Sisi gelap industri otomotif

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by VanzMatic »

Landie wrote:
amfibi wrote:Tiap bulan mobil pabrikan bikin puluhan ribu mobil di jalanan seluruh Indonesia... Sedangkan mobil second masih terus berjalan... Apa puluhan tahun lg ga bengep ini bumi sama polusi kalo begitu terus :ungg:
Mobil tua pelan-pelan juga akan hilang dengan sendirinya, liat aja Kijang Kapsul/ Panther/ Kuda/ Taruna waktu awal tahun 2000an kan populer banget tuh, setiap keluar pasti ketemu; sekarang udah mulai jarang.
Mana ituh yg bilang hilang?

Besok tgl 14-15 februari, lihat di cibubur ya, jamboree mitsubishi kuda..

*eh... ini trit apa tho?
[emoji297] [emoji297] [emoji297] [emoji209] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Landie »

Hilang pelan-pelan om, bukan langsung punah, saya sendiri masih punya Kisul LGX '00. Tp kenyataannya di Jakarta mulai jarang lihat mobil generasi tsb mulai jarang terlihat (dibandingkan 10 tahun yg lalu).

Ya namanya mobil pasti ada usia pakainya, ada yg lebih sebentar ada yg lebih lama, nantinya kl sudah lewat 20 tahun, minta jajan-nya sudah keterlaluan, spare part mulai dikit...pada akhirnya jadi besi tua. Kl mau lihat mobil yg lebih tua lagi ya Kijang doyok, bandingin aja yg dl terjual berapa unit, yang masih beroperasi sampai hari ini berapa unit. Ini bicara umumnya yah, bukan untuk hobbyist/ collector/ DIYers kelas berat.

Ini bukannya saya ngejelekin mobil tua yah :big_peace: cuma mau nunjukin kl argumen "macet + polusi karena mobil baru keluar terus sementara mobil lama terus beredar" itu ga sepenuhnya benar.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Landie »

ChZ wrote: Public transport memang masalah utama di Indonesia, harus ada perubahan, nggak cuma armadanya yang dibikin baru, tu lama-kelamaan juga rusak. Mental pengemudinya juga harus diubah, diajarin nyetir yang halus, diajarin ngatur waktu dan ngetemnya nggak kelamaan, dan diajarin ngerawat mobil wa rasa juga perlu...

Tapi yah seperti ini rasanya udah bagian dari Indonesia... :shrug:
Di Indo, angkot disebut public transport, tapi kepemilikan/ manajemen angkotnya aja ga jelas. Boro-boro ngajarin cara nyetir/ ngetem, pemerintah mau atur tarif aja banyak yg ga patuh; BBM naik supir angkot pada demo...not so public transport. Kl seperti TransJakarta ya baru bisa teratur, kepemilikan dan manajemen dikuasai pemerintah; sopir ga usah pusing soal tarif/ harga BBM/ setoran.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

Landie wrote:
Misalnya public transport di Jakarta sebagus Singapore pun, om Turbo pasti masih mau punya mobil kan? At least untuk weekend atau liburan. Rekan2 saya di SG yg sudah mapan jg rata-rata punya mobil meskipun ga dipake ngantor.
Punya hanya utk Back Up aja.......dan kendaraan operasonal staff utk antar barang dagangan ke kastemer2 :mrgreen:

Saya pribadi sangat menyukai kota dimana saya bisa jalan kaki sejauh mungkin

Kalo ke Sing biasanya ane naek Taxi hanya jika pas mau balik ke Jkt aja (kalo flight pagi), di luar itu semua naik MRT, termasuk waktu datang juga

Kalo di KL, Sepang - KL naik bus yg bayar 8 ringgit dan seat lebar reclining, tinggal tidur di bus tahu2 dah sampe Central.......Central ke Bukit Bintang naik Monorail..........pernah juga ngalamin naek KRL di sana keretanya error dan nunggu di stasiun sampe kereta pengganti datang....bareng teman2 waktu mau ke IKEA KL (dah lama sii). (Tapi waktu ke KL ya ada sempat juga naek mobil, krn ikut teman dijemput business partner-nya di KL)
:big_biglaugh:

JAPAN :
Yg ane demen waktu di Osaka.....dari KIX (Kansai airport) ke Osaka sampai hotel semua FULL naek JR rail.......jalan2 ke Universal studio juga naek JR rail.........ikut tour ke Kyoto juga pas pagi2 para peserta ngumpul dari hotel di Umeda station trus kita sama2 naik JR Rail ke Kyoto bareng tour guide-nya....baru di Kyoto city tor naik bus, sampe ke Nara.....udah itu balik Osaka naik kereta lagi........juga ikut walking tour di Osaka jalan kaki2 sampe jauhhhhhh........plus naek boat di sungai...............pulangnya dari Osaka ke KIX juga naek kereta

Pokoknya selama 5 hari di Osaka ane sama sekali nggak pernah naek Taxi, tapi kita bisa ke sana kemari dengan mudah......kalo ngeliat jalur kereta di peta Osaka itu udah kayak struktur kawat nyamuk aja.......banyak jalur dari Timur ke Barat / Utara ke Selatan saling paralel.....juga ada rel Ring Loop yg mengellingi.....bahkan orang turun di KIX aja bisa ke Umeda st. trus nyambung ke kota lain spt Kobe / Yokohama dgn pindah kereta, benar2 TOP BINGIT LAHHH
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

CHINA :
pas pergi ke pameran Coating show th 2011, naek Air Asia X turun di Hangzhou malam2, ke hotel naek taxi (mobil)

Hangzhou - Suzhou = Bulletrain G Class CRHA 380........lari 305 kpj

Suzhou - Shanghai = Bulletrain G Class lagi

Sampai Shanghai PuDong station turun ke bawah nyambung pake subway dan turun ke st. yg terdekat hotel, trus jalan kaki ke hotel

2 hari berturut2 ke pameran, dari hotel jalan kaki ke st subway terdekat dan naik subway sampe ke st. Shanghai Conve & Expo centre, baliknya juga sama.

Pas pulang, Shanghai - Xioshan = Bulletrain C-Class.......lebih pelan dr G Class......cuman 250 kpj ajah......sampe st Xiaoshan ke hotel naek taxi (mobil)

Pas dr hotel ke erportnya naik Taxi


HONGKONG :
Terakhir ke HK akhir 2010

Ini salah 1 kota yang udah mirip kayak Kobe, jaringan MTR nya juga RUARRR BIASA

Pas jalan2 ke Shenzhen, naik MTR trus pindah Light Rail ke Lou Ma Cho......di perbatasan abis lewatin imigrasi lanjut naek subway dan tahu2 udah turun di "Taman Mini"-nya Shenzhen......(Window of d world)...........baliknya juga sama.


IMHO :
Bagi saya pribadi kota yg keren & "mewah" bukan kota yg banyak mobil mewahnya, tapi kota yang memiliki Transportasi publik yg sangat bagus.......betul itu MEWAH, karena biaya insvestasi MRT / LRT itu sangat mahal...........fitur2 kereta masa kini juga gila2.......Air Suspension / Double Glaze window / Robot train tanpa masinis (kayak Bombardier train di KL) dll

*sekedar opini pribadi*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

Salvanost wrote:urusan cari solusi ya jangan disamain dengan Jepang donk
Jepang ya Jepang, Indonesia ya Indonesia

emangnya gampang mau niru Jepang?
mereka punya cara mereka sendiri, kita harus punya cara kita sendiri juga

Jakarta sebagai kota metropolitan dengan budget banyak + Gurbernur kaya Ahok aja masih ga keliatan perkembangannya

lagian gaji berapa sih? mau mukul rata semua orang harus naik transportasi umum itu mustahil
UMP mau diatas 3jt juga masih ada kok yg digaji 1,5juta
memang gak akan mungkin akan sama dengan Jepang 100% & rujukan2 itu nggak boleh hanya mengacu kepada 1 sumber saja, harus ke banyak sumber utk perbandingan

But at least kita belajar & mengacu kepada suatu sistem2 yg udah Proven, tentunya dengan penyesuaian2 dgn kondisi lokal

Mau naik Transportasi Umum atau mobil pribadi ya soal pilihan, tapi jika suatu kota transportasi umum sudah sangat baik dan naik mobil ketemu macet melulu + parkir mahal / parkir susah, maka nanti publik akan memilih mana yg lebih make sense

Saya pribadi aja kalo wiken aja udah menghindari mall2 tertentu yg parkir-nya "gila"........beda yah jika misalnya ada MRT, gak usah abis waktu cari parkir.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by VanzMatic »

Nggada beda secara ras dan watak antara kita bangsa indonesia dengan bangsa jepang. Sama sama ras Asia yang unggul dan makmur.

Unggul dengan keragaman alam, unggul karena sumber daya alam, unggul dalam budaya ketimuran yg kita junjung tinggi.

Itu semua potensinya. Jepang sudah mendapatkan potensi dan memanfaatkannya. Kita aja yg belum. Kita harapkan pemerintah yg sekarang, baik lokal maupun nasional, mulai memperbaiki kerusakan kerusakan baik mental maupun materi yg ditinggalkan para pendahulu, TANPA mengungkit ungkit kesalahan para pendahulu.

Kita ingat, Bung Karno ngga pernah menyalahkan Dai Nippon yg telah melakukan kerusakan dalam penjajahan. Beliau hanya membangun dan membangun.
Pak Harto ngga menyalahkan bung karno atas kekacauan revolusi dan apapun kekurangan bung Karno sebagai manusia biasa. Pak Harto juga membangun.

Demikian seterusnya, para pemimpin juga sudah mencontohkan untuk memberi contoh membangun dan berkarya.

Sudahkah kita mengambil yang baik dan membuang yang buruk saja untuk indonesia..?

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by DOHC »

mobil2 tua kayanya masi lama dehh baru bener2 bsa di kategorikan "lenyap" dr negara ini... entah di scrap, ceburin ke jurang atau laut, atau bahkan di timbun d hutan mana gt...

contoh aj d sulawesi... (jgn liat makasar atau menado, ini mah cuman 2 kota ini doank yg maju di pulau ini) populasi mobil2 jadul malah ckup berimbang dgn mobil2 modern... di sulteng, kijang kapsul, taruna, ampe panther aj bsa lebi banyak dari ipah... plg agya ayla yg skrg ud mulai menjamur dikit2... masuk k daerah lebi pedalaman lg, kijang super... dan ga jarang, plat nya B... walaupun plat nya jg ud mati...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by maskopat »

tret ini koq jadi mirip2 dengan issue kebijakan pemerintah tentang angkutan umum?
viewtopic.php?f=4&t=21230

mohon pertimbangan mods dan TS khususnya untuk menggabungkan atau tidak tapi dengan konteks sesuai judul...
:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Landie »

Turboman wrote: Mau naik Transportasi Umum atau mobil pribadi ya soal pilihan, tapi jika suatu kota transportasi umum sudah sangat baik dan naik mobil ketemu macet melulu + parkir mahal / parkir susah, maka nanti publik akan memilih mana yg lebih make sense

Saya pribadi aja kalo wiken aja udah menghindari mall2 tertentu yg parkir-nya "gila"........beda yah jika misalnya ada MRT, gak usah abis waktu cari parkir.
Kl point-nya begini ya setuju bgt :big_exellent:, intinya beri orang pilihan, bukan dengan mempersulit org punya mobil pribadi.

Buat om Turbo mungkin ga masalah kl ipah d4d nanti harganya diatas 1M apabila diterapkan COE, tetep bisa beli (buat backup), tapi kl buat saya harga ipah d4d skrg aja udah mahal :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by ChZ »

maskopat wrote:tret ini koq jadi mirip2 dengan issue kebijakan pemerintah tentang angkutan umum?
viewtopic.php?f=4&t=21230

mohon pertimbangan mods dan TS khususnya untuk menggabungkan atau tidak tapi dengan konteks sesuai judul...
:thanks:
yang dibahas rasanya beda oom kopat.... :mrgreen:

ya entahlah, TSnya juga sama & sama-sama moderator kan :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

OK back to main topic

IMO :
Kalo dari pengamatan pribadi, kita juga harus jeli menganalisa panduan servis resmi mana yg benar2 membuat mobil awet & mana yang sebetulnya "pabrik ingin kita ganti mobil setiap 3 - 5 tahun"

Walau memang ini sekedar analisa pribadi aja

Bbrp item anjuran interval servis mobil2 modern belakangan ini ane lihat ada yg nggak masuk akal, spt anjuran ganti ATF dgn jarak yg terlalu jauh (80 - 100 rb Km), padahal produsen Matic unit-nya sendiri menyarankan ganti ATF setiap 2 tahun atau 20.000 Km utk ATF mineral based OEM

http://www.aisinaftermarket.jp/en/produ ... x_AFW+.pdf

Nah ini salah 1 contoh kecil aja

Kira2 hal ini termasuk "dark side" nggak ya......heheheheh..............ya tergantung kejelian konsumen juga dah

Salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

Landie wrote: Buat om Turbo mungkin ga masalah kl ipah d4d nanti harganya diatas 1M apabila diterapkan COE, tetep bisa beli (buat backup), tapi kl buat saya harga ipah d4d skrg aja udah mahal :big_childish:
Wah harga price list baru Ipah saat ini buat sy pribadi juga sudah terasa overprice........dgn fitur yg begitu2 aja :mrgreen:

Kalo di Jkt ane pribadi vote yg quota plat NoPol mobil baru aja........kayak di CungKuo......harga mobilnya sih std MSRP......tapi harga pelat NoPol di Beijing konon jadi seharga mobilnya sendiri / malah lebih mahal dr mobilnya utk pembeli yg urgent, jadi orang yg mau beli mobil utk dapat pelat NoPol scr free mesti isi daftar waiting list dulu, ganti mobil sistem perencanaan, misal 2 - 3 tahun di depan udah booking pelat NoPol-nya

Tentunya ini juga harus dikaji lebih lanjut, jangan sampai mematikan sektor bisnis2 tertentu yg punya armada operasional & butuh peremajaan.

Dengan catatan Transportasi Massal di Jkt juga harus sebaik / se komprehensif di kota2 besar di CungKuo yg nerapin quota pelat NoPol

Kalok skg ini di DKI ada pembatasan motor di jalan protokol, dgn kondisi public transport spt skg rasanya belum tepat yah.

IMO ajah
* Bukan ajakan Beli *
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by lemonadelovers »

Turboman wrote:OK back to main topic

IMO :
Kalo dari pengamatan pribadi, kita juga harus jeli menganalisa panduan servis resmi mana yg benar2 membuat mobil awet & mana yang sebetulnya "pabrik ingin kita ganti mobil setiap 3 - 5 tahun"

Walau memang ini sekedar analisa pribadi aja

Bbrp item anjuran interval servis mobil2 modern belakangan ini ane lihat ada yg nggak masuk akal, spt anjuran ganti ATF dgn jarak yg terlalu jauh (80 - 100 rb Km), padahal produsen Matic unit-nya sendiri menyarankan ganti ATF setiap 2 tahun atau 20.000 Km utk ATF mineral based OEM

http://www.aisinaftermarket.jp/en/produ ... x_AFW+.pdf

Nah ini salah 1 contoh kecil aja

Kira2 hal ini termasuk "dark side" nggak ya......heheheheh..............ya tergantung kejelian konsumen juga dah

Salam
ane tau nih mana yg dimaksud om turbo.. emang bener suruh ganti km 80rb wkwkwk, padahal dia cm garansi sampe 100rb km aja..

sekedar nambahin adalagi, yaitu:
- udah tau sering dimaling krn security jadul n murah.. sengaja ga pasang immobilizer
- kasih airbag karena "tertekan" pabrikan lain yg udah pasang duluan, jd bukan karena melindungi konsumennya..
- gak kasih ABS di mobil yg ud berbobot diatas 1.5ton dan rem cuma drum dgn ukuran relatif kecil
- overpriced, naikin kasta produk dengan kasih produk bawahnya yg seolah-olah lebih murah
- overpriced, harga di faktur sama harga price list (dikurang diskon) jauh banget dibanding kompetitor
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by purrfect »

lemonadelovers wrote:
Turboman wrote:OK back to main topic

IMO :
Kalo dari pengamatan pribadi, kita juga harus jeli menganalisa panduan servis resmi mana yg benar2 membuat mobil awet & mana yang sebetulnya "pabrik ingin kita ganti mobil setiap 3 - 5 tahun"

Walau memang ini sekedar analisa pribadi aja

Bbrp item anjuran interval servis mobil2 modern belakangan ini ane lihat ada yg nggak masuk akal, spt anjuran ganti ATF dgn jarak yg terlalu jauh (80 - 100 rb Km), padahal produsen Matic unit-nya sendiri menyarankan ganti ATF setiap 2 tahun atau 20.000 Km utk ATF mineral based OEM

http://www.aisinaftermarket.jp/en/produ ... x_AFW+.pdf

Nah ini salah 1 contoh kecil aja

Kira2 hal ini termasuk "dark side" nggak ya......heheheheh..............ya tergantung kejelian konsumen juga dah

Salam
ane tau nih mana yg dimaksud om turbo.. emang bener suruh ganti km 80rb wkwkwk, padahal dia cm garansi sampe 100rb km aja..

sekedar nambahin adalagi, yaitu:
- udah tau sering dimaling krn security jadul n murah.. sengaja ga pasang immobilizer
- kasih airbag karena "tertekan" pabrikan lain yg udah pasang duluan, jd bukan karena melindungi konsumennya..
- gak kasih ABS di mobil yg ud berbobot diatas 1.5ton dan rem cuma drum dgn ukuran relatif kecil
- overpriced, naikin kasta produk dengan kasih produk bawahnya yg seolah-olah lebih murah
- overpriced, harga di faktur sama harga price list (dikurang diskon) jauh banget dibanding kompetitor
kalo ngasih rem cakram solid yang pelepasan ventilasinya gak bagus di mobil yang beratnya diatas 1.2 ton + harga udah nggak masuk akal dibanding kompetitor + kebanyakan penggunanya (pembelinya) sering ngebut atau pecicilan kaya ngejar setan di jalan termasuk nggak ?

:mky_01:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by VanzMatic »

Kalau pembelinya skrg beralih ke kompetitor dengan dalih supaya pecicilannya pasti lebih aman karena sudah pake erbeg abs, itu bagaimana yah?

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by liat2aja »

lemonadelovers wrote:
ane tau nih mana yg dimaksud om turbo.. emang bener suruh ganti km 80rb wkwkwk, padahal dia cm garansi sampe 100rb km aja..

sekedar nambahin adalagi, yaitu:
- udah tau sering dimaling krn security jadul n murah.. sengaja ga pasang immobilizer
- kasih airbag karena "tertekan" pabrikan lain yg udah pasang duluan, jd bukan karena melindungi konsumennya..
- gak kasih ABS di mobil yg ud berbobot diatas 1.5ton dan rem cuma drum dgn ukuran relatif kecil
- overpriced, naikin kasta produk dengan kasih produk bawahnya yg seolah-olah lebih murah
- overpriced, harga di faktur sama harga price list (dikurang diskon) jauh banget dibanding kompetitor
poin poin bung lemonadelovers saya setuju, dari kemarin mau posting point nomor 4 (naikin kasta produk) tapi ga sempat.

Bahas poin 4 contohnya Toyota Avanza, dulu harganya berapa, sekarang berapa. Tiap tahun bahkan tiap bulan naik harganya, alasannya rupiah melemah lah, harga baja naik lah, dst dst. Ini ga ada bedanya dengan dagang rumah2 developer (beli hari ini bung! besok harga naik). Akhirnya harga overpriced bahkan 2x lipat dari harga launchnya. Bandingan dengan di US (bos POS VETT yg bisa jelasin) setahu saya harga mobil begitu saja. Contohnya Honda disana sudah ketahuan Civic dari dulu dibawah USD 20k kalaupun lebih karena full accessories (bukan krum krum yg jelas), Accord sekitar USD 25k-35k dst. Walaupun ada tambahan produk seperti Jazz (kalau ga salah disana Fit) dan HR-V dia akan bermain di segmen harga yg "kosong".

Di Indo laaaaah itu Avanza "naik kasta" giliran jualan baru LCGC (ga tau mana low costnya, ga tau mana green carnya). Btw Toyota Avanza cuma contoh, sama saja dengan merk2 lain, facelift sedikit (alias tambah krum) naik harga. Dan ini sudah seperti kartel, semua merk seperti itu.

Harga terus naik, diskon digedein bahkan bisa puluhan juta. Lah saya yg tinggal di daerah susah bung dapat diskon segede di Jakarta. Akhirnya bayar di pricelist, kalau hoki diskon 5-10 juta. Padahal sudah kena "ongkos kirim" segitu juga. Lah kalau buka diskon 5 juta, ditawar 25 juta kayak di Jakarta mana dapat.

APM naikkan harga terus, mobil bekas dengan tipe yg sama juga ikutan naik. Contoh beberapa taun lalu ketemu kenalannya bokap, dengan bangga dia cerita dulu beli Avanza 99,5 juta, dijual beberapa tahun kemudian (kalau ga salah) 110 juta jadi untung. Lhooo akhirnya orang jadi salah kaprah, dikira beli mobil itu investasi!

Random post aja... :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by ChZ »

Turboman wrote:OK back to main topic

IMO :
Kalo dari pengamatan pribadi, kita juga harus jeli menganalisa panduan servis resmi mana yg benar2 membuat mobil awet & mana yang sebetulnya "pabrik ingin kita ganti mobil setiap 3 - 5 tahun"

Walau memang ini sekedar analisa pribadi aja

Bbrp item anjuran interval servis mobil2 modern belakangan ini ane lihat ada yg nggak masuk akal, spt anjuran ganti ATF dgn jarak yg terlalu jauh (80 - 100 rb Km), padahal produsen Matic unit-nya sendiri menyarankan ganti ATF setiap 2 tahun atau 20.000 Km utk ATF mineral based OEM

http://www.aisinaftermarket.jp/en/produ ... x_AFW+.pdf

Nah ini salah 1 contoh kecil aja

Kira2 hal ini termasuk "dark side" nggak ya......heheheheh..............ya tergantung kejelian konsumen juga dah

Salam
ya kayak salah satu mobil paling pasaran sih oom.... ganti oli disarankan per 10K, apa nggak membusuk tu oli....

ane pake "kembarannya" dan tetep ganti oli rutin 5k sekali, wong 4k aja udah nggak enak kok disuruh 10k :big_slap:

sebenernya kalo di Indonesia nggak bisa pake patokan kilometer sih, secara kondisi traffic disini bikin kerja mesin jadi lebih berat... ini juga yang luput dari perhatian produsen (atau memang disengaja?)

tetep kalo mobilnya dipake daily IMO lebih baik 3-4 bulan sekali ganti oli sih....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by djia »

liat2aja wrote: poin poin bung lemonadelovers saya setuju, dari kemarin mau posting point nomor 4 (naikin kasta produk) tapi ga sempat.

Bahas poin 4 contohnya Toyota Avanza, dulu harganya berapa, sekarang berapa. Tiap tahun bahkan tiap bulan naik harganya, alasannya rupiah melemah lah, harga baja naik lah, dst dst. Ini ga ada bedanya dengan dagang rumah2 developer (beli hari ini bung! besok harga naik). Akhirnya harga overpriced bahkan 2x lipat dari harga launchnya. Bandingan dengan di US (bos POS VETT yg bisa jelasin) setahu saya harga mobil begitu saja. Contohnya Honda disana sudah ketahuan Civic dari dulu dibawah USD 20k kalaupun lebih karena full accessories (bukan krum krum yg jelas), Accord sekitar USD 25k-35k dst. Walaupun ada tambahan produk seperti Jazz (kalau ga salah disana Fit) dan HR-V dia akan bermain di segmen harga yg "kosong".

Di Indo laaaaah itu Avanza "naik kasta" giliran jualan baru LCGC (ga tau mana low costnya, ga tau mana green carnya). Btw Toyota Avanza cuma contoh, sama saja dengan merk2 lain, facelift sedikit (alias tambah krum) naik harga. Dan ini sudah seperti kartel, semua merk seperti itu.

Harga terus naik, diskon digedein bahkan bisa puluhan juta. Lah saya yg tinggal di daerah susah bung dapat diskon segede di Jakarta. Akhirnya bayar di pricelist, kalau hoki diskon 5-10 juta. Padahal sudah kena "ongkos kirim" segitu juga. Lah kalau buka diskon 5 juta, ditawar 25 juta kayak di Jakarta mana dapat.

APM naikkan harga terus, mobil bekas dengan tipe yg sama juga ikutan naik. Contoh beberapa taun lalu ketemu kenalannya bokap, dengan bangga dia cerita dulu beli Avanza 99,5 juta, dijual beberapa tahun kemudian (kalau ga salah) 110 juta jadi untung. Lhooo akhirnya orang jadi salah kaprah, dikira beli mobil itu investasi!

Random post aja... :big_bored:
imo, kalo kenaikan harga di sini rasanya memang wajar saja. lah emang negara kita inflasinya tinggi, rupiah melemah terhadap usd sampe >30% dlm 3thn padahal part n produksi masih berbasis usd, buruh n operator pabrik minta kenaikan gaji gila2an (ane kaget pas dibilang bahwa gapok ane yg staf S1 di pabrik 4 thn lalu sekarang dah sama dgn gapok operator lulusan esema belum termasuk lembur).
kalo di negara dgn inflasi rendah ya wajar aja harga2 tetep bertahan dari tahun ke tahun.

menurut ane keluhan thd toyota ini bukan kenaikan harganya (krn semua atpm juga menaikkan harga dari tahun ke tahun), tpi krn nominal harganya yg dirasa ketinggian utk spek barang yg didapat.
ane sndiri stlh beli veloz kmarin menganggap cukup lah ga akan beli produk astra group lagi krn kemahalan, kecuali kalo memang ga ada pilihan lain yg lebih baik di kompetitornya :big_grin:

begitu juga dengan selisih otr antara jakarta dan daerah, itu juga bukan toyota saja. misal ahir 2013 dulu ada 1 temen di jkt n 1 temen di sby sama2 nyari spin di waktu yg sama, selisih harga setelah diskon beda kalo ga salah 15 atau 20 jt.
sigalingging
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Jan 29, 2015 4:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by sigalingging »

djia wrote: imo, kalo kenaikan harga di sini rasanya memang wajar saja. lah emang negara kita inflasinya tinggi, rupiah melemah terhadap usd sampe >30% dlm 3thn padahal part n produksi masih berbasis usd, buruh n operator pabrik minta kenaikan gaji gila2an (ane kaget pas dibilang bahwa gapok ane yg staf S1 di pabrik 4 thn lalu sekarang dah sama dgn gapok operator lulusan esema belum termasuk lembur).
kalo di negara dgn inflasi rendah ya wajar aja harga2 tetep bertahan dari tahun ke tahun.

menurut ane keluhan thd toyota ini bukan kenaikan harganya (krn semua atpm juga menaikkan harga dari tahun ke tahun), tpi krn nominal harganya yg dirasa ketinggian utk spek barang yg didapat.
ane sndiri stlh beli veloz kmarin menganggap cukup lah ga akan beli produk astra group lagi krn kemahalan, kecuali kalo memang ga ada pilihan lain yg lebih baik di kompetitornya :big_grin:

begitu juga dengan selisih otr antara jakarta dan daerah, itu juga bukan toyota saja. misal ahir 2013 dulu ada 1 temen di jkt n 1 temen di sby sama2 nyari spin di waktu yg sama, selisih harga setelah diskon beda kalo ga salah 15 atau 20 jt.
setuju yg ane bold gan,
secara bisnis sih dia sah2 aja set harga berapapun,
cuman kalau udah cek biaya produksi per unit, bisa emosi juga liat margin yg mreka ambil pas nge set harga retail.. :big_cry:
madcat015 wrote:Hmmm... sisi gelap industri otomotif...

Welp, kl mw dikorek dan diobok sampe dalam, otomotif beserta industri pendukungnya adalah salah satu industri paling "gelap" yg pernah ane jabanin di luar perbankan.

Ane setuju, dibutuhkan komitmen dan keberanian plus otak encer pemerintah untuk lepas dari jeratan prinsipal di Jepun sono. Jujur, Indonesia bagi ane tidak lebih dari cash cow negara matahari terbit. Kita yg kerja bikin mobil, kita yg beli, kita yg kridit, kita yg menanggung traffic jam, kita yg menyubsidi bbm dari pajak yg kita bayarkan, dst dst dst. Sorta circling the 7th layer of hell...

Dudulnya, pemerintah kita cukup dibekap dengan berbagai macam gratifikasi utk meloloskan kemauan prinsipal. Bagi ane, pertengahan 2013 adalah puncak kekecewaan ane terhadap industri ini saat LCGC di gol kan.

Mengutip post seorang rekan di marih: IJEPA adalah trofi kemenangan ATPM thdp IU, LCGC adalah trofi kemenangan ATPM thdp diler mobkas. What a purrfect victory...

Bagaimanapun, melihat begitu banyaknya sektor yg tergantung thdp industri ini secara langsung atau tidak langsung, mmg harus dicari win win solution. Pertimbangan beban kemacetan, subsidi energi, dll harus bisa jadi pemberat thdp tenaga kerja, pemasukan negara, dll dari sektor otomotif.

Pemerintah kita lah yg bs menyetir arah perkembangan sektor otomotif. Skr mah uda kayak KA yg rem nya blong. Sektor otomotif melesat jauh tanpa bs di hentikan meninggalkan beban sosial begitu besar yg bahkan harus ditanggung oleh sebagian rakyat yg ga berhubungan blas dgn sektor ini.

Just my two whiskers... :ungg:
yg nyesek,
lewat produksi dalam negeri yg judulnya memberi multiplier effect, tanpa disadari Prinsipal sudah mengalihkan resiko SDA dan limbahnya kesini..
Last edited by ricz on Thu Jan 29, 2015 5:36, edited 1 time in total.
Reason: Bantu multi quote
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by madcat015 »

Setuju... multiplies effect hanya bagus saat lobby2 ke pemerintah...

Kenyataannya tidak sebagus di atas kertas...

Nah, sisi gelap industri otomotif sendiri mmg cukup... errr... gelap. tetapi, bijimanepun, jika ada hasrat di sana *seperti impian mod wasir*, monggo nyebur... sekadar utk mencari pengalaman dan pelampiasan. tp sejatinya, di industri otomotif, idealisme akan selalu kalah oleh "rule of engagement" bisnis otomotif.

Cmiaaauwww :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by didietkeren »

Solusinya gimana ya? Minimal ada langkah2 dari semua pihak terkait, mulai dari konsumen, pelaku bisnis dan regulator.
mahesoo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by mahesoo »

solusinya kalau menuntut pihak yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur regulasi ya sulit toh mereka sulit dijangkau dan kalaupun dijangkau belum tentu suara kita di dengar :big_dunno:

paling mungkin sih menurut saya solusi dari sisi kita yaitu sisi konsumen
menurut ane kita konsumen harus kritis, barang bagus bilang bagus barang jelek bilang jelek, dan kalau kita agak gak sreg sama prosuknya terang2an aja bilang ke sales mobilnya, contoh honda city generasi yang sebelum sekarang sempat ngobrol2 sama sales honda di mall mereka susah jualnya karena pada saat itu harga vios jauh lebih murah dan fitur yang seabrek dibanding city (pada saat itu spion retract aja city gak ada), akhirnya berikutnya honda mulai 'agak royal' ngasih fitur ya mungkin suara konsumen di dgr sales, suara sales akhirnya nyampe ke petinggi.

dan juga mungkin sisi lainnya mulai menghargai produk yang worth contoh bukan promosi loh ya ini menurut ane mazda, biarin atpm kecil itu mendapatkan kesempatan dan menjadi besar daripada bikin yang besar makin besar yang pada akhirnya akan makin pongah :big_dunno:

soalnya terkesan "AFTER SALES GUE OKE JARINGAN DIMANA-MANA JUAL PRODUK APAPUN LAKU DONG" :big_bored:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by bangrosi »

Ngomong2 soal sisi gelap otomotif liat di berita pabrikan sepeda motor H sayap dan Garpu tala diselidikin KPPU karena melakukan kartel harga.mirip kasus kartel sms antar operator.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by ChZ »

mahesoo wrote:solusinya kalau menuntut pihak yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur regulasi ya sulit toh mereka sulit dijangkau dan kalaupun dijangkau belum tentu suara kita di dengar :big_dunno:

paling mungkin sih menurut saya solusi dari sisi kita yaitu sisi konsumen
menurut ane kita konsumen harus kritis, barang bagus bilang bagus barang jelek bilang jelek, dan kalau kita agak gak sreg sama prosuknya terang2an aja bilang ke sales mobilnya, contoh honda city generasi yang sebelum sekarang sempat ngobrol2 sama sales honda di mall mereka susah jualnya karena pada saat itu harga vios jauh lebih murah dan fitur yang seabrek dibanding city (pada saat itu spion retract aja city gak ada), akhirnya berikutnya honda mulai 'agak royal' ngasih fitur ya mungkin suara konsumen di dgr sales, suara sales akhirnya nyampe ke petinggi.

dan juga mungkin sisi lainnya mulai menghargai produk yang worth contoh bukan promosi loh ya ini menurut ane mazda, biarin atpm kecil itu mendapatkan kesempatan dan menjadi besar daripada bikin yang besar makin besar yang pada akhirnya akan makin pongah :big_dunno:

soalnya terkesan "AFTER SALES GUE OKE JARINGAN DIMANA-MANA JUAL PRODUK APAPUN LAKU DONG" :big_bored:
sampai ada anekdot :

"sampah dikasih logo Toyota pun laku kayak kacang goreng"

ya intinya kita sebagai konsumen yang kritis aja... akhirnya karena banyak protes dari pengguna, kritikan reviewer, dan serangan kompetitor, Pisjon tobat kan dengan ngasih 6 airbags dan softpad di produk-produk Honda sekarang :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7