Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by nescafe »

amfibi wrote:
walid_007 wrote:Rims V6 sepenglihatan ane 17 inc, kok kelihatan kecil
Kalo 17inch itu yang V6 FL om... Yg ane punya yg V6 pre-FL, rims nya 16inch... :D

Image

Seperti ini yg 17 inch...
yang peslip ini kok cakep betul ya :big_love: me really like the rims :big_love:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

nescafe wrote:
amfibi wrote:
Hansen wrote:Untuk si sludge monster 1MZ-FE sebaiknya jgn ngirit kalo urusan oli :mky_03:
Maksudnya oli ngurang sendiri? Ato pas ganti oli boros duit krn butuh 6-7L?
maksudnya pakai oli yang kualitasnya oke oom, untuk mencegah timbulnya sludge di mesinnya :D

coba search aja ttg sludge di mesin 1MZ-FE
Oooh gt hohoho :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by ChZ »

adty wrote: Lebih sering nyetir sendiri sih om, kalo supir cukup buat C26 aja yang feeling nyetirnya literally hambar. Nah kayaknya sih J32 setipe nissan yang agak2 hambar ya feel kemudinya, tp setiap liat dijalan bikin nengok terus, kharisma dan auranya itu lhoo :big_love: :big_love:

Kalo Camry 3.5 Q vs Accord 3.5 gimana om? Kalo ga salah Accord silindernya bisa dimatiin ya jadi bisa buat ngirit...but who cares with ngirit kalo tenaganya aja bikin kaki susah diajak irit :big_slap:
wkwkwkwkwkw susah mau irit kalo udah bawa mobil 3Liter ke atas. selalu kebawa napsu bejek kalo udah ketemu jalan kosong :big_slap: mau dibilang sedan mewah buat nyantai pun kalo dibawa sendiri, mesin besar itu bikin nagih dan tergoda bejek di jalan kosong.

saya aja bawa J32 Teana ketagihan sama suara V6 nya, ujungnya bejek bejek melulu, padahal itu mobil buat nyantai :big_slap:

yang lucu, Lambo juga punya teknologi semacam VCM ini di Aventador keluaran 2013 up (CMIIW). jadi kalo jalan santai yang nyala cuma 6 silinder :big_biglaugh:

ya yang bener aje, bawa lambo mana bisa nyantai jadi ya sami mawon borosnya :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by ChZ »

nescafe wrote:
maksudnya pakai oli yang kualitasnya oke oom, untuk mencegah timbulnya sludge di mesinnya :D

coba search aja ttg sludge di mesin 1MZ-FE
aah ya masalah sludge oli, pernah denger dari temen. kasus yang sering menimpa Alph/Harrier/Camry sampe banyak yang overhaul.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by montirangin »

ngomong2 teana, bapaknya j32 itu udah murah banget 2ndnya ya..ada yg minang 2nd dan gmn kondisi nya ga? bisa di share?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

Kayaknya tergantung orang masing2 lagi deh masalah napsu bejek bejek gas...

Ane bawa camry 3.0L or bimmer 6cyl jg santai aja nyetirnya, paling sesekali bejek pas mau overtaking... :mky_08:

Kalo mau buat bejek2an ya mendukung banget sih output yg dikeluarkan, tp ane prefer bawa santai aja. (Selain karna emg demen nyetir santai, juga mikir FC nya jangan sampe jd boros). .. :mky_01: :mky_03:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

ChZ wrote:
nescafe wrote:
maksudnya pakai oli yang kualitasnya oke oom, untuk mencegah timbulnya sludge di mesinnya :D

coba search aja ttg sludge di mesin 1MZ-FE
aah ya masalah sludge oli, pernah denger dari temen. kasus yang sering menimpa Alph/Harrier/Camry sampe banyak yang overhaul.
Barusan browsing... Biasa nya terjadi pas KM udah tinggi, sekitar 130K miles up...

Nampaknya kalo udh sentuh 200k kilo mending jual aja :mky_03:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by montirangin »

waduh kalo org bisa bawa sampai 200rb biasanya udah mau 10 atau lebih tahun nya ya. ane selama ini semua masih jauh dibawah 100rb.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by walid_007 »

Sludge oli itu apa ya?


Mengenai bawa mobil, ane lebih karismatik dan berwibawa

:ngacir:
engine roaring!
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

walid_007 wrote:Sludge oli itu apa ya?


Mengenai bawa mobil, ane lebih karismatik dan berwibawa

:ngacir:
Ini daleman 1mz yg udah kena sludge...

Image

Jijik... Jijiiiiikkkk :big_slap:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by sandal »

amfibi wrote:
walid_007 wrote:Sludge oli itu apa ya?


Mengenai bawa mobil, ane lebih karismatik dan berwibawa

:ngacir:
Ini daleman 1mz yg udah kena sludge...

Image

Jijik... Jijiiiiikkkk :big_slap:
Sumpah jijik sludgenya :big_slap: :big_slap: :big_slap:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by imsus2c »

Entah salah design, salah material atau salah apa...

Memang mesin Toyota seri ini (yg dipasang dimanapun) memang jagoan bikin sludge.

Coba pas ganti oli/tune up, diintip tuh lubang busi-nya. Kalau mau pelihara lama, sekalian diturunin cylinder head-nya atau minimal valve-cover nya saja dulu biar yakin.

Untuk pemakai mesin ini, jangan ragu untuk pakai oli bagus. Perpendek interval ganti oli jika sering short trip

Jelek2-nya, mesti flush teratur supaya sludge rontok...tapi resiko-nya ya seal2 oli bisa aus karena keseringan flush.

Apalagi kalau obat flush-nya jenis yg murmer, yang kebanyakan isinya cuma minyak tanah (kerosene)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by montirangin »

lalu sludgenya kalo dibersihkan, apa bisa balik normal lagi? atau ini hanya permukaan dan bagian lain yg lebih sempit juga terblokir spt ini?
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by axala »

Jadi dibalik agungnya ward best engine tahun 1996 yg irit powerful nan reliable tu begini :big_slap: akhirnya ketahuan juga kelemahan si 1MZ

Tak ku sangka bisa berakhir seperti itu :ngacir:
Pursuit of Perfection
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by montirangin »

axala wrote:Jadi dibalik agungnya ward best engine tahun 1996 yg irit powerful nan reliable tu begini :big_slap: akhirnya ketahuan juga kelemahan si 1MZ

Tak ku sangka bisa berakhir seperti itu :ngacir:
mungkin karena tidak mengikuti anjuran oli dan juga jangka pakainya om.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

imsus2c wrote:Entah salah design, salah material atau salah apa...

Memang mesin Toyota seri ini (yg dipasang dimanapun) memang jagoan bikin sludge.

Coba pas ganti oli/tune up, diintip tuh lubang busi-nya. Kalau mau pelihara lama, sekalian diturunin cylinder head-nya atau minimal valve-cover nya saja dulu biar yakin.

Untuk pemakai mesin ini, jangan ragu untuk pakai oli bagus. Perpendek interval ganti oli jika sering short trip

Jelek2-nya, mesti flush teratur supaya sludge rontok...tapi resiko-nya ya seal2 oli bisa aus karena keseringan flush.

Apalagi kalau obat flush-nya jenis yg murmer, yang kebanyakan isinya cuma minyak tanah (kerosene)
Kayanya sih ga akan dlm waktu lama makenya... Mau ganti yg iritan lagi FCnya (ini irit sih kalo liat cc nya, tp buat kantong rada berattt) rencananya :mky_01:

Hmm kalo diintip gt bisa keliatan ada sludge/nggak nya ya om? Sejauh miara mobil ini sih baik FC & performanya sangat2 baik... Ga rusak2 juga mobilnya :D
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by walid_007 »

Aku pernah lihat mobil yg di full oh sprt itu, penyebabnya ngak ganti oli sampe 20.000 km


Mobil nya cewe bego
engine roaring!
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by imsus2c »

montirangin wrote:lalu sludgenya kalo dibersihkan, apa bisa balik normal lagi? atau ini hanya permukaan dan bagian lain yg lebih sempit juga terblokir spt ini?
Untuk kasus spesifik di mesin type ini, lebih ke arah faktor genetik pak..., alias cacat bawaan
Jika pernah terkena sludge, ya ada kemungkinan kambuh lagi :D

Beda kalau kasusnya salah oli atau salah perawatan :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by imsus2c »

amfibi wrote:
imsus2c wrote:Entah salah design, salah material atau salah apa...

Memang mesin Toyota seri ini (yg dipasang dimanapun) memang jagoan bikin sludge.

Coba pas ganti oli/tune up, diintip tuh lubang busi-nya. Kalau mau pelihara lama, sekalian diturunin cylinder head-nya atau minimal valve-cover nya saja dulu biar yakin.

Untuk pemakai mesin ini, jangan ragu untuk pakai oli bagus. Perpendek interval ganti oli jika sering short trip

Jelek2-nya, mesti flush teratur supaya sludge rontok...tapi resiko-nya ya seal2 oli bisa aus karena keseringan flush.

Apalagi kalau obat flush-nya jenis yg murmer, yang kebanyakan isinya cuma minyak tanah (kerosene)
Kayanya sih ga akan dlm waktu lama makenya... Mau ganti yg iritan lagi FCnya (ini irit sih kalo liat cc nya, tp buat kantong rada berattt) rencananya :mky_01:

Hmm kalo diintip gt bisa keliatan ada sludge/nggak nya ya om? Sejauh miara mobil ini sih baik FC & performanya sangat2 baik... Ga rusak2 juga mobilnya :D
Kalau mekanik-nya pinter, mestinya bisa kok buat diagnosa awal
Bisa dilihat dari oli buangan saat ganti oli
Atau ngintip dari lubang pengisian oli (sekalian koreksi tulisan saya diatas yg sebut "lubang busi")

Kalau mau yakin betul, buka saja valve/rocker cover -nya.
Ini (relatif) ngga mahal dan ngga susah. Kalau dikerjakan full time, sehari bisa selesai.

Atau kalau hobby diy otomotif dgn skill medium (cmiiw yah), bisa dikerjakan sendiri

Coba googling "melepas valve cover"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by montirangin »

walid_007 wrote:Aku pernah lihat mobil yg di full oh sprt itu, penyebabnya ngak ganti oli sampe 20.000 km


Mobil nya cewe bego
:big_dunno:
jgn begitu om. nanti banyak tante yg tersinggung.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

Ga kerasa udah lumayan lama juga mobil ini ada dirumah, sampe sekarang masih ada euy (bukan ane lg yg pake sih, bokap yg pake)... :mky_01:
Udah cukup umur buat dibuatin long-term report sepertinya, berhubung usianya jg udah mulai tua... :D

Image

====

Selama 2013-2014 mobil dipake sama supir/ane/nyokap (kontrol perawatan ada di ane), pemakaian dalam kota Jakarta aja sekitar 60-100km sehari (setahun naik 20k-an) & sama sekali2 ke luar kota yg jalannya halus. Pemakaian ga gradak gruduk santai aja (emang ga enak buat kenceng2 sih walaupun mesinnya gede), schedule perawatan harian ga terlewat.

Pas periode ini mobil masih kaya camry baru deh, walaupun usianya udh 2 digit tapi bener bener ga ada yg bisa dikeluhin soal mekanikal, kaki-kaki, bunyi-bunyian juga ga ada, bener-bener isi bensin & ganti oli aja :mky_02:

Paling kulit steernya mulai ngelupas sana sini, HU 6CD nya rusak opticnya, ama lampu depan menguning aja keluhannya (umm ini bukan keluhan sih, namanya juga mobil dipake :upss: )...

====

2014 akhir-2016 (ampe tulisan ini dibuat), yang pake bokap seorang, ane kadang2 aja (pemakaian juga sama kaya di atas jaraknya), untuk maintenance ane udh ga ikut campur lagi, sepenuhnya bokap yg urus...
Berhubung bokap yang pake, cara pakenya udh beda dr yg tdnya mobil sering dihalusin jd dikasarin bener (sering digeber-geber, kalo maju-mundur parkir suka ga berenti bener dari D-R-D-R nya, lampu merah/stopan selalu di D, lubang dihajar semua, dsb dsb ngilu ah), & servis juga kalo inget, mobil ga pernah dicek kondisinya, bisa dibilang cara pakenya mirip orang2 kantor make granmax... :big_bored:

Di sini lah baru dihiasi2 problem yg disebabkan human failure :

Di 2014 akhir-sekarang, ada 3x mogok. Yang pertama (bokap yg pake) tiba-tiba temperatur naik drastis, trus dipaksain jalan ampe 2km ke beres Toyota d kelapa gading yang bikin mesinnya jadi ngebul berasep2 semua selama jalan... :big_dunno:

Divonis ganti radiator yang jebol karna ga pernah dicek sama sekali coolantnya ampe kosong total :mky_04: , akhirnya diganti radiator set di Astrido Toyota jakbar (cek mesin eh rupanya aman ga melenting, hebat toyota :mky_02: ).

Ehhhh minggu depannya overheat ngebul lagi, nepi lagi deh (bokap yg pake) & dibawa pulang pelan2 ke rumah (lagi-lagi dipaksa jalan dengan indikator suhu udh hot bgt). Besoknya dicek rupanya selangnya ga bener masangnya jd coolant bocor semua keluar. Akhirnya cuma dibenerin aja pemasangan selangnya sama mekanik langganan & tuang coolant lagi, kelar deh...

Pas 2015 bbrp bulannya setelah itu ada juga sekali overheat juga di deket kantor indosiar, lagi-lagi dibawa bokap ke rumah dgn temperatur tinggi gitu ga berenti jg :mky_05: Eh besokannya di cek lagi-lagi gara2 coolant kosong gara2 ga pernah dicek sama sekali :big_dunno: ... Akhirnya tinggal isi coolant & mobil kembali normal...

Ehhhh (aduh kok ga abis2 sih :big_slap: ), ga lama setelah kan ganti oli krn udh lewat banget banget jatoh temponya, malah si bokap entah kenapa ganti oli ke mobil ini pake oli abal2 15w-40 mineral........................... :big_cry:
Disini udah deh mesinnya jadi boyo banget, tapi itu juga tetep dipaksain ampe 5000km dan pas tuh oli busuk diganti jd yg waras (TGMO), buset pas di tap yang keluar cuma dikit dari yg harusnya 6L.... :big_chicken:
Ternyata selama itu seal2nya udah pada bocor semua, oli rembes2 keluar jd mengurang bgt... :big_slap:

Kira2 begitu lah problem2 selama mobil ini dirumah...

==========

Ampe tulisan ini diketik, selama hampir 4 tahun pemakaian juga belom ada sama sekali ganti oli transmisi, rem, filter bensin, kampas rem, dsb dsb :shrug: ... Tapi terakhir didiagnosa d bengkel langganan sih mesin masih normal & tanpa cacat walaupun dipake dan dirawat secara menyedihkan gitu :mky_02: :big_exellent:

Transmisi masih sangat halus & ga lelet, hebat mengingat udah brp tahun ga diganti nih ATF nya dan dipake kasar... :upss:

Kaki2 ampe sekarang juga ga kenapa2, empuk stabil sunyi senyap sama sekali pdhl hajar lubang terus... Interior ga ada yang rusak/copot/bunyi2 dsb, masih sunyi kaya baru... :big_exellent:

Konsumsi bensin irit banget buat 3000cc, isi pertalite dapet di 1:6 full dalkot macet, 1:7.5 dalkotan jakarta lancar campur toll ramai lancar, kalo toll sendiri 1:10-11... :mky_02:

Powernya udah ga segalak dulu, mungkin karna ndak pernah dituneup dkk. Tapi kehalusan ga ada bedanya sih :big_smile]
Paling kampas rem harus banget diganti kayanya ga sepakem dulu...

Driving experience, juga masih sama kaya dulu... Limbung buat manuver tapi stabil d hi speed, bantingan kaya karpet, enakan dibawa santai & halus...

====

Image

Pada intinya, ane kagum sama mobil ini. Dipake penuh siksaan, overheat bolak balik karna kesalahan pengguna, dan ga ada dirawat2nya sama sekali kaya gitu, mekanikalnya masih bekerja dengan sempurna dan mobil masih enak banget dipakenya, mewah senyap nyaman abis ... Ga kalah kuat sama kijang innova 2007 ane dulu believe it or not (malah beda power nyaman mewah & image na langit bumi), inilah gambaran kuatnya sebuah produk toyota walaupun sedan yg kata orang mah rusakan/ga kuat disiksa/dsb. :mky_02:

Seandainya aja dirawat, ini mobil ga akan menyusahkan sama sekali karna rusak2 yg dialamin selama ini jg karna kesalahan pengguna, bravo deh reliabilitynya :big_grin:

Kalo ada yang mau minang sedan gambot yang murah (70-100 pas aja sesuai tahun) tp reliable dan ga mau pusing mikirin perawatan dkk, mewah bgt, ga terlalu bikin cekak dompet, irit tp bertenaga & nyamannya masih setara dgn midsize sedan baru, Camry V6 2002-2005 ini patut banget dilirik ... :big_smile]
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by fizrmen »

oh jadi dari sini ya oom KTB ambil wood panel dokar baru :mky_03: :mky_04:
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review XV30 Toyota Camry 3.0V V6 A/T 2003

Post by amfibi »

fizrmen wrote:oh jadi dari sini ya oom KTB ambil wood panel dokar baru :mky_03: :mky_04:
Mirip yah wkwkwk serasa balik ke tahun 2002 :mky_03: