Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by Betty »

Setelah bergabung dengan Forum tercinta kita "Seraya Motor" lebih kurang 1 tahun 2 bulan, maka untuk pertama kalinya ogud melakukan posting topik baru (sebelumnya ogud lebih banyak jadi SR) :mky_01: .

Topik yang hendak ogud diskusikan ini adalah tentang Left Foot Braking Thecnique (LFBT) atau dalam bahasa Indonesianya kira - kira "Theknik Pengereman Dengan Kaki Kiri". Sebelum ogud memulai topik ini, ogud sudah melakukan pencarian di forum ini dan menemukan sepertinya topik ini belum pernah dibahas secara tersendiri. Apabila topik ini ternyata sudah pernah dibahas sebelumnya ogud minta maaf dan mohon kesediaan dari Para Dewan Moderator Yang Terhormat :frm_salut: untuk membantu menggabungkan atau memindahkan topik ini ke kamar yang semestinya apabila terjadi salah kamar. :frm_salut:

Topik ini menurut ogud menarik untuk didiskusikan karena seperti yang kita ketahui bersama pada umumnya pada saat mengemudi kita menggunakan kaki kanan untuk mengaplikasikan pedal accelerator (gas) dan rem baik pada mobil bertransmisi Otomatis (AT) maupun Manual (MT). Dan menjadi lebih menarik lagi setelah ogud sendiri memberanikan diri untuk mengaplikasikan teknik ini untuk kebutuhan berkendara harian dan mendapatkan kesan yang sangat... Unggg... Menarik :mky_02:

Latar Belakang :
Semuanya berawal dari diskusi ringan di forum Wasem tentang pengoperasian mobil AT dan perihal pada mobil AT kaki kiri yang cenderung menganggur itu mau difungsikan buat apa? Serta kemungkinan terjadinya pegal sebelah kaki kanan karena kaki kiri yang nganggur (Saat itu ogud berseloroh biasanya ogud menggunakan kaki kiri untuk menyetel radio, menyetel AC dan me-"noel" nonik yang duduk di sebelah) :big_chicken: :big_slap:. Selorohan ogud dijawab serius oleh Master Off Road Kita Master Billy bahwa beliau menggunakan kaki Kiri untuk mengaplikasikan pengereman :big_chicken: Memang, uraian beliau lebih banyak diaplikasikan dalam dunia balap khususnya Rally namun dapat juga diaplikasikan pada berkendara sehari - hari. Kebetulan selang beberapa hari kemudian, Ogud berkesempatan menggunakan mobil tempur majikan sebuah Toyota Innova AT 2.0 (2005) selama beberapa minggu untuk kebutuhan operasional. Bak kata pepatah "Pucuk Dicinta Ulam Pun Tiba" Ogud yang terinspirasi uraian Master Billy memberanikan diri untuk mencoba mengaplikasikan LFBT.

Satu hal lagi yang benar - benar menginspirasi ogud untuk "mengeksplorasi" teknik ini adalah adanya pernyataan : "Jumlah pedal pada mobil AT ada 2 demikian juga dengan jumlah kaki pada manusia normal oleh karena itu, kenapa harus "menganggurkan" salah satu kaki?" :mky_01:

Proses Pembelajaran :
Proses pembelajaran LFBT yang ogud lakukan cukup singkat hanya 2 kali putaran kompleks perumahan dan langsung terjun ke jalan raya :mky_01: dan tentunya didahului pembekalan teori - teori aplikasi dari "Mbah Google" yang ternyata sudah sangat banyak diulas di manca negara cukup masukan keywords "Left Foot Braking Thecnique" pada search engine maka seluruh literatur yang anda butuhkan akan muncul dalam sekejap.

Kesan Setelah Mengaplikasikan :
Setelah 4 hari mengaplikasikan LFBT untuk kebutuhan berkendara harian beberapa kesan yang ogud dapatkan antara lain :

(+) :off_good_job:
- Reaksi pengereman lebih cepat dan halus.
- Jeda waktu antara pengereman dan berakselerasi kembali menjadi sangat minim (cepat) karena pedal gas dan rem dioperasikan 2 kaki yang berbeda.
- Hentakan awal transmisi AT berhasil dikurangi sehingga secara keseluruhan menambah kenyamanan berkendara.
- Mobil menjadi lebih lincah di daerah merayap khususnya dalam hal sodok menyodok. :mky_03:

(-) :off_no:
- Kadang - kadang dalam kondisi mendadak masih terjadi Overbrake.
- Kaki kiri ternyata jauh lebih pegal dibandingkan mengoperasikan mobil MT di kemacetan.
- FC menjadi lebih boros (Poin ini masih dalam proses pengamatan).

Overall:
Bagi MT Lover seperti Ogud, mengemudikan mobil AT menjadi terasa jauh lebih menarik dan menyenangkan :mky_08:

Demikian sedikit sharing dari ogud yang baru beberapa hari ini mencoba mengaplikasikan LFBT dan sepertinya akan melupakan kembali teknik ini begitu kembali mengendarai "Gerobak Kaleng" ogud yang tentunya MT :cupss:

Mohon masukan dan share dari seluruh Master SM khususnya yang menguasai LFBT baik pada mobil MT maupun AT, baik untuk kebutuhan harian, balap, Off Road dan lain - lain sehingga teknik ini dapat kita eksplorasi dengan lebih dalam dan aplikasinya dapat lebih aman dan nyaman. Sebelum dan sesudahnya ogud haturkan beribu terima kasih :frm_salut:

Warning!!! :
Bagi penggemar mobil manual seperti ogud, teknik ini akan lebih sulit dipelajari dan cenderung lebih beresiko mengingat, kaki kiri yang sudah "diprogram" untuk menginjak kopling secara penuh sehingga pada saat proses belajar sangat besar kemungkinan terjadinya rem pakem / rem mendadak dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan fatal!!!
Segala kecelakaan dan kemungkinan yang terjadi selama pengaplikasian teknik ini di luar tanggung jawab TS. Harap mengetahui dan memahami seluruh resiko yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran dan aplikasi teknik ini.
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by marmut »

left foot braking hanya terpakai di sirkuit dan tempat selain jalan raya umum. kecuali dalam keadaan amat sangat terpaksa seperti dulu ketika saya mengalami masalah dengan karburator, saat pedal gas dilepas mesin langsung mati. mau nggak mau kaki kanan tetap di pedal gas dan kaki kiri menginjak pedal rem (setelah posisi versneling netral) sampai mobil berhenti.

kalopun mau belajar boleh juga asal tidak di jalan umum yang bisa menggangu pengguna jalan lain. nggak ada salah kok belajar left foot braking, sapa tau suatu saat ngalamin kondisi darurat dan perlu kaki kiri untuk injak pedal rem jadi nggak kagok lagi.

sekali lagi, andaikata nggak diperlukan (terutama di jalan raya umum) nggak perlu lah left foot braking. karena sudah menjadi tugas utama / kodrat kaki kanan untuk nginjak pedal rem.
saat ini saya pake kaki kiri untuk sekedar towel pedal rem supaya lampu rem nyala dengan tujuan menjauhkan supir gila yang nempel ketat bak ayrton senna kesiangan padahal lalu lintas ramai sangat.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

Menurut ane, sangat amat berbahaya. Sangat jarang orang memiliki fungsi pengendalian yg sama aktifnya antara kiri dan kanan. Kidal & tidak.
Penggunaan LFB yg tepat adalah ketika seperti om marmut bilang, di sirkuit atau TD seperti om madcat dan juga hanya untuk yg memang sudah berpengalaman.
Dari segi minus yg dijelaskan overbraking, bukan hanya tidak nyaman untuk org2 didalam mobil namun juga membahayakan mobil yg dibelakangnya.
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by Betty »

Saat ini saya pake kaki kiri untuk sekedar towel pedal rem supaya lampu rem nyala dengan tujuan menjauhkan supir gila yang nempel ketat bak ayrton senna kesiangan padahal lalu lintas ramai sangat.

Masukan yang sangat bagus Om Marmut... *Nyatet.... Nyatet...* :mky_08:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by marmut »

@ mbak Betty, dengan catatan saklar yang di pedal rem disetel dulu supaya towel dikit langsung nyala.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

marmut wrote:@ mbak Betty, dengan catatan saklar yang di pedal rem disetel dulu supaya towel dikit langsung nyala.
oooh to wel..kirain towel :big_blushing:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by marmut »

@ montir, iya towel...
"ditowal towel jangan marah marah, ....... kalau ditowel, hati sebel, jadi marah...."
kok jadi nyanyi?

:ngacir:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by alexdonovan »

Seumur hidup baru sekali nyoba Left foot braking. Niatnya sambil jalan sambil nowel pedal buat ngeringin rem (habis masuk banjir). Ndilalah kaki kiri yang niatnya cuma nowel, malah nginjek rem sampe full stop. Untung dari belakang ga ada apa apa.

Sequence of event-nya:
- Nowel rem pake kaki kiri
- Rem mulai kering, cakram mulai gigit, ada deselarasi
- deselarasi bikin inersia badan kedorong kedepan, termasuk kaki kiri
- nginjek rem makin dalem, kedorong inersia
- nginjek poll karena lupa bahwa kaki kiri diatas rem (biasanya diatas kopling :mky_01: :mky_01: :mky_01: )

Sejak itu kapok sekapok-kapoknya
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

alexdonovan wrote:
Sejak itu kapok sekapok-kapoknya
bagus juga om senngganya pelajarannya ga merugikan yg banyak
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by TUFF Stough »

err... berhubung ane supir nyubi, belajarnya malah LFB doloan.

Soalnya trauma pake RFB salah nginjek waktu mo ngerem. Otaknya belon sinkron kali ya? :ungg:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4486
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by Ryan Steele »

marmut wrote:@ mbak Betty, dengan catatan saklar yang di pedal rem disetel dulu supaya towel dikit langsung nyala.
Om Jul dipanggil mbak? :big_chicken:
no signature
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by marmut »

lho... Jul toh namanya? maaf mbak Jul.. eh, zus... eh, piye iki?


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by billyd1773dz »

weleh ajaran sesat spa nie :big_chicken: :big_chicken:

jd gini klw blm tau dan butuh fungsiny, mending lupakan saja it's risky.

klw msih mw juga yg pertama harus sadar akan resikonya dan siap nanggung akibatny,.. saat belajar, bisa ngukur diri reaksi anda saat kondisi darurat gmn *jgn sampai kaki malah pabeulit waktu panik brake*, dan bisa ngerugiin orang lain. :big_slap:



klw gw awalnya memang dari offroad pke mbl AT... left brake berguna banget justru bwat ngerayap saat nanjak... fungsinya bwat nahan kaya handbrake untuk sesaat saat kondisi tricky, pedal gas bisa terus di teken sambil ngerayap di tahan left foot brake agar g hilang momen atau mundur lagi.

kesananya...... ya enak juga bwat daily atw macet2 dalkot g perlu narik2 handbrake klw ngerayap, ngeganti fungsi HSA.

selain itu response time juga.. dibanding kaki kanan harus pindah2 rem dan ke gas lebih cepet masing2 kaki punya job sendiri.

bwat aplikasi balap tentu banyak di gabung heel n toe untuk mbl MT kya bwat weight shift, rev matching downshift deselerasi dll




engga semua mbl AT enak bwat leftfoot braking.... ada yang pedalnya terlalu sensitif jd sulit neken halusnya, ada yang terlalu kecil, ada juga yg posisinya lebih kekanan. biasanya antara sulit ngerem halus atau malah pegel kakinya.

yg gw pernah coba.. yg ga enak tu..
innova-fortuner-hilux AT, CRV RM, BMW E46.... dan mbl yang handbrake jadi footbrake.. repot nekenya wkwk

mbl lain yg enak setelah jalan jauh tu seinget ane... miras n dokar,jeep wrangler,cherokee,grandcherokee,mazda 6,subaru xv,captiva,ranger

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by Andrian »

LFB kalo di aplikasikan saat mobil merayap di genangan air pas banjir bisa nih om bil.
Image
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

TUFF Stough wrote:err... berhubung ane supir nyubi, belajarnya malah LFB doloan.

Soalnya trauma pake RFB salah nginjek waktu mo ngerem. Otaknya belon sinkron kali ya? :ungg:
bahaya om. justru nyubi harusnya ga diperbolehkan LFB.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by amfibi »

Latahmya LFB ini tuh suka masih kegas pas ngerem :ungg:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by TUFF Stough »

montirangin wrote:
TUFF Stough wrote:err... berhubung ane supir nyubi, belajarnya malah LFB doloan.

Soalnya trauma pake RFB salah nginjek waktu mo ngerem. Otaknya belon sinkron kali ya? :ungg:
bahaya om. justru nyubi harusnya ga diperbolehkan LFB.
Justru sekarang keterusan om, dah bawa mobil ke bandung bolak-balik, anyer, tangkuban perahu, kliling2 jakarta fun2 aja.[emoji28]

hape jadoel ditaplakin
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

TUFF Stough wrote:
montirangin wrote:
TUFF Stough wrote:err... berhubung ane supir nyubi, belajarnya malah LFB doloan.

Soalnya trauma pake RFB salah nginjek waktu mo ngerem. Otaknya belon sinkron kali ya? :ungg:
bahaya om. justru nyubi harusnya ga diperbolehkan LFB.
Justru sekarang keterusan om, dah bawa mobil ke bandung bolak-balik, anyer, tangkuban perahu, kliling2 jakarta fun2 aja.[emoji28]

hape jadoel ditaplakin
:big_cry: semoga memang benar2 paham dalam kasus emergency. maksudnya kalo butuh tindakan secepat kilat tidak membahayakan LFB nya
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by EKA666 »

TUFF Stough wrote:
montirangin wrote:
TUFF Stough wrote:err... berhubung ane supir nyubi, belajarnya malah LFB doloan.

Soalnya trauma pake RFB salah nginjek waktu mo ngerem. Otaknya belon sinkron kali ya? :ungg:
bahaya om. justru nyubi harusnya ga diperbolehkan LFB.
Justru sekarang keterusan om, dah bawa mobil ke bandung bolak-balik, anyer, tangkuban perahu, kliling2 jakarta fun2 aja.[emoji28]

hape jadoel ditaplakin
bener bro, jangan dibiasain. bahaya banget ini. mumpung baru nyubi mending ubah mindsetnya bro, bener dah bahaya. ane sampe sekarang aja kagak berani nyobain, masalahnya ini ngaruh ke reflek kita. bayangin aja kalo lagi ngebut (nginjak pedal gas dalem) trus ngerem mendadak pake kaki kiri sedangkan kaki kanan masih neken gas dalem, ngeri banget bayanginya :big_dunno:
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by POS VETT »

Betty itu nama perempuan. Koq orangnya laki?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by billyd1773dz »

EKA666 wrote:
bener bro, jangan dibiasain. bahaya banget ini. mumpung baru nyubi mending ubah mindsetnya bro, bener dah bahaya. ane sampe sekarang aja kagak berani nyobain, masalahnya ini ngaruh ke reflek kita. bayangin aja kalo lagi ngebut (nginjak pedal gas dalem) trus ngerem mendadak pake kaki kiri sedangkan kaki kanan masih neken gas dalem, ngeri banget bayanginya :big_dunno:
yup.... silahkan sja masing2 ngukur diri sejauh mana reflek dan kemampuan anda.... hehehe :D :D klw g yakin dan gtw benefitny apa ya mending engga.



somehow for me.. malah lebih save left foot... saat nyusul2 atau kritis, kaki kiri uda di atas rem... response time jauh lebih cepet dri kaki kanan harus pindah dlu....

ya gasnya jgn lupa di angkat jg haha....

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

om billy, dalam hal ini di medan off road atau medan jalan normal aspal tol dan jalan raya?
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by TUFF Stough »

billyd1773dz wrote: yup.... silahkan sja masing2 ngukur diri sejauh mana reflek dan kemampuan anda.... hehehe :D :D klw g yakin dan gtw benefitny apa ya mending engga.



somehow for me.. malah lebih save left foot... saat nyusul2 atau kritis, kaki kiri uda di atas rem... response time jauh lebih cepet dri kaki kanan harus pindah dlu....

ya gasnya jgn lupa di angkat jg haha....

[emoji481]
Never agree more. Kalo yg belajarnya langsung pake AT tanpa pake MT dolo pasti setuju. Lagipula ane bukan tipe doyan ngebut. Lari di tol cepek aja udah extra waspada.

hape jadoel ditaplakin
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by billyd1773dz »

montirangin wrote:om billy, dalam hal ini di medan off road atau medan jalan normal aspal tol dan jalan raya?
klw gw sih keduanya. hehe
TUFF Stough wrote: Never agree more. Kalo yg belajarnya langsung pake AT tanpa pake MT dolo pasti setuju. Lagipula ane bukan tipe doyan ngebut. Lari di tol cepek aja udah extra waspada.

hape jadoel ditaplakin
yg penting uda biasa aja om.. uda bisa ngukur refleknya gmn wkwk :D dan siap tanggung jawab.


ane bljar MT dlu sih.. hehehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)

Post by montirangin »

POS VETT wrote:Betty itu nama perempuan. Koq orangnya laki?
Bet Ti kali om? :ngacir: :ngacir: