Tentang Bus... silaken share ..

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by maskopat »

wah, ada member bismania nih??? :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Casciscus »

Ane tukang intip doang aja loh .........
Dulu ane seneng naek bus, tapi sebel ama bus kalo lagi bawa sendiri. Mesti ngalah kalo lagi didahuluin ama bus-bus noh. Untungnya bus-bus masih ada pengertian kalo ada yang lagi bawa muatan yang berat.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Nightster Guy »

Lanjut....

Sedikit set-back ke belakang, sekedar mengingat sejarah.. Foto2 bis jadul yang pernah beroperasi di Indo....

Mercedes-Benz, entah tipe apa, PO Puspa Sari, foto dikasih temen. Thanx bro AHP.. :cupss:
Image

Jaman2 '95an ane masih pernah liat bus ini beroperasi di seputaran Karawang. Orang sini nyebutnya Mercy 'Ganefo'. Tidak ada yang tau kenapa dinamakan demikian. Lalu ane logika aja, mungkin bis ini dulu didatangkan pemerintah kita saat event olahraga Ganefo (Games of New Emerging Forces) > http://id.wikipedia.org/wiki/GANEFO > November '63. Gugling2, dapetlah identitas asli si bus 'Ganefo' ini, yaitu Mercedes-Benz tipe L 319. Ini foto dari Wiki, keluaran '55, restored to factory spec.
Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

ane malah terkenang dengan bus ini om...

Image

Ini bus dulu anter jemput waktu skula jamn SD-SMP...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Nightster Guy »

Kalo gak salah yang gituan = tipe OH508 ato semacamnya deh.. Ada 508 nya pokok'e....
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

Ya ya yaa...! bener! Wah ni bis emang tough banget! Ngelewatin medan oprut agak berat aja bisa om! Duluu, jaman dari Kompleks PKT ke pasar Lhok Tuan, maupun ke Guntung dan ke pabrik, waktu blom dibeton, kalo udah abis ujan, pasti tuh bis ajojing dansa kiri kanan ngelewatin medan licin!!

Excellent!!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Casciscus »

Nightster Guy wrote:Lanjut....

----- ikutan CUT -------

Jaman2 '95an ane masih pernah liat bus ini beroperasi di seputaran Karawang. Orang sini nyebutnya Mercy 'Ganefo'. Tidak ada yang tau kenapa dinamakan demikian. Lalu ane logika aja, mungkin bis ini dulu didatangkan pemerintah kita saat event olahraga Ganefo (Games of New Emerging Forces) > http://id.wikipedia.org/wiki/GANEFO > November '63. Gugling2, dapetlah identitas asli si bus 'Ganefo' ini, yaitu Mercedes-Benz tipe L 319. Ini foto dari Wiki, keluaran '55, restored to factory spec.
Image
fiuhhhh, tahun 55 pake LO 319 om? special edition kali ya.....
Jaman segitu embahnya viano ini normalnya pake LO 306, artinya 3 Ton-an 60 PS (DIN). yang 5 ton normalnya 80 PS alias LO 508 kaya yang digambarnya om VM. yang LO 508 itu bikinan brasil, sebelum tahun 1982.
seri OF dan OH keluarnya setelah tahun 1982, mengidentifikasi mesin depan dan belakang. OH : omnibus hinterdeck (mesin belakang), OF : omnibus F...... (ga tau kepanjangannya), tapi mesin artinya mesin depan.
CMIIW
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Casciscus »

[quote="Nightster Guy"]Lanjut....

Sedikit set-back ke belakang, sekedar mengingat sejarah.. Foto2 bis jadul yang pernah beroperasi di Indo....

Mercedes-Benz, entah tipe apa, PO Puspa Sari, foto dikasih temen. Thanx bro AHP.. :cupss:
Image

nyang ini udah seri MBO, tapi ga tau MBO berapanya... mungkin 700-an, alias ga masuk kategori Leichstahlomnibus (LO ato bus ringan).
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

Casciscus wrote: nyang ini udah seri MBO, tapi ga tau MBO berapanya... mungkin 700-an, alias ga masuk kategori Leichstahlomnibus (LO ato bus ringan).
Ngngng.... nampaknya kurang huruf T ya om...?

Bukannya seharusnya adlh Leichtstahl omnibus?

Korrigieren Sie mich, wenn ich falsch liege...
:ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Nightster Guy »

Casciscus wrote:- CUT -

fiuhhhh, tahun 55 pake LO 319 om? special edition kali ya.....
Jaman segitu embahnya viano ini normalnya pake LO 306, artinya 3 Ton-an 60 PS (DIN). yang 5 ton normalnya 80 PS alias LO 508 kaya yang digambarnya om VM. yang LO 508 itu bikinan brasil, sebelum tahun 1982.
seri OF dan OH keluarnya setelah tahun 1982, mengidentifikasi mesin depan dan belakang. OH : omnibus hinterdeck (mesin belakang), OF : omnibus F...... (ga tau kepanjangannya), tapi mesin artinya mesin depan.
CMIIW
Bukan LO 319 om tapi cuman L 319. Saya guling2 tempo hari saking penasarannya ma ID asli si Ganefo ini. Dapet di situs resmi Mercedes, tapi cuman dibahas singkat. Lari ke Wiki, dapetlah datanya plus foto di atas hehehehe....

Tempo hari ada temen aplod foto bus Ganefo yang lagi jogrok di bengkel mo diresto (di Indo). Saya bandingin, persis sama. Ganefo = L 319 hehehe.... Sampe ada update data baru.

Yang foto om VM, yang saya sering liat (CMIIW, maklum uda pikun) = OH508, brarti mesin belakang, after '82 y?
Das Beste oder nichts.
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Casciscus »

Nightster Guy wrote:
Casciscus wrote:- CUT -

fiuhhhh, tahun 55 pake LO 319 om? special edition kali ya.....
Jaman segitu embahnya viano ini normalnya pake LO 306, artinya 3 Ton-an 60 PS (DIN). yang 5 ton normalnya 80 PS alias LO 508 kaya yang digambarnya om VM. yang LO 508 itu bikinan brasil, sebelum tahun 1982.
seri OF dan OH keluarnya setelah tahun 1982, mengidentifikasi mesin depan dan belakang. OH : omnibus hinterdeck (mesin belakang), OF : omnibus F...... (ga tau kepanjangannya), tapi mesin artinya mesin depan.
CMIIW
Bukan LO 319 om tapi cuman L 319. Saya guling2 tempo hari saking penasarannya ma ID asli si Ganefo ini. Dapet di situs resmi Mercedes, tapi cuman dibahas singkat. Lari ke Wiki, dapetlah datanya plus foto di atas hehehehe....

Tempo hari ada temen aplod foto bus Ganefo yang lagi jogrok di bengkel mo diresto (di Indo). Saya bandingin, persis sama. Ganefo = L 319 hehehe.... Sampe ada update data baru.

Yang foto om VM, yang saya sering liat (CMIIW, maklum uda pikun) = OH508, brarti mesin belakang, after '82 y?
MerC lawas basis busnya masih bareng ama truck om, jadi kalo L 319 bisa truck L319, bisa bus L319. Kalo LO319 berarti bus L319.
yang 508D serinya masih O saja om, O508D, O tidak ditulis. mesin depan diesel. Yang ada mesin belakang powernya gede-gede, mulai dari O321H tahun 1954. Yang angka tengahnya masih kosong ga yakin ada mesin belakang.
CMIIW
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Nightster Guy »

Tul tul tul. Karena saya liat si L 319 itu ada versi truknya. Yup, lagi berusaha mengingat2 bus om VM itu. 508D y? Maklum pikun uda lama gak ngeliat bus gituan di jalan. Oya, si 508 ini karoseri pabrikan y bro (German Motor), bukan karoseri non pabrikan? Muhun info. Asik nih bisa denger info dari orang ngerti bus. Saya nyaris buta bus.
Das Beste oder nichts.
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Casciscus »

Nightster Guy wrote:Tul tul tul. Karena saya liat si L 319 itu ada versi truknya. Yup, lagi berusaha mengingat2 bus om VM itu. 508D y? Maklum pikun uda lama gak ngeliat bus gituan di jalan. Oya, si 508 ini karoseri pabrikan y bro (German Motor), bukan karoseri non pabrikan? Muhun info. Asik nih bisa denger info dari orang ngerti bus. Saya nyaris buta bus.
dari brasil om, 508 nya..
seri yang diproduksi GMM aga rancu. Pakenya O306, O308, prima, king, cooler dll. IMO, ga sesuai dengan penamaan dari sononya. O306 produksi GMM menunjukkan omnibus pake mesin 306. yang lain ngekooott, mesin 308, prima, king, cooler. yang lom tau O306, itu loh, bus kota mercedes kotak nan lemot. BTW, GMM adalah karoseri yang sangat bagus, terakhir dikeluarin model starliner.

Belakangan MBI hanya ngeluarin chassis XBC saja, di rakit di wanaherang tanpa body dengan penamaan kembali ke pakem, walaupun XBC-nya sendiri juga masih keluar dari pakem. X Bus Chassis, karena bus chassis X yang peruntukannya buat city dan intercity sekaligus. OF8000 menunjukkan bus mesin depan dengan GVW 8 ton, termasuk truk MB700 dan MB800 tahun 1996 yang berarti GVW 7 ton dan 8 ton. Yang lebih baru lagi pake penamaan klasik, OH1113 berarti Omnibus Hinterdeck 11 tonnes 130 PS, OH1518 OH15ton180PS dst termasuk OH1521, OH1525,OH1526.

info tambahan, ke depan nampaknya akan dikeluarkan OH1626 dengan chassis modular. Bakalan berat tu kerjaan karoserie, sambung-menyambung bodi modular ginian. Butuh lisensi ketat. Malah denger denger ada tuh, chassis modular OH1626 yang pas dikirim dari jakarta ke karoseri terkenal, di "bajak" di jalan oleh karoseri lain yang tidak ditunjuk oleh MBI.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by BADAK »

Baca di koran bus Sumber Selamat aka Sumber Kencono mkn korban lg, siswi SMP tewas dilindas. Percuma ganti nama berkali-kali tp kelakuan ttp sama. Gw sendiri kpn hr ketemu ini bus di daerah Krian ttp aja nyetirnya kyk orang kesurupan.
Bus kyk gini dibiarkan beroperasi cmn jd setan pencabut nyawa aja.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

BADAK wrote:Baca di koran bus Sumber Selamat aka Sumber Kencono mkn korban lg, siswi SMP tewas dilindas. Percuma ganti nama berkali-kali tp kelakuan ttp sama. Gw sendiri kpn hr ketemu ini bus di daerah Krian ttp aja nyetirnya kyk orang kesurupan.
Bus kyk gini dibiarkan beroperasi cmn jd setan pencabut nyawa aja.
korbannya itulah tumbal pesugihane, om... cmiiw
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:
BADAK wrote:Baca di koran bus Sumber Selamat aka Sumber Kencono mkn korban lg, siswi SMP tewas dilindas. Percuma ganti nama berkali-kali tp kelakuan ttp sama. Gw sendiri kpn hr ketemu ini bus di daerah Krian ttp aja nyetirnya kyk orang kesurupan.
Bus kyk gini dibiarkan beroperasi cmn jd setan pencabut nyawa aja.
korbannya itulah tumbal pesugihane, om... cmiiw
maksudnya tumbal ini gimana toh om? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

ah, masa gt aja ngga ngeh, om...? Ngga etis lah ngebeberin disini, karena berkaitan dengan musibah orang lain...

Btw, spt yang ane pernah post juga di trit ini, benernya masih ada yang lebih 'ganas' lagi ngebutnya dibanding SK /SL ini. Dahlia Indah contohnya. Kalau ane naek Dahlia Indah, sudah mesti pakai tag iklan motor: "Otomatis Duluan!" Wong kru nya Dahlia Indah itu ngledekin Sumber itu,"Montor kok ra mlayu!"(Bis kok ngga bisa lari!)

Hadoh!! Sumber kayak gitu aja dibilang ngga lari? :frm_bang_head: Tapi emang sih, Kalo Dahlia udah lari, Sumber udah ketinggalan!! Nah pas Dahlia nurunin penumpang 'rombongan' dan naik 'rombongan' (biasanya daerah Jombang, kalo dari Surabaya), Sumber udah nyalip lagi..! Ya WUSHH gitu lewatnya!! :frm_bang_head:

Nah lo!
:shrug:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by salah obat »

mungkin biar bisa tetep ngejar Mira n Eka om hehehe..
@Badak : Bus yg diganti nama Sumber Selamat kayaknya yg bis versi non-ac ya om? Si Mira udah pakek karoseri baru lagi ya om? Apa ya namanya? Selain Legacy pokoknya..
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by salah obat »

VanzMatic wrote:ah, masa gt aja ngga ngeh, om...? Ngga etis lah ngebeberin disini, karena berkaitan dengan musibah orang lain...

Btw, spt yang ane pernah post juga di trit ini, benernya masih ada yang lebih 'ganas' lagi ngebutnya dibanding SK /SL ini. Dahlia Indah contohnya. Kalau ane naek Dahlia Indah, sudah mesti pakai tag iklan motor: "Otomatis Duluan!" Wong kru nya Dahlia Indah itu ngledekin Sumber itu,"Montor kok ra mlayu!"(Bis kok ngga bisa lari!)

Hadoh!! Sumber kayak gitu aja dibilang ngga lari? :frm_bang_head: Tapi emang sih, Kalo Dahlia udah lari, Sumber udah ketinggalan!! Nah pas Dahlia nurunin penumpang 'rombongan' dan naik 'rombongan' (biasanya daerah Jombang, kalo dari Surabaya), Sumber udah nyalip lagi..! Ya WUSHH gitu lewatnya!! :frm_bang_head:

Nah lo!
:shrug:
Dahlia jurusan mana om VM?
Saya jg sering nyegat bus di jombang buat ke madiun. Tp jarang banget liat Dahlia...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

salah obat wrote:
VanzMatic wrote:ah, masa gt aja ngga ngeh, om...? Ngga etis lah ngebeberin disini, karena berkaitan dengan musibah orang lain...

Btw, spt yang ane pernah post juga di trit ini, benernya masih ada yang lebih 'ganas' lagi ngebutnya dibanding SK /SL ini. Dahlia Indah contohnya. Kalau ane naek Dahlia Indah, sudah mesti pakai tag iklan motor: "Otomatis Duluan!" Wong kru nya Dahlia Indah itu ngledekin Sumber itu,"Montor kok ra mlayu!"(Bis kok ngga bisa lari!)

Hadoh!! Sumber kayak gitu aja dibilang ngga lari? :frm_bang_head: Tapi emang sih, Kalo Dahlia udah lari, Sumber udah ketinggalan!! Nah pas Dahlia nurunin penumpang 'rombongan' dan naik 'rombongan' (biasanya daerah Jombang, kalo dari Surabaya), Sumber udah nyalip lagi..! Ya WUSHH gitu lewatnya!! :frm_bang_head:

Nah lo!
:shrug:
Dahlia jurusan mana om VM?
Saya jg sering nyegat bus di jombang buat ke madiun. Tp jarang banget liat Dahlia...
Hmmmm....jurusan mana yah..? :e-think: :e-think: itu udah taun 2001 kemaren terakhir naik dahlia, om... Kalo naik Sumber, masih sampei taun 2003..... Mohon maaf kalau saya ngga inget, om... :oops:

Mudah-mudahan om salah_obat mau membantu... :mrgreen:




salah obat wrote:-cut-
@Badak : Bus yg diganti nama Sumber Selamat kayaknya yg bis versi non-ac ya om? Si Mira udah pakek karoseri baru lagi ya om? Apa ya namanya? Selain Legacy pokoknya..
Versi AC, om... tepatnya AC ekonomi....
Image
:mrgreen:

Yang ini ya?
Image
Last edited by VanzMatic on Mon Aug 22, 2011 7:28, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by salah obat »

hehehe..
Iya besok kalo ketemu bus dahlia biar saya liat jurusannya om...
Iya om yg bawah tu dari samping keker bgt..
Last edited by salah obat on Mon Aug 22, 2011 7:58, edited 1 time in total.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by BADAK »

@salah obat: Wah kurang tau yg versi AC ato non AC. Saya sendiri gak pernah naek bus om :D

Dahlia kyk nya udah gak ada om. Gak pernah nemuin lg Dahlia. Setau saya Dahlia mlh gak seberapa gila. Yg SK ini sll gila nyetirnya, kyk jalan pny "mbah'e" wae :e-doh:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by Abu2 »

ada yg bisa kasi info ttg bus ANS? jalur trans sumatera..kayaknya di sumatera gak ada yg se ugal2an ANS..IMHO
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by salah obat »

Iya Dahlia jarang om, paling yg ada tinggal Tulungagung - Jkt.
Sabtu kemarin SK kena tilang polisi di saradan om, biasa lah nyelip di garis lurus/nyambung, habis itu jadi Sumber Kalem hehehe..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tentang Bus... silaken share ..

Post by VanzMatic »

Oia, berikut ini aku urun prosedur keselamatan darurat saat terjadi kecelakaan di bus.
Bisa lihat di situs aslinya, atau saya quote kan disini dgn bbrp editing... Ijin copas, mbah busmania... :big_peace:
PROLOG
Tiga kendaraan besar terbakar hebat setelah terlibat kecelakaan. Selain bus AO Transport, truk kontainer bernopol L8493F dan truk diesel nopol L7934GC hangus terbakar. Celakanya, saat kobaran api terus membesar, 55 penumpang malah terjebak dalam bus. Hanya pengemudi bus yang berhasil melompat keluar.

Akibatnya, tak ada penumpang bus sebanyak itu yang selamat. Semua terbakar. Saat itu, jenazah korban menumpuk di bagian belakang bus. Kuat dugaan, saat api mulai melalap bagian depan bus, seluruh penumpang berlarian ke belakang. Sayang, pintu tidak bisa dibuka karena menggunakan pintu otomatis.

------------------------------------------------------

Tahun 1995. Kramat djati jurusan Jakarta-Bandung terbakar di ruas jalan Tol Jagorawi menewaskan 23 penumpangnya.Bus terbakar dan melumatkan seluruh penumpangnya, kecuali pengemudi yang berhasil menyelamatkan diri. Saat itu, pintu otomatis dituduh menjadi penyebab.


================================================== ================================

The Story

Kecelakaan bus, bisa terjadi dimanapun, kapanpun. Siapapun, tidak ada yang ingin mengalami musibah ini.


Apa yang Saya tulis ini merupakan salah satu rangkaian kampanye sosialisasi keselamatan yang Saya harapkan bisa berkesinambungan kita lakukan bersama. -cut-

Masih banyak sekali penumpang bis yang TIDAK mengetahui sama sekali mengenai prosedur keselamatan bila terjadi kecelakaan. Akibatnya, seringkali hal yang tidak diinginkan malah terjadi. Dari seluruh penumpang bus, HANYA dibutuhkan satu orang saja yang mengetahui prosedur keselamatan darurat untuk membuat segalanya menjadi lebih baik di saat darurat. Minimal, kita dapat mencegah hal yang lebih buruk terjadi.

Berikut ini Saya sampaikan apa yang harus dilakukan.

1. STAY CALM
Semua yang ada dalam otak Anda akan hilang sesaat saat anda panik. Saat panik, anda akan mengalami "blank" sesaat. Nah maksud dari kata sesaat disini, tergantung pada masing-masing individu. Ada yang mengalami blank hanya beberapa detik, ada juga yang hingga bermenit-menit. Saat blank, Anda tidak akan bisa melakukan apapun. Disaat membaca ini mungkin kita akan mencemooh orang yang diam terpaku saat ada keadaan darurat, seolah tak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi bisa saja itu terjadi karena blank. Anda pun mungkin pernah kehilangan moment penting karena mengalami blank ini tadi.
Maka, segawat apapun kondisinya, tetap tenang, jaga emosi, niscaya Anda dapat berpikiran jernih.

2. GUNAKAN PINTU DARURAT
Pintu darurat dalam bus terletak di sisi kanan belakang bus. Ada tuas kecil untuk membuka puntu darurat dan tuas tersebut terletak di sekitar pintu darurat ini. Anda harus memecahkan kacanya penutupnya dulu. Kaca penutupnya tipis kok, ditekan saja juga bisa pecah.
Letak tuas ini, di beberapa karoseri terletak di dinding samping, dan di beberapa karoseri terletak di pilar.
Image
Image
Image

Beberapa karoseri mengunakan warna ngejreng agar mudah terlihat
Image

Sayangnya, bus lama banyak yang belum mengadopsi pintu darurat. :e-wall: :e-wall:

3. PECAHKAN KACA
Bila dalam bus tidak ada pintu darurat, Anda bisa memecahkan kaca dengan benda keras apapun yang tersedia di sekitar Anda. Palu pemecah kaca, kini menjadi aksesoris keselamatan yang WAJIB ada di setiap bus. Palu ini warnanya oranye cerah dengan tujuan dapat mudah terlihat dan ditemukan di saat gelap sekalipun. Palu ini terletak di pilar sehingga dekat dengan kaca. Ujungnya meruncing agar dapat dengan mudah memecahkan kaca.
Image

Pecahkan kaca samping bus karena kaca samping terbuat dari Tempered Glass yang pecahannya relatif aman.
-cut-

4. VENTILASI ATAP
Lubang ventilasi di atap bus, bisa dibuka menjadi jalur evakuasi di saat darurat. Ini bisa dilakukan BILA bus terguling.
Ada minimal 1 lubang ventilasi. Letak lubang ventilasi ini berada di atas gang bangku penumpang baris pertama. Letak lainnya, ada di belakang, di gang relatif sejajar dengan pintu belakang.
Image

Caranya, cari tombol atau tuas berwarna MERAH di ventilasi.
Image
Image
Image


Bila berbentuk tombol, tekan tombolnya sambil dorong ventilasinya keluar.
Bila berbentuk tuas, putar seperempat putaran ke arah manapun, bisa searah jarum jam, bisa juga berlawanan arah jarum jam, lalu dorong ventilasinya keluar.
Mengapa tuasnya bisa diputar ke segala arah? Ya dalam keadaan darurat, pasti ada unsur panik walau hanya sepersekian persen. Nah tuas tersebut dirancang bisa ke segala arah agar evakuasi bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus kehabisan waktu untuk berpikir tuas diputar ke arah mana.

5. MEMBUKA PINTU OTOMATIK
Beberapa bus memang dilengkapi dengan pintu otomatis yang dikendalikan dari kabin pengemudi. Bila bus yang Anda naiki menggunakan pintu otomatis, dan Anda tahu dimana letak tombolnya, silahkan ditekan tombolnya .
Bila Anda tidak tahu letaknya, telah disediakan tombol darurat yang terletak di pilar pintu. Ditutup oleh kaca tipis yang mudah pecah, tombolnya berwarna merah. Pecahkan kacanya, lalu tekan tombolnya sambil mendorong pintunya. Tombol ini tetap berfungsi walau dalam keadaan mesin bus mati.
Image

6. FIRE EXTINGUISHER
Warnanya merah ngejreng. Tabung pemadam ini biasanya ada di dekat bangku pengemudi, namun ada juga yang meletakkannya di pilar, di dekat pintu belakang, atau ada juga yang meletakkannya di dekat pintu depan.
Cara menggunakannya, tarik pin pengamannya, arahkan nozzle ke sumber api, dan tekan tuasnya lalu zat pemadam akan menyemprot keluar.
Image
Image


Pada beberapa bus, ada yang menggunakan pemadam instan. Cara memakainya adalah tinggal membuka tutupnya, lalu gunakan bagai menggunakan cat semprot. Semprotkan ke arah sumber api. Pemadam jenis ini kapasitasnya kecil.
http://i367.photobucket.com/albums/oo11 ... C04981.jpg

Penting diperhatikan adalah, pemadam api memiliki tanggal kadaluwarsa. Bila telah lewat dari tanggalnya, maka lebih baik segera diganti (untuk jenis instant) atau di cek / isi ulang.
Semoga bermanfaat..! :big_peace:

Apabila ada yg merasa tulisan ini kurang cocok ditampilkan disini, mohon maaf, nanti akan saya minta moderator untuk mendelete quote tersebut
:thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "