Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by g1ng2 »

r12qiSonH4ji wrote: wahhh, berarti gerobak (VNT) ane termasuk yg bodoh dong om walid, :big_childish:
tp emang sh, rasio giginya panjang bgt, mana 4 a/t konvensional lg....
kerasa banget bedanya, abis bawa VNT ini trus bawa DSGnya VW, benar2 berbeda....

tp dinikmatin aja dh, :big_grin:
untung aja om, beli mobil gak seperti beli HP, kalo beli HP android orang dikasih yang gingerbread udah pasti jarang mau.. minimal udah ICS..
*apa karena sales2 toyota pada "pinter" ngerayu customernya ya?? :mky_01: :mky_01:
kunaskun wrote:emang susah ilangin "rubber band effect" dari CVT terutama enthusiast driver. biarpun bahan belt pake chain, semi dry/half wet cvt train, dll. karena ya fully controlled by ECU kan untuk "pindah gigi" seperti paddle shift/tiptronic/shifttronic/etc itu cuma kadalin aja untuk "halt" pulley bergerak lebih banyak lagi. jadi virtual gear d.

paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan :mky_01: enak si buat harian keliling2 dalkot santai2 leyeh = eco banget d, giliran mau aggresive atau butuh extra pulling power untuk nyalip atau nanjak bisa semaput sendiri :mky_07:
cara driving nya juga debedain dong.. :big_grin:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by amfibi »

kunaskun wrote:emang susah ilangin "rubber band effect" dari CVT terutama enthusiast driver. biarpun bahan belt pake chain, semi dry/half wet cvt train, dll. karena ya fully controlled by ECU kan untuk "pindah gigi" seperti paddle shift/tiptronic/shifttronic/etc itu cuma kadalin aja untuk "halt" pulley bergerak lebih banyak lagi. jadi virtual gear d.

paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan :mky_01: enak si buat harian keliling2 dalkot santai2 leyeh = eco banget d, giliran mau aggresive atau butuh extra pulling power untuk nyalip atau nanjak bisa semaput sendiri :mky_07:
Ini dia nih, ane pake mobil dominasi buat eco driving sih, & cvt ini sangat membantu buat ngirit BBM, putaran mesinnya konstan....

Tapi giliran butuh sedikit kenceng, nguuuuuuuuuuuUUUUUUUUUUUUUU :big_dunno: :big_slap:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by marmut »

Hari minggu kemaren abis nyobain pikantuk plaat putih punya paklik, ibarat dengerin orang nyanyi yang nadanya cuma fa sama sol doang....
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

-----^------ nada do re mi nya ngumpat dimana tuh om wkwkwk....

@all
trims utk explanasi cvt na, input & pandangan msg2, bikin ane & yg lain tambah paham jd na.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by POS VETT »

CVT ini ngenes-sedih prakteknya; mau digimanain juga gak bisa "mantap". Konsep bagus, eksekusi parah, seperti mesin Wankel/rotary. Mobil dengan persneling CVT gw hindari seperti penyakit AIDS :)
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by anakgembrot »

berarti klo penamaan CVT with 7-speed transmission salah ya om?

mobil high-end apa ya yg pake CVT ? ada yang tau?
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

pilihannya ke depan cvt transmisi ini akan lbh dominan rasanya om, sec cost prod lbh murah di pabrikan, part2nya lbh simple, dimensi compact, bobot trns ringan, gain fc efisien.

* sementara jenis trns konvensional, berbanding terbalik dg yg diatas, plus TC dg clucth + fluid oilnya yg dirasakan sdh kurang praktis & ekonomis.

#Trus solusinya ke kita2, yg sekali2 bth ngebejek pedal gmn ?

* apa hrs pelihara 2, at konvension en cvt?
* apa cari mbl cvt dg output enjin + torque yg besar, agar kekurangan cvt nya tertutupi?
* atao let the engine & cvt works by itself, en jgn sentuh paddle shiftnya?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by montirangin »

ane jg bingung dgn nama2 nya..seperti jg mesinnya..
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by POS VETT »

CVT tidak bisa dipakai untuk beban berat atau output mesin gede, tidak kuat karena cuma pakai belt dan pulleys. Belt-nya selip karena tidak punya gigitan cukup.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by kunaskun »

amfibi wrote:
kunaskun wrote:emang susah ilangin "rubber band effect" dari CVT terutama enthusiast driver. biarpun bahan belt pake chain, semi dry/half wet cvt train, dll. karena ya fully controlled by ECU kan untuk "pindah gigi" seperti paddle shift/tiptronic/shifttronic/etc itu cuma kadalin aja untuk "halt" pulley bergerak lebih banyak lagi. jadi virtual gear d.

paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan :mky_01: enak si buat harian keliling2 dalkot santai2 leyeh = eco banget d, giliran mau aggresive atau butuh extra pulling power untuk nyalip atau nanjak bisa semaput sendiri :mky_07:
Ini dia nih, ane pake mobil dominasi buat eco driving sih, & cvt ini sangat membantu buat ngirit BBM, putaran mesinnya konstan....

Tapi giliran butuh sedikit kenceng, nguuuuuuuuuuuUUUUUUUUUUUUUU :big_dunno: :big_slap:
:mky_03: :mky_03: :mky_03: tapi penasaran si sama XTRONIC generasi baru di xtrail latest, masih cupu ga ya :big_grin:
jivos wrote:pilihannya ke depan cvt transmisi ini akan lbh dominan rasanya om, sec cost prod lbh murah di pabrikan, part2nya lbh simple, dimensi compact, bobot trns ringan, gain fc efisien.

* sementara jenis trns konvensional, berbanding terbalik dg yg diatas, plus TC dg clucth + fluid oilnya yg dirasakan sdh kurang praktis & ekonomis.

#Trus solusinya ke kita2, yg sekali2 bth ngebejek pedal gmn ?

* apa hrs pelihara 2, at konvension en cvt?
* apa cari mbl cvt dg output enjin + torque yg besar, agar kekurangan cvt nya tertutupi?
* atao let the engine & cvt works by itself, en jgn sentuh paddle shiftnya?
kalau dari ukuran pabrikan si bener, dimensi mini, tapi ukuran maintenance saya rasa relatif ya, gimana juga belt itu pasti lebih pendek umur pakai daripada gear yang ada di transmisi konvensional, walau transmisi konvensional ada kopling sedangkan CVT pulley. dan soal transmission fluid menurut saya relatif sama.

ya kalau saya si sebisanya hindari mobil dengan CVT :big_grin:

sebesar2nya torque tetep ada namanya "rubber band effect" the infamous CVT character. boleh dibilang semua CVT ya kaya gini.

kalau saya si pas butuh toel2 paddleshift, namanya aja dikasih masa ga dipake :big_smoking: .
POS VETT wrote:CVT tidak bisa dipakai untuk beban berat atau output mesin gede, tidak kuat karena cuma pakai belt dan pulleys. Belt-nya selip karena tidak punya gigitan cukup.
belt modern malah bisa lebih kuat daripada gear. soal selip kurang paham d. yang pasti kedepannya truck ada yang pake CVT. terutama hybrid engine. kalau di amrik traktor buatan Marsey Fergusson pake CVT. merek kondang juga di USA. terus banyak ATV ternyata pake ATV. kalau google ada banyak heavy duty vehicle sudah pake lama: Jeep Patriot, Nissan Murano (errr ini kayanya ga heavy duty ya :p), dll

tapi ya jelas not common for now, mungkin masa depan transmisi matik ya ada di CVT. karena menarik liat evolusi CVT ini, karena transmisi konvensional sudah mentog.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by walid_007 »

Bukan nya truk 2 eropa pake cvt?


11 speed auto trans ??


Truk besar lho..
engine roaring!