Ni ada sepotong artikel....
The DOHC i-VTEC utilizes smart valve control technology
The i-VTEC system utilizes Honda's proprietary VTEC sytem and adds VTC (Variable Timing Control), which allows for dynamic/continuous intake valve timing and overlap control.
The demanding aspects of fuel economy, ample torque, and clean emissions can all be controlled and provided at a higher level with VTEC (intake valve timing and lift control) and VTC (valve overlap control) combined.
Yaris memang beda...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
gw mengalami deja vu...
perasaan ini pernah terjadi sebelumnya deh, Mike post, trus WP bilang "Nice post"
di mana yah ?
perasaan ini pernah terjadi sebelumnya deh, Mike post, trus WP bilang "Nice post"
di mana yah ?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kayaknya Ivtec-Vtec-Mivec dan Softek (he..he..he..) lebih dominan marketingnya daripada isi nya. Kayaknya teknologi mesin bensin Non GDI itu udah mentok.
Kemarin ada yg celoteh kayak gini. "Teknologi VVT itu udah dipatenkan FIAT sejak thn 1960. Tapi tidak dikembangkan karena nggak begitu worthed. 30 thn kemudian (setelah paten daluwarsa) era thn 1990 an produsen Jepang meniru nya (gratis toh, paten udah daluwarsa) dan memasarkannya dgn strategy marketing yg huebaat ".
Kalo mesin 1800-2000 cc dgn output 150 an HP mah dari dulu jg ada beberapa. NA dan nggak pake teknologi pipiaiti.
Kadang malah gw bingung, ini mesin HP nya naek karena pipiati atau karna kompresi nya dinaikkan. Arti nya kalo produsen disuruh rancang mesin pipiati tapi harus konsumsi RON 88/premium sebagai rekomended bbm nya, tenaga nya naek nggak..?
Sorry kalo kebanyakan celoteh dan banyak salah...
Kemarin ada yg celoteh kayak gini. "Teknologi VVT itu udah dipatenkan FIAT sejak thn 1960. Tapi tidak dikembangkan karena nggak begitu worthed. 30 thn kemudian (setelah paten daluwarsa) era thn 1990 an produsen Jepang meniru nya (gratis toh, paten udah daluwarsa) dan memasarkannya dgn strategy marketing yg huebaat ".
Kalo mesin 1800-2000 cc dgn output 150 an HP mah dari dulu jg ada beberapa. NA dan nggak pake teknologi pipiaiti.
Kadang malah gw bingung, ini mesin HP nya naek karena pipiati atau karna kompresi nya dinaikkan. Arti nya kalo produsen disuruh rancang mesin pipiati tapi harus konsumsi RON 88/premium sebagai rekomended bbm nya, tenaga nya naek nggak..?
Sorry kalo kebanyakan celoteh dan banyak salah...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
justru itu, yg pernah gw sebutin sebelumnya, teknologi macam2 itu cuman efisiensi aja, tenaga dan konsumsi
walopun masing2 tekniknya gak sama, tapi intinya sama, mesin harus mampu mengeluarkan tenaga maksimum pada tingkat rpm tertentu tanpa harus mengkonsumsi bahan bakar yg berlebihan untuk mencapai output maksimum itu
contoh, 2 mesin dengan kapasitas yg sama, katakanlah 2 liter, masing2 silindernya memiliki 4 katup, 2 intake 2 exhaust, ambil contoh aja 4 silinder, walopun pada penjelasan gw ntar jumlah silinder nggak berpengaruh, dan menghasilkan output power maksimum yg sama, katakanlah 160hp
nah, yg membedakan antara 2 mesin ini adalah pengaturan katup variabel, mesin A sebagai contoh mengaplikasikan i-VTEC nya Honda (sepanjang yg gw tau paling maju teknologinya) nya, sedangkan mesin B tidak memakai pengaturan VVT
untuk mencapai output maksimum, mesin harus bekerja pada rpm tertentu dengan bukaan katup maksimum, pada saat ini, mesin A sama dengan mesin B, skor 1-1
namun pada putaran bawah, ketika mobil bergerak dari kecepatan nol, mesin B menjalankan seluruh 16katup nya, yg mengakibatkan pemakaian jumlah bensin berlebih yg sulit terkontrol oleh ECU, sehingga putaran bawah menjadi kasar, berbeda dengan mesin 8 katup yg lemah di putaran atas, namun halus di putaran bawah
nah, kemajuan VVT terletak di putaran bawah, ia menghilangkan kelemahan mesin 8v dan 16v, yaitu kelemahan mesin 16v di putaran bawah dengan hanya menjalankan hanya 8 katup, dan kelemahan mesin 8v di putaran atas dengan menggunakan keseluruh 16v, sehingga mesin halus diputaran bawah, dan punya tenaga luar biasa di bawah
dgn teknik marketing, pabrikan memutarbalikkan hal ini, apabila disebutkan bahwa VTEC atao VVT atao saudara2 lainnya meningkatkan performa, hal itu dilihat dari sisi 8v, dan apabila dikatakan VVT dan keluarganya meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, hal itu dilihat dari sudut 16v
konklusinya, tenaga naik karena peningkatan kompresi, bukan teknologi variable valve yg digembar-gemborkan
fuh, panjang juga yah pidato gw , semoga bermanfaat
mohon maap kalo ada yg gak bener di post ini, mohon diralat
walopun masing2 tekniknya gak sama, tapi intinya sama, mesin harus mampu mengeluarkan tenaga maksimum pada tingkat rpm tertentu tanpa harus mengkonsumsi bahan bakar yg berlebihan untuk mencapai output maksimum itu
contoh, 2 mesin dengan kapasitas yg sama, katakanlah 2 liter, masing2 silindernya memiliki 4 katup, 2 intake 2 exhaust, ambil contoh aja 4 silinder, walopun pada penjelasan gw ntar jumlah silinder nggak berpengaruh, dan menghasilkan output power maksimum yg sama, katakanlah 160hp
nah, yg membedakan antara 2 mesin ini adalah pengaturan katup variabel, mesin A sebagai contoh mengaplikasikan i-VTEC nya Honda (sepanjang yg gw tau paling maju teknologinya) nya, sedangkan mesin B tidak memakai pengaturan VVT
untuk mencapai output maksimum, mesin harus bekerja pada rpm tertentu dengan bukaan katup maksimum, pada saat ini, mesin A sama dengan mesin B, skor 1-1
namun pada putaran bawah, ketika mobil bergerak dari kecepatan nol, mesin B menjalankan seluruh 16katup nya, yg mengakibatkan pemakaian jumlah bensin berlebih yg sulit terkontrol oleh ECU, sehingga putaran bawah menjadi kasar, berbeda dengan mesin 8 katup yg lemah di putaran atas, namun halus di putaran bawah
nah, kemajuan VVT terletak di putaran bawah, ia menghilangkan kelemahan mesin 8v dan 16v, yaitu kelemahan mesin 16v di putaran bawah dengan hanya menjalankan hanya 8 katup, dan kelemahan mesin 8v di putaran atas dengan menggunakan keseluruh 16v, sehingga mesin halus diputaran bawah, dan punya tenaga luar biasa di bawah
dgn teknik marketing, pabrikan memutarbalikkan hal ini, apabila disebutkan bahwa VTEC atao VVT atao saudara2 lainnya meningkatkan performa, hal itu dilihat dari sisi 8v, dan apabila dikatakan VVT dan keluarganya meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, hal itu dilihat dari sudut 16v
konklusinya, tenaga naik karena peningkatan kompresi, bukan teknologi variable valve yg digembar-gemborkan
fuh, panjang juga yah pidato gw , semoga bermanfaat
mohon maap kalo ada yg gak bener di post ini, mohon diralat
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hoh... yaa kira-kira gitu deh, hehe, thx ralatnya
penjelasan di atas cuman kasarnya aja
penjelasan di atas cuman kasarnya aja
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo