Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Malam om2 ( historicnya pk sapaan "Om" knp ya?)
mohon sharing & pencerahannya mngenai issue ini:
CVT - Gigi/gear shift - Paddle Shift
3 kata tsb membingungkan kepala ane, & mungkin jg user yg lain.
pemahaman awam, kurang lbh ngga ada gigi.
sementara klo liat produk mbl pd berlomba menawarkan CVT dg 5/6 speed dan ditambah jargon " ini sdh dilengkapi dg paddle shift loh pak,
jd bs aksel lbh kencang plus mewah"
Nah Loh.......
bukankah ngga ada gigi di cvt
sharing & inputnya dong om, buat kita2 disini.
trims
mohon sharing & pencerahannya mngenai issue ini:
CVT - Gigi/gear shift - Paddle Shift
3 kata tsb membingungkan kepala ane, & mungkin jg user yg lain.
pemahaman awam, kurang lbh ngga ada gigi.
sementara klo liat produk mbl pd berlomba menawarkan CVT dg 5/6 speed dan ditambah jargon " ini sdh dilengkapi dg paddle shift loh pak,
jd bs aksel lbh kencang plus mewah"
Nah Loh.......
bukankah ngga ada gigi di cvt
sharing & inputnya dong om, buat kita2 disini.
trims
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Giginya cuma 'virtual' 'fake' 'simulation doang om kalo di cvt... 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Sebenarnya ga membingungkan banget om, memang kalo dalam CVT itu ga ada gigi tapi adanya pembagian rasio
yang disebut 5 - 7 speed di rata2 tiap produsen yang pakai CVT itu sebenarnya adalah pembagian rasio seperti yang terjadi pada mobil yang punya gigi beneran
kaya manual itu gigi 1 contohnya 1:4.5 nah pada CVT itu rasionya diibaratkan seperti yang punya gigi, gunanya rasio itu sih sebenarnya supaya melipat gandakan torsi pada gigi bawah, karena itungannya mobil itu berat jadi terkadang butuh dorongan lebih pada saat pelan, nah itu tuh fungsinya gigi om, kalo di CVT sih sama aja cuman bedanya didalam ga ada gigi tapi dua piringan sama 1belt lah istilah gampangnya
kalo paddle shiftnya itu bukan memberikan perintah untuk ganti gigi kedepan tapi mengubah rasio CVT ke speed yang sudah ditentukan, misalkan speed 1 itu 1:4 lalu speed 2 1:3
seperti itu sih om penjelasan gampangnya
yang disebut 5 - 7 speed di rata2 tiap produsen yang pakai CVT itu sebenarnya adalah pembagian rasio seperti yang terjadi pada mobil yang punya gigi beneran
kaya manual itu gigi 1 contohnya 1:4.5 nah pada CVT itu rasionya diibaratkan seperti yang punya gigi, gunanya rasio itu sih sebenarnya supaya melipat gandakan torsi pada gigi bawah, karena itungannya mobil itu berat jadi terkadang butuh dorongan lebih pada saat pelan, nah itu tuh fungsinya gigi om, kalo di CVT sih sama aja cuman bedanya didalam ga ada gigi tapi dua piringan sama 1belt lah istilah gampangnya
kalo paddle shiftnya itu bukan memberikan perintah untuk ganti gigi kedepan tapi mengubah rasio CVT ke speed yang sudah ditentukan, misalkan speed 1 itu 1:4 lalu speed 2 1:3
seperti itu sih om penjelasan gampangnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
pertanyaan brkt yg muncul:
Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?
dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?
dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
pertanyaan brkt yg muncul:
Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?
dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?
dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
cvt anggap aja seperti gear belakang pada sepeda
rantai bisa geser dari posisi gear besar-kecil
gigi virtual itu ya seperti gear 1-6 pada sepeda, tergantung posisi rantai
rpm ibaratnya kecepatan mengayuh sepeda
semakin besar orang mengayuh, rpm semakin tinggi
sedangkan rasio gigi itu ukuran gear itu
gear semakin besar, rasio juga besar, dengan rpm yg sama, kecepatan yg dihasilkan lebih kecil, tetapi tenaga lebih besar
begitu juga sebaliknya
pada mode otomatis, anggap aja kayuhan sepeda dibiarkan tetap, tetapi posisi rantai bergerak kearah gear yg lebih kecil (rasio semakin kecil), sehingga kecepatan bertambah
hanya saja pada posisi otomatis, rantai bisa bergerak dari gear besar hingga kecil, kemungkinan posisinya tak terbatas
sbenernya sama aja si sama gigi konvensional, perbedaan hanya bukan gear yg berpindah seperti transmisi konvensional, tetapi posisi belt yg geser
rantai bisa geser dari posisi gear besar-kecil
gigi virtual itu ya seperti gear 1-6 pada sepeda, tergantung posisi rantai
rpm ibaratnya kecepatan mengayuh sepeda
semakin besar orang mengayuh, rpm semakin tinggi
sedangkan rasio gigi itu ukuran gear itu
gear semakin besar, rasio juga besar, dengan rpm yg sama, kecepatan yg dihasilkan lebih kecil, tetapi tenaga lebih besar
begitu juga sebaliknya
pada mode otomatis, anggap aja kayuhan sepeda dibiarkan tetap, tetapi posisi rantai bergerak kearah gear yg lebih kecil (rasio semakin kecil), sehingga kecepatan bertambah
hanya saja pada posisi otomatis, rantai bisa bergerak dari gear besar hingga kecil, kemungkinan posisinya tak terbatas
6 speed ya brarti lock gear-nya bisa di 6 posisijivos wrote:pertanyaan brkt yg muncul:
Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?
dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
sbenernya sama aja si sama gigi konvensional, perbedaan hanya bukan gear yg berpindah seperti transmisi konvensional, tetapi posisi belt yg geser
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Menyimak trit bergizi.
Sebagai pengguna CVT, saya juga sering bertanya2 soal cara kerjanya.
Sebagai pengguna CVT, saya juga sering bertanya2 soal cara kerjanya.

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Ane juga menyimak di trit bergizi nih 
Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVT

Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVT

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
@ semua om om diatas
aha............konsep di kepala thd gigi di cvt mulai berubah.
Satu step jd lbh pinter krn nongkrong di SM mlm ini.
trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
aha............konsep di kepala thd gigi di cvt mulai berubah.
Satu step jd lbh pinter krn nongkrong di SM mlm ini.
trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
kalo keagresifan kaki kanan tdk sebanding lurus dg keagresifan akselerasi laju kendaraan:jivos wrote:@ semua om om diatas
aha............konsep di kepala thd gigi di cvt mulai berubah.
Satu step jd lbh pinter krn nongkrong di SM mlm ini.
trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
karna bejekan tuas gas dpt mempengaruhi kenaikan rpm,
pd geared transmision -> akselerasi dihasilkan dari bertambahnya kecepatan dari kenaikan rpm. penyaluran tenaga melalui mekanisme
gigitan gear primer dg gear sekunder secara langsung.
pd CVT -> akselerasi dihasilkan dari kenaikan rpm pd putaran tertentu, kemudian akn tertahan, tapi perbandingan gigi
bergerak ke ratio semakin mengecil utk nambah speed. penyaluran tenaga melalui mekanisme gigitan(lbh tepatnya menggesek) belt dg pulley primer,
kemudian diteruskan melalui belt utk menggigit pulley sekunder.
pd CVT dg manual mode(katakan saja dioperasikan dg paddle shift) -> perubahan perbandingan gigi ditentukan oleh pengoperasian secara
manual, sehingga rpm bisa "paksa" hingga redline.
kesimpulan:
geared transmision lebih agresif dibanding CVT karna penyaluran tenaga lebih "menggigit"..haha
meski CVT dg manual mode, kita bisa merasakan daya maksimal yg dihasilkan oleh engine pd rpm nya, CVT terasa kurang "menggigit".
CMIIW

Last edited by mr-saga on Mon Dec 15, 2014 17:48, edited 2 times in total.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Sedikit melengkapi penjelasan mr-saga yg udah jelas,jivos wrote:trus Kaitan antara CVT Vs Kaki kanan yg agresif= kurang cocok
penjelasannya bgmn?
Di cvt, injek gas = belt yg geser ke rasio lebih kecil, ada kenaikan rpm, tapi disini yg dibahas pergeseran belt
Pergeseran belt tentu ga se responsif perpindahan gigi geared transmision<<ini kondisi standar ya
Jika digunakan virtual manual mode pun, belt yg lompat2 tentu daya tahan nya kalah dengan transmisi konvensional (untuk saat ini)
Sebenarnya cvt bagus untuk akselerasi, karena dengan tuning ecu+tcu, bisa aj di set lock di rpm dengan torsi maksimal
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
melanjutkan penjelasan diatas om,
b'arti cvt ini, akan m jaga engine agar berada pd satu rpm range saja yg dianggap ideal/optimal, agar di dpt benefit FC pd transmisi cvt
apakah Penggunaan Manual Mode (Paddle Shift) pd CVT bersifat Kontra produktif?
krn pd saat paddle shift dimaikan, ratio gigi akan berpindah, rpm b gerak keluar dr range idealnya, sementara mbl tdk significant b gerak lbh kencang.
b'arti cvt ini, akan m jaga engine agar berada pd satu rpm range saja yg dianggap ideal/optimal, agar di dpt benefit FC pd transmisi cvt
apakah Penggunaan Manual Mode (Paddle Shift) pd CVT bersifat Kontra produktif?
krn pd saat paddle shift dimaikan, ratio gigi akan berpindah, rpm b gerak keluar dr range idealnya, sementara mbl tdk significant b gerak lbh kencang.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Katanya kalo CVT rusak,gantinya harus segelondong ya? Penjelasanya donk om...
Trus perbandingan frekuensi rusak/keawetanya dibanding yg geared (asumsi cara bawa mobil sama) bijimane om?
Trus perbandingan frekuensi rusak/keawetanya dibanding yg geared (asumsi cara bawa mobil sama) bijimane om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
sama nih... cuma ane kalau baca tapi gak lihat barang suka gak mudeng... makanya lihat yang ini aja..sandal wrote:Ane juga menyimak di trit bergizi nih
Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVT

ilustrasi gear konvensional vs pulley di CVT
ini ilustrasi di kendaraan...
tapi sementara ini ane tetel cinta yang konvensional..

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
pengalaman, cvt agak lambat responnya pada saat dipaksa manual turun/naik virtual gear melalui triptonicnya, ada jeda yang membuat terlambat untuk akselerasi dibandingkan geared transmisi otomatis konvensional..
plusnya, cvt terasa nyaman, kadang gak terasa kecepatan naik.. masalah keawetan semoga bisa diandalkan, melihat semakin banyaknya yg pake cvt di mobil2 baru..
plusnya, cvt terasa nyaman, kadang gak terasa kecepatan naik.. masalah keawetan semoga bisa diandalkan, melihat semakin banyaknya yg pake cvt di mobil2 baru..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
menyimak master2 menjelaskan, jd lebih paham...
@om ging, trims om, gbr melengkapi penjelasan menjadi lebih clear bgt ttg plus minus cvt
@om ging, trims om, gbr melengkapi penjelasan menjadi lebih clear bgt ttg plus minus cvt
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Betul.... makany blind accel cvt lebih cepet............. apalagi saat nanjak berat di mode cvt g bakal ada hunting gear.jivos wrote:melanjutkan penjelasan diatas om,
b'arti cvt ini, akan m jaga engine agar berada pd satu rpm range saja yg dianggap ideal/optimal, agar di dpt benefit FC pd transmisi cvt
apakah Penggunaan Manual Mode (Paddle Shift) pd CVT bersifat Kontra produktif?
krn pd saat paddle shift dimaikan, ratio gigi akan berpindah, rpm b gerak keluar dr range idealnya, sementara mbl tdk significant b gerak lbh kencang.
Masalhnya... soal responsifitas,connected feel, dan fun to drive...... dri cruise normal cvt selalu jaga lowrev, saat kickdown selalu ada jeda saat rev naik ke puncak tenaga exp rev 5rb.. lebih parah lg kadang dri kick down rev naik baru 1s kemudian mbl gerak lari..... yg nentuin mbl accel transmisi bukan rev. Jd ada rubberband effect blm lagi mesin jd terasa statis dan g bisa rasain nikmatny rev ke redine.
Di mode stepped ini, ya dia bisa hold rev di dalam powerband, saat di bejek ya instant mesin dan gearbox connected. Dan langsung lari... di mode stepped beberapa cvt imho malah punya lockup lebih baik dri geared at konvensional... lebih direct. Dan saat shift g pernah ada power yg di putus, yg bisa shift lebih cepet dri dsg juga ada. Dia kerja sama atau lebih baik dri geared at biasa.... jd imho its work, dan amat penting d cvt gw tidak consider ini sebagai fake yg g perlu
Mbl cvt tampa fitur ini, bearti anda akan melewatkan exciting part di mesin anda, terlebih klw mesin nya very lively and love to rev.... lupakan fitur ini jika anda jarang aatw g pernah flatout
Keluar dri range efisiensi bisa aja, untuk itu cvt minimal 6speed hingga 8speed.... makim banyak pilihan ratio untuk jaga rev tetep dalam powerband.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
sori dopost..................................
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Setuju dgn mod lumpur...
Di CVT, spt di Juke, tidak ada hunting gear. Ratio selalu berada dalam range optimal torsi utk akselerasi lembut...
Memang, ane jg pernah geber CVT Ahond di CRZ, efek rubber band nya naujubile... kerasa kewalahan saat flat out dan satu kelemahan CVT utk driver enthusiasts...
Kurang sensasi...
Dibandingkan dengan Geared AT yg memiliki slip TC dan power loss saat upshift, CVT cenderung lebih hambar. Tidak ada jarum rpm bergerak naik turun, sentakan krn ganti gear, dan merasakan gear demi gear engaged.
Benar2 membosankan. Rpm konstan di 4000 tp kecepatan meningkat... geared AT dengan slip TC naujubile pun dpt memberikan respon mirip CVT selama beberapa saat. Terakhir ane coba di M8... dengan hasil yg lucu.
Tetapi, CVT modern skr sudah mulai mendekati geared AT utk kesenangan mengemudi seperti di Swift Sport dan Subaru dengan sport# mode nya...
Cmiaauwww...
Di CVT, spt di Juke, tidak ada hunting gear. Ratio selalu berada dalam range optimal torsi utk akselerasi lembut...
Memang, ane jg pernah geber CVT Ahond di CRZ, efek rubber band nya naujubile... kerasa kewalahan saat flat out dan satu kelemahan CVT utk driver enthusiasts...
Kurang sensasi...
Dibandingkan dengan Geared AT yg memiliki slip TC dan power loss saat upshift, CVT cenderung lebih hambar. Tidak ada jarum rpm bergerak naik turun, sentakan krn ganti gear, dan merasakan gear demi gear engaged.
Benar2 membosankan. Rpm konstan di 4000 tp kecepatan meningkat... geared AT dengan slip TC naujubile pun dpt memberikan respon mirip CVT selama beberapa saat. Terakhir ane coba di M8... dengan hasil yg lucu.
Tetapi, CVT modern skr sudah mulai mendekati geared AT utk kesenangan mengemudi seperti di Swift Sport dan Subaru dengan sport# mode nya...
Cmiaauwww...

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue May 21, 2013 5:58
- Location: Wonosari / Klaten
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
ilustrasi yg kedua membuat sy jengkel om liatnya...g1ng2 wrote:sama nih... cuma ane kalau baca tapi gak lihat barang suka gak mudeng... makanya lihat yang ini aja..sandal wrote:Ane juga menyimak di trit bergizi nih
Rencana ada yg mau bungkus mobil dengan transmisi CVT, padahal belum tahu ttg cara kerja CVTbuat Nissan yang udah explain..
ilustrasi gear konvensional vs pulley di CVT
ini ilustrasi di kendaraan...
tapi sementara ini ane tetel cinta yang konvensional..lebih berasa pindah giginya..
yg pakai manual, gak bisa cara ngendarain mobil manual itu

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
Cvt malah lebih bagus
Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya
Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..
Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya
Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke
Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope
Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?
Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh
Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic
Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya
Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..
Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya
Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke
Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope
Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?
Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh
Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic
engine roaring!
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
wahhh, berarti gerobak (VNT) ane termasuk yg bodoh dong om walid,walid_007 wrote:Cvt malah lebih bagus
Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya
Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..
Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya
Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke
Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope
Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?
Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh
Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic

tp emang sh, rasio giginya panjang bgt, mana 4 a/t konvensional lg....
kerasa banget bedanya, abis bawa VNT ini trus bawa DSGnya VW, benar2 berbeda....
tp dinikmatin aja dh,

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
jivos wrote:pertanyaan brkt yg muncul:
Apa fungsinya paddle shift yg buat up/down gigi itu
cvt 5/6speed pd iklan di spek maksudnya?
gear shift di cvt berarti tdk ada?
dgn rangka virtual/fake itu, apa fungsi paddle shift hanya sbg aksesoris pemanis sj, & cvt dg 5/6speed ngga nggefek krn sm saja?
paddle shift emang bener sebagai aksesoris doang oom, tapi aksesoris yang berguna bagi penikmat revving/engine note
kalo yang peduli mau ngegerung engga, penting lari, CVT pas banget. Kerasa banget di tanjakan, tetep aja jalan segitu. Personally, saya lumayan dihantui dilema, Satu sisi, CVT enak banget buat kotaan santai, dan sangat cocok kalo bawa orangtua. Halus, cruising santai jelas juara itu CVT, apalagi kalo mesinnya halus banget. Beda cerita kalo mesin yang dipasang punya karakteristik tukang 'nyanyi', macam Altima dan Quest VQ35DE (Elgrand dan Teana 3.5




Maka dari itu, untuk ngebekep mulut "Iming-Iming" yang lain, dipasangin lah paddleshift di CVT



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
emang susah ilangin "rubber band effect" dari CVT terutama enthusiast driver. biarpun bahan belt pake chain, semi dry/half wet cvt train, dll. karena ya fully controlled by ECU kan untuk "pindah gigi" seperti paddle shift/tiptronic/shifttronic/etc itu cuma kadalin aja untuk "halt" pulley bergerak lebih banyak lagi. jadi virtual gear d.
paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan
enak si buat harian keliling2 dalkot santai2 leyeh = eco banget d, giliran mau aggresive atau butuh extra pulling power untuk nyalip atau nanjak bisa semaput sendiri 
paling kesel dari CVT ya rasanya injakan gas ga linear dengan laju kendaraan


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Transmisi CVT: is it No Gear & fake Paddle Shift ?
But better than avanza auto gearbox...r12qiSonH4ji wrote:wahhh, berarti gerobak (VNT) ane termasuk yg bodoh dong om walid,walid_007 wrote:Cvt malah lebih bagus
Di teana ada sport mode.. pada saat ini rpm berada di 3000 rpm, mesin dan transmisi sudah bersiap untuk memuntahkan performa optimal nya
Untuk drag juga lebih bagus cvt, krn rpm akan bertahan di 6000 rpm terus..
Konvensipnal saat ini juaga seamless bgt, udah gak kerasa... utk perbandinga nya camry xv 50 juga udah gak berasa shift gearnya
Hunting gear bisa diminimalisir jika performa mesin buas,,atau torsi kuat itu jika transmisi bodoh juga masih oke
Tp skrg geared at tidak hanya dikendalikan hidrolic control unit spert dulu, banyak sensor didalamnya
Sinkron dengan mesin, dan sampe2 ada yg pake gyroscope
Pingin bedain mana transmisi bodoh dan pintar?
Klo avanza innova dan fortuner yg ga pake triptronic sudah jelas bodoh
Tp kalo kaya cx5, dkk sudah termasuk sangat baik.. bisa dikatakan yg udh pake tiptronic![]()
tp emang sh, rasio giginya panjang bgt, mana 4 a/t konvensional lg....
kerasa banget bedanya, abis bawa VNT ini trus bawa DSGnya VW, benar2 berbeda....
tp dinikmatin aja dh,
And has ect (electronic control trns)
engine roaring!