Tenaga Swift
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Tenaga Swift
Halo semua, udah lama nih gak nimbrung di serayamotor. Mau nanya dong soal tenaga Swift. Gw lagi mau ganti Jazz dengan mobil yang lebih tinggi, waktu liat-liat Suzuki Grand Vitara, gw liat Swift nongkrong di pojok. Karena jarang liat di jalanan, gw liat2 dalemnya. Di brosur tertulis sih 110ps... Tapi kok gw gak nemu Swift yang tenaganya 110ps ya di internet? Adanya 109ps atau 101ps, gak ada yang 110ps. Terus gw disodorin brosur SX4, tertulis disitu tenaganya "cuma" 100ps untuk mesin 1.5L VVT... Nah loh, gw bingung SX4 yang under rated atau Swift yang over rated? Yang gw tau sekarang namanya jaman mesin variable valve gak ada yang dibawah 105ps... Terios aja 106ps...
Tapi sejujurnya sih gw demen ama Swift ini, interior oke, standard safety juga oke. Cuma horor banget bangku belakangnya... Mending gak usah pasang kali, gw gak muat duduk dibelakang! (tinggi gw 180cm).
Cuma gw pengen tau aja tenaga benerannya si Swift, ada yang punya data akselerasi dan konsumsi bensin Swift matic? Dah gw cari di thread2 lalu, gak ada yang bahas Swift matic, semuanya bahas manual. Perbandingan Yaris, Jazz dan Swift juga Swiftnya manual, bukan matic. Kalo memuaskan mungkin gw pindah Swift daripada beli GV. Waktu gw test drive GV... Konsumsi bensinnya tertulis 1L/6.8Km di MIDnya... WADOH! SEREM BANGET. Yang gw tes bukan mobil test drive tapi mobil sales manager yang kebetulan boleh dipake. Jadi ciut hati gw, jadi liat2 Swift deh.
Tapi sejujurnya sih gw demen ama Swift ini, interior oke, standard safety juga oke. Cuma horor banget bangku belakangnya... Mending gak usah pasang kali, gw gak muat duduk dibelakang! (tinggi gw 180cm).
Cuma gw pengen tau aja tenaga benerannya si Swift, ada yang punya data akselerasi dan konsumsi bensin Swift matic? Dah gw cari di thread2 lalu, gak ada yang bahas Swift matic, semuanya bahas manual. Perbandingan Yaris, Jazz dan Swift juga Swiftnya manual, bukan matic. Kalo memuaskan mungkin gw pindah Swift daripada beli GV. Waktu gw test drive GV... Konsumsi bensinnya tertulis 1L/6.8Km di MIDnya... WADOH! SEREM BANGET. Yang gw tes bukan mobil test drive tapi mobil sales manager yang kebetulan boleh dipake. Jadi ciut hati gw, jadi liat2 Swift deh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
waduh, kalo jazz diganti swift sama aja boong loh
gak beda jauh2 amat, referensi tenaga mesin emang beda2, tapi masing Jazz/City VTEC, Yaris/Vios, ama Swift/SX4 sekelas, 110dk on engine... yg jadi masalah adalah karakteristik n power band, serta teknologi...
nah, swift matic yg paling boros dibanding kompetitor nya yg juga matic, karena swift masih konvensional, beda ama Honda yg punya CVT plus Steermatic nya, n Toyota dengan Super ECT... jelas Swift matic boros
data lengkapnya gw kurang jelas, para senior tolong ralatin yah
, tapi Swift manual emang lebih baik dari versi matic nya
last, kalo mo ganti yg lebih tinggi, tanggung banget kalo cuman dari Jazz ke Swift, paling gak ganti dengan cc gedean, semisal Civic
opini gw aja loh, hehe
gak beda jauh2 amat, referensi tenaga mesin emang beda2, tapi masing Jazz/City VTEC, Yaris/Vios, ama Swift/SX4 sekelas, 110dk on engine... yg jadi masalah adalah karakteristik n power band, serta teknologi...
nah, swift matic yg paling boros dibanding kompetitor nya yg juga matic, karena swift masih konvensional, beda ama Honda yg punya CVT plus Steermatic nya, n Toyota dengan Super ECT... jelas Swift matic boros
data lengkapnya gw kurang jelas, para senior tolong ralatin yah

last, kalo mo ganti yg lebih tinggi, tanggung banget kalo cuman dari Jazz ke Swift, paling gak ganti dengan cc gedean, semisal Civic

opini gw aja loh, hehe
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
kalo mau 1500 cc berotot ya city Z vtec.. jazz sih dikentutin tuh... itu mesin 1500 cc yg VTEC pure... bukan VTEC-e seperti civic ato jazz di sini
g pernah coba city Z mantep bgt tarikannya.. palagi di atas 4000 rpm...
pokoknya tua2 keladi.. hehee
swift ke jazz kayaknya bisa dibilang kurang worthed bro...
g pernah coba city Z mantep bgt tarikannya.. palagi di atas 4000 rpm...
pokoknya tua2 keladi.. hehee
swift ke jazz kayaknya bisa dibilang kurang worthed bro...
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
satyr wrote:kalo mau 1500 cc berotot ya city Z vtec.. jazz sih dikentutin tuh... itu mesin 1500 cc yg VTEC pure... bukan VTEC-e seperti civic ato jazz di sini
g pernah coba city Z mantep bgt tarikannya.. palagi di atas 4000 rpm...
pokoknya tua2 keladi.. hehee
swift ke jazz kayaknya bisa dibilang kurang worthed bro...


mesin D, ya gak sih?, emang lebih oke, redline mulai 7an, rev samp 9
oh ya, ada cara buat ngematiin VTEC gak?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

Gini, mesin swift yang dijepang itu 109HP. Nah yang masuk indo klau gak salah 103HP dan yang di SX4 juga 103HP karena programmingnya di bedakan yang JDM dengan versi world wide.
Trus masalah konsumsi BBM swift, swift termasuk irit. Saya punya saja pke yang automatic bisa mencapai 1:14 dan manual dipke konstan bisa 1:16-17. Dalam kota bisa 1:10. Jadi swift termasuk tidak boros.
Memang dengan teknologi automatic yang relatif masih "kuno" swift kalah dengan jazz or yaris, tapi tarikan n kencengnya gak kalah lho... Walaupun itu automatic n apalgi yang manual. speedometer pasti mentok 180KM/J, tidak bohong asal semua standar jangan ganti ban yang gede2.
Ya memang swift bangku belakangnya sempit, toh kalau dicopot ada untungnya beban lebih enteng jadi tarikan bisa lebih kenceng...
Ya sekian lah tentang swift
Trus masalah konsumsi BBM swift, swift termasuk irit. Saya punya saja pke yang automatic bisa mencapai 1:14 dan manual dipke konstan bisa 1:16-17. Dalam kota bisa 1:10. Jadi swift termasuk tidak boros.
Memang dengan teknologi automatic yang relatif masih "kuno" swift kalah dengan jazz or yaris, tapi tarikan n kencengnya gak kalah lho... Walaupun itu automatic n apalgi yang manual. speedometer pasti mentok 180KM/J, tidak bohong asal semua standar jangan ganti ban yang gede2.
Ya memang swift bangku belakangnya sempit, toh kalau dicopot ada untungnya beban lebih enteng jadi tarikan bisa lebih kenceng...
Ya sekian lah tentang swift
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
103!!naldo wrote:Gini, mesin swift yang dijepang itu 109HP. Nah yang masuk indo klau gak salah 103HP dan yang di SX4 juga 103HP karena programmingnya di bedakan yang JDM dengan versi world wide.


Gw sih cuma mau ganti suasana aja, kalau pake Jazz VTEC, sama aja cuma lebih kenceng doang. Gw mau ganti SUV karena dapet kerjaan di mangdu, tau kan kalau disana orang keringetan aja bisa banjir... Pake Jazz rasanya gak tenang gak kalau hujan. Mau ganti SUV pilihannya Avanza/Xenia tapi terlalu pasaran dan modelnya terlalu polos, Terios/Rush modelnya oke, tapi warna interior dan gak ada tilt steering bikin ilfil, Grand Vitara oke tapi liat konsumsi bensin mikir2 lagi... Mau CR-V/X-Trail tapi dana gak sampe, Kijang terlalu bongsor... Jadi ya gw liat2 deh semua mobil yang ada di Indo dengan dana dibawah 200 juta.
Kalau Swift, gw suka interiornya, simple dan kontrol audio di setir enak banget tuh. Coba kalau Yaris atau Jazz ada feature ini...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
kalo pake swift sama aja kena banjir nya loh, SX4 juga sama...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat May 07, 2005 18:15
- Location: Sby
11 detik tuh manual apa matic ya?naldo wrote:Yang masuk indonesia tenaga "benernya" itu 103 HP.
Bedanya swift dengan SX4, SX4 menggunakan throttle by wire.
Jangan takut SX4 masuk banjir, mobilnya tinggi koq. Ground clearence sampai 17.5CM, sudah mendekati tingginya SUV.
0-100KM/J swift kira2 11detik, bisa lebih kenceng kalau bangku dicopot
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
10++, hehe, kayak di panti pijet aja nih... 

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Wah! Respectable juga 11 detik matic konvensional, deket ama Jazz VTEC CVT dapet 10,5 detik (Autobild).naldo wrote:Untuk yang matic 11 detik
Hmm, kayaknya data udah oke, tinggal inspeksi lapangan aja. Mau coba jejelin orang tua gw masuk kebelakang bangku Swift. Kalau ortu gw masuk, calon mertua gw juga masuk, soalnya ortu gw badannya gede2... Jadi gak masalah deh. Tapi kalau gak muat, yah... Petualangan belum berakhir

Kalau mas midi amp mau lebih lega, sebaiknya tunggu saja SX4 yang bentar lagi dirilis bulan april.
Interiornya lebih lega dibanding swift karena saya sudah coba (bukannya mau sombong tapi tinggi saya 186cm. Jadi kalau tidak lega juga bermasalah bagi saya). Hanya SX4 dengan bodi lebih bongsor tarikannya sedikit berat.
Tapi kalau boleh saya bocorin rahasia ini, SX4 sangat irit. Dalam kota bensinnya bisa 1:12-1:13 di MIDnya(sudah pasti kan bener), padahal mesinnya kan sama and yang saya coba Automatic bukan manual.
Ya sekian saja... Saya sarankan tunggu saja SX4 dengan bodi lebih besar, interior lebih lega n Handling yang juga lebih baik dibanding Swift(naikkannya seperti mobil eropa).
Interiornya lebih lega dibanding swift karena saya sudah coba (bukannya mau sombong tapi tinggi saya 186cm. Jadi kalau tidak lega juga bermasalah bagi saya). Hanya SX4 dengan bodi lebih bongsor tarikannya sedikit berat.
Tapi kalau boleh saya bocorin rahasia ini, SX4 sangat irit. Dalam kota bensinnya bisa 1:12-1:13 di MIDnya(sudah pasti kan bener), padahal mesinnya kan sama and yang saya coba Automatic bukan manual.
Ya sekian saja... Saya sarankan tunggu saja SX4 dengan bodi lebih besar, interior lebih lega n Handling yang juga lebih baik dibanding Swift(naikkannya seperti mobil eropa).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Hehehe, sempet kepikiran juga sih, tapi waktu gw tes GV salesnya diem2 aja gak cerita soal SX4. Mau test drive waktu di Suzuki pulogadung tapi unitnya udah dibawa keliling jakarta untuk jadi teaser di dealer Suzuki lain. Kalau soal interior gw dah tutup mata buat Swift, rapih, warnanya bagus, bagus deh intinya. Jadi belum tau soal SX4... Gw orangnya rese soal tampilan interior sihnaldo wrote:Kalau mas midi amp mau lebih lega, sebaiknya tunggu saja SX4 yang bentar lagi dirilis bulan april.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Hehehe... inilah bedanya Suzuki Indomobil jika dibanding Toyota-Astra....
Kalo Suzuki mau keluar model baru, pasti udah digembar-gemborkan... ato seenggaknya petingginya udah ngomong di media.
Kalo Toyota pasti beritanya minim dan orang2nya diam seribu bahasa...
Comment sih...ya di brosur gambarnya ga jelas, tapi gw uda sering liat kok gambarnya, speknya udah tau, cuma fitur aja belum clear banget...
Overall mobilnya sepertinya bagus, dan memang trend Suzuki ke arah sini kualitas buatannya semakin bagus! Di brosur juga dibilang CBU from Japan... jadi harganya di bayangan gw kira2 di atas Swift, sekitar Rp 160juta mungkin buat entry-level
Kalo Suzuki mau keluar model baru, pasti udah digembar-gemborkan... ato seenggaknya petingginya udah ngomong di media.
Kalo Toyota pasti beritanya minim dan orang2nya diam seribu bahasa...
Comment sih...ya di brosur gambarnya ga jelas, tapi gw uda sering liat kok gambarnya, speknya udah tau, cuma fitur aja belum clear banget...
Overall mobilnya sepertinya bagus, dan memang trend Suzuki ke arah sini kualitas buatannya semakin bagus! Di brosur juga dibilang CBU from Japan... jadi harganya di bayangan gw kira2 di atas Swift, sekitar Rp 160juta mungkin buat entry-level
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati