Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by Turboman »

as subject

Pada tahun 1980 - 1990 an, kita ingat banyak mesin2 Gasoline sedan JDM dengan Turbocharger

tentu kita semua ingat dgn kode2 spt :
RB 25 DET
SR 20 DET
VG 30 DET
2JZ-GTE
4G63T
6A12TT
Dll.

Lalu seiring regulasi emisi di Jepang, satu per satu mesin2 tsb "punah", walau pada versi coupe Sport-nya & Kei Car tetap terus diproduksi. Sedangkan pada sedan hanya bbrp type spt Lancer Evo yg terus diproduksi (tapi konon bentar lagi mau dimatiin)

Sekarang dgn aplikasi GDI & trend downsizing, mesin2 dgn Forced Induction pada mobil2 sedan Jepang mulai muncul kembali, surprisingly kali ini Honda mengambil langkah di depan

Honda Sipik 1.5 VTEC GDI-T:
Image

Toyota Auris 1200 GDI-T :
Image

Lexus NX 200T :
Image

Mudah2-an range mesin2 FI ke depannya akan terus diperluas

Kalau sy pribadi yg saya appreciate adalah karakter Torsi besar dari RPM rendah.

Bagaimana pereferensi rekan2 ?
:mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by sintoni »

Hmm. Iya pak turbo, skrg lg jaman efisiensi. Pake kapasitas mesin kecil tapi tambah turbo biar power tetap gede.

Tapi saya sendiri tetap pecinta naturally aspirated engine, secara respon mesin pasti lebih maknyus mengingat tidak ada halangan, seperti turbo lag, dan mengingat seni mengail tenaga mesin hingga rpm tertinggi. Hehehe.

:ungg:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by ricz »

Mesin turbo gini di Indonesia advantagenya di pajak, soalnya dgn kapasitas 1300 cc bs hasilkan output setara dgn mesin 1800 cc ato lebih...

Imho cmiiw

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by htannis »

sintoni wrote:Hmm. Iya pak turbo, skrg lg jaman efisiensi. Pake kapasitas mesin kecil tapi tambah turbo biar power tetap gede.

Tapi saya sendiri tetap pecinta naturally aspirated engine, secara respon mesin pasti lebih maknyus mengingat tidak ada halangan, seperti turbo lag, dan mengingat seni mengail tenaga mesin hingga rpm tertinggi. Hehehe.

:ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 510
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by glendotan »

Sebagai end user sih ane sangat setuju dengan pemakaian turbo pada mesin2 bensin jepun mendatang. cc lebih kecil tapi tenaga bisa menyamai cc besar sebelumnya. (ex : ecoboost or 1.4tsi) belum lagi masalah pajak dan fc yang pastinya akan lbh baik..

Mudah2an oprekable kyk crdi... Senggol piggyback dikit terbang tenaga hehehe :frm_salut:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by sintoni »

htannis wrote:
sintoni wrote:Hmm. Iya pak turbo, skrg lg jaman efisiensi. Pake kapasitas mesin kecil tapi tambah turbo biar power tetap gede.

Tapi saya sendiri tetap pecinta naturally aspirated engine, secara respon mesin pasti lebih maknyus mengingat tidak ada halangan, seperti turbo lag, dan mengingat seni mengail tenaga mesin hingga rpm tertinggi. Hehehe.

:ungg:
Wkwk. Boleh jg pak. Hehehehe.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by ChZ »

Intinya sih kalo dulu turbocharged itu identik dengan performa.

Sekarang turbocharged justru identik dengan efisien dan ramah lingkungan.

Ya beda jaman, teknologi sudah beda, pola pikir juga beda pastinya. Dulu orang mikirnya kan mau irit pasti cc kecil dan mobilnya gak bisa lari.

Sekarang mikirnya mau gabungin mobil irit, ramah lingkungan, dan tetep bisa lari ngacir ngalahin cc besar? Pake cc kecil lalu turboin. Dipadu dengan teknologi GDI jadilah mesin yang sangat efisien. Contohnya Ecoboost dan TSI.

Ane termasuk penganut paham mobil dengan power besar itu lebih gampang dibikin irit tapi tetep kenceng dibanding power kecil udah lemot FCnya enggak lebih baik pula, tentunya di mobil yang sama persis yah... termasuk paham yang juga dianut oleh bokap ane...

Makanya beliau begitu interested dengan teknologi sekarang yang kembali pake turbo tapi nyasarnya ke efisiensi. Sempat nanya ke ane "kalo turbo bisa bikin mesin efisien kenapa dari dulu pabrikan gak bikin turbocharged aja yah?".
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by maskopat »

ChZ wrote:Intinya sih kalo dulu turbocharged itu identik dengan performa.

Sekarang turbocharged justru identik dengan efisien dan ramah lingkungan.

Ya beda jaman, teknologi sudah beda, pola pikir juga beda pastinya. Dulu orang mikirnya kan mau irit pasti cc kecil dan mobilnya gak bisa lari.

Sekarang mikirnya mau gabungin mobil irit, ramah lingkungan, dan tetep bisa lari ngacir ngalahin cc besar? Pake cc kecil lalu turboin. Dipadu dengan teknologi GDI jadilah mesin yang sangat efisien. Contohnya Ecoboost dan TSI.

Ane termasuk penganut paham mobil dengan power besar itu lebih gampang dibikin irit tapi tetep kenceng dibanding power kecil udah lemot FCnya enggak lebih baik pula, tentunya di mobil yang sama persis yah... termasuk paham yang juga dianut oleh bokap ane...

Makanya beliau begitu interested dengan teknologi sekarang yang kembali pake turbo tapi nyasarnya ke efisiensi. Sempat nanya ke ane "kalo turbo bisa bikin mesin efisien kenapa dari dulu pabrikan gak bikin turbocharged aja yah?".
trus jawaban mod apa?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by ChZ »

maskopat wrote:
trus jawaban mod apa?
Jawaban ane ya sama dengan postingan ane di atas, oom Kopat... :ngacir:

"pemikirannya udah beda, teknologi juga udah canggih sekarang"
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by maskopat »

ChZ wrote:
maskopat wrote:
trus jawaban mod apa?
Jawaban ane ya sama dengan postingan ane di atas, oom Kopat... :ngacir:

"pemikirannya udah beda, teknologi juga udah canggih sekarang"
teknologi apa yang jauh lebih canggih dulu dan sekarang?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by imingwahyudi »

IMHO...ga begitu fancying FI'd engines...because it kills the charismatic noise made by engine..kinda muffled sort of..in a very exception to RB and JZ series' engines :mky_02:

On the other hand..modalin buat pimping the power up nya gampang bener...setidaknya dalam struktural. Pasang aftermarket chips, naik dah seperlima dari standar. Coba NA engines :ungg:


Personally, kalo ada next gen FI'd engines yang punya paket kombinasi selengkap RB dan JZs, surely it will have a boom :mky_02:


...and I'll pick one of it :upss:


...kalo macem N20 lagi :ungg:




... :ngacir:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by lemonadelovers »

btw kenapa ya pabrikan lebih pilih pasang turbo dibanding supercharger

dan kenapa ya teknologi supercharger cenderung ga berkembang / ga kedengeran gaungnya..
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by htannis »

mesin turbo era sekarang gak bs di pump out lebih jauh powernya beda sama mesin turbo jaman dulu
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by KodokPushUp »

Nah, sama tuh bro lemon sama pemikiran ane
Buat dalem kota, supercharged gdi, pasti torsi bawah nya gila, dengan mesin cc kecil, enak banget buat stop-and-go
Tinggal menunggu pencerahan dari para master
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by g1ng2 »

ChZ wrote:Intinya sih kalo dulu turbocharged itu identik dengan performa.

Sekarang turbocharged justru identik dengan efisien dan ramah lingkungan.
Ya beda jaman, teknologi sudah beda, pola pikir juga beda pastinya. Dulu orang mikirnya kan mau irit pasti cc kecil dan mobilnya gak bisa lari.

Sekarang mikirnya mau gabungin mobil irit, ramah lingkungan, dan tetep bisa lari ngacir ngalahin cc besar? Pake cc kecil lalu turboin. Dipadu dengan teknologi GDI jadilah mesin yang sangat efisien. Contohnya Ecoboost dan TSI.

Ane termasuk penganut paham mobil dengan power besar itu lebih gampang dibikin irit tapi tetep kenceng dibanding power kecil udah lemot FCnya enggak lebih baik pula, tentunya di mobil yang sama persis yah... termasuk paham yang juga dianut oleh bokap ane...
wah jadi inget lagi fast furious 2 nih waktu muscle car vs turbo charged: camaro V8 vs evo
ChZ wrote: Makanya beliau begitu interested dengan teknologi sekarang yang kembali pake turbo tapi nyasarnya ke efisiensi. Sempat nanya ke ane "kalo turbo bisa bikin mesin efisien kenapa dari dulu pabrikan gak bikin turbocharged aja yah?".
kalau hanya efisiensi irit ramah lingkungan, harusnya electric car, hybrid, gas dan teknologi2 lainnya yang jadi pertimbangan, tapi karena tidak semua negara bisa menerima hybrid (tidak ada subsidi pemerintah) dan user juga masih ragu takut mahal teknologinya, ya jadinya supplier turbocharged kerjasama dengan OEM (karena dasarnya orang suka nyetir ngebut??)
http://wot.motortrend.com/superchargers ... 91027.html

btw kenapa judulnya sedan2 jdm ya? coba lihat april ini debut di jepun, pake 1,5 Turbo:
http://www.honda.co.jp/STEPWGN/new/

Katanya Ferarri gak suka turbo ya??
http://www.roadandtrack.com/car-culture ... ocharging/
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by imingwahyudi »

:big_chicken:
KodokPushUp wrote:Nah, sama tuh bro lemon sama pemikiran ane
Buat dalem kota, supercharged gdi, pasti torsi bawah nya gila, dengan mesin cc kecil, enak banget buat stop-and-go
Tinggal menunggu pencerahan dari para master


DiG-S nya Nissan itu supercharged oom... HR12DE plus blower...kebayang enaknya low end torque :big_love:

Applied on Note,March and Juke [AFAIK]
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by billyd1773dz »

Supercharge tu less efisien karna desainy sendiri ngambil tenaga mesin.


Supercharger sendiri ada 3 macam
root blower yg ukurany besar dan gedhe biasanya d muscle car jadul kya punya om dominic
screw evolusi lebih modern dri rootblower, ukuran lebih keciil dan lebih efisien biasanya d vw tsi most modern sc, jg dijul bwat aftermarket
centrifugal which is keong turbo yg digerakin pulley....umumny aftermarket n capable produce high hp on high rpm, jg lebih efisien dan simple dri yg lain. Namun low end ny kurang karna sifatny compressing layakny turbo, yg lain positive displacment


Turbo gdi modrn yg focus efisiensi dgn yg dulu bedany gmn? Imho yg focus efisiensi ukurany kecil fast spining dan fokus di low to mid torque umuny ecoboost seperti ini, sedangkan performance bigger turbo fokus highrev bwat bikin hp

Naikin hp? Torsi rev atas hrs naik... klw turbo uda g sanggup y hrs swap ganti turbo


Cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by DOHC »

imingwahyudi wrote::big_chicken:
KodokPushUp wrote:Nah, sama tuh bro lemon sama pemikiran ane
Buat dalem kota, supercharged gdi, pasti torsi bawah nya gila, dengan mesin cc kecil, enak banget buat stop-and-go
Tinggal menunggu pencerahan dari para master


DiG-S nya Nissan itu supercharged oom... HR12DE plus blower...kebayang enaknya low end torque :big_love:

Applied on Note,March and Juke [AFAIK]
adalagi supercharge buatan impuls buat batu makam mods...

kepake buat di enjin HR yg 1500 kebawah... djamin bkin nyetir batu makam lebi ahoyy...

siapin kira2- 30an jeteng buat masukin ke dalam enjin bay...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by r12qiSonH4ji »

ijin nyimak trit yang 4 sehat 5 sempurna :mky_02:

membaca komen2 master2 turbo di SM bikin nambah pengetahuan ane nh :big_comfort:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by ChZ »

maskopat wrote: teknologi apa yang jauh lebih canggih dulu dan sekarang?
Y kayak GDI dan teknologi manufakturnya juga termasuk, oom Kopat. Termasuk gimana orang - orang sekarang bisa bikin enjin yang semakin kompak secara ukuran dan bobot. Small size & light weight = efficiency. Desain komponen - komponen engine juga terus berkembang misalnya desain intake dan exhaust, pengapian, dst.

Sebetulnya yang beneran "maju" itu pemikiran orang - orangnya sih kalau boleh dibilang. Makanya teknologi forced induction yang sempat ditinggalkan bisa kembali populer. Juga karena jargon "go green" yang ada otomatis pabrikan akan terus mikir gimana bikin mobil dengan tenaga besar tanpa harus pakai kapasitas besar = turbocharged. Emisi bagus, power tetep dapet.

Turbocharger nya juga semakin berkembang dari ukuran yang kecil, twin-turbocharged, twin-scroll, variable geometry, dual-charger, dst. Seperti yang dibilang bro Billy, kalau buat efisiensi rata - rata pada pakai yang kecil.

AFAIK dengan bervariasinya teknologi turbo seperti ini butuh desain engine yang semakin kuat tapi tetep ringan.

Jadi IMHO sekarang kalo orang bilang mau kenceng boros, mau irit lemot, ya itu udah nggak berlaku lagi.... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote:Supercharge tu less efisien karna desainy sendiri ngambil tenaga mesin.

Naikin hp? Torsi rev atas hrs naik... klw turbo uda g sanggup y hrs swap ganti turbo

Cmiiw
:beer:
Bisa hybrid dulu Turbonya duunkkss

Ganti Compressor wheel yg lebih gede dikit dan BILLET
:mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by maskopat »

ChZ wrote:
maskopat wrote: teknologi apa yang jauh lebih canggih dulu dan sekarang?
Y kayak GDI dan teknologi manufakturnya juga termasuk, oom Kopat. Termasuk gimana orang - orang sekarang bisa bikin enjin yang semakin kompak secara ukuran dan bobot. Small size & light weight = efficiency. Desain komponen - komponen engine juga terus berkembang misalnya desain intake dan exhaust, pengapian, dst.

Sebetulnya yang beneran "maju" itu pemikiran orang - orangnya sih kalau boleh dibilang. Makanya teknologi forced induction yang sempat ditinggalkan bisa kembali populer. Juga karena jargon "go green" yang ada otomatis pabrikan akan terus mikir gimana bikin mobil dengan tenaga besar tanpa harus pakai kapasitas besar = turbocharged. Emisi bagus, power tetep dapet.

Biarpun yaaa particularly basic dari teknologi forced induction sekarang itu ya sama ajah kayak 20 taun lalu, cuma yah karena jargon ramah lingkungan ini jadi heboh sekali.

Jadi IMHO sekarang kalo orang bilang mau kenceng boros, mau irit lemot, ya itu udah nggak berlaku lagi.... :mrgreen:
oo jadi teknologi GDI memungkinkan mesin menggunakan turbo untuk efisiensi ya mod....

kalo perkembangan teknologi manufaktur gimana bisa bikin efisiensi mesin mod? bukannya teknologi manufaktur lebih ke efisiensi produksi, bukan efisiensi mesin mobilnya?

kalo masalah mesin ringan iya sih. sekarang sudah banyak yang pake aluminum bahkan untuk bloknya. kalo jeroannya ane gak tahu apakah sudah ke aluminum atau masih besi cor.

tapi ane seneng dengan mesin turbo efisien kek gini. jadi ibaratnya fc setara dengan mesin 1300cc, tapi performa setara dengan mesin 1800cc... :big_exellent:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by maskopat »

DOHC wrote:
imingwahyudi wrote::big_chicken:
KodokPushUp wrote:Nah, sama tuh bro lemon sama pemikiran ane
Buat dalem kota, supercharged gdi, pasti torsi bawah nya gila, dengan mesin cc kecil, enak banget buat stop-and-go
Tinggal menunggu pencerahan dari para master


DiG-S nya Nissan itu supercharged oom... HR12DE plus blower...kebayang enaknya low end torque :big_love:

Applied on Note,March and Juke [AFAIK]
adalagi supercharge buatan impuls buat batu makam mods...

kepake buat di enjin HR yg 1500 kebawah... djamin bkin nyetir batu makam lebi ahoyy...

siapin kira2- 30an jeteng buat masukin ke dalam enjin bay...
tinggal pasang aja mod klep? gak perlu penyesuaian jeroan lagi?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by ChZ »

maskopat wrote: oo jadi teknologi GDI memungkinkan mesin menggunakan turbo untuk efisiensi ya mod....

kalo perkembangan teknologi manufaktur gimana bisa bikin efisiensi mesin mod? bukannya teknologi manufaktur lebih ke efisiensi produksi, bukan efisiensi mesin mobilnya?

kalo masalah mesin ringan iya sih. sekarang sudah banyak yang pake aluminum bahkan untuk bloknya. kalo jeroannya ane gak tahu apakah sudah ke aluminum atau masih besi cor.

tapi ane seneng dengan mesin turbo efisien kek gini. jadi ibaratnya fc setara dengan mesin 1300cc, tapi performa setara dengan mesin 1800cc... :big_exellent:
Ya GDI itu termasuk salah satu yg berkontribusi terhadap efisiensi juga sih, AFAIK.

Ane kurang paham secara detailnya, yang jelas mesin - mesin manufaktur sekarang dengan 20 taun yang lalu kan teknologinya sudah beda, oom Kopat. Sensor-sensornya, tingkat kepresisiannya, dst.

Kalau menurut pendapat nubi jelas berdampak ke efisiensi karena bikin mesin yang kuat, presisi, tapi tetep ringan dan kompak sekarang udah enggak mustahil lagi. Bagaimanapun turbocharged kan butuh kepresisian tinggi dan komponen yang kuat. Intinya bukan secara langsung berpengaruh, lebih tepatnya secara tidak langsung implikasinya ke teknologi yang ada sekarang, termasuk Forced Induction.

Sekarang mostly pakai Aluminium block, tapi kasus khusus di Ecoboost masih pakai cast iron (seperti yang pernah ditulis oom helem di liga LCGC).

Sekali lagi semua hanya pendapat nubie ya.... sangat-sangat CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote:Supercharge tu less efisien karna desainy sendiri ngambil tenaga mesin.

Naikin hp? Torsi rev atas hrs naik... klw turbo uda g sanggup y hrs swap ganti turbo lebih besar

Cmiiw
:beer:
Bisa hybrid dulu Turbonya duunkkss

Ganti Compressor wheel yg lebih gede dikit dan BILLET
:mrgreen:
Btul ganti yg lebih gede, ntah modip.atw ganti unit
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz