Tanya Knalpot ngasep pada pagi hari

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Tanya Knalpot ngasep pada pagi hari

Post by mansetha »

Saat mobil diidupin pertama kali pada pagi hari yang cerah walau terkadang agak mendung tapi bukan berarti akan turun hujan...hehe, asepnya agak banyak tuh, tapi kalo udah agak lama atau sudah capai panas ideal asepnya berkurang dan hilang... kira-kira apa apa gerangan..mohon pencerahannya, thanx.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

yeah..sama, innova bensin gw di indo juga berasep pas nyalaen mobil, gak pagi hari loh padahal, mekanik bilang itu OK.. dah gt suara mesin gede banget pas di start... regret beli innova, mau yg udah luxury juga masih murahan built qualitynya...

Image

see asep putihnya? kalo dari blakang lebih ngebul lagi
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hmm setau gw itu uap air deh.. Soalnya kalo malem kn kelembapan cukup tinggi.. apalagi mobil itu abis dipake malemnya.. Wuihh, makin banyak aja uap airnya, soalnya panas, ketemu dingin.. Kayak gelas isi air es aja.. Uap airnya banyak..
Dan kalo masalah mesin innova meraung, itu [cencored] otomatisnya bekerja..
Yg gw tau innova ga perlu dipanasin, kalo udah nyala dan indikator2 di mobil udah mati semua, tinggal jalan deh.. Teknologi mobil injeksi sekarang udah ga perlu pemanasan mobil.. baru aja tau He3...
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Yaa memang normal sih kalo ada embun gitu katanya
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Relatif mudah koq bedain antara Asap atau Uap Air. Perhatiin aja "asap" yg keluar dari knalpot, seberapa lama baru menyatu dgn udara. Kalo 1-2 meter aja udah menyatu dgn udara bersih/"asap" nya 100% menghilang, berarti uap air.

Tapi kalo asep nya menyebar jauh 5-10 meter, patut dicurigai itu asap dari pembakaran rembesan olie. Kalo asap sisa pembakaran khan nggak menyatu dgn udara, tapi menyebar.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Lagian kalo asap gara2 oli merembes baunya beda kok.. Kalo cuma pagi2 ngembun ga ada baunya...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

uch wrote:Relatif mudah koq bedain antara Asap atau Uap Air. Perhatiin aja "asap" yg keluar dari knalpot, seberapa lama baru menyatu dgn udara. Kalo 1-2 meter aja udah menyatu dgn udara bersih/"asap" nya 100% menghilang, berarti uap air.

Tapi kalo asep nya menyebar jauh 5-10 meter, patut dicurigai itu asap dari pembakaran rembesan olie. Kalo asap sisa pembakaran khan nggak menyatu dgn udara, tapi menyebar.
hem, kalo misal dari rembesan oli, itu kira-kira sebabnya apa yah ? memang saya curiga sebabnya bukan karena uap air, uap air sih emang ada tapi pas saya amati di ujung Knalpot ada bekas kerak hitam, trims...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

mansetha wrote: hem, kalo misal dari rembesan oli, itu kira-kira sebabnya apa yah ? memang saya curiga sebabnya bukan karena uap air, uap air sih emang ada tapi pas saya amati di ujung Knalpot ada bekas kerak hitam, trims...
Karena seal piston udah aus, oli ikut naik. Biasanya ciri pertama (sebelum fase berasap sepanjang hari), pagi hari doang berasap. Kalo udah panas, ada pemuaian sehingga kebocoran nggak terjadi (rapet lagi). Kalo istilah orang bengkel yg saya denger, pagi hari (saat masing dingin) pistonnya masih "nguncup", ntar kalo panas, pistonnya "mekar" jadi normal lagi (nggak berasap).

Semoga benar. Kalo salah sila dikoreksi.. :D
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Post by POS VETT »

mansetha wrote:hem, kalo misal dari rembesan oli, itu kira-kira sebabnya apa yah ? memang saya curiga sebabnya bukan karena uap air, uap air sih emang ada tapi pas saya amati di ujung Knalpot ada bekas kerak hitam, trims...
Kalau cuma kerak hitam, bukan dari oli. Kalau basah itu baru oli.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

rupanya si piston bisa kuncup dan mekar juga, kayak kembang juga .... thanx...
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Post by v4ldi5 »

Sama kaya krista 2.0 aku. Berati knalpotnya gampang kropos donk. Kalo merek lain sama juga ngga.