amfibi wrote:kunaskun wrote:emang susah ilangin "rubber band effect" dari CVT terutama enthusiast driver. biarpun bahan belt pake chain, semi dry/half wet cvt train, dll. karena ya fully controlled by ECU kan untuk "pindah gigi" seperti paddle shift/tiptronic/shifttronic/etc itu cuma kadalin aja untuk "halt" pulley bergerak lebih banyak lagi. jadi virtual gear d.
paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan

enak si buat harian keliling2 dalkot santai2 leyeh = eco banget d,
giliran mau aggresive atau butuh extra pulling power untuk nyalip atau nanjak bisa semaput sendiri 
Ini dia nih, ane pake mobil dominasi buat eco driving sih, & cvt ini sangat membantu buat ngirit BBM, putaran mesinnya konstan....
Tapi giliran butuh sedikit kenceng, nguuuuuuuuuuuUUUUUUUUUUUUUU


tapi penasaran si sama XTRONIC generasi baru di xtrail latest, masih cupu ga ya
jivos wrote:pilihannya ke depan cvt transmisi ini akan lbh dominan rasanya om, sec cost prod lbh murah di pabrikan, part2nya lbh simple, dimensi compact, bobot trns ringan, gain fc efisien.
* sementara jenis trns konvensional, berbanding terbalik dg yg diatas, plus TC dg clucth + fluid oilnya yg dirasakan sdh kurang praktis & ekonomis.
#Trus solusinya ke kita2, yg sekali2 bth ngebejek pedal gmn ?
* apa hrs pelihara 2, at konvension en cvt?
* apa cari mbl cvt dg output enjin + torque yg besar, agar kekurangan cvt nya tertutupi?
* atao let the engine & cvt works by itself, en jgn sentuh paddle shiftnya?
kalau dari ukuran pabrikan si bener, dimensi mini, tapi ukuran maintenance saya rasa relatif ya, gimana juga belt itu pasti lebih pendek umur pakai daripada gear yang ada di transmisi konvensional, walau transmisi konvensional ada kopling sedangkan CVT pulley. dan soal transmission fluid menurut saya relatif sama.
ya kalau saya si sebisanya hindari mobil dengan CVT
sebesar2nya torque tetep ada namanya "rubber band effect" the infamous CVT character. boleh dibilang semua CVT ya kaya gini.
kalau saya si pas butuh toel2 paddleshift, namanya aja dikasih masa ga dipake

.
POS VETT wrote:CVT tidak bisa dipakai untuk beban berat atau output mesin gede, tidak kuat karena cuma pakai belt dan pulleys. Belt-nya selip karena tidak punya gigitan cukup.
belt modern malah bisa lebih kuat daripada gear. soal selip kurang paham d. yang pasti kedepannya truck ada yang pake CVT. terutama hybrid engine. kalau di amrik traktor buatan Marsey Fergusson pake CVT. merek kondang juga di USA. terus banyak ATV ternyata pake ATV. kalau google ada banyak heavy duty vehicle sudah pake lama: Jeep Patriot, Nissan Murano (errr ini kayanya ga heavy duty ya :p), dll
tapi ya jelas not common for now, mungkin masa depan transmisi matik ya ada di CVT. karena menarik liat evolusi CVT ini, karena transmisi konvensional sudah mentog.