[ASK] Suzuki Every
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: [ASK] Suzuki Every
@om ween, bagi pic desain awalnya dunk om. Sptnya om tahu byk jg, jgn2 dulu bagian team projectnya, dulu sy kira jg bakal ala Serena gen 1 gitu, pas keluar d pasaran, lho kok spt Carry d mewahkan gini rek. Tp stlh coba, jauhlah feelnya(sugesti terjadi krn enjin mslh d bwh tmp duduk), tp tetap taun segitu, ane g jd tuker guling kijang kapsul butut ane baik utk sebuah avz or apv wkwk. *bocah sma g tau diri, d ksh free msh nuntut.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: [ASK] Suzuki Every
intinya suzi every ini adalah experiment pertama tax imposition under afta ssdh pt suzuki indomobil infonesia acquired by japan as majority s/h...disisakan sdikit u indomobil sbg risk sharing. under afta import tax imposition itu 5% importation dari sama sama asean members
dari japan direct importation itu (ini cerita dulu ya bkn skrg) 45% sehingga cbu package itu seolah punya final (kata org zhong hua yg bisa inggris: ultimate) destination port klang. supaya tdk kena tuduhan tax evasion, shipment di "simpan" di suzukimalaysia stockyard di shah alam selama dua bulan. facility itu punya status bonded zone
knp hrs di bawa ke shah alam? krn outdoor n indoor storage di dock side sangat mahal n suzi every perlu ganti cat.converter (afro spec), air filter dan pasang head unit dan steelwheels jadi alloy under customs officer surveillence
sy pernah liat orderform yg di tdtgn SL tapi sy tdk ambil pic. tdk enak tar dituduh industrial spy
dari japan direct importation itu (ini cerita dulu ya bkn skrg) 45% sehingga cbu package itu seolah punya final (kata org zhong hua yg bisa inggris: ultimate) destination port klang. supaya tdk kena tuduhan tax evasion, shipment di "simpan" di suzukimalaysia stockyard di shah alam selama dua bulan. facility itu punya status bonded zone
knp hrs di bawa ke shah alam? krn outdoor n indoor storage di dock side sangat mahal n suzi every perlu ganti cat.converter (afro spec), air filter dan pasang head unit dan steelwheels jadi alloy under customs officer surveillence
sy pernah liat orderform yg di tdtgn SL tapi sy tdk ambil pic. tdk enak tar dituduh industrial spy
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: [ASK] Suzuki Every
knp bbrp lineup suzi tdk ganti ganti model sdgkn tempat lain sdh berubah berubah
mrk blajar dr case mitsi dgn t-120 vs L-300 (1981)
wkt itu bln sept 1981 alm sjarnoebi said n g.d sengaja terbang dr jkt ke globalheadoffice mitsi. memohon (begging, bkn propose) agar t-120 yg saat itu marketleader jgn alami model change. kalopun hrs, yg baru spy dibiarkan pakai identity "t-120" n langsung sj dibuat petrol n diesel versions
kalo di bole kan tetap dgn exiating t-120 mrk berdua bersedia tanggung ongkos kirim n pasang semua production machinery t-120 dan mrk tunjukkan surat bank sentral n dr indo cuatoms n excise bhw itu smua machinery akan zero import tax
tapi headoffice yg merasa sdh invest besar di indo tdk anggap visit mrk sbg satu serious alert n tetsp jalan dgn rencana mrk n apa yg di kuatir mrk berdua terjadi. mrk berdua sdh sgt membaca bhw tyt akan gantikan mrk bgt hilux rn20 (petrol) n hiace h20 (diesel) switch-off production. rn20 mati thn 81 (kijang kf10fl jadi market leader) n h20 mati thn 85 (diesel) chevy luv kb28 jadi leader (di indo jadi kbdns-28, kendaraan bermotor niaga sederhana tipe 28 krn ada rencana full manufacturing di indo)
satu hal yg perlu diingat saat masuknya every hingga early apv production...indo masih mrp suzi's most beautiful market krn india masih sibuk dgn non tariff barrier policy sehingga suzi alto di sana tdk ganti ganti model n itupun kena 20% imported componen tax
buat suzi headoffice suzi indo adalah SL n alm AC dan apapun request SL n AC adalah u suzi sales output skyrocketing. tutup mata, sign n execute. bbrp x suzi global sales meeting di lakukan di indo krn duet itu tdk sempat kmn kmn
mrk blajar dr case mitsi dgn t-120 vs L-300 (1981)
wkt itu bln sept 1981 alm sjarnoebi said n g.d sengaja terbang dr jkt ke globalheadoffice mitsi. memohon (begging, bkn propose) agar t-120 yg saat itu marketleader jgn alami model change. kalopun hrs, yg baru spy dibiarkan pakai identity "t-120" n langsung sj dibuat petrol n diesel versions
kalo di bole kan tetap dgn exiating t-120 mrk berdua bersedia tanggung ongkos kirim n pasang semua production machinery t-120 dan mrk tunjukkan surat bank sentral n dr indo cuatoms n excise bhw itu smua machinery akan zero import tax
tapi headoffice yg merasa sdh invest besar di indo tdk anggap visit mrk sbg satu serious alert n tetsp jalan dgn rencana mrk n apa yg di kuatir mrk berdua terjadi. mrk berdua sdh sgt membaca bhw tyt akan gantikan mrk bgt hilux rn20 (petrol) n hiace h20 (diesel) switch-off production. rn20 mati thn 81 (kijang kf10fl jadi market leader) n h20 mati thn 85 (diesel) chevy luv kb28 jadi leader (di indo jadi kbdns-28, kendaraan bermotor niaga sederhana tipe 28 krn ada rencana full manufacturing di indo)
satu hal yg perlu diingat saat masuknya every hingga early apv production...indo masih mrp suzi's most beautiful market krn india masih sibuk dgn non tariff barrier policy sehingga suzi alto di sana tdk ganti ganti model n itupun kena 20% imported componen tax
buat suzi headoffice suzi indo adalah SL n alm AC dan apapun request SL n AC adalah u suzi sales output skyrocketing. tutup mata, sign n execute. bbrp x suzi global sales meeting di lakukan di indo krn duet itu tdk sempat kmn kmn
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: [ASK] Suzuki Every
Taruna long, bentuknya agak aneh, agak maksa dipanjangin imho. Tp msh jauuuh lebih gantenglaaa drpd every yg clumsy hehe..
Jauh lebih aman taruna lah, semua parts mesin kaki bodi msh ready semua.
Daihatsu, raja trim level, brand dgn trim terbanyak, modal nambahin garnish dan body moulding aja udah jadi 1 varian sendiri

Jauh lebih aman taruna lah, semua parts mesin kaki bodi msh ready semua.
Daihatsu, raja trim level, brand dgn trim terbanyak, modal nambahin garnish dan body moulding aja udah jadi 1 varian sendiri

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: [ASK] Suzuki Every
Kalo ane om lebih milih taruna oxxy lah , dari model sampai spare part kayaknya lebih condong ke taruna 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: [ASK] Suzuki Every
Errrrr.....rahasia perush, dek......Xous wrote:@om ween, bagi pic desain awalnya dunk om. Sptnya om tahu byk jg, jgn2 dulu bagian team projectnya, dulu sy kira jg bakal ala Serena gen 1 gitu, pas keluar d pasaran, lho kok spt Carry d mewahkan gini rek. Tp stlh coba, jauhlah feelnya(sugesti terjadi krn enjin mslh d bwh tmp duduk), tp tetap taun segitu, ane g jd tuker guling kijang kapsul butut ane baik utk sebuah avz or apv wkwk. *bocah sma g tau diri, d ksh free msh nuntut.
Yg pasti masih terinspirasi dr vw caravelle......wkt itu suzuki lagi musim design revolution berkiblat ke european style.....(kalo gak mau d sebut copas)

Swift-mini
Grand vitara-freelander
Sliding door, mesin di dpn, g15a, fwd, low floor...pokoknya wkt ane liat evalia itu berasa de javu bgt lah

Btw,seandainya apv wkt itu seperti evalia sekalipun, mungkin penjualannya tetap gak berbeda bnyk di banding apv skrg.....krn terbukti penjualan evalia skrgpun msh d bwh apv arena...apalagi kalo di adu dgn duet astra

Akhirnya keputusan untuk bikin swift versi mpv sepertinya ud tepat

Tapi koq masih kalah sama brio mpv yah?

Padahal brio itu khan 1 kasta di bawah swift.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: [ASK] Suzuki Every
@om ween, pagi kak, thx buat gambarannya, apakah skg msh bekerja d bidang otomotif nih? ane kria kiblat ke serena, malah caravelle eui, ngeri maenannya. Soal msh kalah maybe krn faktor brand saja si ertelu kalah d bandingkan mobilio(ahond gitu lho, blm lg enjinnya membius beberapa tmn ane, JAZZ MAK erot n cheepy), Lagian suzuki sptnya kurang darah klo soal maintenance brand product mereka, berharap dr sales output saja, berdasarkan pengamatan ane (cmiiw). Berharap ertiga juga pake headlamp secakep si mobilio RS.
@om Nr, berarti jaman dulu suzuki indo anak emas y bagi prinsipald sana, syg skg cm jd yg ke-2, sampai beberapa varian prod skg ini tdk ad matik krn d india kaga laku. Om sptnya kenal deket dgn SL, msh hub keluarga y
@om Nr, berarti jaman dulu suzuki indo anak emas y bagi prinsipald sana, syg skg cm jd yg ke-2, sampai beberapa varian prod skg ini tdk ad matik krn d india kaga laku. Om sptnya kenal deket dgn SL, msh hub keluarga y
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: [ASK] Suzuki Every
Sebagai pahlawan devisa bagi smc (suzuki motor corp) tentu saja sangat diperhatikan untuk diperah lebih banyak lagiXous wrote:@om ween, pagi kak, thx buat gambarannya, apakah skg msh bekerja d bidang otomotif nih? ane kria kiblat ke serena, malah caravelle eui, ngeri maenannya. Soal msh kalah maybe krn faktor brand saja si ertelu kalah d bandingkan mobilio(ahond gitu lho, blm lg enjinnya membius beberapa tmn ane, JAZZ MAK erot n cheepy), Lagian suzuki sptnya kurang darah klo soal maintenance brand product mereka, berharap dr sales output saja, berdasarkan pengamatan ane (cmiiw). Berharap ertiga juga pake headlamp secakep si mobilio RS.
@om Nr, berarti jaman dulu suzuki indo anak emas y bagi prinsipald sana, syg skg cm jd yg ke-2, sampai beberapa varian prod skg ini tdk ad matik krn d india kaga laku. Om sptnya kenal deket dgn SL, msh hub keluarga y

Suzuki di india adl yg terbesar untuk suzuki overseas krn bekerja sama dgn pemerintah menjadi merek lokal dgn nama maruti.....kira2 mirip kayak kia - timor di indonesia pada masanya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: [ASK] Suzuki Every
Dana TS 70 jt kurleb, om...oxxy pasarannya masih di atas 90jt deh kayaknya..kalo pilih taruna & pengin row3 ngadep depan, budget 70-85jt ya memang F series under 2003...atau kalo mau row 3 penumpangnya dengkul2an (hadap2an) ya C series (CL, CX, CSX)...grandis_GT wrote:Kalo ane om lebih milih taruna oxxy lah , dari model sampai spare part kayaknya lebih condong ke taruna
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: [ASK] Suzuki Every
Btw agak penasaran, ditulis kalo kijang, panther dicoret dari list buruan. Berarti memang cari yang ga pasaran banget? Sampe tertariknya ke every.
7Seater trany AT masih ada Hyundai Trajet. Mesin i4 cukup kalo rutenya nggak ekstrem.
Sent from my R821 using Tapatalk
7Seater trany AT masih ada Hyundai Trajet. Mesin i4 cukup kalo rutenya nggak ekstrem.
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ASK] Suzuki Every
mantap nih tret... walau "sekedar every" banyak history di belakangnya... thanks banyak untuk om NR dan om ween... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: [ASK] Suzuki Every
dulu juga suzi tdk ada a/tXous wrote: @om Nr, berarti jaman dulu suzuki indo anak emas y bagi prinsipald sana, syg skg cm jd yg ke-2, sampai beberapa varian prod skg ini tdk ad matik krn d india kaga laku. Om sptnya kenal deket dgn SL, msh hub keluarga y
tapi...believe it or not...indo adalah tempat suzi jadi besar di selatan planet ini
they had US up north but that was a high compliance market in contradiction with indo whereas anyone does biz with almost no compliance level (but multi taxes) at all
US bikin besar krn purchasing power kuat n indo bikin besar krn skali gigit dpt daging tebal
india dulu? multi taxes n highly protective against foreign brands (foreign brands bkn foreign products)
dulu ya
sy tdk kenal SL cuma kasih komentar dg referensi seadanya sejak jaman suzi masih under atang latief n SL second in command
mrk bgt kecewa saat duet ini hrs pecah n SL (meski masih di dlm) pergi dr decision making board n mrk sgt sgt kecewa saat founding shares hrs diluted n gone to local third party (n SL dianggap tdk lakukan apapun u tahan itu)
mrk terlanjur kenal dia sbg innovative trouble shooter, zero fault
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Thu Mar 27, 2014 12:58
Re: [ASK] Suzuki Every
Menarik nih, kemarin baca trit mengenai suzuki every, eh tadi siang ketemu dijalan suzuki every ini
dari belakang mirip perpaduan antara karimun kotak dan carry


dari belakang mirip perpaduan antara karimun kotak dan carry

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12
Re: [ASK] Suzuki Every
membangkitkan trit lama
ini barang masih worthed to buy nggak sih
rata2 diangka 60an juta untuk tahun 2004
ini barang masih worthed to buy nggak sih
rata2 diangka 60an juta untuk tahun 2004
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29
Re: RE: Re: [ASK] Suzuki Every
Setelah saya searching berbagai referensi. Saya rasa mobil ini masih sangat worthed to buy. Apalagi setelah baca penjelasan om ween ttg ket3rsedian fastmoving partsnya
Sent from my ASUS_Z00ED using Tapatalk
Dg harga di kisaran 50-60jt dapat kualitas CBU dan fitu lengkap termasuk sunroof, airbag, abs dll. Hmmm tutup mata dikit dr modelnya, ane rasa mobil ini sangat worthed to buy.ween wrote:Sedikit ane luruskan yaaa, waktu itu every masuk cbu dari malaysia (barengan sama jimny pick up sj413 carribean)......denger2 di sono gak laku, jadinya di "buang" ke indonesia sekaligus tes pasar u/ apv project.......newrubble wrote:betul, every dulu masuk indo 505 units jdm spec (bukan global spec) atas saran SL sbg upaya reconfim indo market appetite pre-launch apv. harga wkt itu onroad 99juta
thn 2006 baru habis semua. tidak ada sales target u ini krn mmg u water-test
kalo mmg senang appearance dia bisa pertimbangkan u beli bekas...noise insulation tergolong bagus u low level kei car...sunroof nya sangat lebar n factory applied
kualiti mnrt sy sama baik dgn grandmaz kei-bus f-trim jdm a/t
SL masih punya dua dlm garasi rumah di menteng
Jepang sendiri every adl carry keturunan st100 yang udah ganti model berkali2.....sedangkan carry di ind gak berubah2 sejak ane lahir sampe skrg udah kawin![]()
Sama kasusnya dengan l300 yang udah ganti model banyak generasi di jepang sampe jadi delica yang masuk ind jadi pesaing serena(oot dikit niii)
Every plus (di sono namanya every landy) pake mesin g13b, mesin yg sama dgn jimny sj413.....konstruksi mesinnya sama dgn g15a 16v yang ada di baleno & apv koq.....jadi jgn takut dgn spare parts mesin & fast moving......mesin seri g jg dikenal bandel & tahan banting.....jd sebetulnya gak masalah juga kalo di pake buat kerja sehari2
Yang perlu di takutin itu parts slow moving selerti body panel, pernak pernik interior dll, itu pasti susah, harus inden lama, atau berburu langsung ke malingsia.....baik secara on line maupun visit langsung....
Karena unitnya cuma masuk sedikit, kudu sabar nyarinya.......alternatif mbl laen yg karakternya mirip: serena c23......semibonnet, mesin kolong, rwd, fitur di atas rata2 mpv pada jamannya, plus bonus 4wheel independent suspension
Sent from my ASUS_Z00ED using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: [ASK] Suzuki Every
value bagus dgn ingat bhw brandnew (2003-2004) rp 99 juta onroad
...
...