Master haz spoken....AD74YA wrote:Kenapa kok lebih prefer R34 sih ketimbang R35? Drama? Maksudnya semacam serial Mak Lampir apa gimana?![]()
Buat yang bilang R35 accessible ke newbies, apa benar seperti itu kenyataannya? Karena ane pernah assess R35 langsung.. Menurut ane yang newbie ini, mobil ini sangat handful di dalam kota dalam automatic mode, sering geter mungkin karena automated manual. Untuk menghilangkan kegugupan mobilnya, harus menggunakan manual mode dengan paddleshift, yang ane yakin bakal lebih membingungkan user awam. Karena biasanya pada mobil normal pakai gigi 2 keatas, ini gigi 1 udah bisa cover gap stop and go traffic walau low end accel nya pada gear 1 agak lemot untuk real performance GTR. Intinya, cukup tricky.
Kalau dipakai di Europe, seperti kemarin ane rasakan di Jerman, yakin lah R35 is a bliss. Tapi di Jakarta? Surabaya? Dengan rear visibility yang kayak gitu, ride yang keras, dan body yang jauh lebih lebar dari yang kita bayangkan di depan setir, yang ada sering ketar-ketir di dalam mobil. Very accessible? I don't really think so..![]()
Mengenai "drama", setau ane hal tentang lateral G dan akselerasi R35 ngebantai R34. Dan ane udah merasakan sendiri aktivasi launch control di R35. Rasanya kayak di tendang orang. Kurang dramatis apa ane pikir...![]()
Jadi... Ane merasa kurang dapet point "drama" yang di omong-omongin disini..

Nah ini yang jadi pro-kontra antara fans GT-R sebelum-sebelumnya sebenernya, oom Go. Saking perfect nya mobil ini selalu jadi perdebatan antara fanboys yang pro dan kontra dengan R35.
Mengenai accessible ke newbie, mungkin nggak se-ekstrim yang dibilang orang-orang yang bilang nenek-nenek pun bisa menang drag lawan Corvette ZR-1 pakai GT-R, ya itu lebay ane rasa. Nenek-nenek boro-boro ngalahin Corvette ZR-1, kena launch controlnya aja udah sakit pinggang... err... jantungan maksud ane dan malah berakhir di RS..
Mungkin lebih accessible dibanding R34 karena mobil ini DCT, sehingga newbie drivers pun nggak perlu struggle dengan pedal kopling seperti di R34 ? Tapi ya tentunya newbie disini bukan orang yang baru belajar nyetir 7 hari yah. Orang baru belajar nyetir 7 hari langsung bawa R35 Black Edition atau Nismo ane jamin akan kaget (terutama cewek), dan mungkin in some cases akan nabrak.
Atau more accessible dibanding Ferrari 458 atau Lamborghini Huracan?
Nah, point drama yang dimaksud oom Jose itu ane hanya meng-interpretasikan dengan bahasa dan pengertian ane sendiri, oom Go. Harap maklum kalau nubie salah meng-interpretasikan

Kalau nyetir di Jakarta atau Surabaya nyerah lah pakai R35, mending pake Agya atau Avanza

I am a fan of GT-R, and i admit R35 is a giant leap from the previous R34 (walaupun R34 sebenernya udah cukup canggih buat zamannya). Sebagai sebuah pencapaian teknologi R35 adalah pencapaian yang luar biasa dari pabrikan seperti Nissan.
Tapi sepertinya hati kebanyakan orang belum bisa move on dari R34 yang ikonik itu....
