Pada tahun 1980 - 1990 an, kita ingat banyak mesin2 Gasoline sedan JDM dengan Turbocharger
tentu kita semua ingat dgn kode2 spt :
RB 25 DET
SR 20 DET
VG 30 DET
2JZ-GTE
4G63T
6A12TT
Dll.
Lalu seiring regulasi emisi di Jepang, satu per satu mesin2 tsb "punah", walau pada versi coupe Sport-nya & Kei Car tetap terus diproduksi. Sedangkan pada sedan hanya bbrp type spt Lancer Evo yg terus diproduksi (tapi konon bentar lagi mau dimatiin)
Sekarang dgn aplikasi GDI & trend downsizing, mesin2 dgn Forced Induction pada mobil2 sedan Jepang mulai muncul kembali, surprisingly kali ini Honda mengambil langkah di depan
Honda Sipik 1.5 VTEC GDI-T:

Toyota Auris 1200 GDI-T :

Lexus NX 200T :

Mudah2-an range mesin2 FI ke depannya akan terus diperluas
Kalau sy pribadi yg saya appreciate adalah karakter Torsi besar dari RPM rendah.
Bagaimana pereferensi rekan2 ?
