F 272 wrote:@om ferysuhe
@Bro Kopat
Selamat malam semua rekan2...
Iya nih ane lagi persiapan... tapi juga lagi agak2 bingung... karena kondisi kerjaan kok makin dekat jadwal trip makin padat...
Alhamdulillah ane dikerubutin klien yang sedang habis2in budget belanja di akhir tahun sebelum dana mereka di tarik HO nya..hehe..
Trus spt biasaaa... 2 jagoan ane ini mulai ada yang aneh2..
Andika pake sakit lah...Barusan ane aja ke dokter langganan...
Jadi ingat Road trip Jawa-Bali setahun lalu (2013) saat itu jagoan kecil ane Aryasona juga sakit Cacar menjelang jadwal Road Trip... jadi mundur 1 minggu awalnya start 14 Des menjadi 21 Des 2013.. tapi Semua lancar ga ada kendala selama Road Trip 11 Hari..
Maka nya ane lagi lihat situasi & Kondisi dulu... semoga situasi membaik sebelum tgl. 20 Des..
Padahal cuma tinggal 5 hari lagi...
Ban Depan VNT ane sudah diganti baru pula... demi perjalanan jauh ingin mobil dengan kondisi Prima
kalo jadi & keburu waktu nya ane mao pasang THULE motion 800 di Banteng Mas..
+ mungkin sekalian Lampu sorot di atas.. Nah... Ada sarat ga Bro Kopat & rekan2 lain untuk Lampu2 ini..???
Mungkin merk : Hella, KC, IPF-SPort, atau apa ya..? type nya apa..? Ane pernah ngobrol via bbm sama Bro Vinceworks.. doi saranin pake type pencil katanya bagus sinar nya focus...

kalo lampu sorot di atap mobil ane kurang suka om. kecuali untuk hunter ya.
sebentar ane cerita tentang perlampuan untuk penerangan berdasarkan bentuk cahayanya.
1. fog lamp. karakteristiknya menyebar dan untuk jarak pendek. paling 20m aja. ini bertujuan untuk menembus kabut yang kalo kita pake lampu jauh akan jadi white wall di depan. useless.
fog lamp dipasang agak rendah dan menjauh.
2. driving lamp. karakteristiknya seperti lampu jauh mobil (high beam) pada umumnya. jarak nya sekitar 100-200m.
dipasang sejajar lampu utama dan dekat.
3. pencil beam. ini lampu sorot. di beberapa negara eropa dan maju dilarang untuk on road. karakteristiknya jarak cahaya bisa 500m.
dipasang setinggi lampu utama dan berdekatan.
lampu di atas atap itu membahayakan penumpang depan. karena silau dari sisi berlawanan. ane aja pake APV gak tega nyalain lampu utama kalo ketemu sedan ato motor. soalnya lampu utama APV tinggi banget.
ane pernah pake driving lamp merk MJK. cahayanya bagus banget. diameternya sekitar 20cm. sayang hilang.
ane lebih suka, driving lamp or pencil beam ini dihubungkan dengan switch lampu jauh selain switch utama untuk nyala or gak.
kalo warna cahaya, ane prefer yang 4300K, masih bagus untuk nembus kabut. kalo sudah di atas 6000K, rada repot.
kalo sudah kabut tebal, perlu yang 3200K.
kira2 gitu om. jangan lupa bawa bohlam cadangan. jaga2 kalo putus di jalan. apa lagi om F bakal banyak jalan malamnya.