Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Smatik,
Anda juga mungkin salah ketik. Innova bobot 1550 kg. Mesin 2000 cc.
Latio mesin 1800 cc. Bobot 1193 kg. Bisa borosnya sama ama Innova ?
Anda pasti kena kasus seperti di film Mr. Bean. Angka 9 terbalik jadi 6. Pakunya kendor kali ? Kalau 9.3 masih wajar.
Anyway saya sering beli autobild, kok ngak ketemu angka ini yah ? Even if yes, maybe macetnya sangat gila. Jika gitu, Innova dengan kondisi sama seharusnya bisa 1:4 ?
Saya mulai cium aroma partai opposisi datang .... Anyway, welcome. Cuman if U say Latio dalam kota 1:6.3, tebak sendiri berapa orang akan percaya... Kalau Innova, sudah banyak orang, bukan cuman di majalah, tapi di sekitar kita yang miliki, sudah pada mengeluh ini mobil doyan minum.
Tapi guys, jika betul, lupakan Livina deh. Lets go back to Innova ! Livina akan lebih boros banding Innova ! This is breaking news yang tidak pernah terjadi di forum ini !
" Livina 1.8 dalam kota 1:6 ! Innova 2.0 1:? 1:6+ ? You tell me ! "
Suggest you check yr figures. Jangan nanti autobild dan Top Gear edisi yang segera keluar ada angka test drivenya, dan nanti sangat jauh dari yang anda sebutkan.
Anda juga mungkin salah ketik. Innova bobot 1550 kg. Mesin 2000 cc.
Latio mesin 1800 cc. Bobot 1193 kg. Bisa borosnya sama ama Innova ?
Anda pasti kena kasus seperti di film Mr. Bean. Angka 9 terbalik jadi 6. Pakunya kendor kali ? Kalau 9.3 masih wajar.
Anyway saya sering beli autobild, kok ngak ketemu angka ini yah ? Even if yes, maybe macetnya sangat gila. Jika gitu, Innova dengan kondisi sama seharusnya bisa 1:4 ?
Saya mulai cium aroma partai opposisi datang .... Anyway, welcome. Cuman if U say Latio dalam kota 1:6.3, tebak sendiri berapa orang akan percaya... Kalau Innova, sudah banyak orang, bukan cuman di majalah, tapi di sekitar kita yang miliki, sudah pada mengeluh ini mobil doyan minum.
Tapi guys, jika betul, lupakan Livina deh. Lets go back to Innova ! Livina akan lebih boros banding Innova ! This is breaking news yang tidak pernah terjadi di forum ini !
" Livina 1.8 dalam kota 1:6 ! Innova 2.0 1:? 1:6+ ? You tell me ! "
Suggest you check yr figures. Jangan nanti autobild dan Top Gear edisi yang segera keluar ada angka test drivenya, dan nanti sangat jauh dari yang anda sebutkan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Ms. Denise. Kalau saya bilang Escape 3.0 itu meskipun cuman 160 juta, tapi think twice.
Look. Itu namanya mobkas. Terus 3000 cc borosnya bisa di bayangkan. Pula SUV 2 baris. 5 seater.
Livina bisa dapat baru (versi 1.5), atau tambah dikit dapat 1.8 gres atau Latio gres. Jauh lebih irit. 7 seater atau Latio 5 seater extra lega.
Jangan lupa. Beli mobil ngak cuman cari murah, tapi murah DAN COCOK ama kebutuhan kita. Kalau cuman murah doang, ngak bakal puas nanti.
Look. Itu namanya mobkas. Terus 3000 cc borosnya bisa di bayangkan. Pula SUV 2 baris. 5 seater.
Livina bisa dapat baru (versi 1.5), atau tambah dikit dapat 1.8 gres atau Latio gres. Jauh lebih irit. 7 seater atau Latio 5 seater extra lega.
Jangan lupa. Beli mobil ngak cuman cari murah, tapi murah DAN COCOK ama kebutuhan kita. Kalau cuman murah doang, ngak bakal puas nanti.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16
tapi paling menyebalkan adalah supir angkot & bis kota yg notabene adalah maledatsu wrote:hihi..koq nyerang gender sendiri? Gak selamanya cewe bawa mobilnya gitu juga.. temen saya cewe seangkatan ada yang sama sadisnya kaya saya kalo bawa mobil... Tapi biasanya cewe lebih banyak yang sopan.. kalo di tol di dim lebih banyak cewe yang minggir buat ngasih jalan.. Kalo cowo yang nyetir santai aja di jalur kanan.. Diselip dari kiri baru nyadar..denise wrote:kalo yg bawa female, harusnya lebih irit. mereka gak buru buru, gak gas rem gas rem.
but, malasnya nungguin mereka in or out of parkir. lamaaa sekali. udah gitu bawa mobilnya nanggung, kiri kurang kanan enggak. paling sebal dibelakangnya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
ECCS ITU teknologi pedal gas kalo vvti teknologi buka tutup katup . Latio 1 : 6.3. No way man. Dari forum ini gw yang suka autobild tambah ga percaya ama nih majalah. Gw dah dikelabui soal LIVINA dan LATIO 1 : 6.3 dan Captiva juga Gw merasa tambah jauh dengan impian gw soalnya Autobild sudah memberi ancang2 180-225jt tetapi ga bakal ada harga begitu dan ABS,EBD DAN airbag pada standar 1.8 XV juga salah dan INNOVA 162NM juga salah. Moga2 ada Kru autobild yang ikutin forum ini dan koreksi diri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Mesin MR18 mempunyai torsi max di 4800 rpm (93% dari rpm power max di 5200 rpm), jadi wajar kutipan tes Nissan Latio A/T di AUTOBILD edisi 90 tgl. 7-20 Oktober 2006 sbb : "Tapi pada kec rendah, pedal gas perlu diinjak dalam untuk mengimbangi arus lalu lintas. Hasilnya untuk rute dalam kota, konsumsi bbm-nya mencapai 6,3 km/liter"
FYI test report AUTOBILD di Latio A/T tsb sejauh ini belum pernah disanggah oleh pihak ATPM/NMI klu memang hasil pengetesannya tidak benar/tidak sesuai dgn spek.
Konsumsi bbm tgt HP yg dihasilkan mesin (konsumsi bensin = sfc x HP) & krn torsi puncaknya dicapai di 4800 rpm (93% x 127 Hp = 118 Hp) maka konsumsi bensin di rute dalam kotanya (stop & go) yg lebih memerlukan torsi max di rpm 4800 tidak akan sebaik konsumsi bensin di tol (kec tinggi yg lebih memerlukan HP) yg mana Nissan Latio A/T dapat mencapai 16,2 km/liter (kutipan AUTOBILD).
Sepertinya NMI mmg harus membuktikan lebih dahulu klu mesin MR18DE-nya cukup efisien di arus lalu lintas Jakarta (pengendaraan stop & go). Makanya Livina 1800cc M/T dibekali dgn gigi persneling 6 speed utk membantu torsi rendahnya sekaligus mendongkrak konsumsi bensin di pengendaraan dalam kotanya, mungkin dgn M/T 6 speed tsb + pengendaraan yg tidak terlalu agresif konsumsi bensin yg lebih baik dapat tercapai dibandingkan A/T 4 speed-nya yg hanya 6,3 km/liter spt Latio
Dan yg pasti bukan juga partai oposisi, hanya pengamat teknis semata.
FYI test report AUTOBILD di Latio A/T tsb sejauh ini belum pernah disanggah oleh pihak ATPM/NMI klu memang hasil pengetesannya tidak benar/tidak sesuai dgn spek.
Konsumsi bbm tgt HP yg dihasilkan mesin (konsumsi bensin = sfc x HP) & krn torsi puncaknya dicapai di 4800 rpm (93% x 127 Hp = 118 Hp) maka konsumsi bensin di rute dalam kotanya (stop & go) yg lebih memerlukan torsi max di rpm 4800 tidak akan sebaik konsumsi bensin di tol (kec tinggi yg lebih memerlukan HP) yg mana Nissan Latio A/T dapat mencapai 16,2 km/liter (kutipan AUTOBILD).
Sepertinya NMI mmg harus membuktikan lebih dahulu klu mesin MR18DE-nya cukup efisien di arus lalu lintas Jakarta (pengendaraan stop & go). Makanya Livina 1800cc M/T dibekali dgn gigi persneling 6 speed utk membantu torsi rendahnya sekaligus mendongkrak konsumsi bensin di pengendaraan dalam kotanya, mungkin dgn M/T 6 speed tsb + pengendaraan yg tidak terlalu agresif konsumsi bensin yg lebih baik dapat tercapai dibandingkan A/T 4 speed-nya yg hanya 6,3 km/liter spt Latio
Dan yg pasti bukan juga partai oposisi, hanya pengamat teknis semata.
Last edited by Smatic on Wed Mar 28, 2007 11:28, edited 3 times in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Mbak Denise. ntar kalo dibuat UU kesopanan. ntar cew2 bawa mobil di kanan dan jalan lamban gw klekson gw bakal dibilang sopan nih cow, Najis, jijai bajai, emangnye loe ga tau gw lagi telp nih. Lagi gosipin cow gw yang selingkuh huh ntar gw jerat u pake UU kesopanan baru tau. Huh dasar cow ga tau diri. hehehe bercanda aja jangan masukin ke hati.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56
Saya sih yg 1500 aja A/T grey metallic... buat dalam Jakarta aja yg lmyn macet, kalo yg 1800 takutnya boros ....Winata wrote:Perpindahan gigi 4A/T LIVINA walaupun ga pake CVT sudah smooth,tenang saja. Bung LIVina anda rencana ambil varian yang mana. Gw sendiri sih ga sombong ya LIVINA 1.8 XV ULITIMATE 6 SPEED Agar lebih puas karena sesuai dengan selera dan kantong saya.
Sama 1 lagi buat or-tu ... lagi liat2 Elgrand sama Alphard .... sebanding nggak ya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Di hal ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=120, ada perbandingan chart torsi/hp Livina 1.5 dan Jazz VTEC. Kalo liat chart nya sih, grafik relatif lebih merata punya Livina daripada Jazz VTEC. Faktanya, biar ntar test drive aja deh.
Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peaceuch wrote:Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Katenye khan beda kelas Bos.. he..he..datsu wrote:Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peaceuch wrote:Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Hihi...wish kan MPV juga bos... Tapi emang mesinnya beda kelas sebetulnya.. mesin innova itu mengalami penurunan HP yang cukup banyak.. Intinya dibandingkan mesin2 VVT-i toyota lainnya HP/CC innova itu cukup kecil...uch wrote:Katenye khan beda kelas Bos.. he..he..datsu wrote:Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peaceuch wrote:Lebih asyik lagi kalo ada yg punya power/torsi chart Innova dan Livina 1.8. Kalo cuman titik max nya aja khan udah jelas donk Innova lebih tinggi, wong volume mesinnya gain 200 cc.
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Perbandingan data brosure :
............................NISSAN Livina (1.8L).....HONDA Stream (1.7L)... TOYOTA Innova (2.0L)
Panjang (mm)..................4420...................4550....................................4555
Lebar (mm).....................1690....................1695.....................................1770
Tinggi (mm).....................1590....................1590....................................1745
Berat (kg).......................1260......................-----.....................................1535
Wheelbase (mm)............2600.....................2720....................................2750
Radius Putar (m).............5,3.........................5,5 .....................................5,4
Ukuran ban ....................185/65/15............195/65/15............................205/65/15
Jarak pijak ban (mm)......1470.....................1470....................................1510
Power max (HP).............127........................130......................................136
Torsi max (Nm)...............174........................155......................................182
............................NISSAN Livina (1.8L).....HONDA Stream (1.7L)... TOYOTA Innova (2.0L)
Panjang (mm)..................4420...................4550....................................4555
Lebar (mm).....................1690....................1695.....................................1770
Tinggi (mm).....................1590....................1590....................................1745
Berat (kg).......................1260......................-----.....................................1535
Wheelbase (mm)............2600.....................2720....................................2750
Radius Putar (m).............5,3.........................5,5 .....................................5,4
Ukuran ban ....................185/65/15............195/65/15............................205/65/15
Jarak pijak ban (mm)......1470.....................1470....................................1510
Power max (HP).............127........................130......................................136
Torsi max (Nm)...............174........................155......................................182
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Coba cek peak torque nya di RPM berapa Bos. Kalo peak nya jg sama dgn Innova = RPM 4000 tapi torsi Wish/Altis nya lebih gede, berarti emang mesinnya beda kelas. Tapi kalo torsi nya sama cuman beda tingkat RPMnya ( di 5000 an - 6000 an), itu mesinnya sekelas aja, IMHO. Kalo nggak salah kan hitung2an angka HP itu datangnya dari formula dgn variable torsi max di RPM berapa. Kalo body lebih ringan, biasanya Produsen berani geser torsi max ke RPM lebih tinggi, biar HP nya lebih tinggi and lebih enak buat yg suka main RPM 5000 - 8000datsu wrote:Hihi...wish kan MPV juga bos... Tapi emang mesinnya beda kelas sebetulnya.. mesin innova itu mengalami penurunan HP yang cukup banyak.. Intinya dibandingkan mesin2 VVT-i toyota lainnya HP/CC innova itu cukup kecil...uch wrote:Katenye khan beda kelas Bos.. he..he..datsu wrote: Kata siapa nih? gak selalu cc lebih gede lebih powerful.. gw gak tau fixednya, tapi mesin altis dan wish yang 1800cc jauh lebih powerful dibanding mesin innova yang 2000 cc.. *peace


Sorry nih buat yg lain, jd OOT. Lanjut Livina...

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
uch wrote:Coba cek peak torque nya di RPM berapa Bos. Kalo peak nya jg sama dgn Innova = RPM 4000 tapi torsi Wish/Altis nya lebih gede, berarti emang mesinnya beda kelas. Tapi kalo torsi nya sama cuman beda tingkat RPMnya ( di 5000 an - 6000 an), itu mesinnya sekelas aja, IMHO. Kalo nggak salah kan hitung2an angka HP itu datangnya dari formula dgn variable torsi max di RPM berapa. Kalo body lebih ringan, biasanya Produsen berani geser torsi max ke RPM lebih tinggi, biar HP nya lebih tinggi and lebih enak buat yg suka main RPM 5000 - 8000datsu wrote:uch wrote:![]()
Sorry nih buat yg lain, jd OOT. Lanjut Livina...
Setuju ama bang uch
Utk kendaraan berchassis / monocoque tetapi besar / people mover (6-7 seater) sebetulnya lebih cocok dengan mesin yg bisa pompa Torsi di RPM rendah.
Peak Torque di RPM tinggi cocok buat mobil2 kecil yg GVW nya ringan / mobil2 sport yg cuman diisi 2 orang.
koreksi kalau salah.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56