Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

ah taxi Avanza di Semarang sih udah jamak... wong Peugeot 408 ama Spin Diesel aja jadi taxi disini...

taxi MPV sangat populer kalo di Semarang...
DOHC wrote: balik lg ke atoyot, emg mobil2 dia banyakan membosankan desain nya, fitur kuno kampungan ala taon 90an... tp yah tetep ada nilai lebih yg dicari oleh konsumen indonesia... awet, parts KW berlimpah dan ASS lengkap dari ujung ampe ujung kepulauan...
itulah oom, makanya ane ngga ngelirik Toyota/Daihatsu kecuali buat mobil operasional.... Avanza/Innova.... bulletproof dan ngerawatnya gampang, syarat utama buat mobil operasional buat dipake ancur ancuran

selain itu mending beli produk kompetitor dengan model lebih fresh, teknologi lebih advanced dan yang penting nggak bosenin
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adty »

DOHC wrote:
djia wrote: gegara merek lain kurang bisa ngasi efek 'peace of mind': reliable (entah statistiknya beneran lebih reliable drpd merek2 lain ato cuma krn imejnya telanjur melekat), parts lebih banyak, jaringan bengkel & layanan lebih banyak n trus bertambah, standardisasi service di seluruh branch, dll.

intinya sih, mungkin barangnya bisa jadi ga sebagus kompetitor, tapi atoyot bisa lebih jualan. barang bagus di tangan penjual yg ga bisa jualan = susah laku. barang overpriced di tangan penjual handal = cepet laku :big_grin:

kalo resale value jaman orang pada punya mobil gini susah diharapken. barusan sercing di goodstore untuk area jatim untuk merek atoyot tipe tertentu transmisi tertentu saja keluarnya ribuan hasil :big_slap:
mau pasang harga tinggi ya lama lakunya.

kl soal reliabilitas, ASS, spare parts, dll..... jutaan konsumen indonesia bukannya (maaf) bodoh, atau pun ga kritis.... justru krn rata2 pendapatan rata2 masyarakat sini yg ga tinggi2 amat, maka mreka bener2 kritis soal membelanjakan uang ratusan juta utk mobil... kl emg brg tsb jelek, mau di gembor2 in sbagus apapun, dalam 2-3 taon jg pasti kliatan gmana trend nya d masyarakat... contoh aj fenomena batumakam, dl pas taon 2007, inden GL aj bsa ampe 6 bulan... skrg ?? diobral aj pd emohh, pedege mobkas aj jg mulai pd emohh... kenapa ?? pdhal ga perna ada recall ?? nahh ckup banyak user yg make ini brand ga puas ama product nya, dan ASS yg ampas turut memperparah image ini brand, makanya yg ud perna beli ini brand kapok utk beli lg....
balik lg ke atoyot, emg mobil2 dia banyakan membosankan desain nya, fitur kuno kampungan ala taon 90an... tp yah tetep ada nilai lebih yg dicari oleh konsumen indonesia... awet, parts KW berlimpah dan ASS lengkap dari ujung ampe ujung kepulauan...
Ane baru kapok beli batumakam lagi setelah punya 5 produk batumakan :mky_03:

Kapok karena dealer mazdah baru buka dan ngiler liat soul rednya, kenapa ga dari doeloee :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Penikmat roti tawar beroda
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adty »

ChZ wrote:ah taxi Avanza di Semarang sih udah jamak... wong Peugeot 408 ama Spin Diesel aja jadi taxi disini...

taxi MPV sangat populer kalo di Semarang...
DOHC wrote: balik lg ke atoyot, emg mobil2 dia banyakan membosankan desain nya, fitur kuno kampungan ala taon 90an... tp yah tetep ada nilai lebih yg dicari oleh konsumen indonesia... awet, parts KW berlimpah dan ASS lengkap dari ujung ampe ujung kepulauan...
itulah oom, makanya ane ngga ngelirik Toyota/Daihatsu kecuali buat mobil operasional.... Avanza/Innova.... bulletproof dan ngerawatnya gampang, syarat utama buat mobil operasional buat dipake ancur ancuran

selain itu mending beli produk kompetitor dengan model lebih fresh, teknologi lebih advanced dan yang penting nggak bosenin
Baru2 ini liat taksi Elgrand di daerah Senopati-SCBD Jakarta. Ternyata yg pake Tiara Express. Berani juga ya ini operator taksi tampil beda, apalagi liat 320d dijadiin taksi sama dia ckck
Penikmat roti tawar beroda
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1704
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers »

salah satu kegilaan papanjah (dan supirnya):

https://www.youtube.com/watch?v=zrjOnrGQor0
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by sandal »

adty wrote: Ane baru kapok beli batumakam lagi setelah punya 5 produk batumakan :mky_03:

Kapok karena dealer mazdah baru buka dan ngiler liat soul rednya, kenapa ga dari doeloee :ngacir: :ngacir: :ngacir:
5 produk batumakam? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: sebutin dong :upss: :upss: (salah satunya Serena :ngacir: )
Ane 1 produk aja udah kapok milikinya :big_slap: :big_slap: apalagi ASSnya batumakam kacrut bener sumpah :big_slap: :frm_bang_head:

Mazda soul red is good :big_love:

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adty »

sandal wrote:
adty wrote: Ane baru kapok beli batumakam lagi setelah punya 5 produk batumakan :mky_03:

Kapok karena dealer mazdah baru buka dan ngiler liat soul rednya, kenapa ga dari doeloee :ngacir: :ngacir: :ngacir:
5 produk batumakam? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: sebutin dong :upss: :upss: (salah satunya Serena :ngacir: )
Ane 1 produk aja udah kapok milikinya :big_slap: :big_slap: apalagi ASSnya batumakam kacrut bener sumpah :big_slap: :frm_bang_head:

Mazda soul red is good :big_love:

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Serena C24 dan C26, T31, X-Gear (tp ini paling bentar nggak tahan ngelitiknya), sama the precious Latio yg kelegaannya tiada tara dan enak buat cruising :big_love:

ASS emang sih rada kacrut. Pernah abis servis berkala bukannya mobil makin bener malah makin ngaco :frm_bang_head:

Mau ga mau balik lg buat klaim untung masih garansi servis

*bukan fanboy batumakam :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Penikmat roti tawar beroda
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

kalo akio toyoda visit indo buat sy spt holly visit atau selevel state visit

kalo carlos ghosn dtg lg indo anggap sj dia bantu local marketing (n aftersales) yg mmg dr dulu hsl nya brantakan atau...dia lg cr cr kerja

selama ini image nya...toyoda "dianggap" (honoured) krn dia ceo toyota n cicit old-toyoda

nissan-renault masih dianggap selama ada ghosn yg bbrp x sdh datang k indo
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

sbtulnya apa yg di lakukan toyota di indo selama hampir 30thn terahir u parts logistic, customer care n afterssles in all (husus indo) secara fundamental itu identical scheme yg sukses dilakukan alm haji wahab affan n adik adik nya di indokaya nissan motor dulu

motto mrk dulu...apapun yg dijual hrs jadikan customer puas krn mrk sdh kluar uang u beli...dulu sampai thn 80 bgt mudah n murah org cari parts datsun di manapun di indo n sampai ada istilah "mau parts yg japan / yg indokaya / yg sakura / yg imitasi? "

multi quality n price range berawal di situ...puluhan x polisi tangkap distributor parts imitasi n hampir smua bikin parts u datsun

saat indokaya ditutup indo govt, logistic n aftersales team mrk sebgn besar pindah ke tam...
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp »

newrubble wrote:krn itu mobil mobil yg resale value nya diatas satu milyard di indo (ssdh pakai lima thn) jarang laku cepat. Ini mrp third world phenomenon pd grade dimana indo, nigeria, egypt, pinoy land berada (masih di bawah level malay n thai n brazil n org org nya sdh tdk lagi terlalu persoalkan resale value tapi liquidation speedness spt yg sdh terjadi negara negara maju )

ini kita bicara normal market ya bukan fire sale
Setuju.....karena saya lihat sendiri waktu ke Malay. Sudah lama sekali di tahun 1998. Saya pernah lihat seperti lapangan yang sangat besar yang berisi lautan mobil mobil. Dibiarkan kepanasan dan kehujanan dan itu mobil segala merk. Hanya ada pagar kawat dan ada spanduk besar bertuliskan "KERETA TERPAKAI". Awalnya saya pikir itu tempat pembuangan mobil / lapangan junkyard. Kaget banget waktu diberitahu kalau itu tempat mobil mobil second. Sama sekali tidak ada di pikiran saya karena selalu melihat showroom dan perlakuan terhadap mobil second di Indonesia.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by bangrosi »

Kalo indonesia brand toyota kuat karena satu hal yaitu produk mereka yg bernama 'Kijang' jadi Toyota=Kijang jadi orang2 tua dulu lebih kenal Kijang dari pada Toyota.

hal ini jg terjadi di pabrikan Suzuki yg dikenal orang dgn Carry populer dikalangan pickup dan angkot sampai sekarang mindset orang kalo mau ambil mobil pickup pasti teringat satu nama yg sdh terjamin 'Carry'

Pada era kijang sebelum innova pernah dibuat versi pickup tapi tetap kalah populer dibanding Carry pickup.padahal image kijang tidak diragukan lagi
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

main key di indo beli mobil itu kan faktor non-technical = emotional factor. :mky_02:

beli kendaraan karena banyak yang pake atau si ini si itu pake = bagus. ga peduli hal lainnya. yang penting budget masuk udah ga peduli hal lainnya. sisaan dari toyota lah yang rebutan remah2nya atau coba2 buka market sendiri dengan harapan bisa lebih napas daripada adu kuat sama toyota seperti di sektor LCGC dan entry MPV. :big_think:

coba toyota sekarang mana sekenceng dulu di sektor small hatchback macem yaris, sedan macem vios, medium sedan macem altis, mid size mpv macem nav1. seenggaknya ada perlawanan kuat dari brand2 lain. padahal toyota itu kan kalau jualan di kelas apapun harus numero uno. kenapa gitu? ya karena merek lain habis2an disini. masalahnya tapi ya emang klasik: ga banyak brand yang berani abis2an untuk urusan after sales service apalagi di luar jepun, sedangkan dibawah toyota seperti Honda, suzuki dan nissan aja pas2an gitu. :big_dunno:

beli toyota itu ya emang bukan beli mobil yang gimana, tapi pure transporter. kalau mikir mau ini mau itu ya jangan toyota :D makanya kalau ada org tanya mobil ke ane macem2, ane selalu jawab: jangan coba2 di luar toyota d, pasti ntar pusing dan "rugi" :big_peace:

mau kalahin toyota itu gampang, berani ga brand tsb invest habis2an dulu di After sales? habis2an layanin konsumen tapi jualan mobil pas2an bertahun2? :big_chicken: ga akan ada yang berani kan, nah selama ini ga ada ya konsumen yg harap lebih yang gigit jari. siap2 beli mobil non toyota pusing urusan after sales service atau kalau after sales lumayan, pas dijual lumayan ngiler liat harga seken toyota yang cenderung lebih ada "harga". :big_exellent:

ya prinsip: siapa menabur, siapa menuai berlaku lah :big_grin:

contoh bagus: samsung or LG electronic. 15-20 tahun lalu ada yang berani beli merek kulkas mesin cuci tv ac korean di luar merek jepang? yang ada diketawain tukang service atau toko, sekarang? ada gitu yang mau beli merek elektronik diluaran duo korean? :big_think: ga banyak, karena semua juga tau after sales merek jepang itu sekedarnya, mulai dari part mahal atau ga ada sampe ke teknisi yang mental maling sudah jadi rahasia umum, masukin media massa juga ga berubah, karena sudah keenakan jualan lama pake merek lama. korean? kalau sampe masuk media massa, pasti heboh itu petinggi di merek korean tersebut. :big_exellent: itu hasil bertahun2 invest di after sales service, ga cuma konsumen seneng servicenya tapi yang jualan juga :big_love:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by walid_007 »

Setau saya di arab laku bgt land cruiser dan camry... amrik juga.. entah negara2 lain

Menurut saya ngak hanya karena aftersales... emangnya kita tibggal di pucuk gunung slamet?

Yang jelas emang mobilnya kuat dan ga rusak2... kualitas nya bagus ..
engine roaring!
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ANSdream »

lemonadelovers wrote:salah satu kegilaan papanjah (dan supirnya):

https://www.youtube.com/watch?v=zrjOnrGQor0
Keknya gw tau ini lokasinya di Sulaesi ya?
Pas jembatan putus gitu
Pasti itu yang bawa sopir rental tuh
Demi menghemat biaya 200rb klo ditarik sama alat berat
:big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:

Jembatan putus malah jadi tempat cari duit sama orang2
:big_bored:
Tapi emang besar nyalinya itu drivernya You'll think u can banget tuh
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

kunaskun wrote: beli kendaraan karena banyak yang pake atau si ini si itu pake = bagus. ga peduli hal lainnya. yang penting budget masuk udah ga peduli hal lainnya. sisaan dari toyota lah yang rebutan remah2nya atau coba2 buka market sendiri dengan harapan bisa lebih napas daripada adu kuat sama toyota seperti di sektor LCGC dan entry MPV. :big_think:

beli toyota itu ya emang bukan beli mobil yang gimana, tapi pure transporter. kalau mikir mau ini mau itu ya jangan toyota :D makanya kalau ada org tanya mobil ke ane macem2, ane selalu jawab: jangan coba2 di luar toyota d, pasti ntar pusing dan "rugi" :big_peace:
kalo nggak karena banyak yang pake (Avanza, Innova), ya karena dipake pejabat/artis sebagai simbol status (Alphard, Fortuner, Camry). makanya mobil Toyota yang nanggung selalu kalah penjualannya, see Nav-1 and Etios? Rush-Terios juga nggak se-heboh dulu kan penjualannya?

IMO karena RushTer digempur sana-sini, termasuk digempur sama Avanza sendiri yang udah Full model change, di range Rush/Terios juga masih ada compact SUV Juke/Ecosport, masih ada small hatch macem Jazz/Yaris.... sedangkan dari segi naikan, Rushter jauh dibabat kemana-mana sama mobil-mobil yang ane sebutkan.... kalo butuh nyaman, tinggi, dan 7-seaters orang pikir Avanza dah cukup.... butuh kecil ada compact SUV atau small hatchback.

Vios dan Avanza juga sebagian penjualannya disumbang oleh fleet. untuk penggunaan pribadi Avanza udah terancam sama Mobilio dan Ertiga. IMO kalo ane punya perusahaan dan butuh mobil fleet nggak akan jauh dari Avanza/Xenia dan Innova, karena mobilnya tahan banting. as simple as that. tapi kalo dipake pribadi, i'd go for another....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

walid_007 wrote:Setau saya di arab laku bgt land cruiser dan camry... amrik juga.. entah negara2 lain

Menurut saya ngak hanya karena aftersales... emangnya kita tibggal di pucuk gunung slamet?

Yang jelas emang mobilnya kuat dan ga rusak2... kualitas nya bagus ..
ya kalau certain case si bener, macem LC, FJ40, altis, camry itu semua kan legendary :mky_02:

tapi toh ga semua kan? yaris misalnya: sampe kondang itu interior kerupuk :big_exellent:

kalau ga rusak2 si menurut ane si ga aneh, lah part originalnya aja ga murah, makanya toyota pinter: part ori harganya ga murah tapi awet banget, nah ciptain market baru untuk part kw atau kompatibel = good image d :big_exellent: part murah dan banyak (padahal belum tentu awet) daripada merek lain.

tapi ya ini kan generalisasi saya aja ya :big_sorry: toh masing2 owner pasti ada pertimbangan sendiri lah :big_okay:
ChZ wrote:
kalo nggak karena banyak yang pake (Avanza, Innova), ya karena dipake pejabat/artis sebagai simbol status (Alphard, Fortuner, Camry). makanya mobil Toyota yang nanggung selalu kalah penjualannya, see Nav-1 and Etios? Rush-Terios juga nggak se-heboh dulu kan penjualannya?

IMO karena RushTer digempur sana-sini, termasuk digempur sama Avanza sendiri yang udah Full model change, di range Rush/Terios juga masih ada compact SUV Juke/Ecosport, masih ada small hatch macem Jazz/Yaris.... sedangkan dari segi naikan, Rushter jauh dibabat kemana-mana sama mobil-mobil yang ane sebutkan.... kalo butuh nyaman, tinggi, dan 7-seaters orang pikir Avanza dah cukup.... butuh kecil ada compact SUV atau small hatchback.

Vios dan Avanza juga sebagian penjualannya disumbang oleh fleet. untuk penggunaan pribadi Avanza udah terancam sama Mobilio dan Ertiga. IMO kalo ane punya perusahaan dan butuh mobil fleet nggak akan jauh dari Avanza/Xenia dan Innova, karena mobilnya tahan banting. as simple as that. tapi kalo dipake pribadi, i'd go for another....
setuju :big_peace:
ah iya juga, tapi ya ini kan generalisasi saya aja ya :big_sorry:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

kunaskun wrote:
setuju :big_peace:
ah iya juga, tapi ya ini kan generalisasi saya aja ya :big_sorry:


based on my own experience oom...

ane ada SUV mewah Toyota yang sering dipake kalangan horang kayah dan artis di rumah... dan ane merasa nggak ada yang spesial dari mobil ini selain kemewahannya dan (katanya) nyaman....

tarikan boyo, jok kekecilan dan nggak supportive (CR-V joknya masih lebih supportive), feedback setir nol dan limbungnya bikin ane serem waktu dibawa kenceng, pitching (ayunan body) waktu ngerem kerasa.... jadi suspensi empuknya nggak guna karena ujungnya bikin orang mabok...

tapi satu hal yang mungkin enggak bisa dikalahin ya reliabilitasnya... walaupun ya enggak bisa dibilang reliabel amat, wong kaki-kakinya dah rattle semua juga... makanya IMHO pointless beli Toyota selain Avanza dan Innova.... wong yang kita dapetin sama : reliabilitas kelas tank perang dan teknologi jaman dinosaurus belum lahir :shrug: .... plus gimmick luxury nggak penting di mobil-mobil kelas atasnya

IMHO ya.... no offense.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by maastricht889 »

adty wrote:Baru2 ini liat taksi Elgrand di daerah Senopati-SCBD Jakarta. Ternyata yg pake Tiara Express. Berani juga ya ini operator taksi tampil beda, apalagi liat 320d dijadiin taksi sama dia ckck
Menurut sepenglihatan ane, Tiara Express masuk taxi yang perawatannya mobilnya lumayan waras om adty. Bagusnya, mereka convert armada taxinya ke BBG (disamping BBG tetep isi pertamax buat cadangan). Maka itu, menurut ane mereka cukup berani
pake armada" taxi kaya Mercy V350,Alphie,Elgrand karena mereka convert ke BBG. Dulu ane pernah naik mercynya tiara dr soetta ke jelambar, kata drivernya pake BBG/Vigas lebih murah dan lbh irit (banget) dan mercynya kalo diset ke mode pake bensin fuel consnya 1:4. Dan vigas lebih murah dari premium. Tapi yg 320d ane ngga tau diconvert BBG/ndak :mrgreen:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by amfibi »

ChZ wrote:
kunaskun wrote:
setuju :big_peace:
ah iya juga, tapi ya ini kan generalisasi saya aja ya :big_sorry:


based on my own experience oom...

ane ada SUV mewah Toyota yang sering dipake kalangan horang kayah dan artis di rumah... dan ane merasa nggak ada yang spesial dari mobil ini selain kemewahannya dan (katanya) nyaman....

tarikan boyo, jok kekecilan dan nggak supportive (CR-V joknya masih lebih supportive), feedback setir nol dan limbungnya bikin ane serem waktu dibawa kenceng, pitching (ayunan body) waktu ngerem kerasa.... jadi suspensi empuknya nggak guna karena ujungnya bikin orang mabok...

tapi satu hal yang mungkin enggak bisa dikalahin ya reliabilitasnya... walaupun ya enggak bisa dibilang reliabel amat, wong kaki-kakinya dah rattle semua juga... makanya IMHO pointless beli Toyota selain Avanza dan Innova.... wong yang kita dapetin sama : reliabilitas kelas tank perang dan teknologi jaman dinosaurus belum lahir :shrug: .... plus gimmick luxury nggak penting di mobil-mobil kelas atasnya

IMHO ya.... no offense.
Mobil harrier beginian akan terasa nikmat buat yang demen nyetir anteng, for spirited driver? Big big no...

Kalo dr cth pengalaman ane sih, memang E46 jauuuh jauh lebih fun nyetirnya, handling bak gokart, raungan mesin 6cyl menggairahkan, dsb
Tapi ane jauh lebih mendapat ketenangan berkendara ketika kembali menyetir Camry... Jalan halus dengan setir ringan, pedal gas rem yang sangat lembut, kabin yang lebih hening, dan mobil berjalan bak kapal pesiar tanpa goyangan... Menikmati jalan dengan santai is fun for me /n for most people oso :mky_08:
Pun ketika pindah dr mobil2 fun to drive kelas dibawahnya, begitu pindah ke Camry, langsung lupa sama mobil2 fun to drive tsb, terbuai oleh feel premium nya :mky_03:

Jadi nggak semua mobil yang nggak fun to drive bisa dijudge jelek lho, mrk punya segmentasinya tersendiri... :mky_03: :mky_01:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by walid_007 »

Ya ngak masuk akal juga mau pake mobil suspensi grobak di indo .. emang di sini jalan nya alus?

Trus mobil keras itu emang enak di hi speed. Masalahnya mau hi speed semakin sulit kecuali nganggur dan mau lari2 jam 4 pgi

*Ane tetp milih harrier drpd crv rm
engine roaring!
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by artoodetoo »

Ujung2nya semacam perang antara Toyota lover dan Toyota hater nih :mky_03:

Saya sih yg jelas puas banget pernah pake corolla dan corona.
Kalau saja kemarin ada duit lebih, pasti yg sekarang di garasi juga T elips ... :upss:
Tapi memang jelas bukan Avanza atau Innova :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adty »

artoodetoo wrote:Ujung2nya semacam perang antara Toyota lover dan Toyota hater nih :mky_03:

Saya sih yg jelas puas banget pernah pake corolla dan corona.
Kalau saja kemarin ada duit lebih, pasti yg sekarang di garasi juga T elips ... :upss:
Tapi memang jelas bukan Avanza atau Innova :ngacir:
Sama nih dulu pernah miara Altis manual puas banget pake itu mobil diajak perang. GCnya toyota juga relatif tinggi sampe sedan2nya jadi cocok buat disini. Sampe2 itu Altis pernah ane pake jalan2 sampe nyasar ke makam keramat di banten sampe semi off road :mky_03:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by amfibi »

adty wrote:
artoodetoo wrote:Ujung2nya semacam perang antara Toyota lover dan Toyota hater nih :mky_03:

Saya sih yg jelas puas banget pernah pake corolla dan corona.
Kalau saja kemarin ada duit lebih, pasti yg sekarang di garasi juga T elips ... :upss:
Tapi memang jelas bukan Avanza atau Innova :ngacir:
Sama nih dulu pernah miara Altis manual puas banget pake itu mobil diajak perang. GCnya toyota juga relatif tinggi sampe sedan2nya jadi cocok buat disini. Sampe2 itu Altis pernah ane pake jalan2 sampe nyasar ke makam keramat di banten sampe semi off road :mky_03:
Sama nih, pengalaman ane pake sedan2 toyota jaraaaang banget denger bunyi grook gesrok ato duak mentok :mky_02:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

satu org yg sy kenal di indo n sdh tinggal 25thn di indo (krn hati nya tersangkut satu inem di daerah kemang) dia bilang...avanza n kijang (dia piara dua itu, kijang trutama sejak pertama x stay di indo)

kata dia bbrp x:
"avanza n kijang are indo interpretation of hilux in more affordable n simple trim...they are designed for basic comfort in infrastructure road range from on road to no road"

kbtulan bule ini south african darimana hilux itu populer di sana
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ChZ »

amfibi wrote:
Mobil harrier beginian akan terasa nikmat buat yang demen nyetir anteng, for spirited driver? Big big no...

Kalo dr cth pengalaman ane sih, memang E46 jauuuh jauh lebih fun nyetirnya, handling bak gokart, raungan mesin 6cyl menggairahkan, dsb
Tapi ane jauh lebih mendapat ketenangan berkendara ketika kembali menyetir Camry... Jalan halus dengan setir ringan, pedal gas rem yang sangat lembut, kabin yang lebih hening, dan mobil berjalan bak kapal pesiar tanpa goyangan... Menikmati jalan dengan santai is fun for me /n for most people oso :mky_08:
Pun ketika pindah dr mobil2 fun to drive kelas dibawahnya, begitu pindah ke Camry, langsung lupa sama mobil2 fun to drive tsb, terbuai oleh feel premium nya :mky_03:

Jadi nggak semua mobil yang nggak fun to drive bisa dijudge jelek lho, mrk punya segmentasinya tersendiri... :mky_03: :mky_01:
no fib, you don't get my point... mungkin kalo di Camry karena rendah jadi bodyroll minim jadi buat belok nggak kerasa seremnya kayak Harrier, gw pernah kok setir XV40 temen gw dan jauh lebih stabil dari Harrier walaupun tetep aja buat gw mobil itu limbung....

walaupun shared the same chassis they are different creature fib.... SUV ama sedan.

ya gw akuin mobil ini emang ganteng, premium feelnya dapet, fiturnya bagus, dan reliabel, tapi tetep aja naikannya yah begitulah....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by amfibi »

ChZ wrote:
amfibi wrote:
Mobil harrier beginian akan terasa nikmat buat yang demen nyetir anteng, for spirited driver? Big big no...

Kalo dr cth pengalaman ane sih, memang E46 jauuuh jauh lebih fun nyetirnya, handling bak gokart, raungan mesin 6cyl menggairahkan, dsb
Tapi ane jauh lebih mendapat ketenangan berkendara ketika kembali menyetir Camry... Jalan halus dengan setir ringan, pedal gas rem yang sangat lembut, kabin yang lebih hening, dan mobil berjalan bak kapal pesiar tanpa goyangan... Menikmati jalan dengan santai is fun for me /n for most people oso :mky_08:
Pun ketika pindah dr mobil2 fun to drive kelas dibawahnya, begitu pindah ke Camry, langsung lupa sama mobil2 fun to drive tsb, terbuai oleh feel premium nya :mky_03:

Jadi nggak semua mobil yang nggak fun to drive bisa dijudge jelek lho, mrk punya segmentasinya tersendiri... :mky_03: :mky_01:
no fib, you don't get my point... mungkin kalo di Camry karena rendah jadi bodyroll minim jadi buat belok nggak kerasa seremnya kayak Harrier, gw pernah kok setir XV40 temen gw dan jauh lebih stabil dari Harrier walaupun tetep aja buat gw mobil itu limbung....

masalah nya waktu ane bawa ini Harrier belok kerasa serem, nggak ada feedbacknya, nggak feel secure at all. ban kerasa nggak napak waktu belok, apa nggak serem ntu? jok drivernya juga nggak menopang badan ane dengan baik.... cepet capek nyetir mobil ini

bahkan waktu gw jadi penumpang gw malah rada pusing karena goyangan bodynya parah esp waktu ngerem. bukan perkara nyetir santai atau ugal-ugalan sih ini. gw enggak masalah mobil kagak fun to drive asal goyangan bodinya nggak parah, dan mau nggak mau emang set suspensinya harus agak firm biar goyangan bodinya nggak parah.

ya gw akuin mobil ini emang ganteng, premium feelnya dapet, fiturnya bagus, dan reliabel, tapi tetep aja naikannya yah begitulah....
Kalo dgn harriel gini udah bilang limbung goyangan body parah dsb... Gimana kalo dikasih suv ladder spt fortuner ato land cruiser 80-200? Apa nggak lebih mengeluh dr ini... :ungg: