
Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Saya di Bandung, oomBetty wrote:
Coba unit TD aja Mods... sekarang uda banyak, tinggal datang ke Dealer Nissan terdekat (Saran PIK) biar bisa puas ngehajar lobang, Paving Block sampe joging di jalan tol dan nyobain tanjakan di tol ke arah Bandara yang baru...

*terkecuali oom htannis mau pinjamkan ipahnya PP PIK-BDG



winzev wrote:
behhh, kalo mati udah ga bisa nyala dong tuh mobil? Wkwkwk
Kalo nyalain kondisi masuk gigi kan loncat gitu, sedangkan kalo kopling lepas ga bisa ganti gear, berarti ga bisa ke Netral/R dong?
Btw cara multi quote gimana yak?
EDIT: nambah dong, ada yang pernah pake Golf Mk7 M/T ga? Yang masuk sini M/T cuman 1.2 kan ya? Enak ga sih? Review dong review manualnya begimana disana.
Betul oom, choose a gear, and live with it

Multi quote pakai kerja bakti kalo saya oom

+1 saya juga, penasaran juga GTI's enthusiasts asal US ngomong GTI M/T nya serves whole new level of fun compared to DSGs counterparts

madcat015 wrote:Ahhhhh... Manual transmisshoooonnnn...
Mengingatkan ane akan masa2 ane belajar seni menyetir dan otomotif dan errr... Sesuatu... Dengan cinta pertama ane, SX8GM...
Kopling ane oprek, jadinya ringan. Pedal kopling selembut kapas, empuk dan kenyal...
Sementara short shift gb nya menyenangkan. Begitu mekanikal dengan sentakan dan bunyi mekanis yang menggairahkan... Uphill start? No problem... Iseng start dari gear 3? Bring it on... Belok di depan Graha SA Surabaya dengan bokong miring, gear 2, separuh kopling dan rem bonus enjin meraung2 puas? Yes please! Hajar rev sampe fuel cut off? Oh yes! Ga bakal ada cerita piston melenting atau gb jebol.
But, it was...
All the essence of driving, all the pure joy of blending and courtshipping with car, becoming one ride of past time.
Heck, i miss all the fun with manual tranny.
Was...

I just hope, all the things of rev matching, clutch whipping, aren't just tales to our children, instead, they're going to learn about them

Udah rusak heaternya, makanya ga ditebusFRD wrote:Ditebus lagi lah modd itu CityZ








-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Nah lebih mantep lagi... kunjungi dealer Nissan terkekat di Bandung... trus bawa TD dah tuh "gerobak kaleng" ke Lembang, Kawah Putih, Tangkuban Perahu... Set waktu di hari libur... biar sensasi merayap dan overtaking di tanjakan kian terasa menantang... Jadi mods Iming akan memahami kenapa "gerobak kaleng" ini akan membuat orang jadi "sopir kampung"imingwahyudi wrote:Saya di Bandung, oomBetty wrote:
Coba unit TD aja Mods... sekarang uda banyak, tinggal datang ke Dealer Nissan terdekat (Saran PIK) biar bisa puas ngehajar lobang, Paving Block sampe joging di jalan tol dan nyobain tanjakan di tol ke arah Bandara yang baru...![]()
*terkecuali oom htannis mau pinjamkan ipahnya PP PIK-BDG![]()
![]()
![]()

Kaalau dilihat dari kondisi saat ini sih menjurusnya ga begitu Mods... Just share... awal tahun kemaren nyoba ngurus mutasi SIM dari daerah jadi cap "metro jaya"... nah karena waktu nggak banyak, ogud minta tolong ke biro jasa yang... kebetulan bisa membantu menguruskan SIM... Sambil menunggu, ogud ngobrol - ngobrol dengan salah satu instrukturnya... ternyata... dari 5 unit mobil latihan, cuma ada 1 unit mobil MT (itupun jenis MPV dan itupun jarang dipake) sisanya AT, mulai dari jenis LCGC, Hatchbac hingga MPV. Kesimpulan : Makin kesini orang maunya yang gampang - gampang aja Mods...imingwahyudi wrote:
Was...![]()
I just hope, all the things of rev matching, clutch whipping, aren't just tales to our children, instead, they're going to learn about them![]()

Ga kebayang... cerita bini ogud belasan tahun yang lalu waktu disuruh belajar nyetir sama mertua dipilihin mobil yang harus MT dan tanpa "Power Steering"


nilai itu yang mungkin saat ini sudah bergeser mods...
Epilog : Hasilnya... pada saat bini ogud dihadiahi Atoz 1,0 MT sama mertua, itu Atoz uda jadi kaya "bom bom car"... Mau dalam kota sampe naik gunung? (Ga tau gimana caranya itu "bom - bom car" nyampe aja ke puncak gunung... mau merayap, macet - macetan hingga pepet mempet? Mau track Lurus hingga Tikungan - tikungan berjurang ala luar kota... mau Sedan, Hatch, MPV, SUV sampe Mobil BOX L300, Ga ada masalah... malah kalau boleh jujur, lebih "nyaman" kalau yang nyetir beliau daripada ogud yang "sopir kampung" ini...

Makanya kalau ngeliat anak - anak sekarang apalagi cowo keren - keren, buka mulut - tutup mulut ngomongnya senang nyetir... seneng otomotif, jago balap, suka ngebut mulai dari sirkuit sampe gang - gang kecil judulnya ngebut, tapi giliran dikasih MT langsung keringet dingin... Hm... "Disitu kadang saya merasa sedih... "

Tp ra po po lah... yang penting nyaman dan nyampe...

Salam,
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
baca thread ini pada lucu-lucu sharing dan komen2nya.. jadi ngakak2 sendiri..
saya sendiri juga penggemar manual tranny.
tapi karena alasan ekonomis dan alasan kemacetan jakarta dan skrg tiap hari istri yang nyetir mobil nya sedangkan saya naek kereta jadi kendaraan harian dituker dari M/T ke geared A/T.
kendaraan M/T yg satu lagi masih ada tapi ngandang mlulu soale bensinnya boros dan hanya dipake kalo weekend atau kalau pas butuh pergi ber 7 atau ber 8.
apalagi kalau rencana trip nya ke gunung atau ke jalan berkelok.. wah pasti pilih yang M/T deh daripada A/T tapi nanti konsekuensi nya bakalan saya terus yang nyetir sedangkan istri gamau nyetir.
pernah pas ke jogja dipinjemi ATOZ A/T ma sodara di sana, pas lagi jalan ke area yang agak "tinggi" dan jalannya menanjak.. beugh itu kesabaran bener2 diuji
saya sendiri juga penggemar manual tranny.
tapi karena alasan ekonomis dan alasan kemacetan jakarta dan skrg tiap hari istri yang nyetir mobil nya sedangkan saya naek kereta jadi kendaraan harian dituker dari M/T ke geared A/T.
kendaraan M/T yg satu lagi masih ada tapi ngandang mlulu soale bensinnya boros dan hanya dipake kalo weekend atau kalau pas butuh pergi ber 7 atau ber 8.
apalagi kalau rencana trip nya ke gunung atau ke jalan berkelok.. wah pasti pilih yang M/T deh daripada A/T tapi nanti konsekuensi nya bakalan saya terus yang nyetir sedangkan istri gamau nyetir.
pernah pas ke jogja dipinjemi ATOZ A/T ma sodara di sana, pas lagi jalan ke area yang agak "tinggi" dan jalannya menanjak.. beugh itu kesabaran bener2 diuji

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Atoz AT diajak nanjak agak tinggi? beugh itu bukan cuma kesabaran yang diuji... tetapi juga nasib baik om...speedfreak wrote: pernah pas ke jogja dipinjemi ATOZ A/T ma sodara di sana, pas lagi jalan ke area yang agak "tinggi" dan jalannya menanjak.. beugh itu kesabaran bener2 diuji



REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Jadi pengen ikutan koment..Betty wrote:
Ga kebayang... cerita bini ogud belasan tahun yang lalu waktu disuruh belajar nyetir sama mertua dipilihin mobil yang harus MT dan tanpa "Power Steering"dan ukuran mobil paling gede yang ada di tempat kursus itu... dengan alasan... belajarlah dari yang paling "sulit" maka kedepannya segala hal akan terasa "mudah"
![]()
Belajar yg susah dan manual dulu, biar ngerti dasarnya.. Ntar klo dah pake mobil yg bagus, baru berasa gampang dan enak..
(sering denger dulu dari ortu dan tetangga yg ngajarin nyupir).
Jadi inget "susahnya" nyetir Panter pickup M/T punya kantor ortu dulu..
Body panjang+lebar, no AC, no PSteering, setir berat, kopling juga ga enteng2 amat..
Nyetir 1 jam, dah keringetan dan pegal2 di tangan/kaki..
Tapi di moment itu, selain pengalaman, saya jadi interest dengan mobil2 bermesin mesin diesel..


-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane juga belajar nyetir pake panther, begitu juga kedua meme ane.
Tapi belajar pake mobil jadul gini enak om.
Feel gas dan kopling gampang banget dapetnya.
Diesel jadul non turbo - torsi bawahnya gede.
Uphill start hampir berasa sama kayak jalan datar.
Baca ceritanya om Betty (akhirnya tau ternyata jenis kelamin laki2, setelah nulis punya bini)
Kejadian juga di meme ane, dan dia ga mau nyetir matic.
Nanjak, naik gunung, mepet2, parkir sempit, ngebut dikejar waktu, perjalanan luar kota, 5 tahun dan ganti2 mobil ga pernah ada masalah.
Begitu ganti ecosport m/t...
Sekali nanjak dan merayap di mall, berkali2 mesin mati, mobil mundur ga kuat nanjak, atau ban spin.
Sekarang tiap mau nanjak, mobil ane diculik
Tapi belajar pake mobil jadul gini enak om.
Feel gas dan kopling gampang banget dapetnya.
Diesel jadul non turbo - torsi bawahnya gede.
Uphill start hampir berasa sama kayak jalan datar.
Baca ceritanya om Betty (akhirnya tau ternyata jenis kelamin laki2, setelah nulis punya bini)

Kejadian juga di meme ane, dan dia ga mau nyetir matic.
Nanjak, naik gunung, mepet2, parkir sempit, ngebut dikejar waktu, perjalanan luar kota, 5 tahun dan ganti2 mobil ga pernah ada masalah.
Begitu ganti ecosport m/t...
Sekali nanjak dan merayap di mall, berkali2 mesin mati, mobil mundur ga kuat nanjak, atau ban spin.
Sekarang tiap mau nanjak, mobil ane diculik

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
KodokPushUp wrote: Baca ceritanya om Betty (akhirnya tau ternyata jenis kelamin laki2, setelah nulis punya bini)![]()



REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2015 7:12
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Halloo Oom speedfreak.. and all subes (suhu besar) otomotif engineering... salam "jura" nubie di marihspeedfreak wrote:baca thread ini pada lucu-lucu sharing dan komen2nya.. jadi ngakak2 sendiri..
saya sendiri juga penggemar manual tranny.
tapi karena alasan ekonomis dan alasan kemacetan jakarta dan skrg tiap hari istri yang nyetir mobil nya sedangkan saya naek kereta jadi kendaraan harian dituker dari M/T ke geared A/T.
kendaraan M/T yg satu lagi masih ada tapi ngandang mlulu soale bensinnya boros dan hanya dipake kalo weekend atau kalau pas butuh pergi ber 7 atau ber 8.
apalagi kalau rencana trip nya ke gunung atau ke jalan berkelok.. wah pasti pilih yang M/T deh daripada A/T tapi nanti konsekuensi nya bakalan saya terus yang nyetir sedangkan istri gamau nyetir.
pernah pas ke jogja dipinjemi ATOZ A/T ma sodara di sana, pas lagi jalan ke area yang agak "tinggi" dan jalannya menanjak.. beugh itu kesabaran bener2 diuji

eniwei, sebetulnya yg dimaksud dg "alasan ekonomis" utk mobil A/T (instead of M/T) itu secara lebih spesifiknya bijimane sih Oom/suhu2..





-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Unit TD sini semua XTRONIC oom Betty[emoji37] [emoji55] [emoji55] [emoji55]Betty wrote:Nah lebih mantep lagi... kunjungi dealer Nissan terkekat di Bandung... trus bawa TD dah tuh "gerobak kaleng" ke Lembang, Kawah Putih, Tangkuban Perahu... Set waktu di hari libur... biar sensasi merayap dan overtaking di tanjakan kian terasa menantang... Jadi mods Iming akan memahami kenapa "gerobak kaleng" ini akan membuat orang jadi "sopir kampung"imingwahyudi wrote:Saya di Bandung, oomBetty wrote:
Coba unit TD aja Mods... sekarang uda banyak, tinggal datang ke Dealer Nissan terdekat (Saran PIK) biar bisa puas ngehajar lobang, Paving Block sampe joging di jalan tol dan nyobain tanjakan di tol ke arah Bandara yang baru...![]()
*terkecuali oom htannis mau pinjamkan ipahnya PP PIK-BDG![]()
![]()
![]()
![]()
Kaalau dilihat dari kondisi saat ini sih menjurusnya ga begitu Mods... Just share... awal tahun kemaren nyoba ngurus mutasi SIM dari daerah jadi cap "metro jaya"... nah karena waktu nggak banyak, ogud minta tolong ke biro jasa yang... kebetulan bisa membantu menguruskan SIM... Sambil menunggu, ogud ngobrol - ngobrol dengan salah satu instrukturnya... ternyata... dari 5 unit mobil latihan, cuma ada 1 unit mobil MT (itupun jenis MPV dan itupun jarang dipake) sisanya AT, mulai dari jenis LCGC, Hatchbac hingga MPV. Kesimpulan : Makin kesini orang maunya yang gampang - gampang aja Mods...imingwahyudi wrote:
Was...![]()
I just hope, all the things of rev matching, clutch whipping, aren't just tales to our children, instead, they're going to learn about them![]()
![]()
Ga kebayang... cerita bini ogud belasan tahun yang lalu waktu disuruh belajar nyetir sama mertua dipilihin mobil yang harus MT dan tanpa "Power Steering"dan ukuran mobil paling gede yang ada di tempat kursus itu... dengan alasan... belajarlah dari yang paling "sulit" maka kedepannya segala hal akan terasa "mudah"
![]()
nilai itu yang mungkin saat ini sudah bergeser mods...
Epilog : Hasilnya... pada saat bini ogud dihadiahi Atoz 1,0 MT sama mertua, itu Atoz uda jadi kaya "bom bom car"... Mau dalam kota sampe naik gunung? (Ga tau gimana caranya itu "bom - bom car" nyampe aja ke puncak gunung... mau merayap, macet - macetan hingga pepet mempet? Mau track Lurus hingga Tikungan - tikungan berjurang ala luar kota... mau Sedan, Hatch, MPV, SUV sampe Mobil BOX L300, Ga ada masalah... malah kalau boleh jujur, lebih "nyaman" kalau yang nyetir beliau daripada ogud yang "sopir kampung" ini...![]()
Makanya kalau ngeliat anak - anak sekarang apalagi cowo keren - keren, buka mulut - tutup mulut ngomongnya senang nyetir... seneng otomotif, jago balap, suka ngebut mulai dari sirkuit sampe gang - gang kecil judulnya ngebut, tapi giliran dikasih MT langsung keringet dingin... Hm... "Disitu kadang saya merasa sedih... "![]()
Tp ra po po lah... yang penting nyaman dan nyampe...![]()
Salam,
Samaaa...banyakan brio matic kursus drpd kijang kapsul kursus di Bandung [emoji13]
M/T, boros, hmmm[emoji57]speedfreak wrote:baca thread ini pada lucu-lucu sharing dan komen2nya.. jadi ngakak2 sendiri..
saya sendiri juga penggemar manual tranny.
tapi karena alasan ekonomis dan alasan kemacetan jakarta dan skrg tiap hari istri yang nyetir mobil nya sedangkan saya naek kereta jadi kendaraan harian dituker dari M/T ke geared A/T.
kendaraan M/T yg satu lagi masih ada tapi ngandang mlulu soale bensinnya boros dan hanya dipake kalo weekend atau kalau pas butuh pergi ber 7 atau ber 8.
apalagi kalau rencana trip nya ke gunung atau ke jalan berkelok.. wah pasti pilih yang M/T deh daripada A/T tapi nanti konsekuensi nya bakalan saya terus yang nyetir sedangkan istri gamau nyetir.
pernah pas ke jogja dipinjemi ATOZ A/T ma sodara di sana, pas lagi jalan ke area yang agak "tinggi" dan jalannya menanjak.. beugh itu kesabaran bener2 diuji
ATOZ apalagi AT nya mah lemes bener tenaganya [emoji30]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Kalo saya malah kebalikan, dulu ngelancarin di AT...selain sole option karena mobil yang ada(untuk dipinjam) semuanya AT, lebih enak untuk ngepas dll.. Jadi pas udh lancar setir, tidak kagok saat megang kopling [emoji1]ZEXELGRIFONE wrote:Jadi pengen ikutan koment..Betty wrote:
Ga kebayang... cerita bini ogud belasan tahun yang lalu waktu disuruh belajar nyetir sama mertua dipilihin mobil yang harus MT dan tanpa "Power Steering"dan ukuran mobil paling gede yang ada di tempat kursus itu... dengan alasan... belajarlah dari yang paling "sulit" maka kedepannya segala hal akan terasa "mudah"
![]()
Belajar yg susah dan manual dulu, biar ngerti dasarnya.. Ntar klo dah pake mobil yg bagus, baru berasa gampang dan enak..
(sering denger dulu dari ortu dan tetangga yg ngajarin nyupir).
Jadi inget "susahnya" nyetir Panter pickup M/T punya kantor ortu dulu..
Body panjang+lebar, no AC, no PSteering, setir berat, kopling juga ga enteng2 amat..
Nyetir 1 jam, dah keringetan dan pegal2 di tangan/kaki..
Tapi di moment itu, selain pengalaman, saya jadi interest dengan mobil2 bermesin mesin diesel..![]()
Saya malah pewe di keluarga KijangKodokPushUp wrote:Ane juga belajar nyetir pake panther, begitu juga kedua meme ane.
Tapi belajar pake mobil jadul gini enak om.
Feel gas dan kopling gampang banget dapetnya.
Diesel jadul non turbo - torsi bawahnya gede.
Uphill start hampir berasa sama kayak jalan datar.
Baca ceritanya om Betty (akhirnya tau ternyata jenis kelamin laki2, setelah nulis punya bini)![]()
Kejadian juga di meme ane, dan dia ga mau nyetir matic.
Nanjak, naik gunung, mepet2, parkir sempit, ngebut dikejar waktu, perjalanan luar kota, 5 tahun dan ganti2 mobil ga pernah ada masalah.
Begitu ganti ecosport m/t...
Sekali nanjak dan merayap di mall, berkali2 mesin mati, mobil mundur ga kuat nanjak, atau ban spin.
Sekarang tiap mau nanjak, mobil ane diculik

Dasar Toyota minded

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: RE: Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Haloooww oom otogossif [emoji1]otogossif wrote:Halloo Oom speedfreak.. and all subes (suhu besar) otomotif engineering... salam "jura" nubie di marihspeedfreak wrote:baca thread ini pada lucu-lucu sharing dan komen2nya.. jadi ngakak2 sendiri..
saya sendiri juga penggemar manual tranny.
tapi karena alasan ekonomis dan alasan kemacetan jakarta dan skrg tiap hari istri yang nyetir mobil nya sedangkan saya naek kereta jadi kendaraan harian dituker dari M/T ke geared A/T.
kendaraan M/T yg satu lagi masih ada tapi ngandang mlulu soale bensinnya boros dan hanya dipake kalo weekend atau kalau pas butuh pergi ber 7 atau ber 8.
apalagi kalau rencana trip nya ke gunung atau ke jalan berkelok.. wah pasti pilih yang M/T deh daripada A/T tapi nanti konsekuensi nya bakalan saya terus yang nyetir sedangkan istri gamau nyetir.
pernah pas ke jogja dipinjemi ATOZ A/T ma sodara di sana, pas lagi jalan ke area yang agak "tinggi" dan jalannya menanjak.. beugh itu kesabaran bener2 diuji![]()
eniwei, sebetulnya yg dimaksud dg "alasan ekonomis" utk mobil A/T (instead of M/T) itu secara lebih spesifiknya bijimane sih Oom/suhu2..?is it solely based on modern A/T's fuel consumption compared to modern M/T's?tp apakah ini udah bener2 ada "data statistik" yg reliable (or at least from "daily record") dari para pengguna A/T sekaligus M/T dgn spec dapur pacu serta pada type mobil (or even merk) yg kurleb sama/setara, atau hanya sekedar gimmick marketing belaka supaya matic tranny lebih bisa "menjual"
,which eventually benefited more to the manufacturer/vendor
![]()
? and then, apakah udah turut memperhitungkan pula maintenance penggantian oli A/T yg umumnya masih sangat terbatas pada brand oli pabrikan?belum lagi resiko failure pada opsi tranny A/T yg notabene utk kondisi ASS maintenance A/T di negeri ini (to the extend of my knowledge) sedikit aja terjadi flaw, bisa menjadi penyakit yg "menular", bahkan sampe ke pemiliknya (bisa tiba2 terserang penyakit "kanker" kronis)
Beberapa kasus memang AT sama or even lebih irit daripada MT counterpart nya. Tetapi, banyakan kasus diatas sebatas klaim EPA dan semacamnya. In real world, nope... Terlihat di lomba ecodriving salah satu kendaraan beberapa waktu lalu, selisihnya lumayan besar, sekitar 2kml antara MT dan CVT nya. Tetapi, banyak orang yang 'cincai yang penting gue nyaman' karena clutchless operationnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Kita se kandungan?FRD wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded

Pantes kita sama sama juta megaton


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
imingwahyudi wrote:Kita se kandungan?FRD wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded![]()
Pantes kita sama sama juta megaton![]()



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Aku juga segede karungFRD wrote:imingwahyudi wrote:Kita se kandungan?FRD wrote:Kijang... sama kalo gitu..keluarga ane juga toyota minded![]()
Pantes kita sama sama juta megaton![]()
.................



....karung tumbler Starbucks si


-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Yeap... If i ever got an offspring or two, i will buy a goddamned SX8GM...
Lumayan buat mereka belajar apa arti sebuah mobil sebenarnya, ulik2 mekanikal, belajar menyetir yang baik dan benar dan beretika... *heater ane cabut untuk menghindari hal2 yang diinginkan...*
.......................................
Lumayan buat mereka belajar apa arti sebuah mobil sebenarnya, ulik2 mekanikal, belajar menyetir yang baik dan benar dan beretika... *heater ane cabut untuk menghindari hal2 yang diinginkan...*

.......................................

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
madcat015 wrote:Yeap... If i ever got an offspring or two, i will buy a goddamned SX8GM...
Lumayan buat mereka belajar apa arti sebuah mobil sebenarnya, ulik2 mekanikal, belajar menyetir yang baik dan benar dan beretika... *heater ane cabut untuk menghindari hal2 yang diinginkan...*![]()
.......................................
*gue kadalin ah biar yang kecabut kompresor AC


























-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
*siap2 beli Changhong 1PK, outdoor pasang di atap, indoor pasang di bagasi..., lepas speaker di partisi bagasi...*imingwahyudi wrote:madcat015 wrote:Yeap... If i ever got an offspring or two, i will buy a goddamned SX8GM...
Lumayan buat mereka belajar apa arti sebuah mobil sebenarnya, ulik2 mekanikal, belajar menyetir yang baik dan benar dan beretika... *heater ane cabut untuk menghindari hal2 yang diinginkan...*![]()
.......................................
*gue kadalin ah biar yang kecabut kompresor AC![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
madcat015 wrote:*siap2 beli Changhong 1PK, indoor pasang di atap, outdoor pasang di bagasi..., lepas speaker di partisi bagasi...*imingwahyudi wrote:madcat015 wrote:Yeap... If i ever got an offspring or two, i will buy a goddamned SX8GM...
Lumayan buat mereka belajar apa arti sebuah mobil sebenarnya, ulik2 mekanikal, belajar menyetir yang baik dan benar dan beretika... *heater ane cabut untuk menghindari hal2 yang diinginkan...*![]()
.......................................
*gue kadalin ah biar yang kecabut kompresor AC![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()











Tapi di dalem mobilnya




















-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Bakalan lebih panas dari kamar ane... 

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
madcat015 wrote:Bakalan lebih panas dari kamar ane...
Ya gapapa

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Aki ganti seminggu sekali... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Sedia deodoran di ujung ujung softpad 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Hallo om otogossif..otogossif wrote:
Halloo Oom speedfreak.. and all subes (suhu besar) otomotif engineering... salam "jura" nubie di marih![]()
eniwei, sebetulnya yg dimaksud dg "alasan ekonomis" utk mobil A/T (instead of M/T) itu secara lebih spesifiknya bijimane sih Oom/suhu2..?is it solely based on modern A/T's fuel consumption compared to modern M/T's?tp apakah ini udah bener2 ada "data statistik" yg reliable (or at least from "daily record") dari para pengguna A/T sekaligus M/T dgn spec dapur pacu serta pada type mobil (or even merk) yg kurleb sama/setara, atau hanya sekedar gimmick marketing belaka supaya matic tranny lebih bisa "menjual"
,which eventually benefited more to the manufacturer/vendor
![]()
? and then, apakah udah turut memperhitungkan pula maintenance penggantian oli A/T yg umumnya masih sangat terbatas pada brand oli pabrikan?belum lagi resiko failure pada opsi tranny A/T yg notabene utk kondisi ASS maintenance A/T di negeri ini (to the extend of my knowledge) sedikit aja terjadi flaw, bisa menjadi penyakit yg "menular", bahkan sampe ke pemiliknya (bisa tiba2 terserang penyakit "kanker" kronis)
sorry telat balasnya

yg saya maksud dengan ekonomis di sini.. hmm maaf sebelumnya karena saya sebetulnya kurang lengkap ceritanya.
jadi gini.
sebelum2nya mobil yang dipakai harian ada 2 dan ada 1 mobil yg parkir di rumah. total ada 3 mobil.
ketiganya M/T. tiap hari saya pakai mobil sendiri. istri diantar sopir pakai mobil sendiri.
mobil ketiga hanya jalan pas weekend.
sejak awal 2014, driver pribadi resign trus mau gamau istri harus nyetir sendiri.
karena jakarta makin macet, maka saya juga beralih ke kereta. otomatis ada 2 mobil harian yg M/T yg ga kepakai karena istri mintanya nyetir A/T akhirnya itu 2 mobil dijual trus diganti 1 mobil A/T.
nah ini yg saya maksud dengan ekonomis nya karena : dari awalnya tiap bulan keluar biaya bensin utk 2 mobil harian + gaji driver trus diubah total jadi hanya bensin utk 1 mobil harian dan tanpa gaji driver juga.
kalau dicompare head to head mobil merk dan spec sama namun beda transmisi M/T dan A/T tentu saja konsumsi bensin akan sedikit lebih irit yang M/T.
mengendarai A/T kalau sudah tau cara nya dan mau bersabar tidak rush memaksakan mobil utk melaju juga konsumsi bensin bisa lumayan irit.
kalau bicara biaya maintenance, tentunya A/T akan lebih besar biayanya dibanding M/T.
di mobil yg M/T saya biasanya sampai odometer 80rb km belum ganti kampas rem. masih tebel pas dicek oleh mekanik bengkel.
kemarin ini di mobil A/T pas servis 60rb km baru divonis harus ganti kampas rem depan oleh mekanik bengkel.
kalau mobil A/T sejenis di bengkel itu ada yg baru 20rb atau 30rb atau 40rb sudah diharuskan ganti kampas rem.
semoga menjawab ya
