Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

Malam om2 ( historicnya pk sapaan "Om" knp ya?)

mohon sharing & pencerahannya mngenai issue ini:

CVT - Gigi/gear shift - Paddle Shift

3 kata tsb membingungkan kepala ane, & mungkin jg user yg lain.
pemahaman awam, kurang lbh ngga ada gigi.
sementara klo liat produk mbl pd berlomba menawarkan CVT dg 5/6 speed dan ditambah jargon " ini sdh dilengkapi dg paddle shift loh pak,
jd bs aksel lbh kencang plus mewah"

Nah Loh.......
bukankah ngga ada gigi di cvt




sharing & inputnya dong om, buat kita2 disini.
trims
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by amfibi »

Giginya cuma 'virtual' 'fake' 'simulation doang om kalo di cvt... :mky_01:
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by poik99 »

Sebenarnya ga membingungkan banget om, memang kalo dalam CVT itu ga ada gigi tapi adanya pembagian rasio

yang disebut 5 - 7 speed di rata2 tiap produsen yang pakai CVT itu sebenarnya adalah pembagian rasio seperti yang terjadi pada mobil yang punya gigi beneran

kaya manual itu gigi 1 contohnya 1:4.5 nah pada CVT itu rasionya diibaratkan seperti yang punya gigi, gunanya rasio itu sih sebenarnya supaya melipat gandakan torsi pada gigi bawah, karena itungannya mobil itu berat jadi terkadang butuh dorongan lebih pada saat pelan, nah itu tuh fungsinya gigi om, kalo di CVT sih sama aja cuman bedanya didalam ga ada gigi tapi dua piringan sama 1belt lah istilah gampangnya

kalo paddle shiftnya itu bukan memberikan perintah untuk ganti gigi kedepan tapi mengubah rasio CVT ke speed yang sudah ditentukan, misalkan speed 1 itu 1:4 lalu speed 2 1:3
seperti itu sih om penjelasan gampangnya
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

pertanyaan brkt yg muncul:

Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?

dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

pertanyaan brkt yg muncul:

Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?

dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by KodokPushUp »

cvt anggap aja seperti gear belakang pada sepeda
rantai bisa geser dari posisi gear besar-kecil
gigi virtual itu ya seperti gear 1-6 pada sepeda, tergantung posisi rantai

rpm ibaratnya kecepatan mengayuh sepeda
semakin besar orang mengayuh, rpm semakin tinggi
sedangkan rasio gigi itu ukuran gear itu
gear semakin besar, rasio juga besar, dengan rpm yg sama, kecepatan yg dihasilkan lebih kecil, tetapi tenaga lebih besar
begitu juga sebaliknya

pada mode otomatis, anggap aja kayuhan sepeda dibiarkan tetap, tetapi posisi rantai bergerak kearah gear yg lebih kecil (rasio semakin kecil), sehingga kecepatan bertambah
hanya saja pada posisi otomatis, rantai bisa bergerak dari gear besar hingga kecil, kemungkinan posisinya tak terbatas
jivos wrote:pertanyaan brkt yg muncul:

Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?

dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
6 speed ya brarti lock gear-nya bisa di 6 posisi
sbenernya sama aja si sama gigi konvensional, perbedaan hanya bukan gear yg berpindah seperti transmisi konvensional, tetapi posisi belt yg geser
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by artoodetoo »

Menyimak trit bergizi.
Sebagai pengguna CVT, saya juga sering bertanya2 soal cara kerjanya. :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by sandal »

Ane juga menyimak di trit bergizi nih :mky_08:

Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVT :ungg:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

@ semua om om diatas

aha............konsep di kepala thd gigi di cvt mulai berubah.
Satu step jd lbh pinter krn nongkrong di SM mlm ini.

trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by mr-saga »

jivos wrote:@ semua om om diatas

aha............konsep di kepala thd gigi di cvt mulai berubah.
Satu step jd lbh pinter krn nongkrong di SM mlm ini.

trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
kalo keagresifan kaki kanan tdk sebanding lurus dg keagresifan akselerasi laju kendaraan:
karna bejekan tuas gas dpt mempengaruhi kenaikan rpm,
pd geared transmision -> akselerasi dihasilkan dari bertambahnya kecepatan dari kenaikan rpm. penyaluran tenaga melalui mekanisme
gigitan gear primer dg gear sekunder secara langsung.

pd CVT -> akselerasi dihasilkan dari kenaikan rpm pd putaran tertentu, kemudian akn tertahan, tapi perbandingan gigi
bergerak ke ratio semakin mengecil utk nambah speed. penyaluran tenaga melalui mekanisme gigitan(lbh tepatnya menggesek) belt dg pulley primer,
kemudian diteruskan melalui belt utk menggigit pulley sekunder.

pd CVT dg manual mode(katakan saja dioperasikan dg paddle shift) -> perubahan perbandingan gigi ditentukan oleh pengoperasian secara
manual, sehingga rpm bisa "paksa" hingga redline.

kesimpulan:
geared transmision lebih agresif dibanding CVT karna penyaluran tenaga lebih "menggigit"..haha
meski CVT dg manual mode, kita bisa merasakan daya maksimal yg dihasilkan oleh engine pd rpm nya, CVT terasa kurang "menggigit".

CMIIW :big_peace:
Last edited by mr-saga on Mon Dec 15, 2014 17:48, edited 2 times in total.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by KodokPushUp »

jivos wrote:trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
Sedikit melengkapi penjelasan mr-saga yg udah jelas,
Di cvt, injek gas = belt yg geser ke rasio lebih kecil, ada kenaikan rpm, tapi disini yg dibahas pergeseran belt
Pergeseran belt tentu ga se responsif perpindahan gigi geared transmision<<ini kondisi standar ya
Jika digunakan virtual manual mode pun, belt yg lompat2 tentu daya tahan nya kalah dengan transmisi konvensional (untuk saat ini)

Sebenarnya cvt bagus untuk akselerasi, karena dengan tuning ecu+tcu, bisa aj di set lock di rpm dengan torsi maksimal
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by jivos »

melanjutkan penjelasan diatas om,
b'arti cvt ini, akan m jaga engine agar berada pd satu rpm range saja yg dianggap ideal/optimal, agar di dpt benefit FC pd transmisi cvt

apakah Penggunaan Manual Mode (Paddle Shift) pd CVT bersifat Kontra produktif?
krn pd saat paddle shift dimaikan, ratio gigi akan berpindah, rpm b gerak keluar dr range idealnya, sementara mbl tdk significant b gerak lbh kencang.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by aufal »

Katanya kalo CVT rusak,gantinya harus segelondong ya? Penjelasanya donk om...

Trus perbandingan frekuensi rusak/keawetanya dibanding yg geared (asumsi cara bawa mobil sama) bijimane om?
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by g1ng2 »

sandal wrote:Ane juga menyimak di trit bergizi nih :mky_08:
Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVT :ungg:
sama nih... cuma ane kalau baca tapi gak lihat barang suka gak mudeng... makanya lihat yang ini aja.. :big_exellent: buat Nissan yang udah explain..

ilustrasi gear konvensional vs pulley di CVT


ini ilustrasi di kendaraan...


tapi sementara ini ane tetel cinta yang konvensional.. :big_grin: lebih berasa pindah giginya..
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by ibrahimlubis »

pengalaman, cvt agak lambat responnya pada saat dipaksa manual turun/naik virtual gear melalui triptonicnya, ada jeda yang membuat terlambat untuk akselerasi dibandingkan geared transmisi otomatis konvensional..

plusnya, cvt terasa nyaman, kadang gak terasa kecepatan naik.. masalah keawetan semoga bisa diandalkan, melihat semakin banyaknya yg pake cvt di mobil2 baru..
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by liep »

menyimak master2 menjelaskan, jd lebih paham...
@om ging, trims om, gbr melengkapi penjelasan menjadi lebih clear bgt ttg plus minus cvt
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by billyd1773dz »

jivos wrote:melanjutkan penjelasan diatas om,
b'arti cvt ini, akan m jaga engine agar berada pd satu rpm range saja yg dianggap ideal/optimal, agar di dpt benefit FC pd transmisi cvt

apakah Penggunaan Manual Mode (Paddle Shift) pd CVT bersifat Kontra produktif?
krn pd saat paddle shift dimaikan, ratio gigi akan berpindah, rpm b gerak keluar dr range idealnya, sementara mbl tdk significant b gerak lbh kencang.
Betul.... makany blind accel cvt lebih cepet............. apalagi saat nanjak berat di mode cvt g bakal ada hunting gear.

Masalhnya... soal responsifitas,connected feel, dan fun to drive...... dri cruise normal cvt selalu jaga lowrev, saat kickdown selalu ada jeda saat rev naik ke puncak tenaga exp rev 5rb.. lebih parah lg kadang dri kick down rev naik baru 1s kemudian mbl gerak lari..... yg nentuin mbl accel transmisi bukan rev. Jd ada rubberband effect blm lagi mesin jd terasa statis dan g bisa rasain nikmatny rev ke redine.


Di mode stepped ini, ya dia bisa hold rev di dalam powerband, saat di bejek ya instant mesin dan gearbox connected. Dan langsung lari... di mode stepped beberapa cvt imho malah punya lockup lebih baik dri geared at konvensional... lebih direct. Dan saat shift g pernah ada power yg di putus, yg bisa shift lebih cepet dri dsg juga ada. Dia kerja sama atau lebih baik dri geared at biasa.... jd imho its work, dan amat penting d cvt gw tidak consider ini sebagai fake yg g perlu

Mbl cvt tampa fitur ini, bearti anda akan melewatkan exciting part di mesin anda, terlebih klw mesin nya very lively and love to rev.... lupakan fitur ini jika anda jarang aatw g pernah flatout

Keluar dri range efisiensi bisa aja, untuk itu cvt minimal 6speed hingga 8speed.... makim banyak pilihan ratio untuk jaga rev tetep dalam powerband.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by liep »

sori dopost..................................
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by madcat015 »

Setuju dgn mod lumpur...

Di CVT, spt di Juke, tidak ada hunting gear. Ratio selalu berada dalam range optimal torsi utk akselerasi lembut...

Memang, ane jg pernah geber CVT Ahond di CRZ, efek rubber band nya naujubile... kerasa kewalahan saat flat out dan satu kelemahan CVT utk driver enthusiasts...


Kurang sensasi...


Dibandingkan dengan Geared AT yg memiliki slip TC dan power loss saat upshift, CVT cenderung lebih hambar. Tidak ada jarum rpm bergerak naik turun, sentakan krn ganti gear, dan merasakan gear demi gear engaged.

Benar2 membosankan. Rpm konstan di 4000 tp kecepatan meningkat... geared AT dengan slip TC naujubile pun dpt memberikan respon mirip CVT selama beberapa saat. Terakhir ane coba di M8... dengan hasil yg lucu.


Tetapi, CVT modern skr sudah mulai mendekati geared AT utk kesenangan mengemudi seperti di Swift Sport dan Subaru dengan sport# mode nya...


Cmiaauwww... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by eksodan »

g1ng2 wrote:
sandal wrote:Ane juga menyimak di trit bergizi nih :mky_08:
Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVT :ungg:
sama nih... cuma ane kalau baca tapi gak lihat barang suka gak mudeng... makanya lihat yang ini aja.. :big_exellent: buat Nissan yang udah explain..

ilustrasi gear konvensional vs pulley di CVT


ini ilustrasi di kendaraan...


tapi sementara ini ane tetel cinta yang konvensional.. :big_grin: lebih berasa pindah giginya..
ilustrasi yg kedua membuat sy jengkel om liatnya...
yg pakai manual, gak bisa cara ngendarain mobil manual itu :off_no:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by walid_007 »

Cvt malah lebih bagus

Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya

Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..

Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya


Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke

Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope

Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?

Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh

Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic
engine roaring!
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by r12qiSonH4ji »

walid_007 wrote:Cvt malah lebih bagus

Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya

Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..

Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya


Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke

Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope

Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?

Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh

Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic
wahhh, berarti gerobak (VNT) ane termasuk yg bodoh dong om walid, :big_childish:
tp emang sh, rasio giginya panjang bgt, mana 4 a/t konvensional lg....
kerasa banget bedanya, abis bawa VNT ini trus bawa DSGnya VW, benar2 berbeda....

tp dinikmatin aja dh, :big_grin:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by imingwahyudi »

jivos wrote:pertanyaan brkt yg muncul:

Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?

dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?

paddle shift emang bener sebagai aksesoris doang oom, tapi aksesoris yang berguna bagi penikmat revving/engine note

kalo yang peduli mau ngegerung engga, penting lari, CVT pas banget. Kerasa banget di tanjakan, tetep aja jalan segitu. Personally, saya lumayan dihantui dilema, Satu sisi, CVT enak banget buat kotaan santai, dan sangat cocok kalo bawa orangtua. Halus, cruising santai jelas juara itu CVT, apalagi kalo mesinnya halus banget. Beda cerita kalo mesin yang dipasang punya karakteristik tukang 'nyanyi', macam Altima dan Quest VQ35DE (Elgrand dan Teana 3.5 :mky_01: ). Saya mencak mencak sendiri begitu nyetir Elgrand, lho kok mesin macam begini disumpel transmisi macam beginian :big_dunno: ... Memang kalo boleh jujur V6 nya dipake untuk boosting up smoothness dan waftiness :big_peace: , tapi kan kan kan...oh my :ungg:

Maka dari itu, untuk ngebekep mulut "Iming-Iming" yang lain, dipasangin lah paddleshift di CVT :mky_01: .. Walaupun masih kerasa fake rasionya (hello, kerapetan rasionya :big_slap: ), ya gapapa dah :e-whistle:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by kunaskun »

emang susah ilangin "rubber band effect" dari CVT terutama enthusiast driver. biarpun bahan belt pake chain, semi dry/half wet cvt train, dll. karena ya fully controlled by ECU kan untuk "pindah gigi" seperti paddle shift/tiptronic/shifttronic/etc itu cuma kadalin aja untuk "halt" pulley bergerak lebih banyak lagi. jadi virtual gear d.

paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan :mky_01: enak si buat harian keliling2 dalkot santai2 leyeh = eco banget d, giliran mau aggresive atau butuh extra pulling power untuk nyalip atau nanjak bisa semaput sendiri :mky_07:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?

Post by walid_007 »

r12qiSonH4ji wrote:
walid_007 wrote:Cvt malah lebih bagus

Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya

Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..

Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya


Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke

Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope

Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?

Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh

Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic
wahhh, berarti gerobak (VNT) ane termasuk yg bodoh dong om walid, :big_childish:
tp emang sh, rasio giginya panjang bgt, mana 4 a/t konvensional lg....
kerasa banget bedanya, abis bawa VNT ini trus bawa DSGnya VW, benar2 berbeda....

tp dinikmatin aja dh, :big_grin:
But better than avanza auto gearbox...

And has ect (electronic control trns)
engine roaring!