror" nya Livina. Kalau lihat di gambar ini
dengan bentuk kuping yang tidak nempel dengan pintu, masa sih versi yang tanpa fitur tsb, utk mengatur mirrornya pakai tuas/tangkai ? pls enlighten me here..
Btw, undangan untuk acara launching bisa diminta langsung ke dealer di masing2 daerah ga yah.. Anyone knows?
Gw di Pontianak neh..
Thx b4..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati