

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Waahhh cewip mekdiJambangan wrote:Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
Itu karpet kenapa bisa kembar ama pny aneJambangan wrote:Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
kenapa dengan sling based clutch oom?b8099ok wrote:Ane pake manual buat harian,... And I hate sling/cable clutch. Klo bisa minta tuker ane dah minta tuker ni pikancrut,... Apa daya, bos berkuasa penuh atas mobdin kuli,...
Betul oom Eka, manual diesel lebih liveable kalo untuk macet macetan. Beberapa kali saya disuruh setir Innova/Spin diesel, rasanya enak cuma governing the clutch pedal only begitu creeping for the traffic jamEKA666 wrote:Manual diesel mantep banget, lepas kopling tanpa towel gas juga udah ngangkat. Yang gak keganti di otomatis ya kalo injek setengah kopling, buat di tanjakan berhenti sebentar lumayan berguna walaupun ada efeknya juga. [emoji12]
Jambangan wrote:Ane harian jg pake manual
Tapi kyknya di jakarta bentar lagi manual punah nih [emoji22]
ada X factor yang ga bisa digantikan sama DSG juga yak oomr12qiSonH4ji wrote:Ane belajar mobil thn 2006 pake manual
Sampe punya mobil xenia xi, yaris, terios sampe thn 2014 semuanya manual.
Sensasinya emg gk bisa dilupain.
Tp skrg ane cuman punya duo matic di rmh.
Jd kangen sh, soalnya pas pake manual tuh paling kerasa pas road trip pertama ane ke Bali pake xenia, beughh rasanya maknyos...![]()
Ada sh keinginan buat beli manual lg nanti, tp minimal impreza wrx sti lah, biar kerasa manualnya (msh mimpi)![]()
Tp satu hal menurut ane, cw yg nyetir manual itu [cencored] bgt menurut ane.
Betty wrote:Trit yang sangat bermakna buat ogud yang "Sopir Kampung" penggemar MT ini...![]()
Dari pertama sekali "megang setir" sampe hari ini selalu MT.![]()
Mulai dari zaman nyetir masih hobi "Mati Tegak" sampe "ngocok" kopling di jalan tol masih belum nemuin sistem transmisi yang lebih menyenangkan selain MT.![]()
Nyetir MT paling menyenangkan, berkesan sekaligus membingungkan dan menguji kesabaran ya... terakhir ini di "Gerobak Kaleng" ogud Si Betty (GL L11 2013 MT) ...![]()
Special Thanks dan Salut buat Mod imingwahyudiyang sudah membuat trit tentang MT ini dan meneguhkan ogud betapa "tak tergantikannya" MT itu meski menjelang "Akhir Hayatnya"
![]()
Salam Ngopling,
nescafe wrote:nubie ikutan absen disini, sebagai user manual everyday
Iya mod Iming, DSG itu gak bisa ngasih pengalaman yg seluar biasa manual murni. Meskipun udh pake paddleshift. Gak ada sensasi ngoplingnya. Dan ane setuju sm pendapat om kodok pushup, klo manual itu kita yg megang kendali.imingwahyudi wrote: ada X factor yang ga bisa digantikan sama DSG juga yak oom, terkadang malah sesuatu yang lebih lambat bisa jadi lebih enjoyable ke kita nya..
berarti cewek di kampus saya [cencored] semuanya dong?![]()
![]()
![]()
![]()
Jadi penasaran sama Ecosport MTKodokPushUp wrote:Seaneh2nya kopling livina MT, masi lebih aneh ecosport MT![]()
![]()
DSG menurut ane tetep aja matic
Manual menurut ane bukan cuma masalah cepet atau lambat dibanding matic (DSG)
Tapi penguasaan kendaraan sepenuhnya oleh sang pengemudi![]()
*makanya ane paling benci manual yg diatur2 komputer
Ampun mods... ogud cuma "sopir kampung" masih jauh dari "sepuh" *menjura hormat*.imingwahyudi wrote:Betty wrote:Trit yang sangat bermakna buat ogud yang "Sopir Kampung" penggemar MT ini...![]()
Dari pertama sekali "megang setir" sampe hari ini selalu MT.![]()
Mulai dari zaman nyetir masih hobi "Mati Tegak" sampe "ngocok" kopling di jalan tol masih belum nemuin sistem transmisi yang lebih menyenangkan selain MT.![]()
Nyetir MT paling menyenangkan, berkesan sekaligus membingungkan dan menguji kesabaran ya... terakhir ini di "Gerobak Kaleng" ogud Si Betty (GL L11 2013 MT) ...![]()
Special Thanks dan Salut buat Mod imingwahyudiyang sudah membuat trit tentang MT ini dan meneguhkan ogud betapa "tak tergantikannya" MT itu meski menjelang "Akhir Hayatnya"
![]()
Salam Ngopling,![]()
![]()
![]()
sepuh manualnya SM ni
![]()
salute to oom Betty, harian pake Livie manual yang *konon* perilaku koplingnya agak aneh (saya sendiri belom pernah coba Livina MT, banyakan AT di kenalan saya)
ah bukan thread apa apa kok oom, cuma berbagi sudut pandang saja![]()
Salam juga![]()
yah kan kt ngomongin mobil harian dan untuk yg tinggal di jakarta yg jalanannya macet banget, pegel bok pake manualKodokPushUp wrote:@om/tante Betty
err maksud nubie, throttle by wire yg jeda seabad, kopling yg ga berasa feel nya dan ga bisa di setel (belum nyebut sensor terkutuk itu), respon mesin yg dibikin smooth hingga ga terasa apa torsi cukup atau hampir stall pas nanjak
Secara garis besar, mechanical feedback yg diberikan mobil, di cut dan dibikin smooth oleh ecu, sehingga tidak dirasakan oleh pengemudi, mungkin didesain untuk kenyamanan penumpang
Ane ga terlalu setuju sama pendapat om htannis
Buat pengemudi amatir seperti ane, mobil2 underpower juga bisa fun, bisa sepuasnya cornering dengan full power tanpa takut pantat menjadi terlalu liar dan kehilangan kendali
Walaupun kalo track lurus ya bikin frustasi
Pada mobil2 0-100 dibawah 5s, tanpa pro driver seperti om htannis, cornering bisa jadi hal yg berbahaya
Beda kelas broFRD wrote:CRV sama CX-5 dibilang underpower![]()
trus harrier 2.4 dibilang apa?
![]()
Wah ane lupa kalo itu mobil dewaKodokPushUp wrote:Beda kelas broFRD wrote:CRV sama CX-5 dibilang underpower![]()
trus harrier 2.4 dibilang apa?
![]()
Itu kan mobil dewa, ga boleh dipaksa2
Disuruh ngebut, kalo dewa nya ogah2an, ya mau gimana lagi![]()
(⌣_____⌣ =-?) Hmmm ... Sepertinya karakter sistem transmisi Ecosport mirip2 sama GL yak... Kalau masalah sensor gantung kopling itu gimana? Kalau di GL sih asal agak2 "sabar" dan rajin gantung kopling sih masalah selesai... Kalau di tanjakan yang agak terjal, ogud biasanya sih tarik Hand Brake atau kalau kondisi stop and go biasanya mainin rem dan gas pake kaki kanan... (Rem di tapak kaki, gas pake tumit) so far... Aman...KodokPushUp wrote:@om/tante Betty
err maksud nubie, throttle by wire yg jeda seabad, kopling yg ga berasa feel nya dan ga bisa di setel (belum nyebut sensor terkutuk itu), respon mesin yg dibikin smooth hingga ga terasa apa torsi cukup atau hampir stall pas nanjak