Tanya Knalpot ngasep pada pagi hari
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Tanya Knalpot ngasep pada pagi hari
Saat mobil diidupin pertama kali pada pagi hari yang cerah walau terkadang agak mendung tapi bukan berarti akan turun hujan...hehe, asepnya agak banyak tuh, tapi kalo udah agak lama atau sudah capai panas ideal asepnya berkurang dan hilang... kira-kira apa apa gerangan..mohon pencerahannya, thanx.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Hmm setau gw itu uap air deh.. Soalnya kalo malem kn kelembapan cukup tinggi.. apalagi mobil itu abis dipake malemnya.. Wuihh, makin banyak aja uap airnya, soalnya panas, ketemu dingin.. Kayak gelas isi air es aja.. Uap airnya banyak..
Dan kalo masalah mesin innova meraung, itu [cencored] otomatisnya bekerja..
Yg gw tau innova ga perlu dipanasin, kalo udah nyala dan indikator2 di mobil udah mati semua, tinggal jalan deh.. Teknologi mobil injeksi sekarang udah ga perlu pemanasan mobil.. baru aja tau He3...
Dan kalo masalah mesin innova meraung, itu [cencored] otomatisnya bekerja..
Yg gw tau innova ga perlu dipanasin, kalo udah nyala dan indikator2 di mobil udah mati semua, tinggal jalan deh.. Teknologi mobil injeksi sekarang udah ga perlu pemanasan mobil.. baru aja tau He3...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Relatif mudah koq bedain antara Asap atau Uap Air. Perhatiin aja "asap" yg keluar dari knalpot, seberapa lama baru menyatu dgn udara. Kalo 1-2 meter aja udah menyatu dgn udara bersih/"asap" nya 100% menghilang, berarti uap air.
Tapi kalo asep nya menyebar jauh 5-10 meter, patut dicurigai itu asap dari pembakaran rembesan olie. Kalo asap sisa pembakaran khan nggak menyatu dgn udara, tapi menyebar.
Tapi kalo asep nya menyebar jauh 5-10 meter, patut dicurigai itu asap dari pembakaran rembesan olie. Kalo asap sisa pembakaran khan nggak menyatu dgn udara, tapi menyebar.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
hem, kalo misal dari rembesan oli, itu kira-kira sebabnya apa yah ? memang saya curiga sebabnya bukan karena uap air, uap air sih emang ada tapi pas saya amati di ujung Knalpot ada bekas kerak hitam, trims...uch wrote:Relatif mudah koq bedain antara Asap atau Uap Air. Perhatiin aja "asap" yg keluar dari knalpot, seberapa lama baru menyatu dgn udara. Kalo 1-2 meter aja udah menyatu dgn udara bersih/"asap" nya 100% menghilang, berarti uap air.
Tapi kalo asep nya menyebar jauh 5-10 meter, patut dicurigai itu asap dari pembakaran rembesan olie. Kalo asap sisa pembakaran khan nggak menyatu dgn udara, tapi menyebar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Karena seal piston udah aus, oli ikut naik. Biasanya ciri pertama (sebelum fase berasap sepanjang hari), pagi hari doang berasap. Kalo udah panas, ada pemuaian sehingga kebocoran nggak terjadi (rapet lagi). Kalo istilah orang bengkel yg saya denger, pagi hari (saat masing dingin) pistonnya masih "nguncup", ntar kalo panas, pistonnya "mekar" jadi normal lagi (nggak berasap).mansetha wrote: hem, kalo misal dari rembesan oli, itu kira-kira sebabnya apa yah ? memang saya curiga sebabnya bukan karena uap air, uap air sih emang ada tapi pas saya amati di ujung Knalpot ada bekas kerak hitam, trims...
Semoga benar. Kalo salah sila dikoreksi..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Kalau cuma kerak hitam, bukan dari oli. Kalau basah itu baru oli.mansetha wrote:hem, kalo misal dari rembesan oli, itu kira-kira sebabnya apa yah ? memang saya curiga sebabnya bukan karena uap air, uap air sih emang ada tapi pas saya amati di ujung Knalpot ada bekas kerak hitam, trims...
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26