Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kl sama2 sistem setoran, knapa ada supir bus dr PO tertentu yg terkenal ugal2an spt SK, knapa ada yg kalem2 aja spt cerita di atas?
Apa sistem setorannya beda?
Apa kultur perusahaannya beda?
Seperti halnya taxi yg ada raport bagus di driving habit supirnya spt blue bird group, hasil gemblengan keras dr internal plus sanksi tanpa ampun dr manajemen ke supir nakal (ketauan terbukti narik borongan tanpa argo, supir BB group lsg dipecat tanpa SP SP an).
kalo itu begimana manusianya oom. harus ada pelatihan rutin, peringatan rutin, ancaman, dan keseriusan dari perusahaan. bisa jadi pihak PO-nya nggak terlalu perduli mau ugal-ugalan atau kalem yang penting bis masuk kandang bawa duit.
*edit :
inget jaman 90an (di jakarta), sering banget liat orang kepalanya pecah kelindes bis mayasari dan supirnya cuma nginep semalem di hoter prodeo. ada rumor, setelah ngelindes orang perusahaan jadi tambah kaya.
sekarang supir mayasari (walaupun tidak semua) mayoritas sudah kalem nyetirnya dan bikin saya jengkel karena nggak sampe-sampe.....
newrubble wrote: -cut-
sorry out of topic again n again
justru oot-nya oom rubble yang saya tungguin karena bergizi tinggi.
iya om marmut,pernah denger isu/rumor ada PO yang seperti itu,katanya buat tumbal,tapi itu katanya katanya dan katanya lo y..
kalo yang masalah bis banter dan bis kalem,ada yang bilang bis banter pake sistem loss solar,..kalo yang bis kalem,pake sistem solar di jatah..tapi ada juga PO yang nerapin bus kalem,buat kenyamanan penumpang,meskipun armada nya scania punya..contoh PO Harapan Jaya..CMIIW..
scheduled sby-malang-jember n pasti mrk selalu masuk garasi (satu satu nya yg tdk masuk bis terminal krn mrk punya terminal sensiri trmsk headoffice pasuruan)
pak tjipto dulu terkenal dgn 1969 rr silver shadow L-7220 hijau met n kadang...dia yg bawa bus sendiri
thn 1970-78 ratarata bus benz 0305 (bukan 0306) white with oceanblue stripe n hampir semua (sblm pakai hino rk) coachbuilt by alexander, england) n sy ingat smua benz bus itu dgn autotrans dan paling penting dia punya layanan in-cabin meals lengkap dgn xoke bottle yg tdk smua users suka
sayang image po tjipto dropped down ssdh pak tjipto mati n anak nya yg terusin
tapi hino indo besar krn dia saat poeng w lubis masih gm marketing national motors
kalo saya ke dulu PP Solo Bandung langganan sama Kramat Djati kalo PP Solo Jakarta Rosalia Indah / Raya kalo Solo Surabaya PP biasanya naik bus Eka soalnya cari yang nyaman aja
newrubble wrote:perintis modern intercity bus indo?
pasti itu po tjipto milik alm soetjipto
scheduled sby-malang-jember n pasti mrk selalu masuk garasi (satu satu nya yg tdk masuk bis terminal krn mrk punya terminal sensiri trmsk headoffice pasuruan)
pak tjipto dulu terkenal dgn 1969 rr silver shadow L-7220 hijau met n kadang...dia yg bawa bus sendiri
thn 1970-78 ratarata bus benz 0305 (bukan 0306) white with oceanblue stripe n hampir semua (sblm pakai hino rk) coachbuilt by alexander, england) n sy ingat smua benz bus itu dgn autotrans dan paling penting dia punya layanan in-cabin meals lengkap dgn xoke bottle yg tdk smua users suka
sayang image po tjipto dropped down ssdh pak tjipto mati n anak nya yg terusin
tapi hino indo besar krn dia saat poeng w lubis masih gm marketing national motors
ada yg ingat po tjipto thn segitu?
Tau om
Masa kecil 80an awal di sby dan sering diajak keluar kota seringnya ya liat bus tjipto..
Kl bus kelas bawahnya utk rute sby malang kl gak salah PO Mawar.
Kl PO Akas yg jg legendaris di jatim om rubble tau historynya?
alm haji karman? sy ada bukti pelunasan utang dia ke kakek sy u dirikan itu th 1951 (lunas thn 1955 sejumlah rp.950,000)
patient ayah sy wkt jakarta eye center baru pertama buka thn 84 sy lupa yg patient itu haji karman atau haji ali yg retina kanan bocor
tapi sy ingat wkt sy tanya knp mobil nya karmann ghia n dia jawap krn nama dia itu karman
ada akas n ada akas astu sampai empat sesuai jumlah turunan dia ya
cuma itu yg sy ingat
satu bus punya tiga engines n tiga gearboxes n tiga front n tiga rear axles
bus yg dikelola dgn maintenance n parts replacement on modular system
sehingga static state per unit bgt rendah alias jalan terus
Nightster Guy wrote:Tul tul tul. Karena saya liat si L 319 itu ada versi truknya. Yup, lagi berusaha mengingat2 bus om VM itu. 508D y? Maklum pikun uda lama gak ngeliat bus gituan di jalan. Oya, si 508 ini karoseri pabrikan y bro (German Motor), bukan karoseri non pabrikan? Muhun info. Asik nih bisa denger info dari orang ngerti bus. Saya nyaris buta bus.
dari brasil om, 508 nya..
seri yang diproduksi GMM aga rancu. Pakenya O306, O308, prima, king, cooler dll. IMO, ga sesuai dengan penamaan dari sononya. O306 produksi GMM menunjukkan omnibus pake mesin 306. yang lain ngekooott, mesin 308, prima, king, cooler. yang lom tau O306, itu loh, bus kota mercedes kotak nan lemot. BTW, GMM adalah karoseri yang sangat bagus, terakhir dikeluarin model starliner.
Belakangan MBI hanya ngeluarin chassis XBC saja, di rakit di wanaherang tanpa body dengan penamaan kembali ke pakem, walaupun XBC-nya sendiri juga masih keluar dari pakem. X Bus Chassis, karena bus chassis X yang peruntukannya buat city dan intercity sekaligus. OF8000 menunjukkan bus mesin depan dengan GVW 8 ton, termasuk truk MB700 dan MB800 tahun 1996 yang berarti GVW 7 ton dan 8 ton. Yang lebih baru lagi pake penamaan klasik, OH1113 berarti Omnibus Hinterdeck 11 tonnes 130 PS, OH1518 OH15ton180PS dst termasuk OH1521, OH1525,OH1526.
info tambahan, ke depan nampaknya akan dikeluarkan OH1626 dengan chassis modular. Bakalan berat tu kerjaan karoserie, sambung-menyambung bodi modular ginian. Butuh lisensi ketat. Malah denger denger ada tuh, chassis modular OH1626 yang pas dikirim dari jakarta ke karoseri terkenal, di "bajak" di jalan oleh karoseri lain yang tidak ditunjuk oleh MBI.
om tau ttg mesin om314 milik bus 508d, punya saya terkendala dinamo starter nya berat, sering tekor akinya