
*le minky and le froggy*

............................

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
this is just what i need, masta..!imingwahyudi wrote:Haloooww oom otogossif [emoji1]
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya
waalaahh.. nyante ae Oom.. namanya juga forum obrolan santai.. dibales aj udah syukur bngt kita maah..speedfreak wrote:Hallo om otogossif..
sorry telat balasnya
yg saya maksud dengan ekonomis di sini.. hmm maaf sebelumnya karena saya sebetulnya kurang lengkap ceritanya.
jadi gini.
sebelum2nya mobil yang dipakai harian ada 2 dan ada 1 mobil yg parkir di rumah. total ada 3 mobil.
ketiganya M/T. tiap hari saya pakai mobil sendiri. istri diantar sopir pakai mobil sendiri.
mobil ketiga hanya jalan pas weekend.
sejak awal 2014, driver pribadi resign trus mau gamau istri harus nyetir sendiri.
karena jakarta makin macet, maka saya juga beralih ke kereta. otomatis ada 2 mobil harian yg M/T yg ga kepakai karena istri mintanya nyetir A/T akhirnya itu 2 mobil dijual trus diganti 1 mobil A/T.
nah ini yg saya maksud dengan ekonomis nya karena : dari awalnya tiap bulan keluar biaya bensin utk 2 mobil harian + gaji driver trus diubah total jadi hanya bensin utk 1 mobil harian dan tanpa gaji driver juga.
kalau dicompare head to head mobil merk dan spec sama namun beda transmisi M/T dan A/T tentu saja konsumsi bensin akan sedikit lebih irit yang M/T.
mengendarai A/T kalau sudah tau cara nya dan mau bersabar tidak rush memaksakan mobil utk melaju juga konsumsi bensin bisa lumayan irit.
kalau bicara biaya maintenance, tentunya A/T akan lebih besar biayanya dibanding M/T.
di mobil yg M/T saya biasanya sampai odometer 80rb km belum ganti kampas rem. masih tebel pas dicek oleh mekanik bengkel.
kemarin ini di mobil A/T pas servis 60rb km baru divonis harus ganti kampas rem depan oleh mekanik bengkel.
kalau mobil A/T sejenis di bengkel itu ada yg baru 20rb atau 30rb atau 40rb sudah diharuskan ganti kampas rem.
semoga menjawab ya
imingwahyudi wrote:Kita se kandungan?FRD63MGT wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded![]()
Pantes kita sama sama juta megaton![]()
Wow m2 skyactiv m/totogossif wrote:-cut-
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe..(so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one
), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question!
)
Karena di AT engine brake nya sangat minim, oom. Kalo mau awet kampas remnya ya pindahin sendiri tiap ngerem ke 3-2-L. Tapi tentunya akan sangat merepotkan.otogossif wrote:
waalaahh.. nyante ae Oom.. namanya juga forum obrolan santai.. dibales aj udah syukur bngt kita maah..eniwei, very nice info afterall Oom, secara baru tau jg nih klo A/T tranny ternyata juga ngaruh ke umur kampas rem segala toh..?!
*makin manteb dah "sticking with a stick shift"!
IMHO ya...otogossif wrote:this is just what i need, masta..!imingwahyudi wrote:Haloooww oom otogossif [emoji1]
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya![]()
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe..(so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one
), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question!
)
naah ini dia Oom.. secara ga ada unit TD yg M/T,makanya ogud rada gambling jg seh ambil yg M/T,tp dr test drive yg A/T aja berasa udah puas dg tarikan bawahnya, yaa kyaknya sih bakalan lebih seru deh utk yg versi M/Tnya.. dah gtu yg warna Red Soul tersisa tinggal satu2nya.. soo,ga pake mikir panjang deh ane bungkus aja nih sweet baby M2KodokPushUp wrote: Wow m2 skyactiv m/t
Review-nya donk om
Pengen nyobain skyactiv manual ga pernah ada unit td nya
Denger2 si manual nya skyactiv fun banget, short shift, kopling akurat
Cuma gas nya delay ga ya
Betty wrote:IMHO ya...otogossif wrote:this is just what i need, masta..!imingwahyudi wrote:Haloooww oom otogossif [emoji1]
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya![]()
*secara, baru aja bungkus All New M2 M/T nih.. (intended for daily driven car) hehehe..(so, if anything or anyone... please..,don't make me regret not choosing the A/T one
), n this come with one big hope I can enjoy driving this M/T car more than i've been used to with my old Sir*on M/T cruising on "the hell kinda" road traffic in Jkt, (of course, in extra urban is of no question!
)
![]()
Ga bakal ada yang namanya "regret" ngebungkus mobil MT... (ERRR... pengecualian kalau MT - MTan yak... kopling2an...![]()
yang diatur sejuta sensor - sensor Gazebo sesuai uraian - uraian para master - master di atas)
Kenapa? Kalau seseorang memang benar - benar senang yang namanya nyetir... banyak hal yang bisa diperoleh di mobil MT yang tidak tergantikan oleh AT...
Satu hal yang paling utama (CMIIW) adalah "seni mengolah RPM dan torsi"Ga tau kalau Paddleshift dan ga tau kalau mobil - mobil super sekelas "Kuda Jingkrak" dan "Banteng Ngamuk"... yang ogud maksud adalah kendaraan harian dengan harga <500 jt...
Dengan mobil MT, kendali sepenuhnya berada di tangan pengemudi... Mau nyetir mulus tanpa hetakan... bisadan seketika kondisi lalu lintas berubah dan harus mengubah gaya mengemudi menjadi liar dan agresif... juga bisa...
Mau "shifting" di RPM mana... mau "ngeloncatin" 1 bahkan 2 gear demi alasan ekonomis atau mau "turun" 1 bahkan 2 gear demi membantu pengereman semuanya bisa... tergantung keahlian si pengemudi.
Makanya dari dulu ogud selalu menyesali kenapa produsen mobil (khususnya di tanah air ga tau kalau di luar negri) selalu "menomorduakan" mobil MT dengan "pemangkasan" fitur seolah - olah secara "marketing positioning" -nya MT itu memang dibawah AT...![]()
Belum lagi kalau unit TD itu jarang ada yang MT... seolah - olah customer "digiring" untuk membeli AT...![]()
Btw, untuk M2 MT bagaimana kah? apakah mengalami pemangkasan fitur bila dibandingkan dengan AT-nya?
madcat015 wrote:Ada dua kolorijo di sebelah yang minta warn ya...
*le minky and le froggy*![]()
............................
sandal si hunky sixpack wrote:acmky_07:imingwahyudi si bodi ideal wrote:Kita se kandungan?FRD_7K_3YUTAMEGATON wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded![]()
Pantes kita sama sama juta megaton![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
ChZ wrote:Karena di AT engine brake nya sangat minim, oom. Kalo mau awet kampas remnya ya pindahin sendiri tiap ngerem ke 3-2-L. Tapi tentunya akan sangat merepotkan.otogossif wrote:
waalaahh.. nyante ae Oom.. namanya juga forum obrolan santai.. dibales aj udah syukur bngt kita maah..eniwei, very nice info afterall Oom, secara baru tau jg nih klo A/T tranny ternyata juga ngaruh ke umur kampas rem segala toh..?!
*makin manteb dah "sticking with a stick shift"!
Di MT kalo ngerem bisa dibantu engine brake turunin gigi ke lebih rendah jadi kampas rem otomatis lebih awet.
MT-MT an itu seperti apa ya? apa yang seperti ini?Betty wrote: Ga bakal ada yang namanya "regret" ngebungkus mobil MT... (ERRR... pengecualian kalau MT - MTan yak... kopling2an...![]()
yang diatur sejuta sensor - sensor Gazebo sesuai uraian - uraian para master - master di atas)
Kenapa? Kalau seseorang memang benar - benar senang yang namanya nyetir... banyak hal yang bisa diperoleh di mobil MT yang tidak tergantikan oleh AT...
Satu hal yang paling utama (CMIIW) adalah "seni mengolah RPM dan torsi"Ga tau kalau Paddleshift dan ga tau kalau mobil - mobil super sekelas "Kuda Jingkrak" dan "Banteng Ngamuk"... yang ogud maksud adalah kendaraan harian dengan harga <500 jt...
setuju banget... soal ngupildogar wrote: Dan tentu saja kelebihan di AT yg ngga ada di MT: ritual rem-ngopling-rem tangan-ngopling-injek gas-dsb. pas berhenti di tanjakan udah ngga ada lagi.
Eh ada lagi deng kelebihan AT: kita bisa nyetir sambil ngupil (pasti pernah ngupil sambil nyetir kaaan??) tanpa harus ribet mikirin pindah gigi segala macem.
g1ng2 wrote: MT-MT an itu seperti apa ya? apa yang seperti ini?
saya menikmati perkembangan kultur dari MT ke AT, dengan pergeseran kultur di daerah perkotaan, saya berharap semakin banyak bengkel-bengkel matik non beres yang qualified.
kalau di daerah sih MT masih banyak jadi gak perlu khawatir juga.. paradigma mobil matik yang dulu disebut eksklusif juga udah mulai bergeser menjadi kebutuhan..
dogar wrote:Teknologi AT sekarang ini sudah sedemikan canggihnya hingga semua 'kelebihan' di MT sudah include di AT.
Mau nyalip di tanjakan udah ngga minder lagi, biarpun cc mesin cuman 1.5k.
Mau lari duluan pas lampu ijo juga bisa.
Mau irit juga bisa.
Dan tentu saja kelebihan di AT yg ngga ada di MT: ritual rem-ngopling-rem tangan-ngopling-injek gas-dsb. pas berhenti di tanjakan udah ngga ada lagi.
Eh ada lagi deng kelebihan AT: kita bisa nyetir sambil ngupil (pasti pernah ngupil sambil nyetir kaaan??) tanpa harus ribet mikirin pindah gigi segala macem.
Soal rem, Yaris AT saya udah berumur 5 thn dgn odo 90ribuan. Service terakhir ke beres cek rem 4 roda, kata mekaniknya kampas rem
masih tebel jadi blm perlu diganti.
Keliatannya anggapan pake AT boros di kampas rem cuman mitos.
Soal lifespan parts itu kembali ke gaya nyetir masing2.
So, buat saya jaman sekarang beli mobil MT padahal sanggup beli yg AT (umumnya kan AT lebih mahal) hampir sama dengan beli mesin tik padahal sanggup beli PC.
Itu buat saya ya, jadi buat yg lain no offense ya
sandal wrote:Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
Ah peresan tebu ah... Ah loyo ah tenaganya... Ah kurang ah sensasinya... Ah ah ah....imingwahyudi wrote:sandal wrote:Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
THERE IS NO SUBSTITUTE TO CVT
VORSPRUNG DURCH CVT
DAS CVT
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
ricz wrote:Ah peresan tebu ah... Ah loyo ah tenaganya... Ah kurang ah sensasinya... Ah ah ah....imingwahyudi wrote:sandal& wrote:Ane skrg lebih suka dua2nya sih.
Tapi pingin wet DCT
THERE IS NO SUBSTITUTE TO CVT
VORSPRUNG DURCH CVT
DAS CVT
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
amfibi wrote:CVT di honda city setiran sehari2 ane menghemat pengeluaran buat bensin & damai banget, FC jd super irit, karakter tenang, RPM rendah biarpun lack of fun factor......
*asal ga kumat rusak lagi geter2 aja*