Landie wrote:
Misalnya public transport di Jakarta sebagus Singapore pun, om Turbo pasti masih mau punya mobil kan? At least untuk weekend atau liburan. Rekan2 saya di SG yg sudah mapan jg rata-rata punya mobil meskipun ga dipake ngantor.
Punya hanya utk Back Up aja.......dan kendaraan operasonal staff utk antar barang dagangan ke kastemer2
Saya pribadi sangat menyukai kota dimana saya bisa jalan kaki sejauh mungkin
Kalo ke Sing biasanya ane naek Taxi hanya jika pas mau balik ke Jkt aja (kalo flight pagi), di luar itu semua naik MRT, termasuk waktu datang juga
Kalo di KL, Sepang - KL naik bus yg bayar 8 ringgit dan seat lebar reclining, tinggal tidur di bus tahu2 dah sampe Central.......Central ke Bukit Bintang naik Monorail..........pernah juga ngalamin naek KRL di sana keretanya error dan nunggu di stasiun sampe kereta pengganti datang....bareng teman2 waktu mau ke IKEA KL (dah lama sii). (Tapi waktu ke KL ya ada sempat juga naek mobil, krn ikut teman dijemput business partner-nya di KL)
JAPAN :
Yg ane demen waktu di Osaka.....dari KIX (Kansai airport) ke Osaka sampai hotel semua FULL naek JR rail.......jalan2 ke Universal studio juga naek JR rail.........ikut tour ke Kyoto juga pas pagi2 para peserta ngumpul dari hotel di Umeda station trus kita sama2 naik JR Rail ke Kyoto bareng tour guide-nya....baru di Kyoto city tor naik bus, sampe ke Nara.....udah itu balik Osaka naik kereta lagi........juga ikut walking tour di Osaka jalan kaki2 sampe jauhhhhhh........plus naek boat di sungai...............pulangnya dari Osaka ke KIX juga naek kereta
Pokoknya selama 5 hari di Osaka ane sama sekali nggak pernah naek Taxi, tapi kita bisa ke sana kemari dengan mudah......kalo ngeliat jalur kereta di peta Osaka itu udah kayak struktur kawat nyamuk aja.......banyak jalur dari Timur ke Barat / Utara ke Selatan saling paralel.....juga ada rel Ring Loop yg mengellingi.....bahkan orang turun di KIX aja bisa ke Umeda st. trus nyambung ke kota lain spt Kobe / Yokohama dgn pindah kereta, benar2
TOP BINGIT LAHHH
CHINA :
pas pergi ke pameran Coating show th 2011, naek Air Asia X turun di Hangzhou malam2, ke hotel naek taxi (mobil)
Hangzhou - Suzhou = Bulletrain G Class CRHA 380........lari 305 kpj
Suzhou - Shanghai = Bulletrain G Class lagi
Sampai Shanghai PuDong station turun ke bawah nyambung pake subway dan turun ke st. yg terdekat hotel, trus jalan kaki ke hotel
2 hari berturut2 ke pameran, dari hotel jalan kaki ke st subway terdekat dan naik subway sampe ke st. Shanghai Conve & Expo centre, baliknya juga sama.
Pas pulang, Shanghai - Xioshan = Bulletrain C-Class.......lebih pelan dr G Class......cuman 250 kpj ajah......sampe st Xiaoshan ke hotel naek taxi (mobil)
Pas dr hotel ke erportnya naik Taxi
HONGKONG :
Terakhir ke HK akhir 2010
Ini salah 1 kota yang udah mirip kayak Kobe, jaringan MTR nya juga RUARRR BIASA
Pas jalan2 ke Shenzhen, naik MTR trus pindah Light Rail ke Lou Ma Cho......di perbatasan abis lewatin imigrasi lanjut naek subway dan tahu2 udah turun di "Taman Mini"-nya Shenzhen......(Window of d world)...........baliknya juga sama.
IMHO :
Bagi saya pribadi kota yg keren & "mewah" bukan kota yg banyak mobil mewahnya, tapi kota yang memiliki Transportasi publik yg sangat bagus.......betul itu MEWAH, karena biaya insvestasi MRT / LRT itu sangat mahal...........fitur2 kereta masa kini juga gila2.......Air Suspension / Double Glaze window / Robot train tanpa masinis (kayak Bombardier train di KL) dll
*sekedar opini pribadi*