
Apa saya yang gagal paham?
Saya bingung, ini trit mau bicara keunggulan penghematan konsumsi bbm? Atau keunggulan MID? Atau keunggulan Dynotest?


Mungkin otak saya yang jongkok ya, tapi sejauh pengalamn saya sih, penghematan bbm itu tidak berbanding lurus dengan hasil power mesin.
Karena, penghematan bbm itu didapat dari sesedikit mungkin bahan bakar yang harus dibakar di tungku, dengan dibantu oleh hambatan angin yang kecil, gesekan ban dengan jalan yang sesedikit mungkin, kucuran bensin yang seminim mungkin, dibantu oleh putaran mesin yang rendah.
Sedangkan power mesin yang akan diuji itu, mengabaikan aspek penghematan bahan bakar. Kaki ngga perlu sungkan bejeg pedal gas untuk mendapatkan power mesin tertinggi. Grip ban ke jalan harus mantap, supaya ngga banyak tenaga yang loss akibat gesekan ban yang minim.
Dari dua perbandingan perlakuan pada mobil itu saja sudah kelihatan kalau antara menguji power dengan konsumsi bahan bakar yang hemat adalah dua hal berkebalikan.
Tapi masih bisa ditarik sedikit hubungan diantara keduanya:
Dalam kondisi menguji power mesin, perlakuan pengemudi pada mobil yang diasumsikan sama, maka apabila pola perlakuan pengemudi antara sebelum memakai perangkat dan sesudah memakai perangkat, apakah mengalami perubahan?
Contoh: Dalam perlakuan injak pedal gas yang ekstrim, konsumsi bbm yang didapat sebelum pemakaian alat / aditif adalah 1 liter : X km.
Setelah pemakaian alat / aditif, dengan perlakuan yang sama, konsumsi bbm yang didapat adalah 1 liter : X+2 km misalnya. Means, far more than before.
Setelah itu, kita bisa lihat data yang dicetak di dyno test, apakah power yang dihasilkan meningkat atau sama?
Dari situ ada konklusi yang bisa dihasilkan.
Sementara... sampai sejauh ini, yang diributkan hanya masalah akurasi MID saja.


Ini namanya buang buang energi. Sebaiknya dibahas yang jelas saja, apa keunggulan yang mau disampaikan atau dipromosikan. Hemat bbm? Kenaikan power dan torsi? Atau keduanya?
Bagi saya, metode kuno penghitungan konsumsi bbm dengan cara Full to full method adalah yang paling mendekati riil, IMHO.
So, bagaimana kalau kita kembalikan topik pembicaraan, bukan semata meributkan MID, tapi skup yang jelas, tegas , umpama... hasil data tes laboratorium, hasil tes dyno yang dilakukan pihak ketiga, dan lain lain?
IMHO... CMIIW loh ya...
