Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Smatik,

Anda juga mungkin salah ketik. Innova bobot 1550 kg. Mesin 2000 cc.

Latio mesin 1800 cc. Bobot 1193 kg. Bisa borosnya sama ama Innova ?


Anda pasti kena kasus seperti di film Mr. Bean. Angka 9 terbalik jadi 6. Pakunya kendor kali ? Kalau 9.3 masih wajar.


Anyway saya sering beli autobild, kok ngak ketemu angka ini yah ? Even if yes, maybe macetnya sangat gila. Jika gitu, Innova dengan kondisi sama seharusnya bisa 1:4 ?


Saya mulai cium aroma partai opposisi datang .... Anyway, welcome. Cuman if U say Latio dalam kota 1:6.3, tebak sendiri berapa orang akan percaya... Kalau Innova, sudah banyak orang, bukan cuman di majalah, tapi di sekitar kita yang miliki, sudah pada mengeluh ini mobil doyan minum.


Tapi guys, jika betul, lupakan Livina deh. Lets go back to Innova ! Livina akan lebih boros banding Innova ! This is breaking news yang tidak pernah terjadi di forum ini !


" Livina 1.8 dalam kota 1:6 ! Innova 2.0 1:? 1:6+ ? You tell me ! "


Suggest you check yr figures. Jangan nanti autobild dan Top Gear edisi yang segera keluar ada angka test drivenya, dan nanti sangat jauh dari yang anda sebutkan.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

FYI, Serena ku yang bobotnya 1580 kg, mesin 2000 cc 1 generasi lebih tua banding mesin Livina, paling parah dalam kota masih bisa 1:7-7.3.


Latio 1:6.3 ? Kalau bukan wartawan Autobild salah ketik ya tekanan bannya sangat rendah, atau something fishy is going on ?


Think about that !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Ms. Denise. Kalau saya bilang Escape 3.0 itu meskipun cuman 160 juta, tapi think twice.

Look. Itu namanya mobkas. Terus 3000 cc borosnya bisa di bayangkan. Pula SUV 2 baris. 5 seater.


Livina bisa dapat baru (versi 1.5), atau tambah dikit dapat 1.8 gres atau Latio gres. Jauh lebih irit. 7 seater atau Latio 5 seater extra lega.


Jangan lupa. Beli mobil ngak cuman cari murah, tapi murah DAN COCOK ama kebutuhan kita. Kalau cuman murah doang, ngak bakal puas nanti.
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

ECCS itu sama dgn VVT-i nggak ?
denise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16

Post by denise »

datsu wrote:
denise wrote:kalo yg bawa female, harusnya lebih irit. mereka gak buru buru, gak gas rem gas rem.
but, malasnya nungguin mereka in or out of parkir. lamaaa sekali. udah gitu bawa mobilnya nanggung, kiri kurang kanan enggak. paling sebal dibelakangnya.
hihi..koq nyerang gender sendiri? Gak selamanya cewe bawa mobilnya gitu juga.. temen saya cewe seangkatan ada yang sama sadisnya kaya saya kalo bawa mobil... Tapi biasanya cewe lebih banyak yang sopan.. kalo di tol di dim lebih banyak cewe yang minggir buat ngasih jalan.. Kalo cowo yang nyetir santai aja di jalur kanan.. Diselip dari kiri baru nyadar..
tapi paling menyebalkan adalah supir angkot & bis kota yg notabene adalah male :lol:
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

ECCS ITU teknologi pedal gas kalo vvti teknologi buka tutup katup . Latio 1 : 6.3. No way man. Dari forum ini gw yang suka autobild tambah ga percaya ama nih majalah. Gw dah dikelabui soal LIVINA dan LATIO 1 : 6.3 dan Captiva juga Gw merasa tambah jauh dengan impian gw soalnya Autobild sudah memberi ancang2 180-225jt tetapi ga bakal ada harga begitu dan ABS,EBD DAN airbag pada standar 1.8 XV juga salah dan INNOVA 162NM juga salah. Moga2 ada Kru autobild yang ikutin forum ini dan koreksi diri.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Kalo gw jadi pres gw buat UU tetang angkot hanya boleh di bawa cew. Cew bawa mobilnya lamban, suka jalan ditengah garis putih, Suka telpon ngegosip pake hp, kalo sudah dijalur kanan lambannya ampun sampe kleson pun ga kedenganran. Sorry no offense for female.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Mesin MR18 mempunyai torsi max di 4800 rpm (93% dari rpm power max di 5200 rpm), jadi wajar kutipan tes Nissan Latio A/T di AUTOBILD edisi 90 tgl. 7-20 Oktober 2006 sbb : "Tapi pada kec rendah, pedal gas perlu diinjak dalam untuk mengimbangi arus lalu lintas. Hasilnya untuk rute dalam kota, konsumsi bbm-nya mencapai 6,3 km/liter"
FYI test report AUTOBILD di Latio A/T tsb sejauh ini belum pernah disanggah oleh pihak ATPM/NMI klu memang hasil pengetesannya tidak benar/tidak sesuai dgn spek.

Konsumsi bbm tgt HP yg dihasilkan mesin (konsumsi bensin = sfc x HP) & krn torsi puncaknya dicapai di 4800 rpm (93% x 127 Hp = 118 Hp) maka konsumsi bensin di rute dalam kotanya (stop & go) yg lebih memerlukan torsi max di rpm 4800 tidak akan sebaik konsumsi bensin di tol (kec tinggi yg lebih memerlukan HP) yg mana Nissan Latio A/T dapat mencapai 16,2 km/liter (kutipan AUTOBILD).

Sepertinya NMI mmg harus membuktikan lebih dahulu klu mesin MR18DE-nya cukup efisien di arus lalu lintas Jakarta (pengendaraan stop & go). Makanya Livina 1800cc M/T dibekali dgn gigi persneling 6 speed utk membantu torsi rendahnya sekaligus mendongkrak konsumsi bensin di pengendaraan dalam kotanya, mungkin dgn M/T 6 speed tsb + pengendaraan yg tidak terlalu agresif konsumsi bensin yg lebih baik dapat tercapai dibandingkan A/T 4 speed-nya yg hanya 6,3 km/liter spt Latio

Dan yg pasti bukan juga partai oposisi, hanya pengamat teknis semata.
Last edited by Smatic on Wed Mar 28, 2007 11:28, edited 3 times in total.
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

Winata wrote:ECCS ITU teknologi pedal gas kalo vvti teknologi buka tutup katup . .....
OK thx boss...

Trus utk CVT yg di otomatik ... kalo nggak ada berarti pindah giginya msh berasa yaa..... berasa bgt nggak ? Kalo Innova dah pake blm yaa ?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Perpindahan gigi 4A/T LIVINA walaupun ga pake CVT sudah smooth,tenang saja. Bung LIVina anda rencana ambil varian yang mana. Gw sendiri sih ga sombong ya LIVINA 1.8 XV ULITIMATE 6 SPEED Agar lebih puas karena sesuai dengan selera dan kantong saya.
denise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16

Post by denise »

kalo lamban, mungkin. namanya juga cewe, selalu diharapkan yg lemah gemulai. (kalo tomboi byk yg gak mau, hehe) tapi kalo jalan di garis putih itu dan jalur kanan but lambat, cowo juga sering.
pak winata, bikin undang2 kesopanan lalu lintas aja.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Mbak Denise. ntar kalo dibuat UU kesopanan. ntar cew2 bawa mobil di kanan dan jalan lamban gw klekson gw bakal dibilang sopan nih cow, Najis, jijai bajai, emangnye loe ga tau gw lagi telp nih. Lagi gosipin cow gw yang selingkuh huh ntar gw jerat u pake UU kesopanan baru tau. Huh dasar cow ga tau diri. hehehe bercanda aja jangan masukin ke hati.
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

Winata wrote:Perpindahan gigi 4A/T LIVINA walaupun ga pake CVT sudah smooth,tenang saja. Bung LIVina anda rencana ambil varian yang mana. Gw sendiri sih ga sombong ya LIVINA 1.8 XV ULITIMATE 6 SPEED Agar lebih puas karena sesuai dengan selera dan kantong saya.
Saya sih yg 1500 aja A/T grey metallic... buat dalam Jakarta aja yg lmyn macet, kalo yg 1800 takutnya boros ....

Sama 1 lagi buat or-tu ... lagi liat2 Elgrand sama Alphard .... sebanding nggak ya ?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

WAH BUNG LIVINA NAMPAKNYA ELGRAND n ALPHARD tidak sesuai diomongin di forum sini. Tetapi gw lebih condong ke ALPHARD but kantong ga cukup :e-naughty: . Coba liat aja theard laen tetang ALPHARD dan ELGRAND. Mungkin bisa membantu. thx
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

ada link-nya nggak disini ... ssoalnya fas. search forum ini parah amat ....
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

wew....coba cek bagian minibus...lalu klik halaman halaman buat liat topik-topik'nya....
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Di hal ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=120, ada perbandingan chart torsi/hp Livina 1.5 dan Jazz VTEC. Kalo liat chart nya sih, grafik relatif lebih merata punya Livina daripada Jazz VTEC. Faktanya, biar ntar test drive aja deh.

Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

uch wrote:Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peace
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

datsu wrote:
uch wrote:Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peace
Katenye khan beda kelas Bos.. he..he.. :D
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

uch wrote:
datsu wrote:
uch wrote:Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peace
Katenye khan beda kelas Bos.. he..he.. :D
Hihi...wish kan MPV juga bos... Tapi emang mesinnya beda kelas sebetulnya.. mesin innova itu mengalami penurunan HP yang cukup banyak.. Intinya dibandingkan mesin2 VVT-i toyota lainnya HP/CC innova itu cukup kecil...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Post by liat2aja »

sorry OOT, bung Winata bisa post kan spec SX4 nya ga? gw tertarik nih

kebetulan ada thread SX4 di SM juga, tapi lupa di section Minibus atau SUV
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Perbandingan data brosure :

............................NISSAN Livina (1.8L).....HONDA Stream (1.7L)... TOYOTA Innova (2.0L)
Panjang (mm)..................4420...................4550....................................4555
Lebar (mm).....................1690....................1695.....................................1770
Tinggi (mm).....................1590....................1590....................................1745
Berat (kg).......................1260......................-----.....................................1535
Wheelbase (mm)............2600.....................2720....................................2750
Radius Putar (m).............5,3.........................5,5 .....................................5,4
Ukuran ban ....................185/65/15............195/65/15............................205/65/15
Jarak pijak ban (mm)......1470.....................1470....................................1510
Power max (HP).............127........................130......................................136
Torsi max (Nm)...............174........................155......................................182
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

datsu wrote:
uch wrote:
datsu wrote: Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peace
Katenye khan beda kelas Bos.. he..he.. :D
Hihi...wish kan MPV juga bos... Tapi emang mesinnya beda kelas sebetulnya.. mesin innova itu mengalami penurunan HP yang cukup banyak.. Intinya dibandingkan mesin2 VVT-i toyota lainnya HP/CC innova itu cukup kecil...
Coba cek peak torque nya di RPM berapa Bos. Kalo peak nya jg sama dgn Innova = RPM 4000 tapi torsi Wish/Altis nya lebih gede, berarti emang mesinnya beda kelas. Tapi kalo torsi nya sama cuman beda tingkat RPMnya ( di 5000 an - 6000 an), itu mesinnya sekelas aja, IMHO. Kalo nggak salah kan hitung2an angka HP itu datangnya dari formula dgn variable torsi max di RPM berapa. Kalo body lebih ringan, biasanya Produsen berani geser torsi max ke RPM lebih tinggi, biar HP nya lebih tinggi and lebih enak buat yg suka main RPM 5000 - 8000 :D :D


Sorry nih buat yg lain, jd OOT. Lanjut Livina... :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

uch wrote:
datsu wrote:
uch wrote:
Coba cek peak torque nya di RPM berapa Bos. Kalo peak nya jg sama dgn Innova = RPM 4000 tapi torsi Wish/Altis nya lebih gede, berarti emang mesinnya beda kelas. Tapi kalo torsi nya sama cuman beda tingkat RPMnya ( di 5000 an - 6000 an), itu mesinnya sekelas aja, IMHO. Kalo nggak salah kan hitung2an angka HP itu datangnya dari formula dgn variable torsi max di RPM berapa. Kalo body lebih ringan, biasanya Produsen berani geser torsi max ke RPM lebih tinggi, biar HP nya lebih tinggi and lebih enak buat yg suka main RPM 5000 - 8000 :D :D
Sorry nih buat yg lain, jd OOT. Lanjut Livina... :D

Setuju ama bang uch

Utk kendaraan berchassis / monocoque tetapi besar / people mover (6-7 seater) sebetulnya lebih cocok dengan mesin yg bisa pompa Torsi di RPM rendah.

Peak Torque di RPM tinggi cocok buat mobil2 kecil yg GVW nya ringan / mobil2 sport yg cuman diisi 2 orang.

koreksi kalau salah.
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

Akhirnya hari ini saya tambahin juga DP-nya jd total DP Rp. 5 juta ....
Mdh2an cepet dapet brgnya sesuai janjinya .... start delivering by April 20...