Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
testi bagus om chz...gila ciworld bisa rame amat..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Tutup semua katanyaFelixz_Yaris wrote:susah amat cari shell.. sby tutup semua?![]()
pgn cobain bensin bergizi


Sama nih pingin coba shell, tp diesel

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Sayang ya dulu napasnya ga kuat sampe skrg. tapi untungnya masih ada di jakarta. Nanti mungkin bisa lagi hadir di surabaya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Review sekilas Total 92: sedikit lebih irit dari Pertamax, tapi kayanya tetep enakan pakai Pertamax

Jadi sepertinya Pertamax sudah memadai. Sepertinya sih harus carbon clean untuk menghilangkan kerak karbon di ruang bakar akibat pakai Premium
Baca di news ticker TV kemarin, konsumsi Pertamax di Jawa Barat meningkat 200%. Masa Shell mau melepas kesempatan begitu saja
Sent from my HM 1SW using Tapatalk

Menurut manual book sih gini omVanzMatic wrote:Ertiga makai pertamak mah belum pas ama speknya om. Ertiga avania luxio grenmek itu minumnya ron95. Buka lagi deh spek teknisnyaazu wrote:Sayangnya sekarang di website Pertamina sudah tidak ada harga untuk BBK lagi. saya ingat pas SMA dulu (7 tahun lalu mungkin ya) malam hari sebelum tanggal 30/31 dan 15 pasti cek harga untuk besoknya di website Pertamina. kalau turun mending tunggu besok ngisinya, kalau naik langsung isi malam itu
Sejak Premium naik, saya jadi isi terus dengan RON 92 untuk di mobil. kalau motor sih udah dari lama
Untuk di Ertiga, saya lebih memilih pakai Pertamax dibandingkan Total Peformance 92. Rasanya tarikan di putaran atas lebih berat saat pakai Total, beda saat pakai Pertamax bisa ngacir ke 150 dengan mudah di jalan tol. Kebetulan baru saja isi Total jadi bisa bandingin. Hanya saja Total memiliki kelebihan takaran yang lebih akurat (dibandingkan SPBU Pertamina DODO/bukan COCO) dan kaca depan dibersihkanUntuk Shell belum sempat coba, di Bandung tinggal satu dan jarang kelewatin walaupun sama di Pasteur seperti Total
![]()
Harga hari ini di Bandung:
Pertamax 92: 10.000 (sebelumnya 10.300)
Pertamax Plus: 11.700
Shell 92: 10.500 (tadi siang)
Shell V-Power: 12.000 (tadi siang)
Total Performance 92: 10.500 (sebelumnya 10.900)
Sepertinya akan ada persaingan ketat antar SPBU untuk BBM non subsidi nih
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk

Jadi sepertinya Pertamax sudah memadai. Sepertinya sih harus carbon clean untuk menghilangkan kerak karbon di ruang bakar akibat pakai Premium

Di Bandung hampir semua tutup, tinggal sisa satu. Padahal sekarang sudah mulai ramai lagi Shell Pasteur. Utk ex-Shell belum pada dirubuhin sih, baru lepas atribut Shell nya. Apa mungkin dibuka lagi ya?montirangin wrote:Sayang ya dulu napasnya ga kuat sampe skrg. tapi untungnya masih ada di jakarta. Nanti mungkin bisa lagi hadir di surabaya.
Baca di news ticker TV kemarin, konsumsi Pertamax di Jawa Barat meningkat 200%. Masa Shell mau melepas kesempatan begitu saja

Sent from my HM 1SW using Tapatalk
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Bisa jadi dibuka lagi, pasti akan nego dgn pemilik tanahnya untuk sewa lagi. Pemilik tanah pun bingung untuk apa itu tanah karena tidak semua daerah memiliki aturan seperti jakarta. Masih ada yg tetep pada peraturan lama, kalo peruntukan sudah untuk spbu, harus terus untuk spbu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
harga oktan 92 kan berubah2 terus. paling2 juga nanti balik ke premium lagi semua ketika harga pertamax naik banyak lagi ketika harga minyak dunia udah naik.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
mudah2an ada saat itu, premium juga dinaikkan lagi harganya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sat Jan 18, 2014 9:14
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
kita liat apakah si kerang masih akan tetap mempertahankan kualitas pelayanannya setelah pengunjungnya membludak 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
biasa sih keteter om benny. coba liat aja starbucks. belakangan udah keteteran dibanding waktu bbrp tahun pertama.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Silakan cek spek mesinnya om.. kompresi berapa banding 1?azu wrote:Menurut manual book sih gini omVanzMatic wrote: Ertiga makai pertamak mah belum pas ama speknya om. Ertiga avania luxio grenmek itu minumnya ron95. Buka lagi deh spek teknisnya
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Jadi sepertinya Pertamax sudah memadai. Sepertinya sih harus carbon clean untuk menghilangkan kerak karbon di ruang bakar akibat pakai Premium![]()
-cut-
Sent from my HM 1SW using Tapatalk
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
clarify aja om van... Ertiga 10 : 1
http://suzuki.co.id/cars_prods_ertiga_spec.php
dengan kata lain memang recommended nya RON91...
http://suzuki.co.id/cars_prods_ertiga_spec.php
dengan kata lain memang recommended nya RON91...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
gimana nanti ya kalau minyak dunia balik tembus 110 USD per barrel, bisa2 pertamax plus sekelasnya 15 ribu seliter
sekarang si bisa keren2an: ga perlu oplos premium campur pertamax plus
isi pertamax 

sekarang si bisa keren2an: ga perlu oplos premium campur pertamax plus


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
iya ga ada cerita oplos dengan premium lagi
dulu hemat sampai 200k dengan oplos, sekarang mau oplos cuma hemat 30-50k doank
apalagi dengan harga sekarang
1:7 kalau make premium
1:8 kalau make pertamax
berarti buat jarak 8km, 9700 kalau make premium vs 9950 kalau make pertamax

diluar negeri mah masih mantab banget
kebalik disini customernya yg lebih ramah senyum

dulu hemat sampai 200k dengan oplos, sekarang mau oplos cuma hemat 30-50k doank
apalagi dengan harga sekarang
1:7 kalau make premium
1:8 kalau make pertamax
berarti buat jarak 8km, 9700 kalau make premium vs 9950 kalau make pertamax
cuma disini doank ommontirangin wrote:biasa sih keteter om benny. coba liat aja starbucks. belakangan udah keteteran dibanding waktu bbrp tahun pertama.

diluar negeri mah masih mantab banget
kebalik disini customernya yg lebih ramah senyum
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
ga juga om salva. disini dulu itu malah lebih ramah dibanding diluar. dan skrg, disini pelayanan masih tetep sedikit lebih ramah di banding di luar seperti singapur dan malaysia.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Di luaran bukannya swalayan? Masih pake petugas kek di sini kah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
aduh maap om tuff, itu oot. bukan spbu maksudnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Ini aja udah di seling sama w205 bro walid..malah skrg w205 udah 4000an km..walid_007 wrote:
Cepet bener bang kompre, 37.000 km,
Mobil lain udah bnyk diam..
Btt..
Ternyata benar keyakinan saya klo pertamak plus lebih mantap dr v power..
V power berasa smooth(banding plus ya)..bawah atasnya kurang galak..
Kebetulan selama pake v power saya selalu tes bawa mobil td siang pake CR 26 di tol arah kebon jeruk kebetulan diblakang ada kawan folower n saya manual gas 180 emang terasa cepat pas lurus..klo td depan gak rame mungkin dapat 200 krn cepat naiknya(krn mungkin sudah oktan 95)..
Soal irit ya emang lebih irit dikit dr premium..paling selisih 1 km..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Saya besok2 isi pertamak plus aja dah..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Sebenarnya yg dimaksud rontok kotorannya itu kan yg di combustion chamber (ruang bakar), jadi ngga masalah lah.iamwewe wrote:pak imsus, saya tertarik nih dengan bahasannya.. saya beli mzda2 baru 2012, a/t. selama beli sampe skr isinya full premium. km 85.000 skrg. selama pemakaian saya jarang ngebut. max 120kph ajalah. sekali doang top speed red line. saya juga nggak pernah italian tune up.imsus2c wrote:Coba pak meneer Mod, itu dilepas cylinder head nya juga dan diintip dalemannya...biar ngga penasaran dan makin yakinmadcat015 wrote:On the long term, 11 tahun ane kasi SX8GM MT ane dengan RON95: enjin ga pernah overhaul. Servis terbesar yg pernah ane lakukan: ganti timing belt. Padahal itu sedan 2 tahun jadi mobil drag... selalu melewati redline dan sering sekali bertengger di 7450rpm.
Could be cheaper...
nah kalau misal saya ganti vpow/p+, kan katanya ada detergent pembersih, nanti malah rontok gak yah kerak2 saya dan malahan nyumbat ke injektor? secara sekali isi kalo 30liter paling nambah sedikit skr dr kuning.
Kan kebakar habis dan kebuang
Kalau khawatir injector tersumbat, berarti yg kotor dari tanki dan salurannya. Kalau memang terjadi, kan bisa dibersihkan lewat kalibrasi injektor, apalagi sekarang ada yg model ultrasonic. Paling per injector kena Rp.50-75k.
Semisal jarang pakai bbm lux, kan bisa ditambah additive pembersih (detergent), bukan octan booster yah...
Saya pakai Redline, seperti yg gambarnya sdh di post-kan pak Turboman,
Dosis 1ml per 1L bensin, itu pakai bensin merah lho ya

Kalau bensin kuning, ya mungkin harus ditambah dosis-nya
Pakai bensin bagus + additive pembersih, manfaatnya bukan hanya di performa saja. Tapi juga di keawetan dan durabilitas mesin. Untuk yg suka gonta-ganti mobil (<3thn) mgkn sih ga gitu ngerasa efek keawetan ini.
Tapi bagi penggemar otomotif dan pemakai lama (dipakai >3-5thn), bakal kerasa bedanya.
Contoh pengalaman saya yg sdh saya postkan di trid oli
viewtopic.php?f=4&t=21389&start=125#p772355
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
jadi shell super udah kalah dgn total, skrg plus juga ngalahin v power. dan dex ngalahin shell dieselnya.kompresorz wrote:Saya besok2 isi pertamak plus aja dah..
apa jadi bener2 shell yg di indonesia bukan impor dari shell sg? melainkan dari pertamina?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Di sby spbu hr muhammad perta plus 11650.di spbu mayjen sungkono itu pertamax 11750.sama2 54 nya.kok bisa beda jauh ya harganya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
apa ga salah itu harga om? kan masih 1 kotaternakblog wrote:Di sby spbu hr muhammad perta plus 11650.di spbu mayjen sungkono itu pertamax 11750.sama2 54 nya.kok bisa beda jauh ya harganya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Nah itu dia ommontirangin wrote:apa ga salah itu harga om? kan masih 1 kotaternakblog wrote:Di sby spbu hr muhammad perta plus 11650.di spbu mayjen sungkono itu pertamax 11750.sama2 54 nya.kok bisa beda jauh ya harganya?
Tapi kayake gak aneh se.wong harga pertamax di sby itu macem2.ada yang 11300. 11650. 11750. Pdhal sama2 54 nya spbu nya:-s
Cuma lewat doang se kmrn.ada tulisannya perta plus 11650.biasanya ngisi di mayjen sungkono pertamax kena 11750 masihan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1173
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
trims pak imsus utk penjelasannya. per kemarin saya sih udh isi vpower full, lumayan berasa 350rb, dari biasa kuning 200rb. dan bener, nggak ada gejala tersendat2 atau gimana. spt temen2 bilang, ecu langsung menyesuaikan, langsung makin zoom-zoom walopun pedal gas ditoel sedikit.imsus2c wrote:
Sebenarnya yg dimaksud rontok kotorannya itu kan yg di combustion chamber (ruang bakar), jadi ngga masalah lah.
Kan kebakar habis dan kebuang
Kalau khawatir injector tersumbat, berarti yg kotor dari tanki dan salurannya. Kalau memang terjadi, kan bisa dibersihkan lewat kalibrasi injektor, apalagi sekarang ada yg model ultrasonic. Paling per injector kena Rp.50-75k.
Semisal jarang pakai bbm lux, kan bisa ditambah additive pembersih (detergent), bukan octan booster yah...
Saya pakai Redline, seperti yg gambarnya sdh di post-kan pak Turboman,
Dosis 1ml per 1L bensin, itu pakai bensin merah lho ya
Kalau bensin kuning, ya mungkin harus ditambah dosis-nya
Pakai bensin bagus + additive pembersih, manfaatnya bukan hanya di performa saja. Tapi juga di keawetan dan durabilitas mesin. Untuk yg suka gonta-ganti mobil (<3thn) mgkn sih ga gitu ngerasa efek keawetan ini.
Tapi bagi penggemar otomotif dan pemakai lama (dipakai >3-5thn), bakal kerasa bedanya.
Contoh pengalaman saya yg sdh saya postkan di trid oli
viewtopic.php?f=4&t=21389&start=125#p772355
yang menarik adalah jarak tempuh yg bisa ditempuh dengan full tank. biasa isi full kuning hanya 560km tulisannya. kemarin jadi 610km. lalu utk FC, full kuning saya biasa dapet 9.2/100km, hari pertama saya pakai ini fcnya tertulis 7.4/100km. semoga emang se worth ini ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92
Betul, saya sdh pernah posting duluuuuuuuu sekali, saat harga premium vs p/p+ ngga beda jauh dan kurs $ masih dibawah atau sekitar 10k (thn 2007/8an)iamwewe wrote:trims pak imsus utk penjelasannya. per kemarin saya sih udh isi vpower full, lumayan berasa 350rb, dari biasa kuning 200rb. dan bener, nggak ada gejala tersendat2 atau gimana. spt temen2 bilang, ecu langsung menyesuaikan, langsung makin zoom-zoom walopun pedal gas ditoel sedikit.imsus2c wrote:
Sebenarnya yg dimaksud rontok kotorannya itu kan yg di combustion chamber (ruang bakar), jadi ngga masalah lah.
Kan kebakar habis dan kebuang
Kalau khawatir injector tersumbat, berarti yg kotor dari tanki dan salurannya. Kalau memang terjadi, kan bisa dibersihkan lewat kalibrasi injektor, apalagi sekarang ada yg model ultrasonic. Paling per injector kena Rp.50-75k.
Semisal jarang pakai bbm lux, kan bisa ditambah additive pembersih (detergent), bukan octan booster yah...
Saya pakai Redline, seperti yg gambarnya sdh di post-kan pak Turboman,
Dosis 1ml per 1L bensin, itu pakai bensin merah lho ya
Kalau bensin kuning, ya mungkin harus ditambah dosis-nya
Pakai bensin bagus + additive pembersih, manfaatnya bukan hanya di performa saja. Tapi juga di keawetan dan durabilitas mesin. Untuk yg suka gonta-ganti mobil (<3thn) mgkn sih ga gitu ngerasa efek keawetan ini.
Tapi bagi penggemar otomotif dan pemakai lama (dipakai >3-5thn), bakal kerasa bedanya.
Contoh pengalaman saya yg sdh saya postkan di trid oli
viewtopic.php?f=4&t=21389&start=125#p772355
yang menarik adalah jarak tempuh yg bisa ditempuh dengan full tank. biasa isi full kuning hanya 560km tulisannya. kemarin jadi 610km. lalu utk FC, full kuning saya biasa dapet 9.2/100km, hari pertama saya pakai ini fcnya tertulis 7.4/100km. semoga emang se worth ini ya.
Setelah pakai p/p+ dan mesin (ecu) beadaptasi, konsumsi bbm (liter per km) jadi membaik.
Jatuhnya, biaya rupiah per KM, bisa sama. Dan kalaupun betis, dgn segala benefit -nya, penggunaan oktan tinggi lebih bermanfaat.
Bukan hanya dari oktan (performance), tapi juga kandungan additif (maintenance).
Cuma habis itu itungan saya tadi langsung bubar jalan bbrp thn silam

Ketika harga minyak dunia tembus rekor tinggi dan kurs rupiah makin melemah.
Saya masih ingat kapan hari itu, harga p/p+ tembus 12k/L
Kalau kondisi saat ini, dimana harga premium vs p/p+ ngga beda jauh, apalagi jika dipakai di mobil modern, saya sangat sarankan gunakan aji mumpung...
Karena siapa tau besok2 harga bbm non-subsidi balik "normal" lagi

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking